Food and Beverage Service Modern: Ini Pengertian dan Berbagai Jenisnya!

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa industri bisnis food and beverage adalah salah satu industri yang sudah eksis sejak lama dan berkembang terus hingga saat ini.

Jenis bisnis yang termasuk ke dalam industri food and beverage adalah bisnis yang menjadikan makanan ataupun minuman sebagai produk utama bisnisnya, termasuk di dalamnya food and beverage service. Seiring terus meningkatnya perkembangan zaman, bisnis food and beverage pun terus mengalami perluasan makna.

Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan tentang bisnis food and beverage, bedanya dengan food and beverage service modern, serta tren teknologi yang terdapat di dalam food and beverage.

Pengertian Bisnis Food and Beverage

Pengertian umum dari food and beverage adalah suatu istilah yang lebih menjelaskan layanan penyajian makanan pada pihak pelanggan. Umumnya, suatu bisnis akan menawarkan layanan tersebut bersamaan dengan menjual produk makanan ataupun minuman, yang biasanya dikenal dengan F&B product.

Contoh sederhana dari bisnis yang menggabungkan food and beverage service atau F&B product adalah warung makan atau restoran bintang lima. Di dalam kedua tempat tersebut, pebisnis akan menawarkan produk minuman atau makanan untuk dibeli, serta tempat dan juga penyajian yang bisa dinikmati oleh para pelanggan.

Baca juga: Bingung Mencari Ide Nama Brand? Coba Ikuti 7 Tips Ini!

Perbedaan Food and Beverage Konvensional Dengan F&B Service Modern?

Perlu Anda ketahui bahwa di setiap industri bisnis, termasuk industri bisnis F&B, akan selalu tergerus dengan perkembangan dunia yang sudah semakin modern, dan pemicu modernisasi di berbagai sektor industri bisnis adalah inovasi dalam bidang teknologi.

Kehadiran teknologi yang sudah semakin canggih pun memberikan pengertian terbaru untuk bisnis food and beverage service. Layanan yang ada di dalamnya sudah tidak lagi hanya menyediakan tempat makan dan menyajikan makanan lezat kepada pelanggan, namun juga memberikan pengalaman menikmati hidangan yang sangat menyenangkan.

Karena, saat ini sudah banyak sekali orang yang lebih mengedepankan nilai kepraktisan dan juga estetika ketika memilih produk minuman dan juga makanan.

Terlebih lagi, saat ini banyak sekali orang yang menerapkan gaya hidup yang berasal dari dunia maya. Menu makanan yang mampu menarik perhatian masyarakat saat ini harus mempunyai cita rasa yang sangat nikmat, enak untuk dipandang, lebih sehat, dan harus dilengkapi dengan layanan yang memanjakan mereka.

Untuk itu, pebisnis food and beverage service-pun terus berkompetisi dalam menghadirkan pengalaman menikmati makanan yang menarik untuk memikat hati para pelanggannya.

Mereka pun sibuk untuk mengadopsi beragam konsep dan sistem layanan penyajian dengan basis teknologi yang dinilai lebih praktis dan efisien, agar para pelanggan tertarik dalam mendatangi restoran.

Baca juga: Ide Bisnis Parcel Lebaran yang Unik untuk Lebaran

Tren Teknologi untuk Industri F&B

Agar bisnisnya bisa bersaing dan tetap eksis, para pebisnis yang menekuni bidang F&B pun terus mengikuti tren teknologi yang terjadi saat ini. Beberapa tren teknologi yang mereka adopsi adalah sebagai berikut:

1. Menu Makanan dan Minuman dalam Bentuk Tablet

Saat ini, beberapa restoran ternama sudah menempatkan tablet pintar di setiap meja restoran yang fungsinya adalah sebagai menu. Penggunaan tablet ini pun akan membuat proses pemesanan makan menjadi jauh lebih praktis daripada harus memberikan tugas pada pramusaji untuk memberikan menu dan mencatat pesanan yang diinginkan pelanggan.

2. Aplikasi Kasir atau Sistem POS

Bisnis food and beverage yang sudah besar dan mempunyai banyak cabang tentu akan sangat kesulitan dalam memproses kegiatan transaksi di konter kasir. Untuk itu, diperlukan aplikasi kasir yang yang praktis agar kegiatan transaksi di konter kasir bisa diselesaikan secara cepat dan mudah bisa dilakukan secara lebih mudah.

3. Software Akuntansi Berbasis Cloud

Sistem penghitungan di berbagai tempat makan dan restoran saat ini juga sudah mulai mengadopsi aplikasi akuntansi dengan basis cloud. Kenapa? karena dengan menggunakan sistem ini, para pebisnis akan jauh lebih mudah dalam mencatat berbagai pembayaran dan pengeluaran.

Sehingga, para pebisnis akan lebih mudah dalam mengelola informasi yang penting terkait pelanggan dan bisa merekam berbagai transaksi tanpa ada sedikitpun kesalahan.

Nah, salah satu software akuntansi terbaik buatan anak bangsa yang sudah banyak digunakan oleh lebih dari 377 ribu pebisnis di Indonesia adalah Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi dan bisnis berbasis cloud yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun dalam bidang akuntansi. Bahkan, Accurate Online sudah meraih 7 kali penghargaan Top Brand Awards Indonesia, dari mulai 2016 hingga tahun 2022.

Dengan menggunakan Accurate, pebisnis akan mendapatkan laporan arus kas, laporan laba rugi, laporan neraca, laporan perubahan modal, dan lebih dari 200 jenis laporan keuangan lainnya secara otomatis, cepat dan akurat. Berbagai proses transaksi yang terjadi pun akan tercatat secara otomatis dan bisa Anda akses dimana saja dan kapan saja Anda butuhkan.

Selain itu, Accurate Online juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur lain yang mampu meningkatkan efisiensi untuk bisnis Anda, seperti fitur penjualan, pembelian, persediaan, perpajakan, manufaktur, multi cabang, multi mata uang, cost and profit center, dan masih banyak lagi.

Menariknya, seluruh kelebihan dan fitur terbaik dari Accurate Online bisa Anda nikmati dengan biaya investasi yang sangat terjangkau, yaitu sebesar 200 ribuan saja perbulannya.

Ayo coba dan gunakan Accurate Online sekarang juga secara gratis selama 30 hari hanya dengan klik banner di bawah ini.