Bisnis Kebab Turki: Ini Modal dan Cara Promosinya!

Bisnis kuliner, termasuk di dalamnya bisnis Kebab Turki, adalah jenis usaha yang banyak diminati orang. karena makanan adalah salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi setiap hari, maka tidak heran bila bisnis Kebab Turki mampu memberikan keuntungan yang besar dan mempunyai pangsa pasar yang luas.

Namun, bukan artinya bisnis kuliner bisa langsung sukses dan bisa laris manis dicari setiap konsumen. Anda harus lebih pintar dalam melihat setiap peluang dan mengikuti perkembangan pasar bila ingin bisnis kuliner yang Anda jalankan bisa maju dan berkembang.

Selain itu, dalam bisnis kuliner pun harus mempunyai cita rasa yang khas, kebersihan tempat, promosi dan daya tarik dari produk.

Bisnis kuliner juga tidak bisa dilakukan hanya sekedar ikut-ikutan atau hanya iseng saja. Bisnis ini harus dilakukan dengan penuh ketelatenan dan juga perhatian yang tinggi, karena Anda menjual produk yang dimakan oleh banyak orang.

Nah, Kebab Turki adalah salah satu bisnis makanan yang pangsa pasarnya sangat luas dan bisa diterima oleh lidah orang Indonesia. Makanan ini berisi paduan daging, mayonaise, sayuran dan berbagai jenis saus.

Beberapa tahun terakhir, makanan ini semakin terkenal seiring dengan banyaknya perusahaan yang memberikan program kerja sama kemitraan untuk menjual kebab.

Makanan kuliner ini juga mempunyai kandungan gizi yang tinggi dan baik untuk manusia. Mereka yang mengonsumsinya pun akan merasakan kenyang.

Dengan keunggulannya tersebut, maka jangan heran bila Kebab Turki disukai oleh banyak orang. Proses memasaknya pun lebih sehat karena dipanggang atau dibakar, bukan digoreng. Inilah yang membuat makanan cepat saji ini tidak mengakibatkan penyakit kolesterol.

Memulai Bisnis Kebab

Untuk merintis bisnis kebab di Indonesia sendiri sebenarnya tidak sulit. Terdapat dua cara yang bisa Anda lakukan, yakni dengan skema kemitraan berbayar melalui perusahaan franchisor kebab, atau mulai dengan membangun brand Kebab Turki Anda sendiri dari nol

Untuk Anda yang ingin membuat brand sendiri, tentunya itu adalah pilihan yang baik. Karena, dengan keterbukaan informasi yang bisa diakses oleh siapapun, mencari bahan baku, peralatan dan resep kebab sangat mudah.

Untuk masalah pemasarannya, Anda tidak perlu menyewa lahan atau ruko. Gunakanlah halaman atau garasi rumah Anda terlebih dulu.

Dalam menjalankan bisnis ini, dibutuhkan beragam bahan baku utama untuk membuat kebab, beberapa bahan baku ini bisa Anda beli di supermarket atau di e-commerce.

Namun, beberapa bahan baku kebab ini harus menjadi perhatian khusus. Dalam hal penyimpanan sayuran dan daging sebaiknya disimpan dengan baik di lemari pendingin agar daya tahan dan kualitasnya bisa terjaga dengan baik.

Nah, beberapa bahan baku yang harus Anda persiapkan adalah tortila kebab, daging kebab, sayur lettuce, bawang bombay, margarin, mayonaise, saus cabai, saus tomat, saus keju, timun dan tomat.

Untuk menjalankan bisnis ini juga Anda memerlukan beberapa perlengkapan, yaitu burner daging, pisau daging, pan pemanas, penjepit makanan, kompor gas, regulator gas, piring, box atau kertas kebab, plastik, talenan dan meja Lipat

Baca juga: Konveksi Adalah Jenis Bisnis dengan Untung yang Menjanjikan

Cara membuat Kebab Turki

Bila seluruh bahan baku dan peralatan sudah Anda siapkan, maka ini waktunya untuk mengetahui cara membuat Kebab Turki.

  • Siapkanlah wajan lalu oles menggunakan margarin.
  • Tempatkan kulit kebab atau tortila pada bagian atas wajan, lalu panggang hingga beberapa saat sampai terlihat bercak kecoklatan pada tortilanya.
  • Lalu angkat dan sisihkan tortila tersebut.
  • Siapkan wajan dan tumislah bawang bombay sampai layu dengan menggunakan api kecil.
  • Siapkanlah piring dan tempatkan tortilla di atas piringnya.
  • Silahkan tata beragam bahan isian, di atasnya berupa bawang bombay, tomat, timun dan daun lettuce.
  • Tempatkan sesuai dengan selera masing-masing, bisa berbentuk memanjang atau corong.
  • Silahkan tambahkan juga sedikit sambal dan juga saus tomat di sisi tengahnya.
  • Tambahkan juga daging kebab yang sudah dipanaskan di dalam burner daging.
  • Lanjutkan dengan menuangkan mayonaise pada kebab.
  • Bila sudah tertata rapi, lanjutkan dengan menggulung dan memadatkan kebab.
  • Tempatkanlah kebab ke dalam kertas kebab atau ke dalam box.

Baca juga: Jualan Ikan Hias? Ini Modal dan Rekomendasi Ikan Hias!

Penghitungan Modal Bahan Baku dan Peralatan

Untuk bisa memulai usaha kuliner yang satu ini, Anda bisa memulainya dengan mengetahui lebih dulu masalah perhitungan modal bahan baku dan berbagai peralatan yang diperlukan, yaitu:

Bisnis Kebab Turki: Ini Modal dan Cara Promosinya!

Bisnis Kebab Turki: Ini Modal dan Cara Promosinya!

Penghitungan Keuntungan Bisnis

Katakanlah penjualan rata-rata kebab perharinya adalah sebanyak 13 porsi, lalu harga per porsinya adalah 20 ribu rupiah. Maka bila dijumlahkan adalah 260 ribu rupiah. Sedangkan untuk perbulannya, penjualan rata-rata kebab adalah 390 porsi dan harganya adalah 20 ribu rupiah per porsi, maka jumlahnya ada 7,8 juta rupiah.

Total modal untuk menjalankan bisnis Kebab Turki pada bahan baku dan peralatannya adalah 4.156.000 juta rupiah dengan rata-rata pendapatan per hari mencapai 260 ribu rupiah x 40 hari, maka per bulannya bisa meraih keuntungan bersih hingga 3.644.000 rupiah.

Baca juga: Catering Nikahan, Ini Tips Sukses Menjalani Bisnisnya!

3 Tips berjualan kebab laris manis

Anda memerlukan strategi jualan yang baik dan benar bila bisnis Kebab Turki Anda ingin lebih lancar. Meskipun rasa Kebab Turki yang Anda jual memang enak, namun Anda tetap memerlukan upaya yang lebih menarik agar bisa menarik banyak pelanggan ke bisnis Anda.

Nah, berikut ini adalah tips jualan kebab yang bisa Anda coba:

1. Promosi dan Pemasaran Kebab

Gunakanlah teknologi canggih saat ini dan memanfaatkan media sosial sebagai media pemasaran bisnis Kebab Turki Anda. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memperkenalkan kebab Anda ke semua orang.

Anda bisa menyebarkan flyer ke berbagai daerah di sekitar toko. Lalu, Anda bisa rutin memposting berbagai konten di media sosial agar bisa menciptakan komunitas pelanggan. Berikanlah berbagai promosi yang menarik saat momen awal membuka kebab agar bisa menarik perhatian banyak pelanggan.

Selain itu, jalinlah kerjasama dengan platform pengiriman makanan online seperti Go Food ataupun GrabFood.

2. Hubungan Erat Dengan Supplier

Dalam menjalankan bisnis, Anda tidak bisa bekerja seorang diri. Anda harus menjalin kerjasama dan menciptakan hubungan yang baik dengan setiap supplier. Hal tersebut mampu memastikan bahwa bisnis Anda akan selalu memperoleh bahan baku yang segar dan lebih terjamin mutunya.

Dengan menjalin hubungan yang baik dengan para supplier, ada kemungkinan Anda memperoleh harga spesial di sewaktu-waktu tertentu. Selain itu, pilihlah supplier bahan makanan dan perlengkapan bisnis yang terpercaya dengan pengalaman yang baik.

3. Tawarkan Kebab Ekonomis Beku

Tips selanjutnya adalah dengan menjual kebab ekonomis dengan varian yang beku. Kebab ekonomis versi beku ini bisa Anda jual bersamaan dengan kebab siap konsumsi.

Modal bisnis untuk kebab ekonomis beku ini hanya perlu memerhatikan cara penyimpanannya saja yang harus ditempatkan di dalam chiller atau cooler dengan suhu rendah agar lebih awet.

Pastikan juga untuk melakukan trial test terlebih dulu agar bisa memastikan kondisi dan juga kualitas dari kebab beku yang satu ini.

Untuk urusan pemasarannya, Anda bisa lebih mengutamakan pre-order agar bisa segera dikonsumsi dan tidak diendapkan terlalu lama.

Kemudian dengan metode konsinyasi di toko sayur dan juga toko sembako yang menjual frozen food karena sudah menyediakan chiller. Lalu, paparkanlah secara online dengan menambahkan ekonomis frozen di aplikasi pemesanan makanan online.

4. Tinggalkan Proses Manual, Beralih Ke Sistem Otomatis

Memulai bisnis tidak hanya memasarkan produk jualan dan juga melayani para pelanggan saja, Anda harus mencatat berbagai data, membuat laporan keuangan, dan mengelola sistem operasional yang rapi serta teliti.

Kesalahan dalam melakukan berbagai pekerjaan tersebut akan berakibat fatal untuk bisnis yang sudah Anda bangun. Untungnya, saat ini sudah ada aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Dengan Accurate Online, Anda bisa menikmati fitur atau modul penjualan, persediaan, pembelian, perpajakan, manufaktur, pembukuan, akun kas dan bank, dan berbagai fitur lainnya yang akan membuat bisnis Anda bergerak lebih efisien.

Selain itu, Accurate Online juga akan menyajikan data laporan arus kas, laporan laba rugi, laporan neraca, dan lebih dari 200 jenis laporan keuangan lainnya pada Anda secara instan. Sehingga, Anda bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnis Kebab Turki.

Jadi tunggu apa lagi? Segeralah coba Accurate Online sekarang juga selama 30 hari gratis dengan klik banner di bawah ini.