Berencana Membangun Bisnis? Berikut Ide Bisnis Modal Kecil

Dalam membangun bisnis, banyak yang berfikir bahwa hal utama yang diperlukan adalah modal yang besar. Apakah Anda tahu? Ternyata hal ini tidak lebih dari sekadar ‘mitos’ yang tidak benar, terlebih dengan kemajuan zaman dan era digital yang senantiasa berevolusi mendukung bisnis modal kecil.

Cara Membangun Bisnis Modal Kecil

Menjadi Karyawan Terlebih Dahulu

Tujuan menjadi karyawan sebelum memulai bisnis adalah untuk mengumpulkan sedikit modal sambil memenuhi kebutuhan hidup. Menjadi karyawan sekadar batu loncatan.

Kerja Lepas

Contohnya seperti menyediakan jasa les private sesuai dengan bidang keahlian Anda.

Tujuannya untuk mengumpulkan sedikit modal yang disisihkan untuk keperluan membangun bisnis modal kecil.

Mulai Dengan Modal Kecil

Setelah dana terkumpul, mulailah berbisnis dengan modal yang sangat kecil, seperti membuka online shop dengan cara dropship atau resell.

Belajar Berinvestasi

Investasikan sebagian keuntungan yang didapat, bisa ke saham, properti, atau emas.

Lima Ide Bisnis Modal Kecil

Setelah mengetahui empat langkah yang baiknya dilakukan untuk persiapan membangun bisnis, yuk, simak beberapa ide bisnis modal kecil yang bisa Anda mulai bangun dari hari ini.

Bisnis Online Fashion

Bisnis fashion masuk dalam kategori bisnis online terbaik di dunia, karena target pasar yang dituju oleh bisnis ini menganggap bahwa fashion merupakan sebuah kebutuhan atau identitas diri di masyarakat. Terlebih di Indonesia, target pasar fashion yang bisa dibidik sangat luas, seperti jilbab, baju anak hingga dewasa, gamis, dan baju koko.

Dari beragam jenis fashion tersebut, Anda bisa berfokus pada satu kategori yang Anda minati, selanjutnya buatlah target pasar, entah ditujukan untuk anak, remaja, atau dewasa. Bisnis ini membutuhkan modal kecil dan bahkan tanpa tempat, karena bisnis online relatif gratis, melalui telepon genggam dan media sosial.

Bisnis Afiliasi

Bisnis afiliasi menjadi kabar baik bagi para penulis online. Jika Anda memiliki website yang ramai pengunjung, maka Anda bisa langsung mendaftarkannya ke salah satu atau beberapa pihak afiliasi produk, setelah mendapat pernyataan disetujui, Anda akan menerima kode produk yang nantinya akan Anda pasang di website Anda.

Jika seorang pengunjung website membeli produk tersebut melalui kode yang tercantum di website Anda, Anda pun mendapatkan komisi dari pembelian tersebut. Produk yang dijual umumya berupa e-book, training, dan seminar. Untuk mengetahui lebih jauh tantang bisnis afiliasi Anda bisa membacanya melalui link ini.

Jasa Titip

Jasa titip ini bisa dilakukan secara online dan nyaris tanpa modal. Orang-orang yang sudah memulai bisnis ini bisa menggantungkan kehidupannya dari pemasukan bisnis jasa titip. Contohnya, jasa titip barang-barang miniso, mungkin bagi orang-orang di kota, toko lucu ini sangat biasa, namun banyak orang-orang daerah yang tidak bisa mengaksesnya. Di situlah muncul ide bisnis modal kecil yang kini kian berkembang.

Peternak Akun

Di zaman yang serba digital ini, akun media sosial dengan jumlah pengikut yang besar menjadi incaran banyak orang, di sini Anda bisa mulai menjadi peternak akun yang kemudian menjual akun tersebut, misalnya Instagram.

Kunci dari peternak akun adalah konsistensi dalam posting konten, konten tidak harus original, unggahan ulang pun tidak menjadi masalah, namun jangan lupa memberi credit kepada pemilik konten. Dengan konsistensi, kurang lebih dalam waktu 9 bulan, Anda bisa mencapai 150.000 followers yang jika dijual bisa mencapai 20 juta rupiah.

Jasa Laundry

Bisnis ini sangat dibutuhkan, meskipun harus ada tenaga yang keluar setiap harinya, entah tenaga sendiri, atau menyewa tenaga karyawan, bisnis ini bisa dimulai dengan modal yang relatif kecil dan akan terus berkembang.

Untuk mengetahui lebih jauh cara tentang tips dan trik membangun bisnis laundry, Anda bisa membacanya melalui link ini

Kesimpulan

Modal berupa uang bukanlah hal utama dalam membangun bisnis, masih ada banyak faktor lainnya yang menjadikan bisnis modal kecil Anda sukses dan terus berkembang, yaitu dengan memiliki ide-ide bisnis cemerlang dan keberanian yang disertai keberanian serta konsistensi untuk memulai.

Apapun bisnis Anda, tentunya akan sulit berkembang jika Anda tidak menggunakan pembukuan yang benar. Pembukuan adalalah hal yang harus ada dalam bisnis untuk mengetahui sehat atau tidaknya bisnis yang Anda bangun. Jika pembukuan manual terasa menyulitkan, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online untuk pembukuan yang jauh lebih efisien.

Accurate Online adalah software akuntansi buatan indonesia dengan fitur terlengkap dan harga terjangkau yang cocok untuk semua jenis bisnis di Indonesia. Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.

 

Anda dapat membaca artikel tentang akuntansi, bisnis dan keuangan lainnya di bawah ini :