Cara Menemukan Niche Bisnis dalam 5 Langkah

Menemukan niche untuk bisnis Anda sendiri di pasar yang luas ini melibatkan identifikasi kekuatan Anda  untuk membuat rencana untuk sukses. Pada artikel ini, kami menjelaskan apa itu niche dalam bisnis dan kami menyediakan lima langkah sederhana untuk Anda ikuti untuk mengidentifikasi niche Anda dan memperkenalkan bisnis Anda di pasar.

Apa itu Niche dalam Bisnis

Dalam bisnis, niche adalah bidang minat yang dikembangkan dari kekuatan bisnis dan passion yang Anda miliki. Biasanya melibatkan melakukan pekerjaan atau menawarkan produk dan itu adalah sesuatu yang selaras dengan kepribadian dan bakat Anda.

Bagaimana Cara Memukan Niche Anda dalam Mengembangkan Bisnis?

Ikuti langkah-langkah sederhana ini untuk mengidentifikasi dan mengembangkan niche Anda sendiri:

1. Periksa kelebihan dan kekuatan dalam bisnis Anda

Niche Anda akan menjadi cerminan dari kelebihan dan kemampuan bisnis Anda dalam memenuhi kebutuhan pelanggan, jadi luangkan waktu untuk membuat daftar hal-hal yang dimiliki bisnis namun tidak dimiliki oleh kompetitor di industri Anda. Temukan area di mana kelebihan dan kekuatan bisnis Anda saling terhubung dan menciptakan nilai yang unik.

2. Persempit pilihan Anda

Dari daftar kelebihan dan kekuatan bisnis Anda, fokuslah pada satu pilihan yang tampaknya mungkin untuk dicapai dan sebagai pilihan terbaik dalam bisnis. Ingatlah bahwa menjalankan atau memulai bisnis baru biasanya melibatkan Anda untuk mendedikasikan banyak waktu dan usaha, jadi niche dalam bisnis Anda harus menjadi sesuatu yang bisa Anda tonjolkan.

Baca juga: Edutech: Peluang Bisnis Terkini Di Tengah Pandemi

3. Analisis pasar dan persaingan

Teliti permintaan pasar untuk niche yang Anda maksudkan dengan mencari secara online, menghadiri pameran dagang lokal, dan membaca forum online. Pertimbangkan keseimbangan penawaran dan permintaan.

Apakah sudah ada perusahaan atau profesional yang menawarkan layanan/produk yang sama dengan niche Anda dan apakah banyak calon pembeli disana? Atau apakah Anda menemukan pasar yang sehat di mana keterampilan dan produk Anda akan bersaing kompetitif?

4. Temukan niche yang menguntungkan

Pada langkah ini, luangkan waktu untuk memeriksa audiens target Anda dan apakah ada permintaan yang cukup besar untuk layanan atau produk Anda untuk membuat Anda tetap dalam bisnis selama beberapa tahun. Anda dapat memulainya dengan bertanya pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Apakah audiens target saya online atau tatap muka?
  • Masalah apa yang dimiliki audiens target saya yang dapat saya bantu atasi?
  • Minat spesifik apa yang dimiliki anggota audiens target saya?
  • Apakah saya ingin bekerja dengan bisnis, individu, atau agensi?

Baca juga: 10 Komponen Penting dalam Perencanaan Bisnis

5. Uji ide Anda

Pikirkan tentang bagaimana produk Anda unik dan bertukar pikiran tentang cara terbaik untuk mengomunikasikan merek Anda melalui strategi pemasaran. Misalnya, Anda dapat membuat situs web atau kartu nama dan/atau mengatur profil media sosial bisnis. Setelah Anda memiliki materi pemasaran untuk niche yang tepat, Anda dapat:

  • Hadiri pasar lokal untuk menjual produk dan mengukur minat.
  • Survei audiens Anda dengan survei online atau dalam grup media sosial.
  • Kembangkan halaman arahan atau prospek dan iklankan pendaftaran untuk ikut serta dalam freebie.
  • Minta teman dan keluarga untuk menguji produk dan layanan baru dan memberikan umpan balik.
  • Kirim sampel ulasan ke influencer atau kupon diskon ke pelanggan baru.

Ingatlah bahwa penting untuk terus menguji dan merevisi produk atau layanan Anda untuk memenuhi kebutuhan industri, pasar, dan permintaan konsumen yang terus berubah. Semakin baik Anda dapat beradaptasi dengan lanskap yang terus berkembang, Anda akan semakin sukses.

Baca juga: Bagaimana Cara Menghitung Inflasi? Berikut Adalah Caranya

Kesimpulan

Setelah Anda menemukan dan membentuk niche dalam bisnis Anda, penting untuk terus tumbuh di dalamnya. Ini dapat mencakup menghadiri seminar atau bekerja dengan seorang mentor.

Ini juga bisa menjadi tahap di mana Anda meminta referensi bisnis dari pelanggan atau membentuk grup Anda sendiri dari mereka yang berada di industri serupa yang dapat merujuk klien satu sama lain. Tahap ini juga bagus untuk menguji ulang niche bisnis Anda untuk memastikan Anda berada di jalur yang benar dan memberikan apa yang dicari orang.

Pastikan juga Anda melakukan pencatatan keuangan dengan sistem terbaik agar seluruh data finansial dalam bisnis bisa terpantau secara optimal. Sebagai solusi, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online untuk proses pembukuan yang mudah dan praktis.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud buatan Indonesia yang sudah dipercaya oleh lebih dari 370 ribu pengguna dari segala jenis dan skala bisnis, juga sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun dalam membantu banyak pelaku usaha menghadirkan proses pembukuan yang lebih baik.

Anda juga bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate-200 ribu per bulan