Bisnis Seni Lukis Mural dan Cuan Besar di Dalamnya

Dewasa ini, seni melukis dinding atau yang banyak dikenal dengan lukis mural semakin terkenal di berbagai kota besar di Indonesia. Jika sebelumnya seni melukis dinding atau mural ini dianggap sebagai suatu pekerjaan seniman yang iseng saja, tapi saat ini sudah banyak sekali orang yang memerlukan jasa mereka dalam memperindah interior bangunannya.

Walaupun seni mural memang terbilang sudah sangat lama berkembang di Indonesia. Tapi sebagian besar orang awam masih banyak yang tidak bisa membedakan antara lukis mural dengan lukis grafiti. Padahal keduanya sangatlah berbeda.

Kini, seni mural sudah berubah menjadi bisnis yang kreatif. Target market mereka adalah para operator telekomunikasi, para pengusaha properti, pengusaha kafe atau pebisnis kafe, hingga instansi pemerintah.

Media lukis yang mereka gunakan adalah dinding dan langit-langit dari suatu gedung, tembok pagar, sampai outlet toko yang lebih bersifat permanen.

Nah, untuk Anda yang mempunyai jiwa seni tinggi, maka tentu tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis lukis mural. Tertarik? Berikut ini kami akan menjelaskan berbagai hal yang harus dan wajib Anda persiapkan untuk bisa membangun bisnis ini.

Tips Memulai Bisnis Lukis Mural

1. Peralatan & bahan yang diperlukan

Hal pertama yang harus Anda persiapkan dalam memulai menjalankan bisnis kreatif yang satu ini adalah peralatan dan bahan-bahannya. Dalam hal ini, peralatan yang akan sangat Anda perlukan adalah satu set kuas (mulai dari ukuran kecil, sedang, dan yang paling besar), wadah untuk bisa menyimpan cat beserta airnya, dan tangga untuk menjangkau tempat lain yang lebih tinggi.

Sedangkan untuk bahan yang harus Anda persiapkan adalah cat putih, cat tembok berwarna, dan juga melamin.

2. Kualitas Lukisan

Kualitas lukisan adalah salah satu faktor terpenting yang harus Anda perhatikan dalam menjalankan bisnis ini. Selain bahan berkualitas yang Anda gunakan untuk melukis, terdapat beberapa hal lain yang menjadi penentu kualitas dalam suatu lukisan mural.

Pertama adalah tema lukisan, Anda harus menghasilkan tema lukisan yang unik dan anti mainstream. Kedua, lukisan mural Anda harus memiliki karakter yang kuat atau ciri khas tersendiri. Terakhir, proses penyempurnaan, Anda tidak harus terburu-buru dalam mengerjakannya, sempurnakanlah lukisan Anda secara teliti dan juga detail.

Baca juga: Bisnis Produk Kecantikan dan Peluang Keuntungan Besar di Dalamnya

3. Sesuaikan Harga dengan Bahan yang Digunakan

Setiap kualitas yang baik, tentu akan ada harga mahal yang harus dibayar. Hal tersebut pun berlaku pada bisnis seni mural. Setiap harga yang memiliki daya tahan yang berbeda, tergantung dari bahan yang digunakan. Bila lukisan sudah selesai, maka Anda harus melapisinya dengan melamin.

Bahan vernis yang digunakan ini berguna untuk melapisi lukisan agar bisa tampak mengkilap dan juga tahan lama. Semakin berkualitas melamin yang Anda gunakan, maka akan semakin lama juga daya tahan dari lukisan mural Anda. Untuk itu, harga bisa ditetapkan sesuai dengan bahan yang digunakan untuk melukis.

4. Cari Referensi Gambar

Bila Anda masih bingung untuk menjalankan bisnis lukis mural dan belum memiliki desain yang sesuai, maka Anda harus mencari referensi gambar, desain, atau lukisan dinding 3D dari beragam sumber.

Bila Anda ingin menerapkan lukisan mural Anda di restoran atau café, Anda bisa mencari referensi terkait dekorasi café atau resto. Semua referensinya tinggal Anda sesuaikan kembali dengan media yang ingin Anda terapkan.

5. Konsisten

Dalam menjalankan bisnis lukis mural, Anda harus memiliki konsistensi yang tinggi dan semangat pantang menyerah agar bisnis Anda bisa semakin berkembang. Lakukanlah inovasi dan promosi yang baik, mau itu secara online ataupun offline. Bila perlu, cobalah membuat website pribadi sebagai portofolio karya bisnis mural Anda.

Baca juga: Cara Memulai Bisnis Cake and Bakery untuk Anda Para Pemula

Penutup

Demikianlah tips memulai bisnis seni lukis mural yang bisa kami berikan untuk Anda.

Terdapat satu hal terakhir dan tidak kalah penting dalam menjalankan bisnis lukis mural, yaitu menggunakan aplikasi bisnis yang untuk membantu Anda dalam mengelola bisnis lukis mural. Nah, rekomendasi aplikasi bisnis yang tepat untuk Anda adalah Accurate Online.

Accurate online adalah aplikasi bisnis yang dibuat dengan teknologi cloud computing berbasis website. Di dalamnya juga telah dilengkapi dengan sistem keamanan tingkat tinggi. Tampilan dashboardnya pun didesain secara sederhana. Jadi, Anda bisa menggunakan Accurate Online secara mudah, aman, nyaman, dimana saja dan kapan saja Anda perlukan.

Aplikasi ini juga telah dipercaya oleh ratusan ribu pebisnis di Indonesia apapun bidang bisnis dan skalanya, mulai dari pebisnis UMKM hingga pebisnis berskala besar. Sehingga, aplikasi bisnis ini sangat sesuai untuk berbagai skala dan industri bisnis di Indonesia. Bahkan, Accurate Online telah berhasil meraih penghargaan Top Brand Award dari tahun 2016 dalam kategori software akuntansi.

Dengan menggunakan Accurate Online, maka Anda akan mendapatkan laporan laba rugi, laporan arus kas, laporan neraca, laporan perubahan modal, dan lebih dari 200 jenis laporan keuangan lainnya secara otomatis, cepat, serta akurat.

Accurate Online pun sudah dilengkapi dengan berbagai fitur dan modul bisnis luar biasa yang akan membantu Anda dalam melakukan penjualan dan pembelian, mengelola persediaan barang di gudang, menyelesaikan administrasi perpajakan, dan masih banyak lagi. Sehingga, Anda bisa lebih mudah dalam mengelola dan menjalankan bisnis lukis mural.

Seluruh keunggulan dan fitur luar biasa yang dihadirkan oleh Accurate Online tersebut bisa Anda nikmati dengan biaya investasi yang sangat terjangkau, yaitu sebesar 200 ribuan saja perbulannya.

Bahkan, Anda bisa terlebih dahulu mencobanya selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.