Bisnis Car Wash: Jenis Peluang Usaha, Analisa Modal dan Tips Sukses Menjalankannya

Bisnis car wash merupakan bisnis yang cukup mudah untuk dijalankan dengan keuntungan yang cukup menggiurkan. Jasa cuci mobil kini makin menjamur di kota-kota besar hingga pinggiran kota.

Banyak orang yang memiliki kendaraan, namun tidak memiliki cukup waktu untuk merawat mobilnya sendiri. Dengan jasa car was, mereka tidak perlu capek-capek lagi untuk membersihkan mobilnya.

Peluang usaha car wash ini tentunya semakin bagus, terlebih lagi penjualan mobil LCGC saat inimenjadi lebih murah, dan banyak orang memutuskan untuk membeli mobil di kategori ini.

Meskipun bisnis car wash ini menguntungkan, namun jika Anda kurang mempersiapkan rencana untuk mendirikan bisnis, maka akan terjadi banyak kesalahan di awal yang membuat usaha car wash Anda hanya akan berjalan beberapa bulan saja.

Selain memahami pengertiannya, mari kita mencari tahu tentang bagaimana peluang usaha car wash, apa saja jenis usahanya, dan bagaimana memulai bisnis jasa cuci mobil tersebut. Berikut ini ulasan selengkapnya:

Peluang Usaha Car Wash

Usaha cuci mobil atau bisnis car wash merupakan kegiatan usaha yang dilakukan sekelompok orang dengan menawarkan jasa cuci mobil atau kendaraan lainnya, dengan tujuan untuk memperoleh penghasilan.

Membuka usaha car wash akan membutuhkan berbagai peralatan yang dapat menunjang berjalannya bisnis ini. Peralatan yang digunakan juga bervariatif, tergantung dari jenis usaha cuci mobil itu sendiri.

Bisnis cuci mobil kabarnya merupakan bisnis yang menjanjikan, dengan peluang bisnis yang bagus di masa depan. Persaingan bisnis ini memang cukup padat, namun jika bisnisnya dikelola secara profesional, maka pelanggan akan lebih loyal.

Baca juga: Monkey Business: Pengertian, Contoh, dan Cara Menghindarinya

Modal Bisnis Car Wash bagi Pemula

Jika Anda adalah pemula dalam bisnis ini, maka Anda perlu tahu bahwa memulai usaha ini memang tidak semudah yang dipikirkan. Artinya, dibutuhkan modal yang cukup untuk memulai usaha cuci mobil secara profesional.

Usaha jasa cuci kendaraan ini umumnya akan memerlukan beberapa peralatan seperti tangki snow wash, shampo kendaraan, kompresor dan alat-alat penyemprot seperti selang, lap microfiber dan lain sebagainya.

Untuk semua peralatan yang dibutuhkan, Setidaknya modal yang harus disiapkan sekitar Rp 7.5 juta – 8.5 jutaan. Modal tersebut belum termasuk biaya sewa tempat, gaji karyawan dan lain sebagainya.

Jika Anda ingin memulai usaha car wash hidrolik, maka pengeluaran besar adalah membeli mesin hidrolik seharga Rp 20 jutaan. Secara total, rata-rata modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha jasa cuci mobil ini sebesar Rp 50 jutaan.

Sebaiknya, Anda memulai usaha ini dengan banyak berkonsultasi pada pihak yang sudah berpengalaman dalam menjalankan bisnis car wash.

Jenis-Jenis Usaha Car wash

Usaha car wash ternyata bukan sekedar mencuci dan membersihkan kendaraan. Usaha ini memiliki jenis-jenis tersendiri. Berikut ini beberapa jenis usaha car wash:

  • Car wash hidrolik, tempat cuci mobil yang menggunakan metode mengangkat mobil dengan ketinggian tertentu, dengan tujuan membersihkan hingga ke bagian kolong mobil dengan maksimal.
  • Car wash robotik, tempat cuci mobil yang pembersihannya menggunakan bantuan dari mesin khusus yang disebut “cuci robot”. Tidak ada orang langsung yang terlibat dalam membersihkan mobil di cuci robot ini.
  • Car wash manual, tempat cuci mobil yang dimana pencucian dilakukan menggunakan tenaga manusia

Setiap jenis usaha cuci mobil ini akan memerlukan budget atau modal yang berbeda. Untuk itu, sesuaikan dengan budget yang dimiliki, sebelum memilih jenis usaha car wash mana yang cocok dengan budget tersebut.

Analisa Keuntungan Usaha

Berbicara mengenai keuntungan yang didapatkan dari bisnis cuci mobil, maka hal tersebut akan sangat tergantung dengan berapa banyak mobil yang berhasil dibersihkan dalam satu hari.

Banyaknya mobil juga biasanya tergantung dengan lokasi atau tempat usaha Anda. Jika kapasitasnya hanya bisa menampung 6 mobil di waktu bersamaan, kemudian tariff cuci mobil yang ditentukan adalah Rp. 50 ribu, maka keuntungan yang didapatkan sebagai berikut:

Tarif cuci mobil X daya tampung di waktu bersamaan

= Rp. 50.000 X 6

= 300.000

Kemudian, Jika waktu pengerjaan 1 mobil 1 sesi adalah 30 menit, maka selama 8 jam pertama bekerja, bisa mencapai 16 sesi. Maka satu hari bisnis car wash Anda bisa mendapatkan:

= 96 Mobil X Rp. 50.000

= Rp. 4.800.000

Dalam satu hari, omset yang didapatkan mencapai Rp 5 jutaan

Tips Membuka Usaha Car wash  

Setelah mengetahui apa itu bisnis car wash, bagaimana analisa modal dan peluang usaha cuci mobil ini, berikutnya adalah mengenal apa saja tips membuka usaha cuci mobil. Berikut ini adalah tipsnya:

  • Sesuaikan tarif cuci mobil dengan harga pasaran atau harga rata-ratanya di lokasi tersebut
  • Lokasinya harus strategis, seperti dekat perkantoran, dekat mall dan lain sebagainya
  • Rekrut karyawan dan berikan pelatihan untuk mereka, agar kualitas layanan bisnis car wash Anda meningkat dan memiliki standar
  • Hindari keluhan dari pelanggan, berikan banyak promosi menarik dan dengan sejujur-jujurnya
  • Berikan gaji dan tip untuk karyawan, dengan disesuaikan beban kerja mereka
  • Berikan promo bonus cuci untuk pelanggan setia yang sering cuci mobil di car wash Anda
  • Selalu perhatikan penggunaan shampoo yang akan digunakan untuk cuci mobil. Gunakanlah shampo kualitas terbaik dan tidak merusak body
  • Rajinlah melakukan evaluasi secara rutin kepada para pelanggan yang setia menggunakan jasa cuci mobil Anda

Hambatan Bisnis

Meskipun usaha jasa cuci mobil ini merupakan salah satu usaha yang keuntungannya cukup menggiurkan, bukan berarti menjalankan usaha ini tanpa hambatan.

Namun, hambatan yang dimaksud tidak terlalu besar dan tidak sampai membuat bisnis cuci mobil mengalami kerugian besar.

Faktor utama yang menjadi hambatan adalah cuaca. Jika sedang musim hujan, Bisnis car wash biasanya akan ramai konsumen. Sebaliknya, jika musim kemarau, maka usaha jasa cuci mobil ini tergolong sepi pelanggan.

Selain itu kompetitor bisnis ini juga cukup banyak di wilayah perkotaan. Namun, dengan melakukan promosi yang berkala, standar yang baik dalam membersihkan mobil, maka bisnis ini bisa terus berjalan.

Baca juga: Edutech: Peluang Bisnis Terkini Di Tengah Pandemi

Kesimpulan

Bisnis car wash kini marak dijumpai di lokasi-lokasi ramai daerah perkotaan. Lokasi seperti ini memang strategis untuk memulai usaha jasa cuci mobil seperti ini.

Selalu mengutamakan kualitas dari produk shampoo yang digunakan, sistem penggajian karyawan yang benar dan teratur, juga pencatatan keuangan yang tepat, menjadi kunci suksesnya usaha bisnis ini.

Agar mudah dalam melakukan pencatatan keuangan, pemilik bisnis car wash tidak perlu menghabiskan banyak waktu. Kenapa? Karena saat ini sudah ada sebuah software akuntansi dan bisnis yang mampu membuat data pembukuan bisnis ini secara cepat dan akurat.

Software yang direkomendasikan adalah Accurate Online. Dengan Accurate Online, para pemilik usaha jasa cuci mobil ini tidak perlu lagi dipusingkan dengan pembukuan manual. Fitur-fitur yang tersedia dalam software ini akan memudahkan pencatatan keuangan, karena tinggal di input saja.

Accurate Online merupakan software akuntansi dan bisnis yang sudah berhasil membantu 300 ribu lebih pebisnis dan korporat dalam membuat laporan keuangan serta pembukuan perusahaan dengan cepat dan akurat.

Segera coba software Accurate Online sekarang secara gratis selama 30 hari. Tunggu apa lagi!

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.