Cara Membuat Presentasi Rencana Bisnis yang Baik

Rencana presentasi bisnis adalah alat berharga yang mempersiapkan Anda untuk berhasil memperkenalkan informasi. Banyak pengusaha menggunakan rencana presentasi bisnis untuk berbagi visi dan tujuan bisnis mereka. Rencana bisnis yang tepat menginformasikan dan melibatkan audiens dan mudah dipahami.

Dalam artikel ini, kami menjelaskan apa itu rencana presentasi bisnis, cara membuat rencana bisnis yang efektif, dan memberikan tip tambahan tentang apa yang harus disertakan dalam presentasi Anda.

Apa itu rencana bisnis?

Rencana bisnis adalah dokumen formal yang merinci tujuan bisnis Anda dan apa yang dilakukannya, dan presentasi rencana bisnis berfokus pada penjelasan detail bisnis dengan menggunakan slide visual.

Rencana bisnis berfungsi sebagai ringkasan yang bagus bagi mereka yang tidak terbiasa dengan bisnis, terutama mitra bisnis eksternal. Rencana bisnis terutama mempertimbangkan struktur, keuangan, dan fungsi bisnis secara keseluruhan. Ini termasuk peran dan tim dalam bisnis. Ini merinci siapa yang bertanggung jawab dan struktur keseluruhan bisnis.

Rencana bisnis menjelaskan strategi pemasaran bersama dengan proyeksi keuangan yang menggambarkan bagaimana bisnis bertujuan untuk melakukan penjualan dan mencapai tujuan. Rencana bisnis juga mencakup sumber daya dan peralatan perusahaan.

Ini membantu bisnis mengidentifikasi persediaan apa yang mereka butuhkan dan perubahan apa yang diperlukan untuk melayani pelanggan mereka dengan benar.

Akhirnya, rencana bisnis menilai posisi keuangan dan non-keuangan perusahaan. Ini termasuk pengeluaran dan pendapatan bisnis. Rencana bisnis sangat membantu bisnis yang mencari dana tambahan atau membutuhkan pinjaman. Itulah sebabnya presentasi rencana bisnis sering dilakukan untuk pemangku kepentingan dan investor.

Baca juga: Bagaimana Cara Menghitung Tingkat Pertumbuhan Tahunan pada Bisnis?

Cara membuat presentasi rencana bisnis yang efektif

Mirip dengan rencana bisnis, presentasi rencana bisnis membagikan strategi perusahaan secara terorganisir. Namun, presentasi rencana bisnis adalah untuk audiens dan penjelasan langsung dari setiap informasi. Presentasi yang efektif mempertimbangkan audiens, isi presentasi, dan berbagi tujuan bisnis dengan sukses.

Cara terbaik untuk membuat presentasi rencana bisnis yang efektif adalah dengan memberikan informasi yang berguna melalui bantuan visual yang disiapkan dengan baik dan penjelasan verbal.

Pertimbangkan langkah-langkah ini saat membuat presentasi rencana bisnis Anda:

1. Tinjau informasi bisnis penting

Meninjau elemen bisnis Anda seperti siapa karyawan Anda dan bagaimana kinerja bisnis Anda secara finansial adalah cara yang bagus untuk menyiapkan informasi penting untuk presentasi Anda. Mengetahui informasi ini memberikan dasar yang kuat dari detail bisnis yang berharga dalam presentasi Anda.

2. Riset pesaing bisnis

Teliti bagaimana kinerja bisnis Anda dibandingkan dengan bisnis lain di bidang Anda. Meneliti memberikan fakta dan statistik yang signifikan untuk disertakan dalam presentasi Anda. Data ini memperkuat presentasi karena merupakan bukti nyata bagaimana bisnis Anda berjalan. Saat menggunakan sumber yang tidak bias dan akurat, presentasi Anda tampak profesional dan dapat diandalkan oleh audiens Anda.

Baca juga: Model Bisnis dan Rencana Bisnis: Pengertian, Perbedaan, dan Contohnya

3. Jaringan dengan pemangku kepentingan dan investor potensial

Jaringan adalah alat yang fantastis untuk bertemu profesional lain, terutama dalam bisnis serupa. Jaringan memberi Anda kesempatan untuk bertemu pemangku kepentingan dan investor masa depan. Pemasaran adalah komponen penting dari jaringan. Pasarkan bisnis Anda secara konsisten dan ke audiens yang besar dan beragam. Ini memaksimalkan peluang Anda untuk menjangkau sebanyak mungkin orang.

4. Buat presentasi slide rencana bisnis Anda

Buat presentasi slide Anda dengan memasukkan bagian penting dari rencana bisnis Anda. Fokus untuk memberikan detail penting seperti produk atau layanan apa yang disediakan bisnis Anda, strategi pemasaran Anda, dan siapa yang ada di tim Anda. Presentasi slide menarik secara visual dan informatif.

5. Latih presentasi rencana bisnis Anda

Mempelajari presentasi rencana bisnis Anda dengan melatih slide sangat membantu. Dalam melakukannya, Anda membiasakan diri dengan informasi dan rencana bisnis. Pertimbangkan jumlah waktu dan audiens Anda dan buat presentasi Anda informatif dan ringkas. Tetap sesuai jadwal dan prioritaskan slide yang paling penting. Luangkan waktu di akhir presentasi Anda untuk pertanyaan.

Pendekatan yang bagus untuk melatih presentasi Anda adalah dengan mengatur waktu sendiri. Pertimbangkan berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk mempelajari materi. Biarkan rekan kerja bertindak sebagai audiens Anda sehingga Anda merasa nyaman berbicara di depan umum dan mempresentasikan rencana bisnis Anda.

Saat mengikuti langkah-langkah ini, rencana Anda menjadi menarik karena informasinya yang berguna dan penyampaian Anda yang meyakinkan.

Baca juga: Efisiensi Bisnis: Apa Itu dan Bagaimana Cara Meningkatkannya?

Apa yang harus disertakan dalam presentasi rencana bisnis?

Saat menyusun presentasi rencana bisnis Anda, ada beberapa elemen kunci yang harus disertakan. Simak komponen presentasi rencana bisnis berikut untuk penjelasan yang kuat dan menarik tentang perusahaan Anda.

  • Informasi dasar: Di awal presentasi rencana bisnis Anda, berikan informasi penting tentang bisnis Anda. Ini termasuk nama lengkap bisnis Anda, logo, dan informasi kontak Anda sebagai penyaji.
  • Masalah: Jelaskan masalah yang diidentifikasi bisnis Anda dan rencana penyelesaiannya. Tunjukkan mengapa ini menjadi masalah dan bagaimana mereka terkait dengan tujuan bisnis Anda.
  • Solusi yang diusulkan: Jelaskan bagaimana bisnis Anda adalah solusi untuk masalah yang Anda uraikan di slide sebelumnya.
  • Pendekatan keuangan: Berikan informasi tentang bagaimana tim Anda berencana untuk mencapai tujuan bisnis sambil tetap sesuai anggaran.
  • Rencana operasi: Jelaskan langkah-langkah Anda untuk mencapai tujuan bisnis. Buat daftar sumber daya yang dibutuhkan dan jelaskan seperti apa hari kerja untuk perusahaan Anda.
  • Strategi pemasaran: Jelaskan langkah apa yang Anda ambil untuk memasarkan bisnis Anda dan bagaimana ini membantu mencapai solusi Anda.
  • Tim: Buat daftar orang-orang di tim Anda yang mengerjakan rencana bisnis ini. Sertakan peran dan tanggung jawab mereka.
  • Timeline: Hadir di mana bisnis Anda berdiri dalam hal mencapai tujuan dan garis besar proyeksi Anda untuk masa depan.

Baca juga: Value Chain: Pengertian Lengkap dan Cara Analisisnya

Tips untuk mengembangkan presentasi rencana bisnis

Pertimbangkan tip berikut saat mengembangkan presentasi rencana bisnis Anda:

Fokus pada poin utama

Fokus pada penyediaan poin-poin penting pada setiap slide presentasi Anda. Berikan informasi yang seimbang. Alih-alih menulis semua yang dapat Anda pikirkan di setiap slide, bicarakan detail spesifik yang tidak disertakan dalam slide Anda.

Gunakan bahasa yang umum

Gunakan bahasa yang sama sehingga semua pemangku kepentingan dan investor mengerti. Bahasa umum membuat konsep mudah dipahami dengan menghindari kata-kata teknis. Presentasikan poin Anda secara ringkas dengan tetap berpegang pada topik utama Anda. Jika perlu, gunakan kartu catatan dengan kata kunci untuk mengingatkan Anda tentang poin utama yang ingin Anda sampaikan.

Memiliki pembawaan yang original

Presentasi sering kali terasa seperti masalah serius yang hanya mengharuskan Anda untuk berbagi informasi. Namun, membawa energi dan kepribadian Anda ke presentasi adalah keuntungan. Memiliki penyampaian yang tulus membuat Anda tampak berterima kasih kepada audiens Anda dan bersemangat tentang materi yang Anda bagikan.

Baca juga: Pengertian Negosiasi dan Tips Melakukan Negosiasi yang Efektif

Kesimpulan

Itulah beberapa tips presentasi rencana bisnis yang bisa Anda lakukan dalam pertemuan di bisnis Anda. Dalam rencana bisnis, masalah keuangan menjadi hal utama yang harus dijelaskan kepada rekan bisnis Anda. Perencanaan keuangan yang buruk bisa menjadi masalah serius bagi bisnis Anda kedepannya.

Oleh sebab itu, untuk memudahkan Anda melakukan perencanaan keuangan, penganggaran dan akuntansi dalam bisnis, Anda bisa menggunakan software akuntnasi yang mudah digunakan dan telah terbukti seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 370 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis dan telah berpangalaman lebih dari 20 tahun. Jadi tunggu apalagi? Anda bisa menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate-200 ribu per bulan

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.