Ingin Sukses Jalani Bisnis Catering Nikahan? Ikuti 7 Tips Ini!

Salah satu bisnis dalam bidang kuliner yang memiliki peluang besar dan sangat menjanjikan ialah bisnis catering nikahan. Pasalnya, dalam satu bulan, bisnis ini bisa menghasilkan omzet hingga puluhan juta rupiah. Hal ini didukung juga oleh perkembangan wedding organizer yang menawarkan paket lengkap acara pernikahan, mulai dari dekorasi hingga catering makanan.

Namun, tidak mudah untuk bisa bertahan di tengah banyaknya pebisnis di bidang ini. Anda harus memiliki sesuatu yang membedakan Anda dengan kompetitor sejenis, sembari ulet dan konsisten dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas catering nikahan Anda.

Untuk itu, berikut ini diuraikan tujuh tips yang bisa Anda lakukan demi mewujudkan bisnis catering nikahan yang sukses dan besar.

Tips Sukses Jalani Catering Nikahan

1. Mengetahui Segmen Pasar

Menjalankan usaha catering nikahan sebenarnya sama saja dengan usaha di bidang lain. Dimana harus menyesuaikan dengan segmentasi pasar.

Dalam hal ini, Anda tentu saja harus menentukan siapa yang menjadi target pasar Anda. Misalnya, apakah konsumen kalangan atas, menengah, atau bawah?

Hal ini akan membantu Anda dalam menentukan harga, menu yang disajikan, hingga promosi yang akan dilakukan. Jadi, jika memungkinkan, luangkanlah waktu untuk mengamati pasar dengan melihat langsung ke lapangan guna mendapatkan hasil riset yang akurat.

2. Mempunyai Menu Andalan

Setiap jenis usaha catering, terutama catering nikahan, tentu memiliki banyak menu yang bisa dipilih oleh konsumen untuk dihidangkan pada saat pesta pernikahan.

Tersedianya beragam menu ini memang harus Anda lakukan jika ingin bersaing dengan kompetitor sejenis. Akan lebih baik pula apabila Anda memiliki menu andalan yang bisa membedakan dengan kompetitor.

Sebagai contoh, Anda bisa memisahkan antara menu yang sifatnya tradisional dan modern tergantung pada tema pernikahan. Bisa juga dengan menggabungkan cita rasa tradisional dan modern yang dapat menjadi menu andalan untuk usaha catering Anda.

Namun, Anda tetap harus memastikan cita rasa dari menu andalan yang tentunya menjadi ciri khas usaha catering Anda. Jadi, telitilah ketika Anda meracik bumbu sehingga konsumen merasa puas dengan menu yang dihidangkan.

Baca juga: Contoh Surat Penawaran dan Cara Mudah Membuatnya

3. Terus Meningkatkan Kualitas dan Cita Rasa Makanan

Jika catering Anda berhasil menghindangkan makanan yang bercita rasa khas dan lezat, maka akan mudah bagi Anda untuk memenangkan persaingan pasar. Sebab, orang yang mencicipi hasil masakan Anda bukan hanya satu orang, melainkan puluhan hingga ribuan orang. Artinya, peluang catering Anda dikenal oleh orang akan terbuka lebar.

Karena itu, Anda harus jujur terhadap rasa masakan Anda dan terus berlatih apabila masih dirasa kurang. Perbanyaklah membaca buku resep atau menonton video resep untuk menambah ilmu. Jangan ragu pula untuk meminta masukan terkait rasa masakan Anda kepada orang sekitar.

4. Menetapkan Harga Catering

Meski segmentasi pasar konsumen Anda adalah kalangan menengah ke atas, bukan berarti Anda bisa bebas menetapkan atau mematok harga yang tinggi agar mendapatkan keuntungan berkali-kali lipat.

Anda perlu menetapkan harga menu dari bisnis catering nikahan Anda. Sebab, konsumen akan mempertimbangkan harga yang Anda tawarkan dengan menu masakan, cita rasa, dan kualitas yang disajikan. Untuk itu, lakukan perhitungan dengan teliti sehingga harga yang ditentukan sesuai dengan pasaran.

Menggunakan bahan makanan dari pemasok yang menawarkan harga terjangkau memang bisa menghemat modal. Namun, Anda harus memperhatikan kualitas dari bahan makanan tersebut. Karena itu, lakukanlah riset untuk memilih satu atau dua pemasuk agar mempermudah dalam menyetok bahan makanan.

5. Membuat Paket-Paket yang Menarik

Sejak dulu, sebagian besar masyarakat akan lebih memilih paket catering nikahan dibanding memilih satu per satu menu yang akan disajikan. Sebab, keberadaan paket catering dapat menekan biaya pengeluaran, baik dari sisi pembeli maupun penjual. Konsumen pun akan lebih mudah dalam memilih menu sehingga bisa mengehemat waktu.

Dalam hal ini, Anda bisa mencoba mengkombinasikan beberapa menu yang dirasa sesuai dan saling melengkapi antara satu sama lain agar cita rasanya sejalan.

Baca juga: 7 Ide Bisnis Modal 5 Juta yang Paling Menguntungkan

6. Rajin Melakukan Promosi yang Tepat Sasaran

Promosi merupakan hal yang sangat penting dilakukan pada sebuah bisnis. Dimana hal ini akan membuat bisnis dikenal oleh banyak orang.

Namun, Anda juga harus melakukan promosi dengan tepat agar tidak sia-sia. Anda bisa melakukan promosi di media sosial atau di pameran wedding yang memang sesuai dengan pasar Anda.

7. Belajar dari yang Berpengalaman

Tak sedikit orang yang lebih dulu menjalankan bisnis catering pernikahan. Biasanya, pebisnis katering tersebut akan berbagi pengalamannya selama terjun di dunia bisnis catering ini dalam acara-acara seminar, pelatihan, hingga workshop.

Anda bisa memanfaatkan momen ini untuk mencuri ilmu yang diberikan sehingga bisa menjadikannya sebuah pembelajaran untuk kemajuan bisnis catering Anda.

Baca juga: Dagang Apa yang Cepat Laku? Ini 5 Ide Bisnisnya!

Penutup

Itulah tujuh tips yang bisa Anda lakukan dalam menjalankan bisnis catering nikahan. Ketujuh tips di atas perlu Anda lakukan secara konsisten dan sungguh-sungguh jika ingin bertahan di tengah persaingan yang ketat.

Di samping itu, keberlangsungan sebuah bisnis juga tidak terlepas dari pengelolaan keuangan yang baik dan benar. Dimana dalam hal ini, Anda bisa menggunakan software keuangan dan bisnis seperti Accurate Online.

Accurate Online merupakan software akuntansi berbasis cloud yang menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis. Berbagai fitur dan keunggulan tersemat di dalamnya untuk memudahkan Anda dalam mencatat dan membuat laporan keuangan secara akurat, cepat, dan otomatis.

Selama bertahun-tahun, Accurate Online telah berhasil membantu pebisnis dalam mencapai kesuksesannya. Karena itu, tunggu apa lagi? Yuk, segera coba Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.