Tips Memulai dan Mengembangkan Bisnis Barbershop secara Optimal

Keuntungan Membuka Barbershop

Bisnis barbershop kini mulai diminat oleh banyak orang, barbershop merupakan salah satu bisnis yang di perlukan oleh banyak orang khususnya pria yang sering memotong rambutnya. Utnuk memulai bisnis babershop ini tentu harus memiliki tekad dan modal yang cukup. Bisnis ini adalah bisnis yang memerlukan modal pada saat membuka usaha juga biaya operasional yang rutin.

Namun jika tidak memiliki modal yang cukup apakah bisa memulai bisnis ini? Tentu bisa, anda bisa mengajak teman anda untuk membuka bisnis ini secara bersama-sama. Tetapi juga bisa mengajukan proposal atau kerjasama dengan pemilik modal untuk membuka bisnis ini. Semua ada solusinya tinggal kita mau melakukannya atau tidak.

Keuntungan dari bisnis babeshop ini juga sangat besar. Misalnya anda memberikan tarif Rp 20.000 per-orang. Jika dalam sehari pelanggan anda ada 10 orang yang pangkas rambut. Maka anda mendapatkan penghasilan sebesar Rp 200.000/hari. Dalam sebulan omzet anda sebesar Rp 6.000.000.

Tentu untuk memulai bisnis babershop ini juga harus mengetahu langkah-langkahnya. Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan langkah-langkah memulai bisnis baber shop hingga sukses. Tentu untuk sukses kita butuh konsisten dan harus belanjut tidak berhenti di tengah jalan.]

Baca juga : Tips Terbaik bagi Anda yang Berencana Membangun Bisnis Konveksi

Langkah-Langkah Memulai Bisnis Babershop

Niat dan visi

Niat merupakan langkah awal dalam memulai bisnis apapun termasuk bisnis babershop. Tanpa adanya niat maka bisnis akan berjalan tidak teratur dan bahkan mengalami kerugian. Selain niat, ketika ingin memulai bisnis harus memiliki visi dan tujuan target yang harus dicapai. Sehingga kita akan semangat untuk mencapai visi dan target yang sudah ditetapkan. Buatlah target yang menambah semangat anda sehingga taget itu akan mudah tercapai.

Siapkan modal yang cukup

Tentu modal adalah hal utama yang harus ada di bisnis babershop ini, berbeda dengan bisnis yang lain yang tanpa mengeluarkan modal pun bisa jalan. Untuk modal dari bisnis babershop adalah modal untuk membeli alat dan peralatan yang dibutuhkan kemudian modal biaya operasional seperti listrik dan alat babershop yang sifatnya cepat habis.

Tentukan lokasi

Untuk lokasi babershop akan dibuka dimana juga harus dipertimbnangkan. Bisa saja membuka babershop dirumah jika rumahnya dijangkau banyak orang, namun jika rumah jarang dijangkau orang maka pilihlah lokasi yang banyak dijangkau orang dan mudah. Misalnya di mall atau di tempat yang sifatnya ramai orang. Dengan membuka babershop di tempat ramai kemungkinan untuk orang mengujungi babershop kita semakin banyak.

Baca juga : Pengertian dan Macam-macam Usaha Dagang yang Bisa Anda Jalani

Persiapkan alat dan peralatan

Peralatan potong rambut perlu dipersiapakan dan dibeli untuk membuka bisnis babershop ini. Berikut adalah beberapa peralatan potong rambut yang harus dimiliki:

  • Kursi pangkas rambut 2 set
  • Cermin besar 2 set dan meja rias
  • Cermin kecil 2
  • Handuk kecil satu set
  • Mesin cukur 2 buah
  • Sisir rambut 2 buah
  • Gunting potong rambut
  • Gunting sasak
  • Pisau cukur
  • Silet isi ulang 20 kotak
  • Kap penutup badan dua buah
  • Botol semprot barbershop dua
  • Jepit buaya kecil satu pack
  • Jepit buaya besar satu pack
  • Mangkok sabun / foam dua buah
  • Sikat bulu untuk membersihkan sisa potongan rambut satu buah

Promosi

Setelah melakukan persiapan dan mempersiapkan alat dan peralatan serta telah berhasil membuka babershop. Untuk memperoleh pelanggan yang banyak perlu diadakan promosi. Promosi yang murah dan mudah adalah menggunakan media sosial. Pengguna media sosial juga sangat banyak sehingga peluang untuk mendapatkan pelanggan yang lebih banyak juga akan mudah.

Kesimpulan

Demikianlah langkah-langkah memulai bisnis baber shop yang dapat di lakukan meski anda adalah pemula dan belum pernah melakukan bisnis ini. Penting juga untuk Anda memikirkan setiap langkah yang akan Anda terapkan kedepannya pada barbershop Anda, misalnya membuka cabang baru di daerah lain.

Baca juga : Mengenal Berbagai Bisnis Online Tanpa Modal Yang Bisa Anda Kerjakan

Jangan lupkan juga tentang pembukuan, catat setiap transaksi dan pengeluaran yang terjadi agar bisnis Anda bisa terpantau keadaan keuangannya secara transparan. Jika Anda kesulitan dalam melakukan pembukuan secara manual, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online untuk pembukuan yang lebih cepat dan efisien.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud buatan anak bangsa yang telah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dan memenangkan Top Brand Award sejak tahun 2016 sampai sekarang. Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.