Tips Sukses Jual Sembako Dengan Modal Kecil

Sama seperti membuka usaha jual kelontong, membuka usaha jual sembako di saat ini bisa dilakukan dengan modal yang minim. Kenapa? karena seluruh perlengkapannya sudah banyak tersedia.

Pada dasarnya, sembako adalah kependekan dari sembilan bahan pokok. Membuka usaha jual sembako tentunya akan sangat oleh konsumen hingga kapanpun.

Di dalam setiap lingkungan pemukiman, pasti kita akan dengan mudah menemukan minimal satu warung sembako. Oleh karena itu, permintaan pada bahan pokok ini tidak akan pernah berkurang.

Walau bisnis ini sering dipandang sebelah mata, tapi keuntungan yang bisa diraih di dalamnya tidak bisa kita remehkan. Bila mampu dikelola dengan tepat, maka usaha ini mampu memberi keuntungan yang sangat banyak.

Nah, apakah Anda tertarik memulai jual sembako? Bila tertarik, maka kami akan memberikan tips sukses jual sembako dengan modal yang kecil berikut ini.

9 Tips Sukses Jual Sembako

1. Rencanakan Jual Sembako Anda

Setiap bisnis harus bisa direncanakan secara matang, pun sama halnya dengan jual sembako. Walaupun memang terlihat mudah, namun bisnis ini tidak bisa dilakukan secara asal. Jangan sampai Anda menjalankan bisnis jual sembako tanpa ada rencana yang matang, karena nantinya akan menyebabkan kerugian.

Pelajarilah terlebih dahulu seluruh seluk beluk tentang cara memulai bisnis jual sembako. Selain itu, Pastikan Anda sudah memahami berbagai hal yang memang seharusnya disiapkan, berbagai faktor pendukungnya, dan juga yang mampu menghambat bisnis jual sembako Anda.

Untuk itu, rencanakanlah berbagai langkah yang ingin Anda jalankan. Mulai dari melakukan survei pasar, mencari supplier dengan harga terbaik, menghitung modal yang ada, dan bersiap untuk melakukan persaingan dagang dengan dengan para kompetitor.

Anda juga harus memikirkan tempat untuk memulai usaha jual sembako, entah itu menggunakan ruang kosong yang ada di rumah atau menyewa ruko. Walau bisnis jual sembako ini tidak semudah seperti apa yang dibayangkan. Tapi dengan adanya rencana yang matang, maka Anda bisa lebih mudah dalam melangkah di masa depan karena telah mempersiapkannya dengan baik.

2. Lakukan Riset Pasar

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Anda harus melakukan survei pasar atau riset pasar. Kegiatan ini dilakukan agar bisa mengetahui seberapa besarkah peluang Anda untuk bisa berkecimpung di dalam bisnis tersebut.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari adanya kemungkinan persaingan dengan bisnis yang sama atau toko yang jauh lebih modern, seperti halnya minimarket ataupun supermarket.

Lalu, Anda harus mencari tahu kemungkinan siapa saja yang bisa menjadi target pasar Anda. Lakukanlah suatu wawancara kecil tentang respon masyarakat sekitar bila Anda ingin membuka toko sembako.

Bila respon mereka baik, maka lanjutkan dengan menanyakan keperluan apa saja yang seharusnya Anda sediakan. Selain itu, pelajarilah budaya dan juga kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat sekitar.  Hal sekecil apapun akan memberikan dampak yang besar pada bisnis jual sembako Anda. Sehingga, Anda harus menemukan cara yang tepat untuk menyiasatinya.

3. Perhitungan Modal yang Tepat

Hitunglah modal yang Anda perlukan secara teliti sebelum mulai berbelanja kebutuhan bisnis. Dalam hal ini, Anda tidak hanya harus menghitung barang dagangan Anda saja, tapi juga harus menghitung kebutuhan operasional Anda.

Catatlah seluruh kebutuhan modal tersebut agar bisa memberikan gambaran yang jelas terkait pengelolaan keuangan untuk bisnis kecil.

Jika Anda sudah berhasil menghitung semuanya, maka Anda bisa menghitung barang dagangan apa saja yang memiliki potensi besar untuk dijual. Saat awal membuka toko, cobalah untuk terlebih dahulu menyediakan barang atau kebutuhan dasar.

4. Perhatikan Tata Letak Barang

Tata letak barang di toko memiliki peran yang sangat penting. Jika Anda menatanya dengan baik dan tepat, maka toko Anda akan terlihat lebih rapi. Selain itu, Anda juga jadi lebih mudah menemukan barang yang ingin Anda jual.

Agar bisa terlihat lebih rapi, gunakanlah etalase dan rak untuk menempatkan produk dagangan Anda. Pisahkanlah beberapa barang sesuai dengan kelompoknya. Hindari mencampurkan barang makanan dengan barang sabun.

5. Perhatikan Kebersihan Toko

Tips membuka bisnis jual sembako selanjutnya adalah memperhatikan kebersihan toko. Toko yang bersih akan membuat setiap pembeli merasa lebih nyaman.

Setiap calon pembeli akan cenderung ebih tertarik dengan toko yang mampu memperhatikan kebersihan lingkungannya. Untuk itu, bersihkanlah toko Anda sebelum benar-benar membukanya. Periksa dan pastikanlah setiap barang berada pada tempat yang sesuai.

Dengan selalu memperhatikan kerapian dan kebersihan toko, Anda juga akan mencegah berbagai hewan bersarang di dalam toko Anda, seperti kecoak dan tikus.

6. Pilih Sembako yang Berkualitas

Berbagai bahan pokok seperti minyak goreng, beras dan juga gula pasir harus dikelompokan pada beberapa kelas tertentu. Hal ini dibuat berdasarkan dengan kualitasnya.

Disarankan untuk menjual produk sembako yang memiliki kualitas baik saja. Produk yang dijual dengan kualitas baik akan lebih disukai oleh para pelanggan walaupun harganya juga tinggi.

Anda bisa mulai menjual produk barang dengan dua kualitas yang berbeda. Hal ini bisa Anda lakukan bila Anda tidak ingin kehilangan pelanggan karena harganya yang lebih mahal.

Berikanlah kebebasan pada pelanggan untuk memilih produk barang berdasarkan kualitas ataupun kemampuannya. Selain itu, Anda juga harus lebih jujur pada pelanggan. Berikanlah bahwa kondisi dan kualitas produk yang Anda juga berdasarkan faktanya.

Bila Anda ingin memperoleh produk yang memiliki kualitas tinggi tapi harganya rendah, carilah supplier yang tepat. Anda bisa langsung mencarinya di pasar atau meminta rekomendasi dari sesama pemilik toko sembako.

7. Tetapkan Strategi Penjualan

Kesuksesan toko sembako diawali dengan menerapkan strategi pemasaran yang tepat. Untuk itu, jangan sekalipun ragu untuk melakukan promosi agar seluruh masyarakat mengenal bisnis jual sembako Anda.

Kegiatan promosi bisa dilakukan dengan berbagai macam metode. Bisa dengan cara yang konvensional seperti dengan menyebarkan brosur ataupun pamflet. Bisa juga dengan cara yang lebih modern dengan menggunakan media sosial.

Di zaman yang sudah serba digital seperti saat ini, mempromosikan bisnis dengan media sosial adalah cara yang paling tepat. Hampir semua orang saat ini sudah memiliki smartphone, dan berpeluang besar untuk melihat iklan promosi Anda.

Buatlah suatu event soft opening sebagai langkah awal promosi Anda. Berikanlah diskon harga untuk jenis barang tertentu. Selain itu, Anda juga bisa menerapkan sistem tebus barang murah untuk barang A saat pembeli sudah berbelanja dengan harga tertentu yang berhasil mencapai target.

8. Memberikan Pelayanan Terbaik

Jangan biarkan pelanggan Anda pergi hanya karena Anda memberikan pelayanan yang tidak memuaskan. Cobalah untuk selalu bersikap ramah dan menghargai setiap pelanggan, sehingga mereka akan lebih senang saat berbelanja di toko Anda.

Gabungan produk yang berkualitas, toko yang bersih dan rapi, promosi yang efektif dan bentuk pelayanan yang ramah mampu membuat setiap pelanggan kembali berbelanja di toko Anda.

Jangan lupa untuk selalu menyambut setiap pelanggan baru dengan mengucapkan salam hangat dan ucapkan terima kasih saat mereka meninggalkan toko Anda.

9. Pembukuan Warung Sembako

Tips terakhir yang tidak boleh Anda lakukan adalah dengan melakukan pembukuan. Kenapa? karena transaksi sekecil apapun yang terjadi di bisnis jual sembako harus Anda catat dengan rapi.

Umumnya, pembukan dicatat dalam buku kas. Data yang terdapat di dalamnya akan mempermudah Anda dalam memantau status keuangan bisnis Anda, entah rugi atau untung.

Selain itu, data tersebut juga bisa Anda jadikan referensi untuk mengevaluasi strategi bisnis Anda di lain waktu. Jadi, pembukuan memiliki manfaat yang sangat besar, tapi tidak semua penjual sembako memahami caranya.

Untuk itu, Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Accurate online. Accurate Online adalah software akuntansi yang mampu menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan juga tepat.

Accurate Online sangat cocok untuk digunakan oleh berbagai jenis skala bisnis, mulai dari bisnis kecil seperti toko sembako, hingga bisnis besar sekalipun. Accurate Online juga sudah dilengkapi dengan fitur pembelian, penjualan, persediaan, pembukuan, dan banyak fitur lainnya yang mampu mempermudah Anda dalam mengelola bisnis.

Lebih uniknya lagi, software akuntansi ini bisa Anda nikmati dengan biaya investasi senilai 200 ribuan perbulan saja.

Penasaran? Silahkan coba Accurate Online selama 30 hari gratis dengan hanya klik tautan gambar di bawah ini.

accurate berhenti membuang waktu