Langkah Membangun Bisnis Frozen Food yang Menguntungkan

Jika Anda sedang mencari ide bisnis di industri makanan, bisnis makanan beku atau frozen food bisa menjadi salah satu pertimbangan yang baik terutama jika Anda tinggal di kota.

Mengapa kami menekankan pada kehidupan di kota? Alasannya sangat jelas. Di pedesaan, orang memiliki akses ke makanan hijau dan mentah. Beberapa dari mereka adalah petani lokal jadi mereka tidak terlalu membutuhkan makanan beku.

Mereka yang tinggal di desa memproduksi sayurannya. Beberapa dari mereka memelihara ayam dan ternak lainnya sendiri. Oleh karena itu, ide untuk memulai bisnis makanan beku di sebuah desa akan sulit dikembangkan.

Tetapi di kota-kota terutama di daerah perkotaan yang padat penduduk, memulai bisnis frozen food menjadi salah satu ide bisnis yang ideal. Mengapa? Ini hanya karena keuntungan populasi.

Di kota-kota, orang-orang sibuk dan mereka tidak punya waktu untuk menyiapkan ayam atau olahan daging lainnya untuk makanan. Sebagian orang punya waktu tetapi mereka hanya suka memasak apa yang praktis.

Karena itu, makanan beku sangat berguna. Orang dapat masuk ke toko makanan beku dan memilih ukuran daging atau ikan yang dibutuhkan setiap kali. Dengan ini, pemborosan dicegah atau dikurangi seminimal mungkin. Selain itu, ada banyak restoran di sekitar yang mungkin ingin membeli makanan beku sebagai bagian dari bahan menu mereka.

Panduan Dalam Membuat Bisnis Frozen Food yang Menguntungkan

Lakukan riset pasar

Bisnis frozen food sangat luas. Ada banyak hal yang dapat Anda jual seperti buah-buahan, sayuran, daging, ayam, ikan, dan olahan lainnya. Anda perlu melakukan riset pasar untuk menentukan apa yang dibeli oleh orang-orang di daerah Anda.

Tujuan Anda memulai bisnis makanan beku adalah untuk memenuhi kebutuhan makanan beku di sasaran pasar Anda dengan menjual kepada mereka dan mendapatkan keuntungan. Jika Anda menjual apa yang tidak mereka butuhkan atau beli, bisnis Anda tidak akan mendapatkan keuntungan.

Pada akhirnya, Anda hanya akan membuang stok Anda dan ini tidak akan baik untuk bisnis Anda.

Ambil contoh; mayoritas orang di Indonesia tidak makan jenis daging tertentu seperti daging babi. Jika Anda menjual daging tersebut, orang mungkin tidak akan membeli daging dari Anda.

Umumnya ada pasar ikan, ayam dan daging. Hasil riset pasar Anda akan membantu Anda menentukan apakah ada item lain yang dapat Anda tambahkan ke dalamnya seperti udang.

Sebagai bagian dari riset pasar, Anda perlu mengetahui ukuran pasar yang ingin Anda layani dan persaingan Anda. Jika akan ada terlalu banyak pesaing, Anda mungkin bisa memutuskan untuk pindah ke area lain di mana persaingan tidak akan terlalu ketat.

Sebagai alternatif, Anda dapat melihat bagaimana Anda dapat membedakan layanan Anda dari pesaing Anda. Menawarkan layanan yang lebih baik akan menarik pelanggan ke Anda.

Cara lain untuk menarik pelanggan adalah dengan memastikan bahwa produk Anda terjaga dengan baik. Menjual barang pelengkap lainnya seperti bumbu dan bahan sup juga dapat menarik pelanggan untuk Anda. Orang-orang suka berbelanja di mana mereka dapat membeli barang-barang mereka di satu lokasi.

Baca juga: Daftar Bisnis Franchise dengan Modal Rendah yang Bisa Anda Coba

Pilih pasar yang tepat

Setelah melakukan riset pasar, kini Anda dapat menentukan kepada siapa Anda ingin menjual? Pelanggan ideal untuk bisnis makanan beku adalah sebagai berikut:

  • Individu: Ini terdiri dari setiap orang yang mungkin lebih suka menyiapkan makanan mereka sendiri daripada pergi ke restoran untuk makan.
  • Toko grosir. Ada juga toko grosir yang menjual makanan beku. Mereka mungkin tidak perlu membeli dalam jumlah besar dengan cara yang sama seperti Anda. Beberapa toko grosir ini bergantung pada orang-orang seperti Anda untuk memasok makanan beku kepada mereka.
  • Jika Anda memiliki banyak restoran di sekitar Anda, itu akan menjadi nilai tambah bagi bisnis makanan beku Anda. Anda bisa menjual langsung kepada mereka. Namun, penting bagi Anda untuk menetapkan kebijakan kredit yang baik karena banyak restoran ingin membeli secara kredit. Jika sebagian besar penjualan Anda dalam bentuk kredit, ini dapat memengaruhi likuiditas Anda.

Bagaimana Anda ingin menjual ke target pasar Anda? Apakah Anda akan menyertakan layanan pengiriman? Jika Anda melakukannya, ini akan meningkatkan potensi pasar Anda. Tetapi Anda harus tahu cara memasukkan biaya pengiriman ke dalam harga Anda.

Cari lokasi yang bagus

Anda membutuhkan lokasi yang bagus untuk sukses dalam bisnis frozen food. Bisnis makanan beku bukanlah jenis bisnis yang dapat Anda temukan di tempat tersembunyi.

Anda membutuhkan tempat dengan lalu lintas orang yang baik dan membutuhkan tempat di mana orang dapat dengan mudah masuk dan memilih apa yang mereka butuhkan dalam perjalanan pulang.

Tentu saja, tempat seperti itu mungkin mahal, tetapi pada akhirnya akan terbayar. Pasar tempat orang membeli bahan makanan dan bahan sup bisa menjadi tempat yang baik untuk menemukan bisnis makanan beku. Sebagai penekanan, jika Anda memulai bisnis makanan beku, memilih lokasi yang baik sangatlah penting.

Kecuali Anda berencana untuk hanya membuka bisnis frozen food secara online saja, kami rasa lokasi memang tidak terlalu penting.

Baca juga: 12 Prinsip Etika Bisnis yang Harus Dimiliki Oleh Wirausahawan

bisnis frozen food 2

Cari pemasok yang andal

Memiliki akses ke pemasok yang andal merupakan kunci sukses bisnis frozen food. Orang-orang akan meminta produk Anda setiap hari, akan sangat mengecewakan bagi pelanggan untuk pergi ke toko Anda hanya untuk mengetahui bahwa Anda kehabisan stok.

Tidak ada yang bisa membuat pelanggan menjauh dari Anda seperti ini. Orang akan lebih suka pergi ke tempat di mana mereka yakin akan mendapatkan apa yang mereka inginkan setiap saat.

Oleh karena itu, memiliki sumber pasokan yang andal yang dapat menjamin pasokan stok secara konstan sangatlah penting. Tidak hanya itu. Anda harus membeli dari pemasok yang dapat menawarkan harga yang bagus.

Persaingan di pasar makanan beku bisa jadi sangat tinggi. Satu-satunya cara untuk memastikan profitabilitas adalah agar Anda dapat mengontrol biaya Anda.

Jika Anda memiliki akses ke pemasok bagus yang dapat menjual kepada Anda dengan harga diskon, hal ini dapat memberi Anda keunggulan biaya dibandingkan pesaing Anda. Dengan ini Anda mampu memberikan bonus kepada pelanggan setia Anda dan ini akan membuat mereka bahagia.

Baca juga: 10 Bisnis Digital yang Wajib Anda Coba Sekarang Juga

Beli peralatan

Peralatan utama yang Anda butuhkan untuk memulai bisnis makanan beku adalah sebagai berikut:

Freezer

Ini adalah perlengkapan utama yang Anda butuhkan untuk menjaga barang Anda tetap beku. Anda dapat membeli yang baru tetapi jika Anda tidak memiliki cukup uang untuk ini, Anda dapat membeli freezer bekas.

Jika Anda tidak membeli yang baru, disarankan agar Anda menggunakan teknisi untuk membantu Anda memeriksa status dan kondisi dari freezer bekas yang ingin Anda beli.

Ini akan memastikan bahwa Anda tidak membeli alat yang salah dan tidak terus mengeluarkan uang untuk perbaikan dan pemeliharaan freezer. Seberapa besar Anda ingin memulai akan menentukan jumlah freezer yang perlu Anda beli.

Timbangan

Jika Anda berencana menjual makanan beku dalam satuan kilogram, Anda membutuhkan timbangan yang dapat digunakan untuk mengukur berat barang yang dibeli oleh pelanggan Anda.

Kendaraan untuk pengiriman

Ini tidak wajib bagi seseorang yang memulai bisnis makanan beku dengan mudah. Tetapi jika Anda ingin menawarkan pengantaran ke rumah atau Anda memiliki pelanggan toko kelontong dan restoran, maka Anda memerlukan kendaraan untuk pengantaran.

Peralatan lain yang Anda perlukan termasuk meja, papan, dan pisau. Ini akan membantu Anda melayani individu yang mungkin meminta Anda memotong ikan, ayam, dan daging untuk mereka. Ini adalah bagian dari layanan pelanggan Anda.

Baca juga: 5 Bisnis Online Terbaru dan Menjanjikan di Kala Pandemi

Strategi Pemasaran

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya bahwa Anda memerlukan lokasi yang baik untuk bisnis frozen food Anda. Jika Anda menemukan bisnis di tempat yang baik, Anda mungkin tidak perlu mengeluarkan banyak uang atau upaya untuk pemasaran.

Spanduk atau papan nama di depan toko Anda mungkin sudah cukup. Namun, jika Anda ingin terlibat dalam pengiriman ke rumah, Anda mungkin perlu memasang situs web untuk bisnis makanan beku Anda.

Anda dapat membuat situs toko online dimana orang dapat memesan langsung dari situs tersebut. Dengan ini, Anda mungkin perlu memasang iklan di koran dan internet untuk mengarahkan trafic ke situs Anda.

Baca juga: Pengertian Inovasi Disruptif, Contoh, dan Tips Untuk Bisnis Anda

Pengelolaan stok dan pembukuan yang benar

Bisnis frozen food adalah bisnis yang mengharuskan Anda melakukan pemeriksaan inventori atau jumlah stok secara berkala.

Makanan beku adalah jenis barang yang memiliki masa kedaluarasa, maka dari itu sangat penting jika Anda selalu memastikan jumlah ketersediaan stok Anda sesuai dengan permintaan pasar, tidak berlebihan maupun tidak kekurangan.

Anda juga harus memastikan proses pencatatan seluruh transaksi dan laporan keuangan sudah terperinci, sesuai standar dan seluruh data yang tersaji sesuai kenyataan dalam bisnis Anda.

Jangan menganggap remeh pencatatan transaksi dan pembukuan, tanpa pembukuan yang benar Anda tidak bisa merencanakan pengembangan bisnis yang baik karena Anda tidak memiliki pengetahuan tentang kesehatan keuangan usaha Anda secara menyeluruh.

Jika Anda kesulitan dalam mengelola pembukuan dan inventori pada bisnis, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur pembukuan dan inventori terlengkap seperti Accurate Online yang bisa Anda coba secara gratis selama 30 hari melalui tautan ini.

Baca juga: Tips Membangun Strategi Penjualan yang Efektif untuk Bisnis Kecil

Kesimpulan

Itulah langkah sederhana dalam membangun bisnis frozen food yang menguntungkan dan sukses. Bisnis makanan beku memang sangat menguntungkan tetapi penting bagi Anda untuk melakukan studi kelayakan sebelum terjun ke bisnis tersebut. Betapapun menguntungkannya sebuah ide bisnis, jika bisnis tersebut tidak direncanakan dengan baik, dapat mengakibatkan kerugian bagi Anda.

Seperti yang sudah kami bilang sebelumnya, Anda juga perlu memastikan pengelolaan stok dan pembukuan pada usaha Anda berjalan dengan optimal, untuk membantu hal tersebut Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi Accurate Online yang sudah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonseia.

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate berhenti membuang waktu