15 Peluang Bisnis 2023 yang Mudah untuk Dikembangkan

oleh | Okt 20, 2023

source envato.

15 Peluang Bisnis 2023 yang Mudah untuk Dikembangkan

Tahun 2023 membuka pintu bagi berbagai peluang bisnis yang menarik dan beragam. Seiring dengan perubahan tren global, perkembangan teknologi, dan pergeseran kebutuhan konsumen, peluang bisnis baru terus muncul.

Apakah Anda seorang wirausaha yang berpengalaman atau pemula yang mencari kesempatan untuk memulai usaha, artikel ini akan membahas 15 peluang bisnis 2023 yang mudah untuk dikembangkan.

Dengan panduan yang tepat dan pemahaman yang mendalam, Anda dapat memanfaatkan peluang ini untuk mencapai kesuksesan bisnis.

15 Peluang Bisnis 2023 yang Cocok Untuk Pemula

15 Peluang Bisnis 2023 yang Cocok Untuk Pemula

ilustrasi peluang bisnis 2023. source envato

Tahun 2023 telah tiba, dan dengan kedatangannya, membawa berbagai peluang bisnis 2023 yang menjanjikan yang tidak hanya mencerminkan perkembangan global, tetapi juga perubahan dalam preferensi konsumen, teknologi yang terus berkembang, dan tuntutan akan solusi yang inovatif.

Bagi individu yang memiliki visi wirausaha, artikel ini menguraikan 15 peluang bisnis 2023 yang mudah untuk dikembangkan di tahun ini.

Dalam lanskap bisnis yang selalu berubah, kemampuan untuk mengidentifikasi dan mengejar peluang-peluang ini adalah kunci kesuksesan dalam memulai atau mengembangkan usaha Anda.

Pandemi COVID-19 telah merangsang transformasi bisnis secara global, mempercepat tren digitalisasi, kesehatan, keberlanjutan, dan banyak lagi.

Selain itu, perubahan sosial, politik, dan lingkungan juga memengaruhi cara kita berbisnis. Dalam artikel ini, kita akan menyelami 15 peluang bisnis 2023 yang paling menjanjikan, dengan memberikan pandangan mendalam tentang setiap peluang sehingga

Anda dapat membuat keputusan yang cerdas dalam memilih bidang yang paling sesuai dengan minat dan visi bisnis Anda.

1. Makanan Sehat

Pandemi membuat banyak orang semakin peduli dengan kesehatan dan pola makan mereka. Tingkat pembelian makanan dan minuman sehat serta suplemen dan vitamin pun meningkat.

Menurut Cenna Hella (2020), Pola makan yang sehat adalah pola makan yang mengonsumsi zat gizi makro dalam proporsi yang tepat untuk menunjang kebutuhan energik dan fisiologis tanpa asupan berlebih.

Serta menyediakan zat gizi mikro dan hidrasi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan fisiologis tubuh.

Ini bisa menjadi salah satu peluang bisnis 2023 bagi Anda yang menjalankan bisnis makanan sehat atau berencana untuk membuat usaha di bidang makanan.

Variasinya pun bisa Anda pilih dan kembangkan sendiri mulai dari pilihan menunya misalnya menu khas makanan Indonesia, Jepang, Korea, atau Barat.

Bisa juga divariasikan dari tujuan tiap menu, misalnya paket makanan sehat untuk yang ingin diet, paket untuk yang ingin membentuk badan yang proposional, paket khusus anak sekolah, dan banyak lagi.

Baca juga : 12 Ciri-ciri Peluang Usaha yang Baik dan Tahan lama

2. Peralatan Olahraga

Peralatan Olahraga

ilustrasi peluang bisnis 2023. source envato

Selain dari makanan, minat masyarakat terhadap olahraga juga semakin meningkat seiring dengan meningkatnya kesadaran akan kesehatan.

Hal ini bisa dilihat dari semakin banyak orang yang bersepeda atau lari pagi. Tingkat penjualan peralatan olahraga di berbagai marketplace pun meningkat.

Peluang bisnis 2023 ini layak Anda coba. Anda bisa mengembangkan bisnis peralatan olahraga untuk jenis olahraga tertentu ataupun secara general.

Apabila menyasar olahraga tertentu, tentu pasarnya lebih sempit tetapi juga bisa lebih niche dimana pesaing belum begitu banyak.

Selain peralatan olahraga, bisa juga menjual alat perlengkapan olahraga seperti pakaian atau sepatu khusus olahraga tertentu.

3. Jasa Titip (Jastip)

Usaha jasa titip atau lebih populer dengan sebutan jastip. Bisnis yang cukup populer beberapa tahun terakhir ini bisa menjadi pilihan Anda.

Bisnis ini cocok sekali untuk Anda penyuka traveling yang juga gemar berbelanja. Anda bisa mendapatkan keuntungan finansial sambil melakukan sesuatu yang disukai.

Apalagi jika Anda memiliki insting yang bagus di bidang fashion, Anda bisa menciptakan peluang yang jauh lebih besar.

Baca juga : Mengenal Pengertian, Tujuan, dan Karakteristik Wirausaha

4. Kuliner

Bisnis di bidang kuliner tidak pernah ada matinya. Untuk Anda yang memiliki keahlian dalam bidang masak-memasak, coba pasarkan penganan dari resep andalan keluarga.

Adanya layanan pesan-antar juga bisa membantu melebarkan jangkauan bisnis jenis ini. Untuk tips terbaik dalam memulai usaha kuliner atau membuka restoran Anda bisa membacanya pada artikel ini.

5. Bisnis Online dan E-Commerce

Perdagangan online terus tumbuh, dan dengan platform e-commerce yang mudah diakses, menjalankan bisnis online adalah pilihan yang menjanjikan.

6. Pendidikan Daring dan Pembelajaran Jarak Jauh

Pendidikan Daring dan Pembelajaran Jarak Jauh

ilustrasi peluang bisnis 2023. source envato

Dengan permintaan akan pembelajaran daring yang terus meningkat, menjalankan platform pendidikan online adalah peluang yang menarik.

Pembelajaran daring semakin diminati, terutama sehubungan dengan pandemi COVID-19. Peluang bisnis di sektor ini mencakup pembuatan konten pendidikan online, platform pembelajaran, atau pengembangan kursus daring.

7. Makanan Ringan

Siapa sih yang tidak suka camilan. Peluang bisnis di tahun 2021 dari berjualan camilan jangan dianggap remeh. Berjualan makanan-makanan ringan termasuk bisnis yang berpotensi menghasilkan omzet yang tidak main-main.

Ingat dong dengan keripik pedas dari Bandung yang sempat begitu booming, omzetnya menyentuh angka ratusan juta dari modal awal yang hanya ratusan ribu rupiah. Hal ini dilakukan karean mereka berhasil memilih target pasar dengan baik.

8. Dropshipper

Tidak memiliki modal bukan penghalang untuk mendulang rezeki dari berbagai peluang bisnis 2023. Menjadi dropshipper produk-produk yang sedang tren di pasaran dapat dilakukan dengan nyaris tanpa modal.

Anda hanya perlu mencari calon konsumen dan penjualnya yang akan melakukan pengiriman barang ke konsumen. Merasa kesulitan untuk memulainya? Ada beberapa platform yang saat ini menawarkan kerja sama di bisnis dropship.

Baca juga: Dropship Adalah Bisnis yang Mudah? Mari Bahas lebih Jauh

9. Dekorasi & Peralatan Rumah Tangga

Pandemi membuat aktivitas masyarakat di luar rumah menjadi terbatas. Alhasil, banyak orang menemukan hobi dan aktivitas baru yang dapat dilakukan di dalam rumah sebagai alternatif.

Banyak orang kemudian membeli peralatan rumah tangga seperti alat masak dan dekorasi rumah atau kamar. Ini menjadi peluang bisnis 2023 yang bisa Anda coba untuk geluti.

Kalau Anda memiliki keahlian kerajinan tangan atau desain, Anda bisa membuat produkmu sendiri agar lebih unik.

10. Content Creator

Di era ketika media sosial begitu diminati, content creator bisa menjadi peluang bisnis 2023yang sangat prospektif.

Anda dapat membuat konsep konten marketing yang unik dan mendistribusikannya ke berbagai kanal media sosial.

Ingin belajar menjadi content creator? Anda bisa belajar di sini mengenai content marketing

11. Mainan Anak-Anak

Banyak orang tua mencari alternatif hiburan bagi anak-anak mereka selama di rumah selain gadget. Maka itu, mainan anak menjadi salah satu peluang bisnis 2023 yang bisa Anda coba jalankan.

Tawarkan permainan yang interaktif dan mendidik agar orang tua juga tertarik untuk membelikan anaknya.

Jika Anda berniat memproduksi mainan, pastikan juga menggunakan bahan terbaik dan aman untuk anak.

Baca juga: 6+ Tips Ampuh Memulai Bisnis Mainan Anak untuk Pemula

12. Bisnis Perjalanan dan Pariwisata

Dengan pemulihan industri pariwisata setelah dampak pandemi, menjalankan agensi perjalanan, mengelola akomodasi, atau menyediakan layanan pendukung wisatawan adalah peluang yang menarik.

Baca juga: 10 Peluang Industri Pariwisata dan Tips Mengembangkannya

13. Tanaman Hias

Tanaman Hias

ilustrasi peluang bisnis 2023. source envato

Selain dekorasi, permintaan tanaman hias juga meningkat pesat sejak pandemi. Banyak orang kemudian memulai hobi merawat tanaman hias.

Selain mengisi waktu luang, tanaman hias juga membuat rumah terlihat lebih asri dan segar. Tidak terbatas pada tanaman hias, banyak juga yang mulai bercocok tanam sayur-sayuran seperti bayam untuk kemudian dimasak.

Anda juga bisa membaca artikel mengenai cara memulai usaha tanaman hias yang menguntungkan melalui artikel ini

14. Laundry

Meski telah sangat lama ada, bisnis laundry masih terus menjadi ladang usaha yang menjanjikan. Modal awalnya tergantung besar usaha laundry yang akan Anda buat.

Pengembangan bisnisnya bisa didorong dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Untuk tips berbisnis laundry Anda bisa membacanya melalui artikel ini.

Tidak hanya tips dalam mengembangkan bisnis laundry, Anda juga bisa membaca artikel mengenai pembukuan pada bisnis laundry yang bisa membuat bisnis laundry Anda lebih efisien dalam pengaturan keuangan bisnis di sini.

15. Produk Ramah Lingkungan

Menurut riset, konsumen saat ini semakin peduli terhadap keadaan lingkungan. Ini merupakan peluang untuk mengembangkan bisnis yang menjual produk ramah lingkungan.

Mulai dari produk sehari-hari yang berbahan dasar alami, produk rumah tangga, dekorasi, fashion, dan kategori produk lainnya. Sifat ramah lingkungan ini akan membuat bisnismu memiliki keunikan sendiri.

Baca juga: 10+ Contoh Wirausaha dengan Modal Kecil namun Untung Besar

Penutup

Peluang bisnis ini mencakup beragam sektor, dari teknologi hingga makanan, dan dari perawatan kesehatan hingga pariwisata.

Untuk sukses dalam memanfaatkan peluang ini, perencanaan yang matang, pemahaman mendalam tentang pasar, dan komitmen terhadap inovasi adalah kunci.

Tahun 2023 menawarkan prospek cerah bagi mereka yang siap menjalani tantangan dan terlibat dalam perkembangan bisnis yang menarik.

Ingat, untuk keuntungan yang optimal bagi bisnis Anda, lakukan pencatatan pengeluaran dan pemasukan bisnis pada pembukuan Anda.

Jangan biarkan bisnis yang Anda bangun mengalami kerugian dikarenakan pencatatan keuangan yang buruk dan menyebabkan kebocoran pada pos pengeluaran yang sebenarnya tidak diperlukan pada bisnis Anda.

Anda bisa menggunakan Software Akuntansi dan Bisnis Accurate Online untuk membuat proses pembukuan lebih mudah, cepat, dam minim kesalahan.

Accurate Online adalah software akuntansi buatan Indonesia yang telah dipercaya oleh lebih dari ratusan ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis dan membuat bisnis mereka jauh lebih mudah dengan proses pembukuan, pemantauan stok, penghitungan pajak, aset , gaji, dan pembuatan laporan keuangan yang jauh lebih mudah.

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

225 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Natalia

Artikel Terkait