Cara Membuat Business Forecast Beserta Contohnya

Business forecast atau pakiraan bisnis memberi perusahaan rincian kumulatif yang mereka gunakan untuk memproyeksikan pertumbuhan masa depan mereka. Analis keuangan dan bisnis mengevaluasi pendapatan, pengeluaran, tren pasar, dan permintaan produk saat ini dan menggunakan data untuk membuat keputusan operasional penting seperti melakukan investasi atau mencari pendanaan dari luar.

Selain itu, bisnis dapat menggunakan berbagai metode perkiraan untuk memprediksi seperti apa operasinya beberapa tahun ke depan.

Pada artikel ini, kita membahas apa itu business forecast, metode forecast yang digunakan perusahaan dan cara membuat prakiraan bisnis yang dapat membantu merencanakan pengembangan bisnis di masa depan.

Apa itu Business Forecast?

Business forecast atau prakiraan bisnis adalah alat yang digunakan bisnis dan organisasi untuk membuat keputusan tentang perencanaan keuangan, penganggaran, dan memperkirakan pertumbuhan pendapatan di masa depan.

Bisnis menggunakan prakiraan sebagai cara untuk membantu memprediksi hasil penjualan dan pertumbuhan laba di masa depan menggunakan data sebelumnya. Bisnis menggunakan prakiraan ini untuk membuat keputusan keuangan dan operasional yang penting.

Apa Metode Dalam Business Forecast?

Ada dua tipe dasar metode prakiraan, kualitatif dan kuantitatif seperti diuraikan di bawah ini.

Kualitatif

Prakiraan kualitatif adalah prakiraan jangka pendek yang mengandalkan pengamatan dan pendapat baik dari konsumen maupun pakar. Dalam jenis metode ini Anda akan melihat jenis pendekatan dasar berikut:

  • Riset pasar melibatkan analisis jajak pendapat dan survei konsumen.
  • Penelitian Delphi melibatkan analisis jajak pendapat ahli dan survei.

Kuantitatif

Prakiraan kuantitatif adalah prakiraan jangka panjang yang memanfaatkan statistik dan pola historis. Dalam jenis metode ini Anda akan menemukan pendekatan dasar berikut:

  • Pendekatan indikator mengkaji hubungan antara indikator tertentu, seperti tingkat pengangguran dan kesehatan ekonomi.
  • Pendekatan ekonometrika mempertimbangkan hubungan masa lalu antara indikator-indikator tertentu selama periode waktu tertentu dan membuat asumsi berdasarkan bagaimana variabel-variabel tersebut kemungkinan akan berubah.
  • Pendekatan deret waktu adalah pendekatan yang populer dan murah yang meneliti data historis untuk mengukur prediksi masa depan.

Baca juga: Apa itu Skema Bagi Hasil atau Profit Sharing? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Mengapa Business Forecast itu Penting?

Prakiraan bisnis penting karena memberi perusahaan wawasan tentang profitabilitas masa depan mereka. Selain itu, prakiraan dapat memungkinkan bisnis untuk:

Mengembangkan rencana terstruktur

Salah satu aspek terpenting dari  prakiraan bisnis adalah kemampuan yang diberikannya kepada bisnis untuk mengembangkan rencana yang sangat terstruktur untuk pertumbuhan pendapatan.

Dengan penerapan metode prakiraan yang konsisten, perusahaan dapat mengevaluasi kebutuhan masa depan pasar mereka dan menciptakan operasi berkelanjutan yang memenuhi kebutuhan ini di masa depan.

Ini berarti bahwa bisnis dapat memproyeksikan aliran pendapatan masa depan yang memungkinkan mereka untuk membentuk rencana tindakan yang membuat perusahaan lebih dekat dengan tujuan pendapatan masa depan.

Membuat anggaran yang akurat

Prakiraan memungkinkan bisnis untuk menganalisis pengeluaran saat ini dan menggunakan informasi ini untuk membuat anggaran realistis yang digunakan perusahaan untuk mengelola arus kas keluar.

Dengan perkiraan yang akurat, perusahaan dapat memproyeksikan biaya operasi di masa depan, seperti sumber daya, bahan dan anggota staf, dan membuat anggaran untuk mengelola biaya dan kewajiban.

Analisis pengeluaran dan pendapatan

Membuat perkiraan bisnis memungkinkan perusahaan untuk mengevaluasi pengeluaran dan margin keuntungan mereka saat ini sehingga mereka dapat mengembangkan anggaran untuk mengelola operasi dengan lebih baik. Dengan wawasan dari prakiraan, bisnis dapat membuat rencana yang mencakup kebutuhan pendapatan masa depan dan bagaimana pendapatan masa depan akan mempengaruhi biaya operasional.

Mengevaluasi tren pasar

Prakiraan bisnis efektif untuk menganalisis apa yang paling banyak dibeli pelanggan dan mengevaluasi data penjualan ini untuk membuat prediksi tentang tren pasar di masa depan.

Ini merupakan aspek penting dari prakiraan karena dapat memberikan wawasan bisnis tentang permintaan pasar yang diproyeksikan untuk produk dan layanan mereka. Selain itu, analis keuangan dapat menggunakan data ini untuk menetapkan tujuan pendapatan jangka pendek dan jangka panjang.

Baca juga: 9 Jenis Kewirausahaan yang Harus Anda Ketahui

Bagaimana Cara Membuat Business Forecast?

Apa pun metode yang digunakan bisnis, ada beberapa langkah kunci untuk membuat perkiraan bisnis. Langkah-langkah ini diuraikan di bawah ini:

1. Tetapkan dasar untuk perbandingan

Perusahaan umumnya melakukan analisis awal operasi mereka saat ini, status keuangan dan status ekonomi. Ini termasuk mengevaluasi posisi industri, produk atau layanan populer dan operasi keuangan dan bisnis. Contoh berikut mengilustrasikan bagaimana bisnis menyelesaikan langkah proses ini:

Asumsikan Davis Tech Providers adalah perusahaan elektronik yang menjual beragam komputer, ponsel, dan perangkat lainnya. Mereka menciptakan perkiraan bisnis untuk memproyeksikan pertumbuhan pendapatan di masa depan. Analis bisnis mengevaluasi informasi berikut:

Keadaan indusrri:

  • Nomor dua (di belakang toko peralatan kantor rantai besar) di perusahaan penyedia elektronik yang menguntungkan di wilayah geografis
  • Penyedia layanan tambahan untuk pelanggan yang membeli dari toko (termasuk keamanan sistem, bantuan jaringan, pemecahan masalah, dan kebutuhan dukungan)
  • Produk yang paling sukses adalah smartphone, smart TV dan tablet, penjualan laptop muncul tepat di belakang

Status ekonomi saat ini:

  • Peningkatan saat ini dan yang diproyeksikan dalam model baru dan yang diperbarui karena kemajuan teknologi
  • Titik harga saat ini mencerminkan nilai eceran pasar

Posisi keuangan:

  • Pertumbuhan pendapatan saat ini sebesar 3,5% saat memperkenalkan produk baru di dalam toko
  • Margin keuntungan konsisten selama tiga tahun terakhir
  • Pengeluaran berulang saat ini: 410.000.000 per bulan
  • Biaya operasional: 320.000.000 (penggajian karyawan), 52.000.000 (overhead), 38.000.000 (kewajiban)
  • Perolehan pendapatan saat ini: 4.025.000.000 setiap tiga bulan, konsisten antara 2016 dan 2019

2. Tetapkan proyeksi jangka panjang

Menggunakan data dari menganalisis posisi saat ini, bisnis menetapkan tujuan jangka panjang. Bergantung pada sifat organisasi, tujuan jangka panjang ini dapat berbasis pendapatan atau berbasis ekspansi. Umumnya, perkiraan bisnis akan mencakup kedua aspek tersebut. Menggunakan contoh dari langkah sebelumnya, asumsikan perusahaan menetapkan tujuan jangka panjang:

Proyeksi industri:

  • Operasi bisnis mungkin tertinggal jauh di belakang toko pesaing karena kurangnya pilihan belanja online
  • Membuat platform belanja online untuk perusahaan dapat membantu meningkatkan keunggulan industri, terutama dengan pengambilan di hari yang sama atau pengiriman gratis ke toko

Proyeksi ekonomi:

  • Peningkatan populasi tenaga kerja teknologi dapat menghasilkan peningkatan 2,5% hingga 4% dalam basis pelanggan
  • Dengan tren permintaan teknologi pintar saat ini, Penyedia Teknologi Davis harus mengalami pertumbuhan moderat 2% dalam ketersediaan produk

Proyeksi finansial:

  • Proyeksi pertumbuhan pendapatan berlanjut pada 3,5% (dan hingga 4%) saat memperkenalkan produk baru di dalam toko
  • Proyeksi biaya berulang dan biaya operasional: 410.000.000 per bulan, tidak ada biaya tambahan yang diharapkan
  • Rincian: 320.000.000 (penggajian karyawan), 52.000.000 (overhead), 38.000.000 (kewajiban) dan tidak ada biaya yang diharapkan
  • Tujuan pendapatan jangka panjang: 4.400.000.000 setiap tiga bulan, antara tahun 2020 dan 2025

Baca juga: 10 Alasan Mengapa Anda Membutuhkan Mentor dalam Mengembangkan Bisnis

3. Tinjau, ukur, dan bandingkan perkiraan

Sepanjang proses prakiraan, bisnis membandingkan setiap penyimpangan antara proyeksi mereka dan hasil kinerja aktual. Mengukur pertumbuhan dan kemajuan menuju tujuan jangka panjang memungkinkan bisnis melakukan perbaikan dalam proses dan menyempurnakan serta menyesuaikan perkiraan mereka untuk mencerminkan pertumbuhan yang berkelanjutan. Untuk mengilustrasikan langkah ini, gunakan contoh perusahaan sebelumnya:

Analisis perkiraan tahunan:

  • Posisi yang sama dengan rantai pasokan kantor terkemuka secara lokal, penghasilan serupa
  • Belanja online dan di dalam toko meningkatkan pengaruh dalam industri produk teknologi
  • Basis pelanggan saat ini meningkat sebesar 2% selama tahun lalu (hanya di bawah proyeksi lima tahun)
  • Menambahkan biaya penggajian bulanan dengan mempekerjakan tiga karyawan baru, berharap untuk melihat ROI dalam 1,5 tahun
  • Pendapatan meningkat 1,7%, diharapkan meningkat 2% pada akhir 2022
  • Sasaran untuk tahun 2020 hingga 2021: Peningkatan pendapatan lainnya sebesar 0,5-1% dan pengurangan biaya operasional dengan mengembangkan tim dukungan jarak jauh

Baca juga: Integrasi Vertikal: Pengertian, Jenis, Tips dan Contohnya dalam Bisnis

Kesimpulan

Itulah pengertian lengkap tentang business forecast yang mungkin bisa Anda adaptasikan pada bisnis Anda. Sementara banyak hal dalam bisnis berada di luar kendali Anda, memiliki perkiraan informasi keuangan akan membantu Anda dalam membuat strategi dalam bisnis yang lebih baik, dan itulah guna Accurate Online untuk bisnis Anda.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang memiliki fitur terlengkap dengan harga yang paling terjangkau dan cocok untuk semua jenis bisnis.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa dengan mudah melakukan pengelolaan multi gudang, manajemen aset dan stok, otomatisasi 200 jenis laporan keuangan, mengetahui histori transaksi melalui dasbord yang intuituf dan mudah dimengerti, dan masih banyak lagi kemudahan yang Anda dapatkan saat menggunakan Accurate Online.

Jadi apalagi yang Anda tunggu? Anda bisa menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 jari melalui tautan pada gambar di bawah ini: