Beberapa Jenis Usaha Pertanian yang Bisa Menjadi Ide Bisnis Anda

Bisa dikatakan bahwa usaha pertanian adalah usaha yang bisa dilakukan siapa saja. Usaha di sektor pertanian adalah usaha yang menyenangkan dan tidak membuat beban pikiran, namun di sisi lain usaha pertanian juga bisa dikatakan bisa memberikan keuntungan yang besar. Bagaimana tidak, dengan berbekal ilmu pertanian dan terjun langsung ke kebun, uang bisa didapatkan.

Usaha ini juga dinilai menyenangkan karena nantinya Anda akan menanam langsung tanaman dan Anda sendiri yang menuainya. Di masa panen, akan menjadi hal yang membanggakan apabila berhasil mendapatkan panen yang banyak dan bagus.

Terlebih lagi, pertanian adalah usaha yang akhir-akhir ini menjadi usaha yang banyak dibutuhkan. Jelas saja, produk yang dijual dari usaha ini adalah produk yang dibutuhkan manusia untuk kehidupan sehari-hari, yaitu bahan makanan.

Baca juga : Dropship Adalah Bisnis yang Mudah? Mari Bahas lebih Jauh

Peluang Usaha Pertanian Mudah dan Menguntungkan

Jika Anda sudah mantap menjalankan usaha pertanian, maka Anda harus tahu terlebih dahulu akan menjalankan usaha apa. Alasannya, tak semua jenis usaha pertanian mudah dilakukan dan tak semuanya bisa mendatangkan untung yang besar. Berikut ini adalah beberapa peluang usaha pertanian yang cukup mudah dilakukan namun tetap memberikan keuntungan besar.

Hidroponik

Seiring berjalannya waktu, sayuran atau buah dari proses tanam hidroponik semakin dicari saja. Hal ini tentunya membuat kebutuhan pasar akan sayur atau buah hidroponik menjadi meningkat. Manfaatkan hal ini dengan menjalani sebuah usaha pertanian hidroponik. Untuk memulai usaha hidroponik ini sangat mudah karena tidak perlu menyiapakan lahan yang luas. Bisa dilakukan di perkarang rumah.

Untuk memulainya anda hanya perlu menyiapkan peralatan hidroponik yang bisa Anda dapatkan dengan mudah di toko pertanian. Adapun tanaman yang bisa Anda tanam antara lain pakcoy, tomat, selada, dan lain-lain.

Sayuran hijau

pertanian sayuran hijau juga mudah dilakukan namun menguntungkan. Sayuran hijau banyak macamnya mulai dari sawi, brokoli, dan juga kol, selada dll. Untuk menggarap lahan dengan usaha pertanian di bidang sayuran juga sangat mudah. Karena tidak perlu banyak modal dan juga tidak harus memiliki lahan yang luas. Adapun langkah yang akan Anda lakukan hanyalah memilih benih yang bagus, menanam bibit sayuran tersebut, menyiapkan lahan bedengan, menanam di bedengan atau dilahan kita, memeliharanya, dan lalu memanennya.

Ada juga sayuran hijau berupa kangkung dan bayam. Kedua tumbuhan ini sangat mudah hidup. Sehingga walapun di musim kemarau pun kedua tanaman ini masih bisa ditanam. Pasar dari sayuran hijau ini tentu sangay besar. Setiap orang pasti perlu konsumsi sayuran hijau ini. untuk kankung dan banyak bisa di tanam di kolibag atau juga menggunakan sistem hidroponik.

Terong

Bertani terong hampir sama sistemnya dengan usaha sayuran hijau. Sehingga perawatan terong pun sama. Sehingga kita bisa menggabungkan antara sayuran hijau dengan terong. Tetapi kalau mau khusus terong juga tidak masalah. Harga jual terong juga lumayan. Memang untuk pasar terong berbeda dengan sayuran hijau. Karena orang yang suka dengan sayur terong lebih sedikit dibanding dnegan sayuran hijau.

Cabai Merah

Selain sayuran hijau cabai merah juga merupakan salah satu peluang usaha yang sangat menguntungkan. Usaha cabai ini memang bermacam-macam kelas dan namanya cabai merah kriting lah yang memiliki harga jual yang cukup tinggi. Apalagi harga cabai merah mencapai 100 rb per kg. Ini tentu sangat menggiurkan sekali dan keuntungan yang didapat juga sangat besar. Namun diantara  Kemudian pasar cabai merah ini sangat besar hampir setiap ibu rumah tangga membeli cabai ini untuk konsumsi sehari-hari baik untuk olahan masakan atau juga bahan tambahan dalam membuat sebuah makanan.

Bawang

Bawang juga menjadi alternatif komoditi pertanian yang menguntungkan. Karena sama halnya denga cabai bawang juga digunakan sebagai bahan bubu olahan makanan. Adapun jenis bawang yang dinilai paling menguntungkan untuk dijadikan usaha pertanian adalah bawang merah dan bawang putih. Harga bawang merah dan bawang putih biasanya selalu meningkat saat perayaan hari besar.

Baca Juga : Langkah Membangun Bisnis Percetakan Bagi Pemula

Kunyit atau jahe

Usaha pertanian selanjunya adalah menanam kunyit atau jahe. Manfaat kedua tanaman ini cukup banyak. Selain untuk bumbu masakan juga untuk obat. Anda bisa menjual dalam bentuk bubuk, jamu, pewarna makanan, dan lain sebagainya. Kunyit dan jahe ini merupakan tanaman yang sangat mudah hidup. Sehingga walapun ditanam pada musim kemarau kedua tanaman ini tetap hidup. Untuk waktu panen memang butuh waktu beberapa bulan. Harga jual kunyit dan jahe ini juga cukup mahal.

Kesimpulan

Anda bisa mencoba salah satu dari jenis pertanian diatas untuk Anda menambah pundi pundi penghasilan Anda. Penting juga untuk memperkirakan luas lahan yang Anda pakai untuk menanam. Jika bisnis sudah berjalan, catat pemasukan dan pengeluaran secara terperinci untuk memastikan bisnis Anda berjalan denga lancar.

Baca juga : Pengertian Ekonomi Manajerial, Cakupan, Fungsi dan Tujuannya

Jika Anda kesulitan dengan pembukuan manual, Anda bisa menggunakan software akuntnasi sepert Accurate Online untuk pembukuan yang lebih baik. Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang telah berpengalaman lebih dari 20 tahun dalam membantu lebih dari 300 ribu pemilik bisnis membuat usahanya menjadi lebih mudah.

Anda juga dapat merasakan kemudahan bisnis dengan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.