Poin penting
- Nama brand yang baik berfungsi untuk membantu produk Anda agar mudah dikenali, menciptakan kesan pertama yang positif, memperkuat mage, dan memudahkan promosi.
- Untuk mencari ide nama brand, Anda dapat bandingkan dengan kompetitor, gunakan kata deskriptif, ciptakan kosakata baru, pakai nama orang/daerah.
Nama brand merupakan salah satu komponen terpenting dalam sebuah bisnis.
Pasalnya, komponen tersebut akan merepresentasikan produk atau bisnis secara keseluruhan.
Oleh karena itu, pemberian nama tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Namun, pencarian ide nama brand juga bukanlah hal yang mudah.
Nama brand yang baik adalah yang bisa mewakili bisnis secara menyeluruh dari segala aspek, di mana identitas bisnis dapat mengakar kuat pada nama brand tersebut.
Nama brand pun harus menarik dan unik agar konsumen lebih tertarik dan mudah untuk mengingatnya.
Lantas, bagaimana cara mencari ide nama brand yang baik dan menarik? Berikut ini tujuh tips yang bisa Anda ikuti dalam pencarian sebuah ide nama brand.
Manfaat nama brand bagi bisnis
Sebelum Anda memutuskan nama brand untuk bisnis, maka perlu Anda garis bawahi bahwa nama bukan hanya sekadar label.
Nama memiliki kekuatan tersendiri dalam membangun image, kepercayaan, hingga memudahkan strategi marketing.
Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat utama dalam memilih nama brand yang baik bagi keberhasilan bisnis Anda:
1. Memudahkan identifikasi produk
Nama brand yang tepat akan membantu produk atau layanan Anda untuk lebih mudah dikenali dan diingat oleh audiens, sehingga akan secara langsung membedakan produk Anda dari kompetitor.
2. Menciptakan kesan pertama
Nama brand adalah hal pertama yang akan diketahui calon pelanggan tentang bisnis Anda.
Nama yang menarik dan positif akan menciptakan kesan pertama yang baik dan membangun minat konsumen.
3. Memperkuat citra dan positioning
Nama yang kuat dan relevan dapat memperkuat image serta posisi brand Anda di pasar.
Nama yang dirancang sesuai visi dan karakter produk akan membuat brand Anda lebih menonjol di benak konsumen.
4. Membangun loyalitas dan kepercayaan
Nama brand yang konsisten dan mudah diingat akan membantu membangun kepercayaan pelanggan.
Semakin sering nama brand disebut dan diingat dengan pengalaman yang positif, maka akan semakin besar juga peluang pelanggan menjadi loyal.
5. Memudahkan promosi dan word of mouth
Nama yang sederhana, unik, dan mudah diucapkan akan membuat promosi lebih efektif, baik di media pemasaran maupun lewat rekomendasi dari mulut ke mulut.
Baca juga: 10+ Cara & Tips Memilih Nama Bisnis yang Mudah Diingat
7 tips mencari ide nama brand
Jika Anda masih bingung mencari nama yang cocok dan mudah diingat, berikut ini adalah tujuh tips yang bisa Anda coba lakukan untuk menemukan ide nama brand yang menarik:
1. Bandingkan dengan brand serupa
Hal pertama yang bisa dilakukan dalam proses pencarian ide nama brand adalah membandingkannya dengan brand atau bisnis yang serupa.
Kita bisa memetakan brand serupa serta menganalisis brand mana yang terkenal dan kurang terkenal.
Dari sini, kita bisa menemukan hal-hal apa saja yang membuat suatu brand menjadi terkenal, termasuk unsur dalam nama brand-nya.
Kita akhirnya dapat mempertimbangkan nama brand apa yang kira-kira cocok untuk produk kita.
Selain itu, kita pun dapat mengetahui nama brand apa saja yang sudah ada di pasaran. Jangan sampai nama brand produk kita sama dengan yang sudah ada.
2. Gunakan kosakata umum yang bersifat deskriptif
Walau tampak sederhana, penggunaan kosakata yang bersifat umum justru bisa menjadi kekuatan tersendiri. Terlebih apabila kita mampu menggunakannya secara tepat.
Dalam hal ini, kosakata yang dipilih ialah yang juga bersifat deskriptif. Di mana artinya semua orang bisa langsung memahami maksud dari kata tersebut.
Salah satu contohnya yakni Microsoft Internet Explorer. Hampir semua orang mengetahui arti dari kata “internet” dan “explore” ini, bukan?
Penggunaan kedua kata ini akan membuat orang langsung memahami bahwa produk tersebut digunakan untuk menjelajahi internet.
3. Buat kosakata khas sendiri
Terkadang, nama brand juga lebih mudah diingat dan dikenal ketika menggunakan kosakata yang dibuat atau dipelintir secara sembarangan.
Meski sedikit melenceng, namun hal itulah yang justru menjadi daya tarik dan keunikan tersendiri.
Namun, pembuatan kosakata yang khas dalam proses pencarian ide nama brand ini juga harus memperhatikan makna yang terkandung di dalamnya, yakni bermakna baik dan positif.
Baca juga: Apa itu Branding? Berikut Pengertiannya dan Perbedaanya dengan Marketing
4. Gunakan nama orang atau daerah
Menggunakan nama orang atau nama daerah untuk sebuah produk biasanya lebih mudah diingat dan dikenali.
Biasanya, cara ini digunakan dengan menggunakan nama artis atau tokoh publik. Sedangkan untuk nama daerah, lebih disesuaikan dengan produk khas daerah tersebut.
Beberapa contoh nama brand terkenal yang menggunakan nama daerah ini ialah Indomie dan Kopi Toraja.
Siapa saja yang mendengar nama brand tersebut sepertinya akan langsung tahu dari mana produk tersebut berasal.
5. Gunakan akronim
Penggunaan akronim sebagai nama brand memang membutuhkan pemikiran yang dalam dan panjang.
Sebab, kita harus memastikan akronim yang dipilih memiliki kombinasi yang pas dan cocok sehingga mudah untuk diingat.
Salah satu brand besar Indonesia yang menggunakan akronim untuk nama brand-nya yaitu CFC atau California Fried Chicken.
6. Mudah diucap dan dieja
Jangan sampai karena terobsesi membentuk kosakata yang unik dan menarik, kita melupakan hal penting seperti kemudahan kata untuk diucap, dieja, dan didengar.
Cobalah untuk melihat dari sudut pandang konsumen, apakah nama brand yang Anda pikirkan sudah mudah untuk diucap dan dieja oleh audiens atau belum.
Salah satu contoh brand yang mudah diingat adalah Gojek, yang berangkat dari kata “go” dan “ojek”.
Bayangkan apabila kata tersebut dipisah menjadi “Go-Ojek”. Lebih sulit diucapkan daripada jika digabung seperti “Gojek”, bukan?
7. Mencerminkan produk
Tips terakhir dalam proses pencarian ide nama brand adalah memilih nama yang dapat mencerminkan produk bisnis Anda dengan baik. Selain apa yang dijual, nama brand juga bisa mengandung target dari pasar bisnis Anda.
Misalnya, Anda menjalankan bisnis pakaian yang targetnya adalah perempuan. Anda bisa menggunakan nama brand seperti “Female Wear” yang jelas mencerminkan apa yang kita jual.
Dengan begitu, akan lebih mudah bagi Anda untuk melakukan proses branding dan memperkenalkan bisnis Anda kepada audiens.
Baca juga: 10 Tips Membuat Nama Produk yang Menarik dan Memikat Hati Pelanggan
Contoh nama brand yang menarik untuk bisnis
Menemukan nama brand yang unik, catchy, dan mudah diingat memang tantangan tersendiri bagi setiap pebisnis.
Jika Anda masih bingung harus mulai dari mana, berikut ini adalah inspirasi nama brand dari berbagai pendekatan yang bisa dijadikan referensi sesuai karakter dan kebutuhan bisnis Anda:
1. Ide nama brand serupa dengan brand lain
- Noodlelicious (mi instan ala Indomie)
- KopiFolks (kopi modern, menyesuaikan tren Kopi Kenangan/Kopi Janji Jiwa)
- SwiftMove (transportasi, terinspirasi Gojek/Grab)
- UrbanCrate (grocery delivery, seperti HappyFresh)
- SmartMart (minimarket moderen/online)
- SariFresh (minuman buah mirip SariWangi/SariAsem)
- RotiJuara (bakery – mengikuti BreadTalk/Roti’O)
- Juiceology (cold pressed juice – tren healthy drink)
- GlowNest (beauty/skincare – mirip brand kecantikan ternama)
- FitFuel (healthy meal box/gym cafe)
2. Ide nama brand dengan kosakata umum
- CleanSpace Laundry
- FreshBite Pastry
- GoGear Otomotif
- CerdasEdu
- SehatPlus Clinic
- HijabChic
- SmartBike Rental
- SiapFoto Studio
- KadoIn (toko hadiah, “kado-in” = kasih kadoin doinya!)
- RumahRasa (restoran rumahan, jelas dan menggoda)
3. Ide nama brand dengan kosakata unik (neologisme/kreasi baru)
- Frolio (fashion)
- Mendrex (gadget aksesoris)
- Zecora (beauty)
- Yumina (minuman kekinian)
- Livora (lifestyle store)
- Breev (air purifier/produk ramah lingkungan)
- Cuvano (café, coffee, food, chill)
- Mottyn (motor listrik)
- Uzari (healthy food/meal prep)
- Naliko (platform edukasi)
4. Nama brand dengan nama orang atau daerah
- Aruna Seafood (inspirasi nama dan laut Indonesia)
- Sate Pak Kumis
- Batik Pesisir
- Pizza Yogyakarta
- Coffee Toraja Heritage
- Putri Salon Amanda
- Donat Bandung
- JogloJava (interior kayu & eksterior tradisional)
- Bebek Mak Ida
- Roti Rafi
5. Ide nama brand dengan akronim
- FAME (Fashion & Accessories Made Easy)
- JAGO (Jasa Gofood Online)
- BOSS (Bakso Super Spesial)
- SAKTI (Sambal Khas Tepi Indonesia)
- TASTY (Tempat Aneka Snack Ternyata Yummy)
- HERO (Healthy Eat Resto Online)
- FRESH (Food Rental, E-commerce, & Store Hub)
- KOPI (Kumpulan Oma Penyetan Indonesia)
- JAZZ (Jasa Aman Zona Ziarah)
- LOVE (Layanan Online Voucher Elektronik)
6. Ide nama brand mudah diucap dan dieja
- Lumina (baby shop/parenting)
- Fika (cafe, dari budaya Swedia: ngopi santai)
- Pio (premium snack)
- Kliq (platform networking)
- Zeva (skincare)
- Mono (fashion, minimalis namanya)
- Runo (bengkel ringan/motor elektrik)
- Yori (jajanan modern)
- Vana (produk eco-friendly)
- Fita (diet sehat & meal box)
7. Ide nama brand yang mencerminkan produk
- GlowSkin Lab (klinik kecantikan)
- GoHijab Store (fashion muslimah)
- AutoView Car Wash (cuci mobil)
- SnackBox Mania (katering snack)
- PlantHouse ID (tanaman hias)
- SewaRumah.Id (rental rumah/apartemen)
- PrintExpert (percetakan)
- HealthyBowl (restoran sehat/meal prep)
- Dapur Sushi (ikan & sushi)
- GadgetCare (service gadget/ponsel)
8. Ide nama brand fashion
- Frolio
- Mono
- Livora
- Zeva
- HijabChic
- Vitra
- GoWear
- Modista
- Urbane
- Privee
9. Ide nama brand makanan
- SnackBox Mania
- RumahRasa
- FreshBite
- Dapur Sushi
- Donat Bandung
- Tasti
- Yori
- RotiJuara
- KadoIn (bisa untuk hampers snack)
- Fita Meals
10. Ide nama brand kue
- RotiJuara
- Lumina Cake
- Amanda Cake
- SweetNest
- KueVitaJollyBite
- Cakepedia
- ChocoCraze
- Roti Rafi
- DapurManis
11. Ide nama brand hijab
- HijabChic
- GoHijab Store
- Syar’iStyle
- ModistaHijab
- HijabGlow
- VitaVeil
- LilacHijab
- Luna Hijab
- PutriHijab
12. Ide nama brand kopi
- KopiFolks
- Coffee Toraja Heritage
- GoJava
- Beanology
- Coffeeology
- Kopi Klasik
- Kopi Kita
- Kopi Barista
- Urban Beans
- Kopi Fiqa
Sebelum memutuskan nama brand, pastikanlah selalu memerika apakah nama yang Anda pilih sudah digunakan atau terdaftar sebagai merek lain supaya terhindar dari masalah hukum di kemudian hari.
Tutorial video
Ingin mendapatkan tips membuat nama brand dengan cara yang lebih mudah? Silakan tonton video kami di bawah ini melalui audiovisual yang menarik:
Baca juga: 10 Contoh Wirausaha Modal Kecil Untung Besar, yang Layak Anda Coba!
Penutup
Jadi, nama brand memegang peranan yang penting dalam kegiatan pemasaran sebuah produk.
Kenapa? Karena nama brand adalah yang hal pertama dilihat dan didengar oleh audiens sekaligus sebagai sebuah representasi dari suatu produk. Untuk itu, pemilihan nama brand harus dilakukan dengan cermat.
Seperti yang kita ketahui bersama, proses pencarian ide nama brand bukanlah hal yang mudah. Dalam hal ini, Anda bisa mempertimbangkan untuk mengikuti tujuh tips yang sudah diberikan di atas.
Namun, keberhasilan dan keberlangsungan sebuah bisnis tidak hanya bergantung pada pemilihan nama brand, melainkan juga pengelolaan keuangan.
Dalam mengelola keuangan ini, Anda perlu mencatat dan mengelola keuangan bisnis Anda secara benar agar terhindar dari masalah finansial yang berujung pada gagalnya bisnis.
Anda bisa menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi seperti Accurate Online yang menawarkan kemudahan dalam mengelola dan membuat laporan keuangan secara lebih cepat, akurat, dan otomatis.
Accurate Online menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis, serta berbagai fitur dan keunggulan yang mudah untuk digunakan.
Ratusan ribu pebisnis di Indonesia pun telah menggunakan Accurate Online untuk membantunya dalam mengelola keuangan bisnisnya.
Jadi, ayo bergabung dengan ratusan ribu pebisnis lainnya dengan menggunakan Accurate Online atau coba secara gratis selama 30 hari dengan klik banner di bawah ini.
Referensi:







