Ingin Mencoba Jualan Sepatu? Ini Cara dan Modal yang Harus Dipersiapkan

Jualan sepatu menjadi salah satu jenis usaha yang sangat menggiurkan. Kenapa? karena sepatu adalah salah satu produk yang paling banyak dicari untuk kebutuhan sehari-hari, ataupun untuk koleksi. Permintaan akan produk sepatu pun semakin meningkat.

Selain itu, berjualan sepatu juga sangat minim akan terjadi kerugian, karena produk ini tidak akan mengalami kerusakan di dalam gudang ataupun kadaluarsa. Tapi, hal tersebut tergantung dari bagaimana Anda menyimpan persediaan sepatu Anda di dalam gudang.

Selain itu, menjual beragam jenis sepatu untuk kaum pria dan wanita juga akan sangat meningkatkan keuntungan yang akan Anda peroleh. Pasalnya, model sepatu yang bervariasi akan semakin menarik minat banyak orang.

Nah, untuk Anda yang tertarik untuk berjualan sepatu, berikut ini cara dan modal yang harus Anda persiapkan.

7 Cara Mudah Jualan Sepatu

1. Mencari Informasi

Pelajari dan lakukanlah analisis penting terkait cara kerja dalam berbisnis sepatu. Hal tersebut bisa Anda lakukan dengan cara berdiskusi pada mereka yang sudah lebih dulu sukses dalam berjualan sepatu.

Silahkan cari juga sumber informasi lainnya dari majalah bisnis, internet, buku, atau sumber lainnya yang mampu meningkatkan pengetahuan Anda terkait bisnis sepatu.

2. Pemilihan Segmen dan Harga

Selanjutnya, pilihlah jenis dan segmen sepatu yang ingin Anda jual. Pertimbangkan juga kualitas sepatu dengan harganya yang ingin Anda jual.

Cobalah dengan cara membandingkan harga sepatu yang dijual dengan produk terkenal lain yang mempunyai model dan juga spesifikasi yang sama. Agar penentuan harga dan segmennya sesuai, cobalah untuk menyusun bisnis model canvas yang akan membantu bisnis Anda bisa berkembang.

Baca juga: Ide Bisnis Cemilan Sehat Untuk Tubuh Dan Dompet

3. Mencari Distributor

Salah satu cara dalam mengawali usaha jualan sepatu adalah mencari supplier atau distributor sepatu yang ingin Anda jual. Carilah distributor sepatu yang terpercaya agar Anda tidak khawatir saat ingin menjalin kerjasama dengan mereka.

Carilah distributor yang memang mau menyediakan sepatu original di internet atau bertanyalah pada mereka yang sudah lebih dulu berpengalaman. Di internet, sudah banyak sekali distributor yang menawarkan produk sepatunya.

Bila Anda sudah berhasil mendapatkan distributor yang tepat, maka katakanlah pada mereka bahwa Anda juga ingin berjualan sepatu, sehingga Anda akan diberikan harga sepatu yang lebih murah karena membeli dalam jumlah yang banyak.

Anda juga bisa berjualan sepatu dengan brand sendiri, caranya adalah dengan menjalin kerjasama dengan para pengrajin sepatu.

4. Pilih Jenis dan Merk Sepatu

Terdapat banyak sekali merk dan jenis sepatu yang diincar oleh banyak orang. Beberapa diantaranya adalah sepatu casual, sepatu sport, dan sepatu sneakers. Anda bisa memilih merk dan jenis sepatu berdasarkan segmen yang sudah Anda tentukan sebelumnya.

5. Jualan Sepatu di Media Sosial atau Marketplace

Manfaatlah media sosial untuk berjualan sepatu secara online, seperti di Facebook atau Instagram. Karena beberapa orang lebih nyaman dan betah untuk melihat produk sepatu di media sosial.

Jangan lupa juga untuk mengarahkan para calon pembeli untuk mengunjungi toko online di marketplace yang sudah Anda buat, karena banyak orang yang lebih nyaman dan mudah dalam menjalankan transaksi di sana.

6. Fotolah Sepatu Dengan Jelas

Cara selanjutnya untuk berjualan sepatu adalah memfoto produk sepatu dari berbagai sisi agar para pembeli mengetahui kondisi sepatu yang akan mereka beli. Jangan lupa juga untuk melengkapi informasi model sepatu yang ingin Anda jual.

Isi juga deskripsi bahan sepatu dan daftar ukuran yang lengkap agar calon pelanggan Anda tidak kebingungan. Buatlah para calon pelanggan Anda merasa jelas dengan jenis sepatu yang Anda tawarkan, agar nantinya mereka tidak perlu lagi bertanya lebih lanjut terkait sepatu tersebut.

7. Promosi

Promosikan juga sepatu yang Anda jual agar setiap orang bisa mengetahuinya dengan baik. Anda bisa menggunakan fitur periklanan digital yang disediakan di media sosial, karena fitur di dalamnya sangat efektif dan juga mudah digunakan.

Lalu, terapkanlah sepatu yang Anda jual dengan diskon untuk mereka yang membeli lebih dari dua pasang atau potongan harga untuk beberapa pembeli pertama.

Baca Juga: Dekorasi Pernikahan, Peluang Usaha yang Sangat Menjanjikan

Modal Memulai Jualan Sepatu

Modal awal yang harus Anda keluarkan untuk jualan sepatu adalah sekitar 10 juta hingga 20 juta rupiah. Modal awal ini termasuk biaya pembelian sepatu original dari berbagai brand atau merk, serta biaya akomodasi lainnya agar bisa memperoleh sepatu dari pihak distributor atau supplier.

Anda bisa mulai mematok harga sepatu perpasang sekitar 350 ribu hingga 2,7 juta rupiah, sesuai dengan merk dan kualitas dari sepatu tersebut.

Modal ini berbeda bila Anda menjalin kerjasama dengan para pengrajin sepatu. Dengan modal 5 juta rupiah, Anda bisa mulai berjualan sepatu. Rincian modal ini bisa Anda gunakan untuk kebutuhan:

  • Membeli perlengkapan, seperti pisau cutter, tinta perak, pensil, kaki tiga, tang catut, palu, lem sintetis, gunting, paku dan peralatan lainnya.
  • Biaya belanja bahan baku benang jahit, kain lapor, kulit, kertas manila, sol luar, spon ati, vinil, paper tape., amplas dan texon.
  • Biaya membeli mesin pembuat sepatu.
  • Ongkos promosi.

Anda tidak harus langsung berjualan sepatu dari pihak distributor atau menjadi pengrajin, karena Anda bisa mulai dengan menjadi dropshipper. Anda juga bisa membuka bisnis jualan sepatu bekas sebagai pilihan lain.

Baca juga: Business Process Management atau BPM Adalah: Ini Pengertian dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang cara jualan sepatu dan modal yang Anda perlukan untuk mulai berjualan sepatu.

Hal penting lainnya yang harus Anda perhatikan dalam memulai bisnis ini adalah mengelola keuangan dengan baik dan mencatat setiap pengeluaran yang terjadi di dalam laporan keuangan. Laporan tersebut nantinya akan memudahkan Anda untuk memantau keuntungan atau kerugian yang Anda peroleh serta membantu Anda dalam memutuskan kebijakan bisnis yang tepat.

Untungya, saat ini sudah ada aplikasi akuntansi dan bisnis dari Accurate Online yang akan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis secara otomatis, cepat dan akurat.

Selain itu, di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan fitur dan modul yang akan membuat setiap lini bisnis Anda berjalan lebih efektif dan efisien.

Tertarik? Anda bisa mencoba Accurate Online selama 30 hari gratis dengan klik banner di bawah ini.

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.