Jualan Jus Buah Dengan Modal 5 Jutaan? Ini Tipsnya!

Terdapat banyak sekali pilihan untuk untuk Anda yang ingin memulai bisnis. Salah satunya adalah dengan menjalankan usaha kuliner. Usaha kuliner yang dimaksud tidak selalu makanan, karena Anda juga bisa menjalankan usaha minuman ringan, seperti jualan jus buah.

Dari dulu sampai sekarang, jenis usaha yang satu ini memang selalu layak untuk dijadikan pilihan, karena tidak pernah sepi pembeli.

Terlebih lagi, saat ini sudah banyak muncul aplikasi digital yang mampu mendukung pembayaran dan promosi, sehingga membuat usaha jualan jus buah lebih mudah untuk dilakukan. Lalu, bagaimana peluang dan juga tips untuk jualan jus buah bagi pemula? Berikut ini kami berikan ulasan lengkap tentang jualan jus buah untuk Anda.

Peluang Usaha jualan jus Buah

Untuk beberapa orang, usaha jualan jus buah ini masih dianggap sebelah mata karena untungnya yang sedikit. Tapi Anda jangan salah, karena jualan jus buah justru memiliki keuntungan yang sangat menggiurkan bila bisa dilakukan dengan baik.

Beberapa dari Anda mungkin bertanya-tanya, apa saja peluang yang bisa dihadirkan dari jualan jus buah ini sehingga membuat banyak orang tertarik untuk melakukannya?

Bila kita jelaskan secara detail, setidaknya terdapat empat peluang utama yang membuat bisnis ini bisa laris manis di pasar, yaitu.

1. Usaha yang Tak Pernah Mati

Untuk sebagian besar orang, usaha kuliner adalah usaha yang tidak pernah ada matinya dan akan terus ada hingga kapanpun. Pemikiran seperti ini memang benar, karena setiap orang pasti butuh makan dan minum.

Terlebih lagi, saat ini sudah banyak masyarakat yang sadar akan gaya hidup sehat dengan cara mengonsumsi buah dan sayur.

Oleh karena itu, peluang usaha jualan jus buah bisa berjalan dengan baik. Kenapa? Karena kebanyakan masyarakat lebih menyukai buah yang mudah untuk dikonsumsi tanpa mengurangi manfaatnya. Untuk itu, tidak heran bila jus buah bisa diandalkan untuk memenuhi gaya hidup sehat masyarakat modern.

Baca juga: Ghost Kitchen, Solusi Bisnis Kuliner Baru di Tengah PPKM Darurat

2. Modal Usaha Jus yang Terjangkau

Selain menjadi bisnis yang tidak akan pernah mati, jualan jus buah juga bisa dilakukan dengan modal yang minim. Bahkan, saat ini sudah banyak franchise yang menawarkan kerjasama untuk berjualan jus buah dengan modal yang kecil.

Anda hanya perlu menyiapkan modal sekitar 5 jutaan saja. Bahkan, di beberapa tempat lainnya ada yang bisa membuka jualan jus buah dengan modal kurang dari itu.

Nantinya, modal ini bisa Anda gunakan untuk membeli berbagai perlengkapan dan bahan baku buah, gula, susu kental manis, dan perlengkapan jus seperti mesin blender, gelas plastik, etalase, kulkas, dll. Perhatikan juga biaya listrik atau sewa tempat jika Anda ingin tempat yang lebih luas.

3. Bahan Baku yang Mudah Didapat

Hal lain yang tidak kalah menarik dari jualan jus buah adalah bahan bakunya yang sangat mudah untuk diperoleh. Anda tidak perlu khawatir dalam memilih setiap bahan baku dengan kualitas terbaik. Karena, Anda bisa melakukan kerjasama dengan para penjual atau pemasok buah terbaik.

Lalu, berbagai bahan lainnya pun sangat mudah untuk didapatkan, selain bisa dibeli secara langsung, Anda juga bisa mendapatkannya secara online.

Terlebih lagi bila usaha yang Anda lakukan berbentuk franchise, tentunya hal tersebut sangat membantu, karena perusahaan induk pasti akan menyetok bahan baku secara lengkap. Jadi, Anda hanya harus menjalankan jualan jus buah dari sisi operasional saja.

Saat bahan baku yang Anda miliki mulai menipis, baru Anda bisa menghubungi pihak induk bisnis untuk segera mengirimkan bahan baku.

Tips Memulai Usaha Jualan Jus Buah

Setelah Anda mengetahui berbagai peluang jualan jus buah tersebut, maka saat ini Anda harus bisa menjalankannya di rumah. Walaupun dalam prakteknya memang tidak semudah mengembalikan telapak tangan.

Untuk itu, agar jualan jus buah Anda bisa berjalan dengan baik dan bisa mencapai target yang Anda inginkan, terdapat beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan. Terlebih lagi bila Anda baru memulainya. Berikut ini adalah tips memulai jualan jus buah.

1. Perhatikan Lokasi Tempat Jualan Jus Buah

Hal pertama yang harus Anda perhatikan dalam usaha jus buah adalah memperhatikan lokasinya. Walaupun hal ini terlihat klasik, tapi bila Anda menganggap remeh, maka tentu akan mengganggu jalannya usaha Anda.

Contohnya, Anda memilih lokasi jualan yang kurang tepat, kemungkinan usaha yang Anda lakukan tidak akan begitu ramai dan menjadi kurang diminati oleh konsumen.

Dalam memilih lokasi jualan jus buah, disarankan untuk memilih lokasi yang lebih mudah dijangkau banyak orang, seperti di dekat jalan raya atau pusat keramaian. Semakin ramai lokasi yang Anda pilih, maka peluang memperbesar usaha pun semakin lebar.

2. Tentukan Siapa Target Pasarnya

Ketika Anda sudah memilih lokasi usaha, maka langkah selanjutnya adalah dengan menentukan siapa target pasarnya. Contohnya, jika jualan jus buah yang Anda lakukan di dekat sekolah, maka target pasarnya adalah anak sekolah. Pun sama halnya bila Anda membuka usaha di dekat kampus, maka target pasarnya adalah para mahasiswa.

3. Lakukan Promosi yang Menarik

Promosi adalah suatu hal yang penting dalam menjalankan suatu bisnis, termasuk jika Anda ingin memulai jualan jus buah. Promosi bisa Anda lakukan secara konvensional seperti menyebarkan suatu pamflet, dll.

Anda juga bisa melakukan promosi secara online. Kelebihannya, Anda tidak memerlukan modal usaha yang terlalu besar jika melakukan promosi secara online. Selain itu, Anda juga bisa menyasar masyarakat yang lebih luas

Namun, Anda harus menggunakan gambar dan foto yang menarik. Bahasa yang Anda gunakan pun harus lebih persuasif. Selanjutnya, Anda bisa memberikan promo online, seperti buy one get one di hari-hari tertentu atau dengan memberikan potongan harga untuk varian rasa tertentu.

Atau, Anda juga bisa memberikan kupon, jadi bila ada pembeli yang sudah membeli jus buah sebanyak beberapa kali, maka untuk pembelian keenam mereka bisa mendapatkan jus buah secara gratis. Dengan cara ini, maka usaha yang Anda lakukan akan semakin banyak peminatnya, khususnya di kalangan pelajar dan juga mahasiswa.

4. Inovasi dalam Hal Rasa

Walaupun usaha kuliner dan jus buah memang salah satu jenis usaha yang tidak ada matinya, tapi Anda tetap harus melakukan inovasi agar tidak ditinggalkan para pelanggan setia. Terlebih lagi bila Anda menyasar calon pembeli baru.

Dalam hal ini, Anda bisa melakukan berbagai jenis eksperimen minuman jus buah yang menarik dan berbeda dari pesaing Anda.

Contohnya jus buah untuk kebugaran, jus untuk diet, dll. Selain jus, Anda juga bisa memberikan inovasi yang menarik lainnya. Seperti smoothies, jus yang dicampur dengan yoghurt dan buah lainnya. Jangan lupa juga untuk membungkusnya dengan kemasan yang lebih menarik.

5. Kebersihan Bahan Baku dan Perlengkapan

Selain tentang keunikan rasa dan kemasan, Anda juga harus menjaga kualitas buah yang Anda sediakan. Ada kalanya juga Anda harus memperhatikan sisi kebersihan, baik itu kebersihan buah ataupun berbagai perlengkapannya. Untuk air mineralnya sendiri, pilihlah air dengan kualitas yang terbaik.

Jika Anda sudah melayani satu porsi jus buah, maka segera cuci blender tersebut dengan air bersih dan mengalir agar bersih merata. Jika kebersihan tersebut bisa Anda jaga, maka tingkat kepercayaan pembeli pun akan bisa Anda dapatkan dengan mudah.

6. Gunakan Layanan Pesan Antar Makanan

Saat ini, era digital membuat berbagai tempat usaha bisa menjalankan bisnis dan pelayanannya dengan mudah dan baik. Terlebih lagi, saat ini sudah muncul berbagai jenis aplikasi yang mampu memudahkan para pebisnis dalam mengelola bisnis dan melayani para pembelinya.

Nah dalam hal ini, Anda harus sudah harus mendaftarkan usaha Anda pada aplikasi layanan pesan antar makanan. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, Anda bisa mendapatkan jangkauan konsumen yang lebih luas dan membantu mereka dalam mendapatkan jus buah yang mereka inginkan.

Baca juga: Cara Ternak Kelinci dan Prospek Bisnis Menguntungkan di Dalamnya

Penutup

Demikianlah tips jualan jus buah dengan modal lima jutaan. Jadi, tunggu apa lagi, segera persiapkan berbagai hal yang diperlukan, bangun mental bisnis Anda saat ini juga dan segera bergerak.

Agar lebih mudah lagi dalam melakukan dan menjalankan usaha jualan jus buah, Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Accurate Online. Kenapa? Karena software akuntansi ini lebih dari sekedar aplikasi pembukuan akuntansi biasa.

Di dalamnya, Anda bisa menikmati banyak sekali fitur, mulai dari fitur pembelian, persediaan, penjualan, dll. Berbagai fitur tersebut akan semakin memudahkan Anda dalam berjualan jus buah.

Terlebih lagi, Anda juga bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang bisa Anda akses secara mudah, cepat dan akurat.

Penasaran? Anda bisa mencoba Accurate Online terlebih dahulu secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

accurate 2 banner bawah