Berbagai Ide Home Industri yang Bisa Anda Coba Untung Hasilkan Keuntungan

Berdasarkan laman Lawinsider, home industri adalah bisnis skala rumahan yang bisa dikerjakan di rumah. Bisnis ini tidak memerlukan sewa tempat dan modal yang dibutuhkan untuk membangun serta memulai bisnis ini tergolong minim.

Dalam beberapa tahun terakhir, kegiatan bisnis home industri pun sudah memiliki banyak peminat. Bahkan tidak jarang banyak pemuda yang mulai menggeluti kegiatan tersebut.

Nah, untuk Anda yang tertarik untuk membuka bisnis berskala rumahan, kami akan membagikan ide bisnis home industri yang bisa Anda coba.

Ide Bisnis Home Industri dengan Keuntungan Besar

1. Berbisnis Roti atau Kue

Untuk Anda yang memiliki hobi membuat kue, maka Anda bisa memulai bisnis home industri dengan berjualan kue. Jenis bisnis yang satu ini tergolong mudah untuk dilakukan bila dari awal Anda memang sangat hobi dalam membuat kue. Karena saat Anda hobi membuat kue, pasti Anda sudah memiliki berbagai peralatannya, yang Anda perlukan hanya bahan bakunya saja. setelah itu, Anda cukup memasarkannya saja.

Pada tahap awal, Anda bisa memasarkannya terlebih dahulu ke tetangga, teman atau saudara Anda. Anda juga bisa memposting foto kue yang sudah Anda buat di media sosial agar bisa menjangkau lebih banyak pelanggan.

Tapi, hal yang perlu Anda catat adalah bisnis ini memerlukan konsistensi ketimbang variasi. Untuk itu, konsistenlah dalam menawarkan produk ke pelanggan. Bila hari ini mereka belum membeli produk Anda, mungkin besok atau lain hari mereka akan berminat membelinya.

2. Kursus atau Les Privat

Jenis home industri yang satu ini bisa dibilang tidak akan pernah mati. Selama berbagai sekolah masih belum sepi, maka guru les privat akan terus dicari. Setiap orang tua tentu ingin anaknya berkuliah di universitas yang terbaik dan mereka tidak akan segan untuk membayar jasa Anda.

Dalam memulainya, Anda bisa menawarkannya pada lingkungan sekitar. Tawarkanlah pada orangtua siswa bahwasanya Anda mampu membantu anak mereka pada mata pelajaran yang memang telah Anda kuasai, seperti matematika, komputer, bahasa, atau pelajaran lain.

Anda juga bisa menawarkan kursus secara online dengan menggunakan bantuan aplikasi seperti Zoom atau Google Meet, sehingga proses belajar mengajar pun bisa berjalan dengan lancar.

Baca juga: Ide Bisnis Teknologi yang Memberikan Keuntungan Besar

3. Pelatih Olahraga dan Kebugaran

Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh adalah suatu hal yang sangat penting. Setiap manusia harus bisa menjaga sistem imunitas tubuh dan mengonsumsi berbagai makanan yang sehat. Saat ini, sudah banyak orang yang menyadari hal tersebut dan mulai menjaga kesehatan tubuhnya dengan berolahraga secara teratur dan banyak mengonsumsi makanan bergizi.

Nah, untuk Anda yang memiliki hobi serta pengetahuan yang luas tentang kesehatan dan juga kebugaran tubuh, Anda bisa mencoba membuka kelas online sebagai pelatih olahraga ataupun kebugaran. Tapi, Anda harus memerhatikan spesialisasi yang hendak Anda tawarkan.

Saat ini, terdapat banyak sekali instruktur kebugaran, dari mulai yoga, zumba, hingga bodybuilding. Nah, cobalah untuk memilih salah satu dari fokus bidang tersebut sebagai tahap awal.

4. Konsultan Tata Rias

Walaupun jenis pekerjaan ini memerlukan kesabaran, kreativitas, dan juga keterampilan, tapi terdapat ceruk pasar khusus untuk Anda yang memiliki hobi dan minat tata rias. Berbagai industri pernikahan, hiburan, pesta ulang tahun atau semacamnya memerlukan konsultan tata rias.

Bila Anda mempunyai keahlian dan juga peralatan yang tepat dalam pekerjaan ini, Anda bisa memulainya dari orang-orang terdekat terlebih dahulu.

Kelebihan dari pekerjaan home industri ini adalah Anda tidak memerlukan lisensi khusus. Tapi, Anda tetap harus memperluas koneksi dan mengenal banyak orang agar banyak juga yang mau menggunakan jasa Anda. Selain itu, Anda juga harus selalu mengikuti perkembangan fashion terbaru yang ada di dunia, khususnya di Indonesia.

Baca juga: Langkah Awal Usaha Daycare Demi Untung Berlimpah

5. Katering Rumahan

Selain berjualan roti dan juga kue, katering adalah alternatif bisnis home industri yang banyak diambil oleh ibu rumah tangga. Mereka yang memiliki keahlian dan hobi dalam memasak bisa mencoba menawarkan menu makan siang untuk para pekerja kantoran atau makanan bergizi untuk anak-anak saat bersekolah.

Kelebihan yang terdapat dalam menjalankan bisnis ini adalah modal yang diperlukan cenderung kecil dan Anda bisa memulai bisnis ini kapan saja saat pesanan katering datang.

Tapi, bisnis ini memerlukan tenaga yang banyak untuk berbelanja bahan makanan, memasak, sampai mengemasnya serta mengirimnya ke pelanggan.

Agar lebih mudah dalam memulai home industri ini, Anda bisa menawarkan satu atau dua jenis menu makanan terlebih dulu, setelah itu baru Anda bisa mengembangkannya bila peralatan dan sumber daya sudah cukup.

6. Kursus atau Les Musik

Selain ingin unggul di mata pelajaran, banyak juga orang tua yang ingin anaknya ahli dalam memainkan musik, mulai dari biola, gitar, piano, sampai harpa pun saat ini memiliki banyak peminat. Nah, hal tersebut adalah peluang yang baik untuk Anda yang memiliki keahlian dalam bermusik dan ingin memperoleh masukan dari hobi tersebut.

Dengan memanfaatkan bantuan teknologi, kursus musik pun bisa Anda jalankan secara online. Selain akan mempermudah Anda dalam melakukan komunikasi, aplikasi seperti Zoom, Google Meet, atau Skype juga bisa Anda gunakan untuk mengadakan kelas online dengan beberapa siswa secara bersamaan.

Baca juga: Berapa Modal Usaha Toko Olahraga? Ini Jawabannya!

Penutup

Demikianlah beberapa ide bisnis home industri yang bisa Anda coba untuk memperoleh keuntungan yang banyak atau memulai bisnis baru yang menguntungkan. Tapi, harus Anda ketahui bahwa ide bisnis di atas memerlukan tenaga dan juga modal yang tidak sedikit.

Selain itu, Anda juga akan sangat memerlukan suatu sistem yang akan membantu Anda untuk bisa berkembang secara pesat. Nah, sistem tersebut adalah aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Kenapa? Karena Accurate Online akan membantu Anda dalam mencatat setiap kegiatan transaksi dan akan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat.

Selain itu, di dalamnya pun telah dilengkapi dengan berbagai fitur bisnis luar biasa yang akan membantu Anda dalam mengelola dan mengembangkan bisnis secara lebih mudah.

Penasaran dengan Accurate Online? Silahkan klik tautan gambar di bawah ini untuk mencobanya lebih dulu selama 30 hari, Gratis!