Bagaimana Cara Menjadi Distributor yang Baik? Ini Jawabannya!

Diperlukan niat yang besar untuk membuat keputusan menjadi seorang pebisnis. Mulai dari usaha hingga komitmen dalam menjalankan, semuanya tidak mudah untuk dilakukan. Untuk itu, banyak orang yang memilih menjadi agen distributor grosir gagal di tengah jalan. Lantas, bagaimana cara menjadi distributor yang baik?

Artikel ini khusus untuk Anda yang sudah memiliki niat besar untuk menjadi agen bisnis distributor tapi belum mengetahui cara menjadi agen bisnis.

Cara Menjadi Distributor yang Baik Langsung dari Pabrik

 1. Menentukan Strategi dan Channel yang Tepat

Cara menjadi distributor yang baik pertama adalah Anda harus memastikan bahwa Anda sudah memahami dan mengerti ingin bergerak dalam industri apa. Hal tersebut nantinya akan menentukan strategi yang tepat agar Anda bisa memilih saluran distribusi yang sesuai untuk digeluti pada masa depan.

Itu artinya, Anda harus bisa memahami cara kerja dari saluran distribusi agar Anda bisa melakukannya dengan baik.

2. Pilihlah Industri yang Kompetitif

Anda pun harus melakukan penelitian tentang industri yang kompetitif agar bisnis Anda bisa bertahan dengan baik. Produk yang dibuat secara baik akan bisa unggul di pasaran. Untuk itu, pertimbangkanlah jenis perusahaan yang nantinya akan Anda ajak bekerja sama.

Hal tersebut kembali lagi pada jenis produk yang ingin Anda jual dan produsen yang Anda ingin ajak kerja sama. Pikirkanlah apakah Anda ingin bergerak dalam bidang elektronik, makanan dan minuman, pakaian, atau produk lainnya.

Baca juga: Apa Itu Produsen, Distributor, dan Konsumen?

3. Jalin Hubungan yang Kuat

Kunci utama dalam membuat bisnis distribusi yang sukses adalah dengan menjalin jaringan yang kuat dengan para pelaku bisnis ritel. Pahamilah dengan baik terkait target pasar dan klien yang akan Anda ajak bermitra agar bisa mengembangkan kerjasama yang lebih kuat.

Lalu, jagalah komunikasi agar tetap terbuka agar bisa memberikan banyak kesempatan pada mitra yang memiliki potensi besar.

4. Kenali Target Pasar dengan Baik

Cara menjadi distributor selanjutnya adalah dengan mengenali target pasar secara baik. Setiap produsen tentu akan menjaga hubungan baiknya dengan distributor karena mereka memiliki peran yang lebih dekat dengan pasar.

Untuk itu, Anda harus mengenal target pasar Anda secara baik agar produsen Anda bisa menilai Anda sebagai partner yang berharga. Sehingga, Anda bisa lebih mudah menjalin komunikasi dengan mereka.

5. Buat Rencana Bisnis

Sama seperti memulai bisnis lain, Anda juga harus bisa membuat perencanaan yang tepat untuk menjadi distributor yang baik dari pabrik. Itu artinya, Anda harus mempersiapkan keterampilan manajemen, pengetahuan tentang supply chain, mengelola keuangan, dan pelatihan pemasaran agar bisa memimpin dan menjalankan sistem bisnis.

6. Siapkan Lisensi yang Sah

Agar bisa mengelola bisnis secara baik, Anda harus mendaftarkan perusahaan Anda dan memastikan izin yang sesuai agar bisa beroperasi. Baik itu izin operasional ataupun izin usaha, semuanya harus diatur secara baik. Walaupun memang akan memerlukan upaya hukum, namun Anda tidak bisa mengabaikannya agar bisnis Anda bisa berlangsung aman dan juga lancar.

Baca juga: Saluran Distribusi: Pengertian, Fungsi Tahapan dan Cara Memilihnya

7. Uji Kelayakan Produk

Ketika menjadi seorang distributor, Anda tidak akan mengetahui proses produksi secara langsung. Produk yang diterima hanyalah produk yang siap untuk dijual. Dalam tahap ini, Anda harus melakukan kegiatan pengujian atas produk yang ingin Anda pasarkan.

Pastikan juga produknya sudah layak untuk dijual agar Anda tidak mengecewakan pelanggan. Karena bila pelanggan kecewa, maka bisnis Anda tidak bisa berjalan dengan baik.

8. Pilih Layanan Logistik Terpercaya

Cobalah untuk memikirkan asal sumber inventaris dan juga tempat yang baik untuk menyimpannya. Permasalah logistik adalah suatu hal yang sangat penting demi keberhasilan bisnis distributor.

Untuk itu, cobalah untuk merawat seluruh hal tersebut agar bisa terorganisir dengan jelas. Berilah penilaian yang baik dari sisi kebutuhan manajerial sampai pengiriman agar bisa berlangsung secara sistematis.

9. Tentukan Tenaga Kerja Berkualitas

Hal terpenting yang harus dilakukan dalam proses distribusi barang dari pabrik ritel ataupun konsumen adalah pelayanan dan juga pemasaran. Kemampuan ini harus dimiliki oleh bisnis distributor. Untuk itu, Anda juga harus mempersiapkan tenaga kerja yang berkualitas agar bisa memperoleh kepercayaan dari pabrik. Dengan adanya dukungan pengalaman yang banyak, maka Anda bisa menjadi distributor yang terpercaya.

10. Proyeksikan Tujuan di Masa Depan

Cara menjadi distributor yang baik selanjutnya adalah Anda harus memproyeksikan tujuan Anda di masa depan. Perkembangan teknologi dalam bisnis tidak bisa Anda abaikan. Seluruh proses digital akan menjaga bisnis Anda agar tetap berlangsung secara baik.

Toko online mampu menciptakan sekitar 20% dari total perkembangan penjualan ritel di pasar. Untuk itu, buatlah rencana agar proses distribusi bisa beradaptasi secara baik.

Baca juga: Tertarik Menjalani Bisnis Distributor? Berikut Keuntungan dan Kerugiannya

Penutup

Demikianlah cara menjadi distributor yang baik yang bisa kami jabarkan. Perlu Anda ketahui bahwa distributor memiliki peran penting dari pabrik. Bila Anda ingin menjadi distributor yang baik, Anda memerlukan kemampuan yang andal. Hal ini diperlukan untuk bisa memperoleh kepercayaan dari pabrik dan para peritel yang akan menjadi pelanggan Anda.

Semakin luas jaringan distribusi Anda, maka Anda juga memiliki potensi yang besar untuk memperoleh keuntungan.

Nah, untuk membantu memaksimalkan keuntungan bisnis, Anda bisa menggunakan aplikasi bisnis dari Accurate Online. Karena, aplikasi ini mampu mencatat setiap proses transaksi dan akan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan bisnis pada Anda.

Selain itu, aplikasi ini juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur dan modul bisnis luar biasa yang akan memudahkan Anda dalam melakukan penjualan dan pembelian, mengelola persediaan barang, mempermudah proses administrasi perpajakan, dan masih banyak lagi.

Tunggu apa lagi? Ayo segera coba dan gunakan Accurate Online sekarang juga selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.