Value Chain: Pengertian Lengkap dan Cara Analisisnya

Banyak perusahaan menggunakan analisis untuk mengevaluasi dan meningkatkan praktik bisnis mereka. Meskipun ada banyak alat pengukuran khusus industri di luar sana, beberapa berguna di semua sektor. Salah satunya adalah analisis value chain.

Dalam artikel ini, kami menjelaskan apa itu value chain, menyoroti elemen yang termasuk dalam chain, menjelaskan langkah-langkah yang diperlukan untuk meninjau analisis ini, menawarkan contoh analisis, dan memberikan perbedaan antara value chain dan supply chain.

Apa itu Value Chain?

Value chain atau rantai nilai adalah deskripsi menyeluruh tentang nilai suatu produk atau layanan dari konsepsi produk hingga pengirimannya ke pelanggan. Ini adalah proses di mana perusahaan menciptakan nilai bagi pelanggannya.

Seringkali, perusahaan mengukur keberhasilan rantai nilai mereka melalui margin keuntungan. Dengan menggunakan rumus margin keuntungan, bisnis dapat melihat dengan tepat berapa banyak nilai yang mereka tambahkan dari konsepsi produk hingga penyelesaiannya.

Biasanya, lebih banyak nilai tambah berarti lebih banyak keuntungan bagi perusahaan. Margin keuntungan adalah nilai yang diciptakan dikurangi biaya untuk menciptakan nilai.

Ahli teori ekonomi dan akademisi Michael Porter menciptakan istilah “value chain” dalam bukunya tahun 1985 “Competitive Advantage.” Sejak ia menggambarkan value chain dalam teks tersebut, komunitas bisnis telah menggunakan konsep tersebut secara luas. Setiap industri atau perusahaan dapat menggunakan analisis rantai nilai karena ini adalah model umum dan sangat mudah beradaptasi.

Bahkan dalam satu perusahaan, berbagai departemen dapat menyesuaikan model sesuai kebutuhan untuk memenuhi tujuan mereka. Banyak industri menggunakan analisis ini dan semakin sering melakukannya untuk studi rantai nilai global.

Baca juga: Hubungan Industrial dan Berbagai Peran Pentingnya dalam Kegiatan Produksi

Bagian dari Value Chain

Value chain Porter memiliki elemen yang jelas dan spesifik yang dipecah menjadi dua kategori. Analisis memprioritaskan sistem daripada departemen karena tujuan akhir dari analisis rantai nilai adalah untuk mengidentifikasi aspek sistem atau proses untuk perbaikan daripada keseluruhan departemen.

Rantai nilai mengidentifikasi kegiatan bisnis umum dan bidang bantuan di mana mereka berfungsi dalam dua kategori besar yang disebut utama dan dukungan:

Utama

Kategori utama value chain memiliki lima subkategori:

  • Logistik masuk: Proses ini berhubungan dengan logistik internal seperti menyimpan, menerima, dan mendistribusikan suku cadang atau bahan. Pemasok biasanya merupakan faktor kunci dalam proses logistik masuk.
  • Operasi: Proses-proses ini berkontribusi pada pergeseran dari bahan masukan mentah ke keluaran akhir yang siap untuk pelanggan. Proses operasi biasanya internal.
  • Logistik keluar: Proses ini mencakup langkah-langkah yang memasok produk ke pelanggan dari perusahaan Anda. Terkadang, ini melibatkan koneksi pengiriman eksternal sedangkan untuk logistik keluar perusahaan lain adalah prosedur internal.
  • Pemasaran dan penjualan: Proses ini berhubungan dengan persuasi pelanggan untuk melakukan pembelian dari perusahaan Anda. Sebagian besar perusahaan memiliki tim penjualan dan pemasaran internal.
  • Layanan: Proses ini mencakup tindakan pasca pembelian atau dukungan yang diambil perusahaan Anda untuk memaksimalkan kebahagiaan dan loyalitas pelanggan.

Baca juga: Cara Menemukan Niche Bisnis dalam 5 Langkah

Pendukung

Dalam kategori dukungan value chain, Porter mengidentifikasi empat bidang penting:

  • Infrastruktur perusahaan: Ini adalah kegiatan yang mendukung penciptaan produk atau layanan, tetapi tidak harus berkontribusi secara langsung. Akuntansi, manajemen dan hukum adalah contoh infrastruktur perusahaan.
  • Manajemen sumber daya manusia: Kegiatan ini mencakup segala sesuatu yang berhubungan dengan karyawan atau pekerja lain yang terlibat dalam semua langkah rantai nilai.
  • Pengembangan teknologi: Aktivitas ini mencakup semua proses dan prosedur teknologi yang digunakan perusahaan Anda sebagai bagian dari rantai nilai.
  • Pengadaan: Aktivitas ini mencakup setiap langkah yang diambil bisnis Anda untuk membeli bahan mentah yang diperlukan untuk membuat produk Anda.

Cara Menggunakan Value Chain

Untuk menerapkan analisis rantai nilai ke perusahaan Anda dan menemukan area untuk pertumbuhan dan peningkatan, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Tetapkan prosedur yang diperlukan untuk setiap aktivitas utama

Mulailah dengan mengidentifikasi prosedur yang diperlukan untuk setiap aktivitas utama. Misalnya, pembuat furnitur akan mencantumkan proses mereka untuk mendapatkan bahan mereka di bawah logistik masuk dan proses pengiriman mereka di bawah logistik keluar.

Lakukan ini untuk masing-masing dari lima kategori: logistik masuk, operasi, logistik keluar, pemasaran dan penjualan serta layanan.

Baca juga: 10 Komponen Penting dalam Perencanaan Bisnis

2. Identifikasi prosedur yang diperlukan untuk setiap aktivitas pendukung

Tetapkan semua proses yang diperlukan untuk aktivitas pendukung yang berlaku untuk aktivitas utama. Misalnya, pembuat furnitur akan mencantumkan di bawah subkategori infrastruktur perusahaan bagaimana prosedur departemen akuntansi perusahaan mendukung logistik masuk, operasi, logistik keluar, dan sebagainya.

Lakukan ini untuk semua aktivitas pendukung dalam infrastruktur perusahaan, manajemen sumber daya manusia, pengembangan teknologi, dan pengadaan.

3. Analisis setiap proses untuk kemungkinan perbaikan

Setelah Anda menetapkan setiap proses dalam rantai nilai Anda, analisis masing-masing untuk kemungkinan peningkatan. Lihat di mana Anda dapat merampingkan proses, membuang langkah-langkah yang tidak perlu, atau merestrukturisasi komunikasi untuk meningkatkan efisiensi dan nilai prosedur. Lakukan ini untuk setiap proses.

4. Temukan solusi yang produktif

Sekarang setelah Anda mengidentifikasi area untuk perbaikan, temukan solusi realistis yang dapat Anda terapkan pada proses tersebut. Pilih beberapa area untuk ditangani dengan solusi konkret dan siapkan sistem pelacakan untuk membandingkan metrik setelah penerapan.

5. Terapkan temuan

Terapkan solusi yang Anda pilih untuk proses Anda. Lacak metrik terkait untuk melihat bagaimana penyesuaian Anda meningkatkan nilai produk dan rantai nilai Anda secara keseluruhan.

Baca juga: Cara Membuat Business Forecast Beserta Contohnya

Contoh Value Chain

ABC Yaitu toko furniture yang menjual custom furniture. Contoh value chain ini memberikan gambaran singkat tentang cara kerja analisis value chain.

value chain tabel Value Chain dan Supply Chain

Sementara rantai nilai dan rantai pasokan memiliki kualitas dan elemen yang saling tumpang tindih, ada beberapa perbedaan utama yang penting. Rantai pasokan melacak penciptaan produk dan upaya yang terkait langsung, sementara rantai nilai melacak setiap elemen perusahaan untuk mengukur nilai tambah.

Rantai pasokan terutama bersifat eksternal, sedangkan rantai nilai terutama bersifat internal. Rantai pasokan fokus pada mengidentifikasi bagian fisik dan bahan yang masuk ke suatu produk sementara rantai nilai mengukur semua elemen rantai pasokan selain proses terkait dalam pemasaran, periklanan, desain, dan penelitian dan pengembangan.

Baca juga: Apa itu Analisis Risiko? Dan Bagaimana Cara Menganalisis Risiko Proyek?

Kesimpulan

Itulah pengertian lengkap tentang value chain dalam bisnis dan cara menerapkannya. Untuk proses operasional bisnis yang lebih baik, Anda bisa menggunakan sistem yang membantu memuluskan seluruh proses yang ada dalam usaha Anda, salah satunya adalah dengan menggunakan software akuntansi untuk mempermudah pembukuan usaha Anda.

Anda bisa menggunakan software akuntansi Accurate Online sebagai pilihan software akuntansi dalam membantu mengelola keuangan dan pembukuan pada bisnis Anda.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun dan digunakan oleh lebih dari 350 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa dengan mudah melakukan pencatatan pembukuan dan manajemen operasional dalam usaha Anda dimanapun dan kapanpun Anda mau. Jadi tunggu apalagi? Anda bisa menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Accurate-