7 Ide Usaha Sampingan Modal Kecil dengan Cuan Berlimpah

Usaha sampingan merupakan solusi untuk mereka yang ingin memiliki penghasilan lebih saat masih bekerja pada sebuah perushaan tertentu. Usaha sampingan juga adalah hak dan pilihan karyawan, jadi perusahaan tidak berhak melarangnya selama tidak bertentangan dengan peraturan atau bisnis dari perusahaan tersebut. Tapi, apa ide usaha sampingan terbaik yang bisa kita coba?

Namun, masalah utama yang selalu dirasakan oleh karyawan untuk memulai usaha sampingan bukanlah ide usaha sampingan, tapi modal. Mungkin beberapa diantara kita ada yang beranggapan bahwa bisnis sampingan tidak akan bisa dimulai tanpa adanya modal yang kuat atau modal yang besar. Satu-satunya harapan Anda mungkin adalah pinjaman dana tunai dari bank, teman, keluarga, atau kerabat terdekat.

Hal ini memang salah satu solusi yang bisa dilakukan, namun ternyata masih ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk memulai usaha sampingan tanpa pinjaman dari pihak manapun. Caranya adalah dengan memulai usaha sampingan dengan modal kecil. Berikut ini adalah 8 ide sampingan yang bisa dijalankan dengan modal kecil namun cuannya berlimpah.

Ide Usaha Sampingan dengan Modal Kecil dan Cuan Berlimpah

1. Jual Pulsa Listrik, Pulsa Kartu Pra Bayar, dan Paket Data Internet

Hampir semua listrik perumahan saat ini menggunakan token listrik dalam pengaplikasiannya. Disisi lain, sebagian besar dari kita saat ini pasti sudah memiliki smartphone yang sebagaian besarnya menggunakan kartu pra bayar.

Nah, jika Anda ingin mencari usaha sampingan dengan modal rendah sebesar Rp 1 juta namun omsetnya pasti, maka menjual pulsa listrik, pulsa kartu pra bayar dan paket data internet adalah salah satu solusinya. Anda tidak memerlukan modal besar dan waktu Anda pun bisa lebih fleksibel.

Caranya, Anda hanya perlu mendaftarkan diri ke penyedia pulsa elektronik, lalu melakukan deposit dari modal Anda tersebut. Selanjutnya, Anda sudah mulai bisa menjual pulsa elektrik dengan harga yang menguntungkan.

Jika di total secara keseluruhan, keuntungan yang bisa didapat dari menjual pulsa ini bisa mencapai Rp 20 triliun setahun. Angka ini didapat berdasarkan  data dari pebisnis besar di Jakarta. Jadi, permintaan akan pulsa sudah tidak perlu diragukan lagi. Baik itu oleh teman kantor, teman kos, tetangga , dll.

Baca juga: Pengertian Omnichannel dan Pentingnya Bagi Bisnis Ritel

2. Jual Makanan untuk Sarapan

Bila Anda mempunyai keahlian dalam memasak, maka Anda bisa memulai bisnis sampingan dengan modal kecil ini. Kenapa? Karena setiap karyawan akan selalu sibuk pada pagi hari. Apalagi untuk sekedar menyiapkan sarapan, hal ini menjadi sulit untuk mereka lakukan. Untuk Anda yang memiliki waktu masuk kantor yang fleksibel atau bisa masuk lebih siang, maka Anda bisa melakukan usaha sampingan menjual sarapan demi meningkatkan penghasilan Anda.

Anda tidak harus memasak suatu hal yang sangat rumit, Anda cukup menyiapkan berbagai masakan yang sederhana dengan nilai jual tinggi, seperti gorengan, bubur ayam, dan mie instan. Anda bisa memulai usaha Anda ini dari depan halaman rumah Anda dan menyajikan makanan untuk tetangga Anda yang berstatus sebagai karyawan.

Dalam memulai bisnis ini, setidaknya Anda memerlukan berbagai bahan baku seperti seperti telur, beras, daging ayam, tahu, tempe, dan sayuran. Selain itu, Anda juga perlu minyak goreng, gas, dan kompor. Jika di total secara keseluruhan, modal yang perlu Anda keluarkan adalah sekitar Rp 3 jt dengan keuntungan mencapai Rp 2 jt perbulan.

3. Jasa Laundry

Jasa laundry kiloan merupakan salah satu usaha sampingan yang bisa dilakukan dengan modal rendah dan cuan yang lumayan. Dengan modal sekitar Rp 6 juta, Anda sudah bisa memulai usaha ini. Modal tersebut digunakan untuk membeli mesin cuci, pengering, deterjen, pewangi, timbangan, setrika, dan juga plastik. Untuk meminimalisir modal, Anda bisa memilih mesin cuci yang sudah ada mesin pengeringnya sekaligus.

Di era digital seperti saat ini, semua orang biasanya memiliki keinginan untuk bisa lebih praktis, adanya permintaan dalam hal pelayanan dan menyetrika pakaian pun akhirnya meningkat. Khususnya di kalangan mahasiswa dan juga karyawan. Dengan melakukan usaha laundry di tempat yang banyak ditinggali oleh karyawan atau pelajar, maka bisa dipastikan pelanggan Anda akan terus berdatangan. Untung yang bisa Anda raih kemungkinan sebesar 15%-25% dari tarif laundry per kg. Tarif laundry kiloan biasanya adalah Rp4000 – Rp7000 per kg.

Beli juga: Pengertian Entrepreneur dan Perbedaannya Dengan Pengusaha

4. Menjual Foto di Internet

Jika Anda cukup suka dengan dunia fotografi, maka Anda bisa memulai hobi Anda itu menjadi sumber penghasilan. Caranya adalah dengan menjual foto secara online. Anda bisa mendaftarkan diri Anda pada website penjualan foto seperti Istockphoto.com dan ShutterStock.com. Lalu Anda tinggal upload foto Anda. Bila ada pengunjung yang ingin membeli foto Anda, maka Anda akan mendapatkan komisi yang besar.

Komisi yang bisa Anda dapat dari Istockphoto biasanya adalah 15% per foto dan ShutterStock 20-30% per foto. Agar bisa mendapatkan komisi ini, Anda bisa menggunakan akun paypal, sehingga situs penjualan foto itu bisa mengirimkan komisi Anda lewat paypal.

Modal yang perlu Anda keluarkan adalah kamera digital. Atau jika belum punya, Anda bisa mulai menggunakan smartphone Anda untuk menggambil gambar yang baik. Pastikanlah foto Anda memiliki kualitas tinggi dan di dalamnya terdapat karakter atau cerita tertentu. Target pasar Anda saat ini adalah mereka yang memerlukan foto untuk website atau design tertentu.

5. Jasa Cuci Motor / Mobil

Bila dilingkungan rumah Anda ada banyak pemilik motor atau mobil, maka jasa cuci motor/mobil bisa Anda jadikan peluang bisnis. Banyak orang akan rela menunggu waktu berjam-jam hanya untuk menungu antrian cuci motor atau mobilnya. Sebagain orang lainnya bahkan bersedia meninggalkan kendaraannya dan akan mengambilnya saat sudah dicuci.

Bisnis ini mampu menawarkan laba yang terbilang cukup tinggi jika Anda memulainya pada suatu daerah yang tepat.

Modal yang diperlukan adalah sekitar 2 jutaan. Modal ini adalah untuk membeli pompa air, kompresor, kain lap, sabun motor, dan peralatan semir ban motor untuk memulai jasa cuci motor/mobil. Untuk awal memulainya, Anda bisa membuka  jasa cuci motor/mobil ini pada lingkungan atau area rumah Anda. Sehingga, Anda tidak memerlukan biaya sewa tempat.

Baca juga: Ingin Menjadi Freelancer Sukses? Pastikan 10 Tips ini Anda Lakukan

6. Jual Beli Motor Bekas

Saat ini, jual beli motor bekas bukanlah hal yang baru. Tingkat penjualan motor di Indonesia yang terus meningkat dari tahun ke tahun membuat jumlah motor bekas pun menjadi meningkat. Dengan tingginya permintaan motor bekas di masyarakat dan banyaknya jumlah motor yang beredar di pasar, maka hal ini bisa Anda jadikan sebagai peluang dalam melakukan bisnis jual beli motor bekas.

Kesempatan untuk mendapatkan keuntungan dari pesatnya perkembangan yang ada pada bidang ini adalah suatu hal yang harus Anda manfaatkan.

Untuk bisa memulai usaha ini, Anda hanya memerlukan modal biaya kurang dari Rp5 juta. Karena Anda hanya perlu membeli motor bekas lalu menjualnya dengan harga yang agak lebih tinggi. Jika Ada teman, kerabat, atau tetangga yang ingin menjual motornya, maka Anda bisa langsung memeriksa motor tersebut.

Namun, kelemahan bisnis ini adalah banyak motor yang surat-suratnyat idak lengkap atau sudah habis masa berlakunya, banyak onderdil asli yang sudah diganti, hasil pencurian, dll. Sehingga Anda memerlukan pengalaman yang cukup banyak dan memang mengerti tentang motor.

7. Jasa Desain Grafis merupakan Ide Usaha Sampingan yang Paling Banyak Ditemui

Keahlian desain grafis merupakan keahlian yang tidak semua orang miliki. Namun jika Anda memiliki keahlian dan keterampilan dalam membuat desain grafis, maka bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan pendapatan Anda. Anda bisa melakukannya sebagai freelancer atau pekerja lepas, lalu mencarinya di berbagai website desain terkenal di Indonesia. Atau, Anda juga bisa memanfaatkan website internasional untuk mendapatkan tarif yang lebih tinggi.

Dari berbagai website itu, mungkin nantinya Anda bisa mendapatkan pekerjaan seperti mendesain kartu nama, logo, desain baju, maskot, poster, booth, interior, dll. Setiap bentuk pengerjaannya memiliki harga bayaran yang berbeda, tergantung persetujuan Anda dengan pihak klien. Anda hanya memerlukan modal keahlian, koneksi internet, dan komputer.

Beli juga: Berbagai Ide Bisnis di Bidang Seni untuk si Penghobi Seni

Kesimpulan

Ketujuh ide bisnis usaha sampingan diatas merupakan ide bisnis yang nampaknya cukup mainstream dan disepelekan. Padahal, keuntungan yang di dapat dari menjalankan bisnis tersebut kenyataannya mampu meningkatkan pendapatan Anda. Sehingga, Anda tidak hanya bergantung pada gaji bulanan Anda di kantor saja.

Namun dalam menjalankannya, Anda tetap harus melakukan  pencatatan keuangan yang baik, agar tidak tercampur antara uang pribadi Anda dan uang  bisnis Anda. Sehingga, bisnis pun bisa terus berjalan.

Namun, jika Anda masih merasa sulit dalam melakukan pencatatan keuangan dan masalah akuntansi lainnya. Maka Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Accurate Online. Aplikasi ini akan memudahkan Anda dalam mengurus segala hal yang menyangkut akuntansi bisnis Anda secara lebih mudah dan cepat. Sehingga, Anda bisa menjalankan bisnis usaha sampingan.

Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 1