Menarik Minat Pelanggan dengan Merchendise

Saat Anda mempunyai bisnis tertentu dan berencana melakukan suatu bentuk promosi yang bertujuan menarik minat pelanggan Anda, apakah Anda pernah memikirkan tentang merchandise? Atau, apakah Anda pernah mendapatkan suatu bentuk merchandise dari suatu produk yang pernah Anda beli? Seperti tas, gantungan kuci, atau notes.

Selain berguna untuk kegiatan promosi, merchandise juga bisa diberikan oleh perusahaan pada klien atau pelanggannya untuk mendukung suatu bentuk acara, dan bentuk merchandise ini umumnya gratis, tidak bayar sedikitpun.

Selain itu, perusahaan tersebut juga akan menyematkan logonya pada hadiah merchandise-nya. Namun, kegiatan memberi merchandise ini tidak hanya mampu dikerjakan oleh perusahaan besar saja.

Anda yang memiliki bisnis lainnya dalam skala yang lebih kecil juga masih bisa melakukan kegiatan ini. Sehingga, Anda mempunyai peluang yang besar dalam meningkatkan minat pelanggan Anda.

Dengan Merchandise Menarik, Bisnis Anda Akan Untung Banyak

Pentingnya Merchandise Bagi Perusahaan

Seperti yang sudah kita bahas bersama, adanya merchandise akan mampu menarik minat pelanggan atau klien baru pada usaha bisnis Anda.

Dengan kata lain, merchandise sangat efektif untuk dijadikan sebagai bentuk promosi dengan tujuan meningkatkan brand awareness pada bisnis Anda.

Lalu, sejauh manakah peran merchandise dalam menjalankan promosi untuk kemajuan bisnis Anda? Simaklah penjelasannya berikut ini.

  • Untuk Menarik Minat Pelanggan

Pada umumnya, hampir semua orang akan bahagia jika mendapatkan suatu pernak-pernik atau hadiah yang menarik. Apalagi kalau merchandise yang mereka dapatkan mampu membantu segala jenis aktivitas mereka.

Contohnya, seorang ibu yang mendapatkan suatu merchandise menarik dalam bentuk piring cantik dalam pembelian produk tertentu pastinya akan sangat berguna untuk ibu tersebut.

Jadi, salah satu kecenderungan pelanggan dalam membeli suatu produk adalah demi mendapatkan merchandise yang mampu ditawarkan oleh brand pada produk tersebut.

Itu artinya, merchandise mempunyai daya tarik yang unik bagi pelanggan. Sehingga jika diterapkan pada bisnis Anda, maka Anda akan mendapatkan peluang yang baik untuk mengenalkan brand atau produk usaha Anda.

  • Meningkatkan Daya Saing Produk

Sesak dan ramainya pasar saat ini memang sudah tidak bisa Anda hindari lagi. Apalagi, saat ini juga sudah sangat sering terjadi persaingan antara brand lokal dan internasional.

Untuk itu, Anda harus bisa memberikan nilai lebih yang mampu menjadikan pembeda antara produk Anda dengan produk kompetitor Anda.

Merchandise bisa Anda jadikan sebagai salah satu cara yang efektif dalam menarik minat dan perhatian target pelanggan Anda di pasar. Dengan adanya nilai lebih tersebut, maka pelanggan Anda akan melihat keunggulan dan daya tarik dari produk Anda. Sehingga, para calon pelanggan tersebut akan mau membeli produk Anda.

  • Sebagai Wujud Apresiasi Pada Pelanggan

Saat bisnis Anda sudah mulai berkembang dan masyarakatpun sudah menyukai produk Anda, maka inilah waktunya bagi Anda untuk memberikan bentuk apresiasi kepada pelanggan Anda. Kenapa? Karena tanpa mereka, bisnis Anda tidak akan sukses seperti saat ini.

Salah satu contoh yang bisa Anda terapkan adalah dengan mengadakan suatu program tertentu yang nantinya Anda bisa memasukan merchandise Anda secara gratis pada program tersebut. Dengan melakukan cara ini, maka para pelanggan Anda akan merasa bahwa mereka sudah dihargai setelah sekian lama menggunakan produk Anda.

  • Media Promosi Jangka Panjang

Bentuk pemberian merchandise yang dibagikan kepada pelanggan biasanya adalah barang yang mampu digunakan dalan jangka waktu yang panjang atau awet.

Dengan begitu, para pelanggan akan lebih mudah mengingat nama brand bisnis Anda yang sudah tertulis atau tergambar pada merchandise itu.

Jika kita bandingkan dengan bentuk promosi lain seperti booklet ataupun brosur, maka merchandise pastinya akan lebih efektif dan unggul daripada dua bentuk promosi tersebut.

Sehingga, saat pelanggan Anda memerlukan produk atau jasa yang Anda tawarkan, maka mereka akan segera mempertimbangkan untuk membeli produk Anda. Jadi, tujuan Anda dalam meningkatkan target penjualan pun bisa teratasi.

Baca juga: 10 Pengusaha Muda Indonesia yang Sukses dengan Bisnisnya

Merchandise yang Sedang Populer dan Banyak Disukai Pelanggan

Ada banyak sekali jenis dan varian merchandise yang bisa Anda pilih sebagai bentuk kegiatan promosi pada bisnis Anda. Lengkap dengan harga dan fungsi yang beragam pula.

Untuk mendapatkan harga yang lebih murah, biasanya Anda harus memesan merchandise tersebut dalam jumlah yang sangat banyak.

Berbagai jenis merchandise yang sangat terkenal dan biasa digunakan untuk kegiatan promosi serta banyak disukai oleh para pelanggan adalah berikut ini:

  • Baju Kaos

Dalam hal ini, Anda bisa memilih kaos tanpa atau dengan kerah untuk merchandise pada bisnis Anda. Dalam kaos tersebut, nantinya Anda tinggal tambahkan logo brand ataupun tagline dengan suatu desain yang menarik bagi pelanggan Anda.

Bentuk pemberian merchandise dalam bentuk kaos ini bisa Anda berikan pada pelanggan saat Anda mengadakan suatu event acara-acara sehat, seperti car free day, jalan sehat, jogging santai, atau bersepeda gembira.

Anda bisa memberikan kaos ini pada pelanggan yang telah mampu memenuhi suatu promo tertentu, contohnya pembelian dalam jumlah tertentu, membeli produk terbaru dari brand Anda, dll.

  • Topi

Memilih topi sebagai bentuk merchandise dalam kegiatan promosi adalah pilihan yang tepat. Anda bisa memilih topi berbentuk baseball cap, karena bentuk topi ini bisa digunakan oleh hampir semua umur dan gender. Jangan lupa juga untuk menyisipkan logo atau tagline dari bisnis Anda pada topi tersebut.

Selain itu, topi juga akan sangat bermanfaat bagi pelanggan Anda, karena dengan menggunakan topi, mereka akan bisa terhindar dari terik sinar matahari yang menyengat.

Baca juga: Ingin Mulai Bisnis Minuman Franchise? Ini Pertimbangannya!

  • Tote Bag

Tote bag atau atau  tas jinjing merupakan bentuk merchandise yang paling banyak diincar oleh konsumen. Apalagi jika tote bag ini terbuat dari bahan yang ramah lingkungan atau desain yang menarik.

Dalam merchandise tersebut, Anda bisa menambahkan logo yang dibalut dengan desain yang unik. Selain itu, merchandise tote bag yang terbuat dari bahan yang ramah lingkungan juga cenderung lebih murah karena tidak memerlukan bahan-bahan yang sulit untuk di dapatkan.

  • Mug atau Tumbler

Pada umumnya, mug ataupun tumbler sering digunakan sebagai bentuk souvenir pada acara-acara tertentu. Mug dan tumbler ini juga bisa Anda jadikan sebagai bentuk merchandise karena keduannya memiliki tingkat daya tahan yang sangat lama dan sangat bermanfaat untuk kegiatan sehari-hari.

Selain itu, mug dan tumbler adalah merchandise yang juga memiliki banyak peminatnya. Apalagi jika terbuat dari bahan yang berkualitas dan desain yang sangat menarik, para pelanggan Anda juga tentunya akan semakin tertarik untuk membeli produk Anda.

  • Alat Tulis

Alat tulis yang bisa Anda pilih dalam hal ini adalah notes atau pulpen. Keduanya adalah alat tulis yang sangat berguna untuk semua kalangan.

Selain itu, bentuk merchandise ini juga cenderung lebih murah, sehingga sangat tepat untuk Anda yang memiliki anggaran merchandise yang terbatas.

Anda bisa membagikan merchandise alat tulis ini sebagai bentuk ucapan terima kasih atau hadiah untuk para pelanggan yang sudah terlibat dalam suatu acara khusus, seperti workshop atau seminar.

  • Gantungan Kunci

Pilihan merchandise lainnya yang cenderung memiliki harga murah adalah gantungan kunci. Selain itu, gantungan kunci juga mampu bertahan lama, tidak gampang rusak, dan desainnya bisa disesuaikan dengan bentuk logo perusahaan Anda.

Anda juga bisa memesan gantungan kunci dengan desain yang menarik agar para pelanggan semakin semangat untuk membeli produk Anda.

  • Travel bag atau Koper

Untuk Anda yang mempunyai bisnis perusahaan travel, sesekali Anda bisa memberikan merchandise yang sangat ekslusif ini.

Anggaran yang diperukan memang sangat banyak untuk membeli koper ataupun travel bag. Namun, dengan memberikan hadiah ini sebagai bentuk merchandise pada pelanggan, maka mereka tentunya akan sangat senang.

Anda bisa memilih pembuatan koper atau travel bag yang sesuai dengan warna brand travel Anda. Atau Anda juga bisa memberikan merchandise yang menarik ini dengan suatu persyaratan tertentu pada pelanggan Anda.

Tips dalam Memilih Merchandise

Sebelum Anda membuat perencanaan tentang kegiatan promosi dengan membagikan merchandise, kami sarankan agar Anda memahami betul tentang jenis merchandise apa yang sesuai dengan target pasar Anda. Jadi, Anda harus mengenali karakter para pelanggan Anda terlebih dahulu agar fungsi dari merchandise tersebut bisa benar-benar digunakan secara maksimal.

Contonhnya, kalau pelanggan Anda kebanyakan adalah anak-anak, maka Anda bisa memilih merchandise berupa mainan atau tempat makan dengan desain yang mereka suka.

Sementara itu, kalau kebanyakan pelanggan Anda adalah para pekerja, maka Anda bisa memilih merchandise dalam bentuk tumbler, tote bag ataupun alat tulis.

Perhatikan juga kualitas bahan pembuatan merchandise yang Anda pilih. Seringkali perusahaan lalai dalam hal ini, alih-alih menekan biaya, merchandise yang diberikan pada konsumen justru malah tidak tahan lama.

Baca juga : 7 Kesalahan yang Harus Dihindari dalam Mengembangkan Bisnis

Kesimpulan

Tidak bisa kita pungkiri bahwa bentuk promosi pada suatu bisnis memerlukan anggaran tambahan yang sebelumnya bahkan belum atau tidak terpikirkan, seperti membagikan merchandise yang sudah kita bahas diatas.

Namun untuk bisa menghindari penggunaan anggaran pribadi atau anggaran produksi, maka Anda bisa mengatasinya dengan membuat anggaran tertentu untuk kegiatan marketing atau promosi. Tapi jika Anda masih kesulitan dalam merencakanan anggaran itu, maka gunakanlah software akuntansi khusus yang bisa membantu Anda dalam merencakan keuangan pada bisnis Anda.

Aplikasi akuntansi tersebut adalah Accurate Online. Aplikasi ini akan memudahkan Anda dalam mengurus segala hal yang menyangkut akuntansi bisnis Anda secara lebih mudah dan cepat. Sehingga, Anda bisa fokus menjalankan beberapa strategi diatas.

Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.