Cara Memilih Nama Toko Online yang Unik dan Menarik

Memiliki nama toko online yang bagus dan menarik itu adalah untuk investasi jangka panjang, khususnya untuk strategi branding. Dengan menggunakan nama toko online yang menarik, maka bisnis Anda akan lebih mudah untuk dikenal dan diingat pelanggan. Suatu hal yang akan membantu Anda dalam memperkenalkan bisnis dan melakukan kegiatan promosi.

Untuk itu, membuat nama online shop yang menarik adalah suatu hal yang tidak terlalu mudah. Karena Anda harus membuat nama yang unik dan tidak ketinggalan jaman, namun membuat nama tersebut hanya sedikit bagian dari menjalankan toko online.

Meskipun demikian, Anda tetap harus serius dalam mendesain nama online shop Anda. karena, Anda pasti tidak tidak mau bila harus mengganti nama brand di tengah jalan. Seperti halnya yang dilakukan oleh brand terkenal bernama SaleStock.

Mereka mengganti nama SaleStock menjadi Sorabel setelah sudah lima tahun lamanya bergerak di dunia ecommerce. Hal itu terpaksa mereka lakukan karena brand image mereka tidak sesuai dengan harapan. Nama tersebut diklaim kurang mewakili target pasar dan impresi yang mereka inginkan.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tips dalam membuat nama toko online. Apa saja tipsnya? Baca artikel cara memilih nama toko online ini hingga selesai.

Cara Membuat Nama Toko Online yang Unik dan Menarik

Membuat nama toko online itu memang susah-susah gampang. Di satu hal Anda tidak boleh membuat nama toko online yang pasaran dan umum. Di hal lainnya Anda juga tidak boleh membuat nama online shop yang terlampau unik. Jadi, jangan heran bila membuat nama online shop itu memerlukan waktu yang banyak.

Agar bisa menghemat lebih banyak waktu, cobalah untuk mempraktikan cara di bawah ini.

1. Singkat dan Sederhana

Usahakanlah untuk membuat nama toko online yang singkat dan jelas. Sehingga, nama toko online Anda akan lebih mudah diingat oleh konsumen. Selain itu, nama online shop yang sederhana juga membuat toko online Anda akan terlihat lebih menonjol daripada kompetitor Anda.

Lalu bagaimana cara membuat nama online shop yang sederhana. Coba ambilah secarik kerta dan kerjakanlah berbagai langkah di bawah ini.

  • Tulislah seluruh kata kunci yang memiliki hubungan erat dengan kategori bisnis Anda
  • Carilah kata kunci yang bisa Anda diplesetkan dengan nama toko.
  • Carilah kata kunci yang memiliki 1 hingga 2 suku kata,
  • Jika memungkinkan, buatlah nama yang lebih berirama.

2. Unik dan Berbeda

Selain sederhana, cobalah untuk membuat nama toko online yang unik dan berbeda. Terdapat dua cara yang bisa Anda gunakan.

Pertama, cobalah untuk memikirkan hal yang tidak ada hubungannya dengan produk yang Anda jual. Kedua, gunakanlah nama Anda sendiri.

Baca juga: Ghost Kitchen, Solusi Bisnis Kuliner Baru di Tengah PPKM Darurat

3. Otentik dan Original

Walaupun membuat nama toko online itu sulit, namun bukan berarti Anda bisa mencontek dan meniru nama dari toko yang bagus dan juga sudah lebih dulu terkenal. Bila hal ini Anda lakukan, maka Anda akan mempertaruhkan reputasi dan juga branding bisnis Anda sendiri. Jadi, alih-alih membuat nama toko online yang mudah dikenal dan gampang diingat, justru Anda akan dicap abal-abal oleh konsumen.

Itu artinya, membuat nama online shop itu harus otentik dan original. Oleh karena itu, tidak ada satupun resep dalam membuatnya. Anda hanya harus memastikan toko yang ingin Anda gunakan tidak pernah sekalipun digunakan oleh orang lain.

Cara mengeceknya bisa dengan menggunakan mesin pencari, media sosial atau melalui situs hak kekayaan intelektual atau HAKI. Sedangkan untuk nama online shop bertaraf Internasional Anda bisa membuka situs Global Brand Database.

4. Deskriptif

Hal yang tidak kalah penting lainnya adalah dengan membuat nama toko online yang bersifat deskriptif. Artinya, nama yang Anda gunakan harus mampu menjelaskan produk ataupun jasa layanan Anda. sehingga, Anda tidak memerlukan kata yang panjang untuk menjelaskan produk atau jasa layanan yang Anda tawarkan pada konsumen.

Membuat nama toko online yang deskriptif sebenarnya sangat mudah. Anda hanya harus menghimpun berbagai kata kunci yang berkaitan dengan bisnis Anda. Selanjutnya, pilihlah nama online shop yang bagus sesuai dengan online shop Anda. Beberapa contoh brand terkenal yang menggunakan cara ini adalah General Motors atau General Electrics.

5. Mudah Dieja

Buatlah nama toko online yang mudah untuk dieja. Kenapa? karena nama online shop yang sulit dieja sangat membingungkan dan akan meningkatkan risiko salah ketik untuk para pelanggan.

Di zaman digital marketing seperti saat ini, kesalahan dalam pengetikan adalah suatu hal yang harus Anda hindari. Salah ketik akan membuat nama toko Online Anda tidak bisa dilihat dan dipantau oleh Google. Bila sudah demikian, tingkat impresi toko online Anda akan buruk dan Anda pun akan kehilangan calon pembeli.

6. Hindari Tanda Penghubung atau Hyphen (-)

Cobalah untuk menghindari sebisa mungkin menggunakan hyphen atau (-) pada nama toko online Anda. Kenapa? karena salah satu tanda baca ini akan membingungkan saat diucapkan oleh orang lain, bahkan oleh Anda sendiri. Bayangkanlah sendiri bila Anda sedang diminta untuk menyiapkan nama online shopAnda di browser. Pasti akan sulit.

Jadi, daripada berurusan dengan kondisi yang sulit, akan lebih baik bila Anda tidak menggunakan tanda baca hyphen di nama online shop Anda.

7. Punya Cerita

Cara selanjutnya dalam memberikan nama toko online yang baik ini tidak ada relevansinya dengan kemudahan teknis. Namun percaya atau tidak, memiliki latar belakang sendiri untuk toko online akan sangat berguna. Khususnya dalam meyakinkan konsumen agar mereka selalu loyal pada brand Anda.

Saat ini, kualitas produk bukanlah satu-satunya alasan yang membuat seseorang ingin membeli produk Anda. seorang pembeli kerap kali memilih produk yang mampu menunjukan identitas dirinya.

Sehingga, brand lebih dari sekedar nama atau logo saja. Brand adalah salah satu bagian hidup dari pelanggan tersebut. Untuk itu, cobalah untuk menyiapkan cerita atau latar belakang yang mampu mewakili jati diri pelanggan sesuai dengan target pasar yang ingin Anda tuju.

Contoh sederhananya, saat Anda menjual produk kosmetik yang ramah lingkungan, pastikanlah Anda mempunyai cerita terkait bagaimana produk Anda mampu membantu para konsumen dalam merawat diri dan juga menjaga kelestarian lingkungan sekitarnya.

Contoh lainnya, bila Anda memiliki toko online pada bidang fashion, pastikanlah terdapat cerita terkait bagaimana produk Anda mampu membantu para pembeli dalam menampilkan dirinya sesuai dengan keinginannya.

Anggaplah Anda ingin membuka suatu clothing line dengan target pasar para eksekutif muda. Nah, Anda bisa menceritakan bahwa bisnis Anda mampu membantu para pembeli dalam menampilkan diri mereka secara lebih elegan dan lebih profesional tanpa harus khawatir kehilangan rasa nyaman saat menggunakan produk clothing Anda.

Terdapat setidaknya dua cara yang bisa Anda gunakan untuk membuat cerita pada nama toko online Anda. kedua cara ini bisa Anda aplikasikan secara bersamaan atau memilih salah satunya saja.

Pertama, ceritakanlah dengan jelas terkait tujuan bisnis Anda. Kenapa Anda harus memulai menjual produk tersebut dan kepada siapa saja produk tersebut dibuat? Dengan begitu, maka para konsumen atau pelanggan akan merasa lebih dekat dengan brand Anda. Dampaknya, mereka akan lebih loyal. Cara seperti ini banyak digunakan oleh bisnis model sociopreneurship atau bisnis yang berefek pada sosial.

Kedua, Anda bisa bercerita secara tidak langsung dengan nama brand Anda. Anda pun bisa memeri cerita menggunakan nama toko online yang sudah Anda pilih. Penggunaan nama bahasa asing umumnya mampu menunjukkan gengsi dari para konsumennya, seperti Holland Bakery, J-CO, Eiger, dll.

Baca juga: Social Entrepreneurship: Pengertian Dan 11 Tips Sukses Menjadi Social Entrepreneurship

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang cara memilih nama toko online yang unik dan menarik. Anda tidak harus terpaku dengan ketujuh cara yang sudah kami berikan di atas. Anda bisa memodifikasi atau menambahkan cara lain sesuai dengan kategori bisnis yang sedang Anda jalankan.

Namun, ada hal lain yang harus Anda perhatikan selain membuat nama toko online yang menarik, yaitu mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran bisnis di laporan keuangan Anda. Laporan ini sangat penting karena akan menunjukkan kondisi keuangan Anda saat ini dan bisa Anda gunakan sebagai referensi dalam membuat keputusan bisnis di masa depan.

Untuk lebih mudah dan efisien dalam membuat laporan keuangan, Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Accurate Online. Software akuntansi ini akan membantu Anda dalam menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, akurat dan tepat. Sehingga, kegiatan akuntansi bukan lagi hal yang menakutkan dan menyita banyak waktu.

Accurate Online sangat cocok digunakan oleh berbagai skala bisnis, mulai dari bisnis kecil, menengah, hingga bisnis berskala besar. Selain itu, di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang mampu mempermudah Anda dalam mengelola bisnis secara efisien.

Penasaran? Ayo coba Accurate Online dulu secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

accurate1