Make Up Artist, Salah Satu Bisnis yang Menjanjikan, Ini Tips Menjalankannya!

Setiap wanita pasti ingin selalu tampil cantik. Salah satu cara paling mudah untuk bisa tampil cantik dimata banyak orang adalah dengan menggunakan jasa make up artist atau MUA atau yang lebih akrab disebut dengan perias wajah.

Bagi setiap orang, khususnya perempuan, merias wajah memang menjadi salah satu kebutuhan. Dengan make up yang sempurna, mereka akan tampil lebih percaya diri. Oleh karena itu, tidak heran jika make up artist menjadi salah satu peluang bisnis yang mempunyai potensi besar.

Bisnis make up artist adalah salah satu bisnis yang paling menjanjikan, baik itu untuk dikerjakan sebagai pekerjaan utama ataupun sebagai usaha sampingan.

Salah satu profesi yang memerlukan keahlian dalam merias wajah sudah semakin populer saat ini seiring dengan perkembangan teknologi make up dan tren make up artist yang sudah beredar luas di berbagai media sosial.

Bahkan, sudah banyak kalangan muda yang menjalankan bisnis make up artist ini untuk mencapai keuntungan jasa bisnis mereka. Namun, tentunya anda juga harus melakukan perhitungan tentang seberapa besar potensi keuntungan yang  bisa Anda dapatkan sebagai seorang make up artist professional.

Jasa MUA saat ini juga sudah dianggap sangat penting dalam berbagai acara, seperti halnya wisuda, pre-wedding, pemotretan, fashion show, pernikahan, arisan, hingga berbagai pertemuan penting lainnya.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara memulai bisnis make up artist dan tips dalam menjalankannya.

Cara Memulai Bisnis Makeup Artist dan Tips Suksesnya

Berikut ini adalah cara untuk memulai bisnis make up artist dan juga tips sukses dalam menjalankannya:

1. Tingkatkan Kemampuan Merias Anda

Pada umumnya, setiap wanita sudah pandai dalam melakukan make up untuk keperluannya sendiri. Tapi, jika Anda menjadi seorang make up artist professional, sudah pasti Anda akan dituntut untuk ahli dalam menerapkan make up secara langsung pada wajah orang lain sebagai klien jasa bisnis Anda.

Jika Anda tertarik untuk mendalami profesi ini, maka Anda wajib meningkatkan kemampuan Anda dalam merias wajah dengan mengikuti alur pendidikan formal, seperti dengan melakukan kursus atau workshop make up artist.

Umumnya, Anda akan dikenakan sejumlah dana untuk bisa mengikuti kelas make up artist.

Tapi untuk Anda yang masih dalam tahap pemula dan ingin memahami lebih lanjut tentang pengetahuan dasar merias wajah, Anda bisa lebih dahulu mempelajarinya dengan platform online.

Saat ini bahkan sudah banyak media yang bisa dimanfaatkan untuk belajar merias wajah, seperti youtube, instagram, tiktok, dll.

2. Siapkan Peralatan Makeup yang Lengkap

Untuk Anda yang berniat untuk menjadi seorang make up artist professional, maka Anda tidak hanya harus mengenal berbagai jenis make up yang ingin digunakan, seperti bedak, lipstik, foundation, eyeshadow, mascara, dll.

Anda juga dituntut untuk memahami jenis make up lain dan fungsi dari setiap jenis make up yang ingin digunakan, serta waktu terbaik dalam menggunakannya di wajah klien Anda. Setelah itu, Anda baru bisa mulai mengumpulkan berbagai kosmetik yang sesuai dan diperlukan oleh klien Anda secara perlahan-lahan.

Apabila menjadi seorang makeup artist Anda tidak hanya harus mengenal mengenai berbagai jenis makeup yang ingin di pakai seperti, foundation, bedak, eye shadow, maskara, lipstik, dan lainnya.

Sambil anda meningkatkan kemampuan anda dalam merias, secara tidak langsung make up anda nantinya akan semakin lengkap dan pilihlah jenis make up yang memiliki kualitas baik untuk bisa menunjang bisnis anda kedepannya.

Baca juga: 10+ Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga yang Sayang Untuk Dilewatkan

3. Mengetahui Trend Make Up Terkini

Bila anda sudah memutuskan untuk menjalani profesi make artist, maka anda juga harus selalu mengupdate pengetahuan dan trend terkini dalam menggunakan make up yang banyak digunakan oleh banyak orang.

Anda harus selalu rajin dalam mencari tahu perkembangan terbaru tentang make up.

Untuk mencari tahu tentang trend make up terkini, anda bisa mendapatkannya dari membaca koran, majalah, atau lewat media sosial. Jadi, anda harus selalu memperbarui make up yang sedang berkembang di seluruh dunia.

Walaupun demikian, anda harus bisa mempertimbangkan lagi apakah tren tersebut bisa diterapkan pada wajah klien anda atau tidak.

4. Temukan Ciri Khas Make Up Anda

Sebagai seorang make up artist professional, anda harus belajar untuk bisa mempunyai ciri khas make up yang tidak dimiliki oleh make up artist lain. Tujuannya adalah untuk mendapatkan strategi positioning di hati para pelanggan Anda.

5. Pahami Keinginan Klien

Dalam dunia make up artist, memiliki ciri khas saja tidaklah cukup. Tentunya Anda juga harus selalu bisa menguasai berbagai macam teknik make up agar anda bisa selalu memenuhi kemauan pelanggan Anda.

Perlu anda pahami bahwa Anda bekerja untuk klien Anda. Jadi, Anda harus bisa mengalahkan ego Anda dan lebih memerhatikan kondisi konsumen pada jasa yang Anda sediakan.

Artinya, Anda harus bisa memahami harapan klien dan mampu memenuhi impian setiap klien Anda. sehingga, mereka akan merasa puas dengan jasa layanan yang Anda berikan dan meningkatkan potensi untuk menjadi pelanggan tetap di masa depan.

6. Gunakan Social Media untuk Promosi

Seiring dengan berkembangnya teknologi, keberlangsungan bisnis yang dilakukan secara offline tentunya akan terancam. Namun disaat yang bersamaan, perkembangan teknologi tersebut membuat para pebisnis offline untuk pindah dan beralih memanfaatkan bisnis online yang saat ini sudah banyak diminati oleh para pebisnis lainnya.

Di zaman yang serba digital saat ini, Anda harus mempunyai sosial media sebagai alat promosi Anda.

Jangan lupa juga untuk selalu mengabadikan foto hasil make up yang sudah berikan kepada wajah klien Anda, lalu jadikan hasil foto tersebut sebagai bentuk portofolio untuk bisa meyakinkan calon pelanggan Anda.

Tapi, anda harus bisa memastikan bahwa hasil make up yang Anda upload adalah hasil yang terbaik. Anga bisa mengupload portofolio anda di media sosial yang anda miliki agar setiap orang yang melihatnya tau kan hasil keterampilan dan juga jasa anda.

Dengan menggunakan media sosial, maka anda bisa menarik para calon klien untuk bisa mencoba jasa make up artist Anda. sehingga, anda bisa memperoleh kesempatan yang lebih besar untuk memperoleh klien dan proyek yang anda inginkan.

7. Bekerja Sama dengan Wedding Organizer

Selain dengan menggunakan akun media sosial, Anda juga bisa menambah jaringan baru dengan mencoba menawarkan jasa make up artist Anda pada pihak wedding organizer. Selain bisa meningkatkan pengalaman, Anda juga bisa semakin memperluas jaringan bisnis make up artist  Anda.

Sehingga, anda tidak perlu kesulitan lagi dalam mencari klien, Anda juga hanya perlu menunggu kabar dari pihak wedding organizer yang sudah bekerjasama dengan Anda.

Make Up Artist Mampu Mendukung Majunya Industri Lain

Selain diperlukan untuk membuat wajah seseorang terlihat lebih cantik dan lebih segar, make up artist juga diperlukan untuk berbagai kepentingan dan tujuan industri lainnya.

Contohnya saja seperti dalam industri perfilman, Rami Malek dalam film dokumenter Bohemian Rhapsody harus dirias semirip mungkin dengan artis aslinya, Freddie Mercury, dari mulai wajah, kumis, gigi, sampai rambutnya.

Lalu, wajah Luna Maya dalam film Suzanna yang berjudul “Bernapas dalam Kubur” juga tentunya tidak bisa lepas dari tangan make up artist yang membuat dirinya tampak mirip dengan pemeran aslinya.

Baca juga: Ternak Bebek Demi Mendapatkan Keuntungan yang Besar, Begini Caranya!

Penutup

Itulah cara dalam memulai bisnis make up artist, terutama untuk Anda yang masih pemula. Memang untuk menjadi make up artist  yang terkenal tidaklah mudah, semuanya harus bisa dilalui dengan proses yang sangat panjang.

Anda juga harus mampu membangun jaringan bisnis yang sangat luas agar semakin banyak masyarakat yang mengenal dan merekomendasikan jasa Anda kepada orang lain.

Selain itu, hal yang tidak kalah penting lainnya dalam menjalani profesi ini adalah pengelolaan keuangan. Anda harus bisa memisahkan dana keuntungan dan dana modal yang harus Anda gunakan untuk melengkapi peralatan make up dan produk make up secara kontinyu. Karena, pembelian make up artist ini tidak cukup hanya sekali saja.

Anda harus bisa membeli yang baru dengan arus kas Anda. Apabila Anda tidak memiliki laporan keuangan yang jelas, maka nantinya Anda akan kesulitan untuk memperhitungkan keuntungan Anda yang sebenarnya dan yang Anda peroleh, serta berapa nominal yang anda perlukan untuk membeli peralatan.

Dengan semakin berkembangnya bisnis make up artist yang anda jalani, pastinya keuangan yang Anda miliki pun  pasti akan sulit untuk dihitung. Oleh karena itulah software akuntansi Accurate Online hadir untuk membantu mengelola keuangan Anda.

Dengan menggunakan aplikasi akuntansi ini, maka Anda akan lebih mudah dalam melakukan berbagai proses akuntansi, mulai dari laporan arus kas hingga laporan laba rugi perusahaan.

Accurate Online juga akan memudahkan Anda dalam melakukan berbagai proses akuntansi yang rumit. Jadi, Anda bisa mencatat seluruh transaksi laporan keuangan Anda dengan cepat.

Selain itu, anda juga bisa mengelola stok barang, aset perusahaan, sampai dengan mengelola utang-piutang perusahaan secara instan. Accurate Online juga mampu memudahkan Anda dalam memantau keuangan Anda kapanpun dan dimanapun secara cepat dan mudah

Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate1