10 Komponen Penting dalam Perencanaan Bisnis

Rencana bisnis sangat penting untuk permulaan, pertumbuhan, dan kesuksesan perusahaan secara keseluruhan. Rencana ini memberikan bisnis dengan visi untuk masa depan dan strategi yang jelas untuk bagaimana berkembang. Ada beberapa komponen penting dari perencanaan bisnis yang efektif, dan memahami masing-masing komponen ini dapat membantu Anda membuat rencana yang membawa perusahaan Anda menuju kesuksesan.

Dalam artikel ini, kami mengeksplorasi mengapa rencana bisnis itu penting dan 10 komponen penting dari perencanaan bisnis yang harus Anda sertakan saat mengembangkannya untuk organisasi Anda.

Mengapa Rencana Bisnis itu Penting?

Rencana bisnis penting karena beberapa alasan, dengan salah satu alasan paling menonjol adalah karena mereka memberikan garis besar tindakan yang jelas bagi perusahaan untuk mencapai tujuan mereka.

Rencana ini dapat memberikan kejelasan organisasi tentang seberapa layak perusahaan mereka dan apa yang dibutuhkan untuk tumbuh dan berkembang. Rencana bisnis membantu menetapkan langkah-langkah spesifik yang harus diambil perusahaan untuk memulai bisnis mereka dan mempromosikan kesuksesan mereka.

Rencana bisnis juga penting karena:

  • Memberikan wawasan tentang sumber daya apa yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan
  • Tetapkan garis waktu yang jelas tentang kapan perusahaan dapat berharap untuk mencapai tujuan
  • Dapat membantu perusahaan menentukan langkah-langkah yang harus diambil untuk berekspansi ke pasar baru
  • Tawarkan cara yang jelas untuk melacak kemajuan seiring pertumbuhan perusahaan
  • Memungkinkan pemilik bisnis untuk memprediksi dan merencanakan potensi risiko
  • Memungkinkan investor untuk melihat kelangsungan hidup perusahaan

Baca juga: Cara Membuat Business Forecast Beserta Contohnya

10 Komponen Penting dari Rencana Bisnis

Rencana bisnis yang efektif harus mengandung beberapa komponen kunci yang mencakup berbagai aspek tujuan perusahaan. Bagian terpenting dari rencana bisnis meliputi:

1. Ringkasan Eksekutif

Ringkasan eksekutif adalah yang pertama dan salah satu bagian terpenting dari rencana bisnis. Ringkasan ini memberikan gambaran umum tentang rencana bisnis secara keseluruhan dan menyoroti apa yang akan dicakup oleh rencana bisnis.

Seringkali yang terbaik adalah menulis ringkasan eksekutif terakhir sehingga Anda memiliki pemahaman yang lengkap tentang rencana Anda dan dapat meringkasnya secara efektif.

Ringkasan eksekutif Anda harus menyertakan pernyataan misi organisasi Anda serta produk dan layanan yang Anda rencanakan untuk ditawarkan atau ditawarkan saat ini. Anda mungkin juga ingin memasukkan alasan Anda memulai perusahaan jika rencana bisnisnya adalah untuk organisasi baru.

2. Deskripsi bisnis

Bagian selanjutnya dari rencana bisnis adalah deskripsi bisnis. Komponen ini memberikan deskripsi komprehensif tentang bisnis Anda dan tujuan, produk, layanan, dan basis pelanggan targetnya.

Anda juga harus menyertakan detail mengenai industri yang akan dilayani perusahaan Anda, dan tren apa pun serta pesaing utama dalam industri tersebut. Anda juga harus memasukkan pengalaman Anda dan tim Anda dalam industri dan apa yang membedakan perusahaan Anda dari pesaing dalam deskripsi bisnis Anda.

3. Analisis dan strategi pasar

Tujuan dari analisis pasar dan komponen strategi dari rencana bisnis adalah untuk meneliti dan mengidentifikasi audiens target utama perusahaan dan di mana menemukan audiens ini. Faktor-faktor yang harus dibahas dalam bagian ini meliputi:

  • Di mana target pasar Anda secara geografis berada
  • Poin rasa sakit utama yang dialami oleh pelanggan target Anda
  • Kebutuhan yang paling menonjol dari target pasar Anda dan bagaimana produk atau layanan Anda dapat memenuhi kebutuhan ini
  • Demografi audiens target Anda
  • Di mana target pasar Anda menghabiskan sebagian besar waktu mereka, seperti platform media sosial tertentu dan lokasi fisik

Tujuan dari bagian ini adalah untuk secara jelas menentukan audiens target Anda sehingga Anda dapat membuat estimasi strategis tentang bagaimana kinerja produk atau layanan Anda dengan audiens ini.

Baca juga: Apa itu Skema Bagi Hasil atau Profit Sharing? Berikut Penjelasan Lengkapnya

4. Rencana pemasaran dan penjualan

Bagian dari rencana bisnis Anda ini harus mencakup secara spesifik bagaimana Anda berencana untuk memasarkan dan menjual produk dan layanan Anda. Bagian ini harus mencakup:

  • Strategi pemasaran dan promosi yang Anda antisipasi
  • Paket harga untuk produk dan layanan perusahaan Anda
  • Strategi Anda untuk menghasilkan penjualan
  • Mengapa audiens target Anda harus membeli dari perusahaan Anda versus pesaing Anda
  • Proposal penjualan unik organisasi Anda
  • Bagaimana Anda akan menampilkan produk dan layanan Anda di depan audiens target Anda?

5. Analisis kompetitif

Rencana bisnis Anda juga harus mencakup analisis persaingan terperinci yang dengan jelas menguraikan perbandingan organisasi Anda dengan pesaing Anda. Garis besar kelemahan dan kekuatan pesaing Anda dan bagaimana Anda mengantisipasi perusahaan Anda untuk dibandingkan dengan ini.

Bagian ini juga harus mencakup keuntungan apa pun yang dimiliki pesaing Anda di pasar dan bagaimana Anda berencana untuk membedakan perusahaan Anda. Anda juga harus membahas apa yang membuat bisnis Anda berbeda dari perusahaan lain di industri ini, serta potensi masalah apa pun yang mungkin Anda hadapi saat memasuki pasar jika berlaku.

Baca juga: 9 Jenis Kewirausahaan yang Harus Anda Ketahui

6. Deskripsi manajemen dan organisasi

Bagian dari rencana bisnis Anda ini harus mencakup rincian manajemen bisnis dan strategi organisasi Anda. Perkenalkan pemimpin perusahaan Anda dan kualifikasi serta tanggung jawab mereka dalam bisnis Anda. Anda juga dapat memasukkan persyaratan sumber daya manusia dan struktur hukum perusahaan Anda.

7. Deskripsi produk dan layanan

Gunakan bagian ini untuk lebih memperluas rincian produk dan layanan yang ditawarkan perusahaan Anda yang tercakup dalam ringkasan eksekutif. Sertakan semua informasi yang relevan tentang produk dan layanan Anda seperti bagaimana Anda akan memproduksinya, berapa lama mereka akan bertahan, kebutuhan apa yang akan mereka penuhi dan berapa biaya untuk membuatnya.

8. Rencana operasi

Bagian dari komponen perencanaan bisnis Anda ini harus menjelaskan bagaimana Anda berencana menjalankan perusahaan Anda. Sertakan informasi mengenai bagaimana dan dimana perusahaan Anda akan beroperasi, berapa banyak karyawan yang akan dimiliki dan semua detail terkait lainnya yang terkait dengan operasi organisasi Anda.

Baca juga: Valuasi Bisnis: Pengertian Lengkap dan Metode dalam Penghitungannya

9. Proyeksi dan kebutuhan keuangan

Bagian keuangan dari rencana bisnis Anda harus merinci bagaimana Anda mengantisipasi pemasukan dan pendanaan yang Anda perlukan untuk memulai. Anda harus menyertakan laporan keuangan Anda, analisis laporan ini dan proyeksi arus kas.

10. Informasi tambahan dan lampiran

Bagian terakhir dari komponen rencana bisnis Anda harus mencakup informasi tambahan untuk mendukung lebih lanjut rincian yang diuraikan dalam rencana Anda. Anda juga dapat menyertakan pameran dan lampiran untuk mendukung kelangsungan rencana bisnis Anda dan memberi investor pemahaman yang jelas tentang penelitian yang mendukung rencana Anda. Informasi umum untuk dimasukkan ke dalam bagian ini meliputi:

  • Resume manajemen perusahaan dan pemangku kepentingan lainnya
  • Penelitian pemasaran
  • izin
  • Materi pemasaran yang diusulkan atau saat ini
  • Dokumentasi hukum yang relevan
  • Gambar produk Anda
  • Data keuangan

Untuk proses pengelolaan dan pembuatan data keuangan yang baik, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun dan juga digunakan oleh lebih dari 350 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa dengan mudah melakukan pencatatan keuangan dan tranaksi, mengelola banyak cabang dan gudang, manajemen aset dan persediaan, mengelola dan melaporkan pajak langsung dari aplikasi, otomatisasi lebih dari 200 jenis laporan keuangan, dan masih banyak lagi.

Anda juga bisa menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate berhenti membuang waktu