Integrasi Menyeluruh Untuk Menghindari Risiko Kerugian Pada Bisnis

Integrasi bisnis mendorong organisasi saat ini dan merupakan penggerak utama untuk pertumbuhan. Hal ini memungkinkan organisasi untuk memanfaatkan proses, orang, teknologi, dan informasi yang ada agar tetap terdepan dalam persaingan dan mengantisipasi kerugian bisnis.

Di sisi lain, bisnis yang tidak terintegrasi sering mengeluhkan kenaikan biaya dan konsumsi sumber daya yang signifikan. Sistem yang terintegrasi dengan baik tidak hanya akan mengoptimalkan proses kerja organisasi tetapi juga memungkinkan dalam membuat keputusan bisnis yang mudah dan lebih baik. Oleh karena itu, organisasi saat ini berintegrasi dengan platform yang berbeda untuk menjembatani kesenjangan antara berbagai fungsi dalam bisnis.

Sejauh Mana Pentingnya Proses Integrasi  dalam Bisnis?

Melakukan integrasi dalam semua proses bisnis adalah hal utama yang wajib dilakukan pada saat ini. Cleo, perusahaan global dalam teknologi integrasi cloud dan ekosistemnya pada tahun 2019 mensurvei 100 perusahan TI di seluruh industri untuk mengukur status integrasi dan kemampuan komunikasi digital mereka.

Perusahaan yang disurvei mencakup rantai pasokan, layanan keuangan, ritel/e-commerce, perawatan kesehatan, dan sektor teknologi, dan hampir 70 persen melaporkan kenaikan pendapatan tahunan antara $100 juta dan $1 miliar karena proses integrasi dan digitalisasi. Hasilnya, yang telah dikompilasi dalam State of Ecosystem and Application Integration Report 2019, menunjukkan kesenjangan dalam strategi dan solusi yang diperlukan untuk mendukung bisnis modern.

Secara keseluruhan, bisnis  yang disurvei mengatakan modernisasi adalah kunci untuk mengkonsolidasikan teknologi yang berbeda, mengotomatisasi proses transaksi data, dan mendapatkan visibilitas ke dalam aliran data penting mereka, dan itulah alasan mengapa lebih dari setengahnya berencana untuk memodernisasi integrasi dan infrastruktur TI setelah melakukan survei tersebut.

Dan kini, Anda bisa mendapatkan proses integrasi yang lebih mudah dengan menggunakan UOB BizSmart sebagai solusi digital penunjang bisnis yang dapat mengelola beberapa proses bisnis seperti penjualan, pembuatan faktur, penggajian, akuntansi, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Raih Keuntungan Maksimal Dengan Bisnis Go Digital

Beberapa Manfaat yang Akan Anda Dapatkan dalam Proses Integrasi pada Bisnis

1. Peningkatan Aksesibilitas Data

Dengan bantuan integrasi sistem, aksesibilitas data menjadi lebih mudah bagi orang-orang dan stakehoders dalam organisasi. Ini mengarah pada pengambilan keputusan yang lebih baik untuk setiap tingkat yang berbeda, dan pada akhirnya akan menghasilkan percepatan pertumbuhan bisnis.

Dengan menggunakan UOB BizSmart misalnya, Anda bisa dengan mudah melakukan pengelolaan proses pembukuan, mendapatkan laporan keuangan, manajemen SDM, manajemen persediaan, dan payment gateway dalam satu platform yang mudah digunakan dan berbiaya rendah. Setiap data dalam proses bisnis tersaji dengan optimal sehingga mempersingkat waktu Anda dalam membuat keputusan bisnis

2. Komunikasi yang Lebih Baik

Ketika bisnis terintegrasi dengan baik, konektivitas yang ditingkatkan akan merampingkan komunikasi antara karyawan dari fungsi yang berbeda. Sebagai hasilnya, organisasi dapat dengan mudah berbagi lebih banyak informasi yang sebelumnya merupakan hal yang sulit, mahal atau memakan waktu untuk diakses.

Jika Anda pemilik bisnis ritel misalnya, memonitor banyak cabang sekaligus memang berat, apalagi dengan banyaknya penjualan, jumlah barang dan sumber daya manusia yang ada. Namun dengan menggunakan UOB BizSmart, Anda dapat membantu mengelola usaha retail Anda dengan lebih efektif.

3. Peningkatan Produktivitas

Daripada harus menduplikasi data dari satu tempat ke tempat lain dan menunggu informasi diterima dari departemen lain, sebenarnya Anda bisa menghemat lebih banyak waktu untuk tugas-tugas penting yang akan membantu pertumbuhan bisnis.

Dengan menggunakan UOB BizSmart, Anda akan mendapatkan solusi all in one untuk setiap proses bisnis sehingga Anda bisa dengan mudah  memenuhi kebutuhan konsumen, serta memegang kendali ketat pada prosedur pelaksanaan, dengan memantau semua proses yang ada. Tentunya ini akan meningkatkan produktivitas dan efektifitas pada bisnis secara keseluruhan dan mengantisipasi kerugian bisnis.

4. Solusi All in One

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, dengan menggunakan UOB BizSmart, Anda akan mendapatkan solusi all in one untuk setiap proses yang terjadi pada bisnis dan memudahkan Anda dalam mengakses seluruh data penting dalam bisnis, kapanpun dan dimanapun Anda mau.

Karena semua data berharga disimpan di satu platform, informasi penting dan relevan lebih mudah diakses dan dibagikan oleh karyawan djuga untuk para stakeholders di bisnis Anda. Ketika Anda dapat melihat setiap aspek organisasi bisnis dari satu platform, Anda akan memiliki lebih banyak waktu dan sedikit hal yang Anda khawatirkan dalam bisnis.

5. Pertumbuhan yang Terencana

Jika bisnis terjebak dalam pengoperasian banyak aplikasi yang kompleks dan sistem yang rumit, pertumbuhan akan terhambat dan malah menghabiskan banyak waktu untuk mempelajari semua sistem baru, dan ini akan meningkatkan risiko kerugian bisnis. Namun dengan platform yang terintegrasi seperti UOB BizSmart, semua masalah itu tidak akan terjadi dan perubahan dapat dilakukan hanya dengan mudah dalam satu platform tanpa harus berpindah aplikasi dari satu ke yang lainnya,

Dengan menggunakan UOB BizSmart, Anda akan mendapatkan solusi pemubukuan dan akuntansi dari Accurate Online. Manajemen sdm, absensi dan fitur fitur penggajian dari HReasily juga aplikasi kasir dan solusi payment gateway dari Cashlez.

Baca juga: Bagaimana BizSmart Menjadi Solusi Total untuk Bisnis yang Lebih Optimal?

Integrasi adalah Solusi Untuk Proses yang Lebih Efisien

Teknologi telah merampingkan banyak proses dan menghilangkan banyak beban bisnis dengan memfasilitasi integrasi dan otomatisasi pada setiap kegiatan bisnis. Integrasi yang mudah akan berdampak luas pada peningkatan proses bisnis dan manajemen yang lebih baik.

Dengan menggunakan platform UOB BizSmart, bisnis Anda akan mendapatkan:

  • Ketepatan
  • Kelengkapan
  • Konsistensi
  • Ketepatan waktu
  • Validitas

Dengan menggunakan UOB BizSmart dan Accurate Online Anda akan mendapatkan solusi otomatisasi untuk memecahkan masalah ini dengan mengisi gap fungsionalitas pada bisnis untuk mengurangi risiko kerugian bisnis. Konektivitas lintas aplikasi menjadikan UOB BizSmart sebagai alat otomatisasi all-in-one dengan kemampuan integrasi alur kerja yang  menghubungkan berbagai sistem untuk kemudahan operasional.

Melakukan efisensi pada operasi perusahaan merupakan langkah yang tepat untuk memulai perjalanan Anda dalam melakukan pengembangan bisnis yang lebih sukses. Menghubungkan seluruh sistem Anda melalui solusi integrasi alur kerja, dapat membantu menciptakan visibilitas yang Anda butuhkan untuk mengembangkan rencana strategis untuk mengubah bisnis menjadi lebih efisien dengan teknologi otomatisasi dan digitalisasi.

Jadi, apakah transformasi digital  dalam bisnis ada di radar Anda? Coba BizSmart sekarang juga melalui tautan pada gambar di bawah ini:

hindari kerugian bisnis bizsmart x accurate