7 Ide Bisnis Modal 5 Juta yang Paling Menguntungkan

Modal adalah salah satu hal yang menjadi perhatian banyak orang dalam memulai suatu usaha. Sebagian besar berpikiran bahwa memulai usaha akan selalu membutuhkan modal yang besar. Padahal, ada beberapa jenis bisnis modal 5 juta yang bisa dipertimbangkan.

Bisnis dengan modal yang kecil tetap bisa mengantarkan Anda pada keuntungan dan bisnis yang terus berkembang. Ini tergantung pada seberapa tekun dan inovatif Anda dalam menjalani bisnis sekaligus memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan.

Berikut ini, tujuh bisnis modal 5 juta yang bisa Anda pertimbangkan, sebab tergolong paling menjanjikan dan menguntungkan.

Bisnis Modal 5 Jutaan

1. Katering Rumahan

Ide bisnis modal 5 juta yang pertama bisa Anda pertimbangkan yaitu bisnis katering rumahan. Berbeda dengan restoran, bisnis katering rumahan tidak memerlukan modal bahan baku, melainkan hanya modal peralatan dan promosi saja.

Pasalnya, biaya bahan baku memang baru akan diperoleh setelah mendapatkan pembayaran uang muka atas pesanan yang diterima. Oleh karenanya, estimasi modal untuk membuka bisnis ini berkisar di angka 3,5 juta rupiah saja.

Dimana modal tersebut sudah termasuk kompor gas, peralatan memasak, alat makan, kotak makan, dan media promosi. Apabila Anda telah memiliki kompor gas dan peralatan memasak, modal yang Anda keluarkan tentu lebih rendah daripada itu.

Di saat yang sama, untuk memulai bisnis ini, Anda harus memiliki kemampuan memasak yang baik. Untuk itu, cobalah untuk mempelajari berbagai macam resep masakan yang bisa Anda dapat dari buku resep maupun resep yang beredar luas di internet.

3. Minuman Kekinian

Bisnis minuman kekinian bisa dibilang cukup menjanjikan. Pasalnya, tren minuman kekinian ini seakan tidak ada habisnya dan terus berinovasi dengan cita rasa baru hingga aneka topping yang disajikannya.

Jika memiliki modal lebih dari 5 juta, Anda bisa memilih franchise dengan brand yang sudah populer. Namun, jika modal Anda tidak lebih dari 5 juta, maka Anda bisa mendirikan sendiri merek usaha Anda meski sederhana. Dimana estimasi modalnya berkisar di angka 4 juta rupiah.

Estimasi modal ini pun sudah termasuk bahan baku bubuk minuman, termos es, blender, kemasan, sendok dan gelas ukur, spanduk, hingga booth minuman itu sendiri.

Dalam hal membuka bisnis minuman kekinian, Anda harus pintar mencari supplier penjual bubuk minuman dengan cita rasa terbaik. Anda juga harus pintar berinovasi terkait menu hingga topping yang ditawarkan. Jangan lupakan pula desain kemasan dan penyajian minuman itu sendiri.

Baca juga: Dagang Apa yang Cepat Laku? Ini 5 Ide Bisnisnya!

3. Laundry Kiloan

Laundry kiloan adalah ide bisnis modal 5 juta lainnya yang juga menjanjikan. Usaha laundry memang memiliki peluang pasar yang cukup cerah belakangan ini, sebab sebagian besar orang lebih memilih menggunakan jasa laundry dibanding mencuci pakaiannya sendiri di tengah kesibukan yang padat.

Gaya hidup modern dan praktis semakin banyak diterapkan oleh masyarakat, terutama kaum muda. Karena itulah, Anda tidak akan kesulitan mencari pelanggan, sebab usaha ini akan selalu dicari orang dan hampir tidak pernah sepi.

Adapun untuk memulai bisnis ini dengan modal 5 juta, Anda bisa membeli sebuah mesin cuci, setrika, cairan pencuci pakaian, dan beberapa peralatan pelengkap lainnya.

4. Reseller Pakaian

Menjadi reseller di bidang fashion juga bisa Anda pertimbangkan sebagai pilihan bisnis modal 5 juta. Pasalnya, selagi menjadi kebutuhan pokok sehari-hari, tren fashion memang terus berkembang dan menarik banyak minat pelanggan.

Reseller sendiri adalah orang yang menjual kembali produk dari pihak supplier kepada konsumen. Biasanya, mereka akan membeli produk yang diinginkan terlebih dahulu sebelum dijual kembali nantinya.

Dengan menyimpan stok terlebih dahulu, keuntungan yang didapat akan lebih maksimal, sebab harga jual bisa ditentukan sendiri. Terlebih, karena reseller mendapatkan harga yang lebih murah dibanding pelanggan biasa yang hanya membeli satuan.

Perkiraan modal yang diperlukan untuk memulai bisnis ini berada di kisaran 4 juta. Namun, bisa juga lebih dan kurang daripada jumlah tersebut tergantung pada produk fashion apa yang diambil, harga, serta jumlahnya.

Baca juga: 7 Ide Jualan yang Laris di Masa Pandemi Secara Online

5. Jasa Jahit

Jika Anda memiliki keterampilan menjahit, Anda bisa mempertimbangkan untuk memulai usaha jasa ini. Dengan modal 5 juta, Anda bisa membeli mesin jahit dan obras yang kisarannya berada di harga 3 jutaan. Sisa modalnya, bisa Anda gunakan untuk membeli perlengkapan menjahit lainnya seperti gunting, pengukur baju, hingga benang.

Anda bisa mulai mempromosikan jasa jahit Anda pada keluarga, teman, atau tetangga. Berikan tarif yang relatif terjangkau dan hasil jahitan yang rapi agar pelanggan puas dan mau kembali lagi ke tempat Anda.

Terkait penghasilan yang didapat, usaha ini memang tidak memberikan keuntungan yang pasti. Namun, menjalaninya dengan tekun akan membuat bisnis Anda semakin berkembang seiring waktu. Terlebih, apabila jasa jahit Anda sudah mulai banyak dikenal orang, Anda bisa mendapatkan pesanan dalam jumlah besar.

6. Konter Pulsa

Meski sudah banyak orang beralih ke aplikasi pembayaran digital atau e-commerce, namun masih banyak pula orang yang membeli pulsa dan kuota internet di konter. Terlebih di area padat penduduk, sekitar kampus atau sekolah, dimana penjual pulsa masih banyak dicari dan dibutuhkan.

Anda juga bisa menyediakan berbagai macam kartu perdana, yang juga masih banyak dicari orang, terutama kartu perdana yang khusus berisi kuota internet.

JIka Anda enggan membuka konter pulsa di rumah, Anda bisa menyewa tempat khusus dengan biaya sewa sekitar 1,5 juta rupiah per bulan. Dengan begitu, total estimasi modal yang diperlukan termasuk etalase kaca, alas display kartu, stok kartu, hingga banner promosi sekitar 3,5 juta rupiah.

7. Budidaya Ikan Lele

Budidaya ikan lele juga cukup menjanjikan dan menguntungkan, sebab perawatannya yang mudah dan harga pakan yang murah. Karena itu, budidaya ikan lele bisa menjadi pilihan bisnis modal 5 juta.

Adapun estimasi modal yang harus disiapkan untuk merintis usaha ini berkisar di angkat 3,2 juta rupiah. Dimana dengan modal tersebut Anda sudah bisa mendapatkan kolam terpal, 5000 benih ikan lele, pakan selama sebulan, dan obat-obatan.

Baca juga: Bisnis Ide Makanan Unik dan Kreatif Tahun 2022

Penutup

Demikianlah beberapa ide bisnis modal 5 juta yang cukup menjanjikan dan menguntungkan untuk dilakukan. Anda bisa menyesuaikan dengan minat ataupun kebutuhan pasar di sekitar Anda.

Untuk bisnis yang terus berkembang, Anda tidak boleh melupakan peran dari pengelolaan dan pencatatan keuangan. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan software akuntansi dan bisnis seperti Accurate Online.

Accurate Online merupakan software berbasis cloud yang menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis. Berbagai fitur dan keunggulan tersemat di dalamnya untuk memudahkan Anda dalam mengelola dan membuat laporan keuangan secara akurat, cepat, dan otomatis.

Jika Anda tertarik untuk mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari, silahkan klik banner di bawah ini.

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.