Business Process Management atau BPM Adalah: Ini Pengertian dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

oleh | Feb 22, 2022

source envato.

Business Process Management atau BPM Adalah: Ini Pengertian dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

Business Process Management atau BPM adalah suatu hal yang sangat penting untuk suatu perusahaan. Kenapa? Karena hal tersebut akan membantu perusahaan dalam memaksimalkan keuntungan dan memperoleh keunggulan yang kompetitif di hadapan para kompetitor mereka.

Berdasarkan laman Wikipedia, BPM adalah suatu metode yang mampu mendukung alur kerja yang dibutuhkan agar bisa menjalankan bisnis yang sukses. Anda bisa melakukan investasi pada software atau aplikasi BPM untuk seluruh lini bisnis Anda, mulai dari pengendalian, desain, dan bahkan untuk analisis data dan performa.

Suatu perusahaan yang memanfaatkan teknologi BPM akan mampu mengatasi tantangan dan juga mengenali peluang masa depan sebelum kompetitor mereka melakukannya.

Tanpa menggunakan BPM, maka suatu bisnis tidak bisa bersaing di tengah pasar yang sangat ketat seperti saat ini. Setiap perusahaan berlomba-lomba menggunakan aplikasi BPM untuk menjalankan operasional bisnis mereka

Ingin mengenal lebih dalam tentang BPM atau Business Process Management? Tenang, kami sudah merangkumnya dalam artikel tentang BPM di bawah ini.

Pengertian BPM Adalah?

BPM adalah suatu aspek dari manajemen operasi yang dilakukan oleh pihak perusahaan dan digunakan untuk keperluan mengkaji peningkatan performa, efisiensi, serta efektivitas proses bisnis agar bisa memaksimalkan setiap proses bisnis.

Cara melakukan BPM adalah dengan membuat otomasi proses sekaligus membuat kemampuan yang baik dalam mengelola setiap perubahan.

Setiap perusahaan tentunya akan memerlukan proses bisnis yang berbeda. Bila Anda bisa mengelola dan menjalankan bisnis dengan baik, tentunya Anda bisa meningkatkan berbagai peluang bisnis yang bagus.

Oleh karena itu, pasti Anda akan berusaha keras untuk membuat prosedur bisnis di dalam perusahaan Anda seideal mungkin agar perusahaan yang Anda pimpin mempunyai berbagai nilai yang lebih bersifat kompetitif.

Tapi setelah berusaha keras untuk membuat prosedur bisnis yang ideal, terkadang masih ada perbedaan dengan yang ada di lapangan. Biasanya, kesulitan yang terjadi dalam proses bisnis adalah, stagnasi, tidak efisien, redundancy, dan berbagai kesulitan lainnya.

Hal tersebut tentunya bisa menimbulkan bahaya pada perusahaan yang Anda pimpin, karena akan membuat Anda tidak bisa mencapai target yang sebelumnya sudah Anda buat.

Oleh karena itu, BPM adalah solusi yang tepat untuk mengatasi berbagai kesulitan tersebut. Kenapa? Karena BPM adalah suatu sistem yang mampu membantu Anda dalam mengawasi dan mengontrol semua aspek yang berada di dalam proses bisnis, mulai dari workflow, pemasok, pelanggan, sampai mengelola karyawan.

Selain itu, Anda juga bisa meningkatkan kualitas proses bisnis dengan membuat mekanisme umpan balik yang lebih baik, berkelanjutan, dan juga realtime.

Sehingga, Anda bisa melakukan identifikasi masalah sedini mungkin dan bisa segera mengatasinya sebelum menjadi lebih besar.

Baca Juga: 12 Topik Presentasi Bisnis yang Harus Anda Ketahui

Manfaat Business Process Management

Alasan utama kenapa Anda harus menggunakan BPM adalah agar bisa menghadapi ketatnya persaingan bisnis saat ini dan di masa depan.

Selain itu, keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan dari menerapkan BPM adalah bisa lebih unggul dari para kompetitor, meningkatkan produktivitas, mengurangi biaya, serta meningkatkan proses bisnis.

1. Mengasah Kemampuan Berbisnis

Perubahan yang terjadi pada kondisi pasar tentu hal yang pasti harus Anda hadapi ketika menjalankan bisnis. Tentunya, Anda harus berusaha untuk mengembangkan proses bisnis agar bisa mengimbangi perubahan yang terjadi tersebut.

Nah dengan menerapkan BPM, maka Anda bisa mengambil jeda waktu saat terjadi perubahan kondisi pasar, melakukan perubahan pada proses bisnis, dan melanjutkan bisnis Anda kembali.

Tindakan tersebut dinilai sangat tepat karena selain bisa memastikan bahwa proses bisnis berada dalam alur yang tepat, Anda pun bisa melakukan adaptasi pada berbagai perubahan kondisi pasar.

Selain itu, bisnis Anda pun bisa berkembang lebih maju karena Anda bisa melihat berbagai peluang yang ada untuk bisa mengembangkan proses bisnis dan bekerja lebih maksimal, sehingga bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

2. Efisiensi Biaya dan Peningkatan Keuntungan

Manfaat lainnya dalam menerapkan BPM adalah Anda bisa mengurangi biaya yang berkaitan dengan proses bisnis dan meningkatkan produktivitas dan juga kualitas kinerja karyawan Anda. Sehingga, akan bisa mempengaruhi pendapatan bisnis Anda.

Baca juga: 15 Peluang Bisnis di Tahun 2021 yang Mudah untuk Dikembangkan

3. Peningkatan Efisiensi Proses Bisnis

Karena proses bisnis Anda berjalan secara terintegrasi dari awal sampai dengan akhir, maka hal tersebut akan mempermudah Anda dalam memperoleh berbagai informasi terkait suatu proses serta semua pihak yang bertanggung jawab dalam proses tersebut.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan pemantauan dan pengendalian secara lebih mudah. Anda pun bisa menyiapkan berbagai tindakan antisipasi bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan di dalam proses bisnis Anda.

4. Visibilitas yang Lebih Baik

Sistem BPM yang menggunakan software tertentu juga akan mengotomasi proses bisnis Anda. Sehingga, Anda bisa langsung menilai proses bisnis secara real time.

Selain itu, proses bisnis yang sudah dioptimasi pun bisa membuat Anda bisa menjalankan proses bisnis tanpa membutuhkan SDM yang lebih banyak dan bisa menciptakan sistem pengawasan yang lebih intensif.

Transparansi bisnis Anda pun akan meningkat, sehingga akan berdampak pada manajemen dan bisa memahami proses bisnis yang sedang Anda jalankan

5. Peningkatan Ketaatan, Keselamatan dan Keamanan

Sebagai pebisnis, Anda pasti sudah mengerti tentang laporan keuangan, undang-undang ketenagakerjaan, serta aturan dari pemerintah lainnya yang harus Anda taati. Dengan menerapkan BPM, maka Anda bisa memastikan bahwa bisnis Anda sudah berada dalam koridor serta standar hukum yang tepat.

Baca juga: 7 Cara Memulai Bisnis yang bisa Anda Terapkan Secara Bertahap

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang BPM atau Business Process Management. Jadi, BPM adalah suatu aspek dari manajemen operasi yang dilakukan oleh pihak perusahaan dan digunakan untuk keperluan mengkaji peningkatan performa, efisiensi, serta efektivitas proses bisnis agar bisa memaksimalkan setiap proses bisnis.

Terdapat banyak sekali manfaat yang akan Anda rasakan bila bisa menerapkan BPM dengan baik, yang pada akhirnya akan bisa meningkatkan pendapatan Anda.

Namun, jangan lupa untuk selalu mencatat pendapatan yang sudah Anda dapatkan ke dalam laporan laba rugi agar selanjutnya bisa dipindahkan ke dalam laporan keuangan. Laporan keuangan ini sangat penting sekali agar Anda bisa membuat keputusan bisnis yang tepat di masa depan.

Nah, saat ini Anda sudah bisa lebih mudah dalam membuat laporan keuangan dengan aplikasi akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Dengan Accurate Online, Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat. Berbagai fitur luar biasa yang ada di dalamnya pun akan membuat operasional bisnis Anda berjalan lebih efektif dan efisien.

Ayo coba Accurate Online sekarang juga dengan klik banner di bawah ini.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

1 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Natalia

Artikel Terkait