Apa itu Bisnis Online Network Marketing? Ini Penjelasan dan Ulasannya!

Sebenarnya, bisnis network marketing atau NM ini belum banyak yang mengikutinya. Kalaupun ada, mereka terkadang tidak sadar bahwa bisnis yang sedang dijalankan termasuk ke dalam bisnis network marketing.

Saat ini, ada banyak sekali cara untuk bisa menghasilkan uang. Seiring dengan berjalannya waktu dan teknologi yang semakin canggih, kemampuan manusia dalam menjalankan bisnis pun semakin banyak. Salah satu yang bisa dilakukan adalah bisnis network marketing.

Bisnis ini adalah salah satu bisnis yang menjanjikan. Tapi, apa itu bisnis online network marketing? apa saja strategi yang ampuh untuk menjalankannya? Temukan jawabannya dengan membaca artikel tentang bisnis network marketing di bawah ini hingga selesai.

Apa Itu Bisnis Online Network Marketing?

Pada dasarnya, seperti yang dilansir Investopedia, network marketing adalah suatu strategi pemasaran produk yang melakukan teknik direct selling dengan sistem yang bertingkat. Anda harus merekrut orang sebanyak mungkin untuk membantu memasarkan produknya. Keuntungan yang Anda raih nanti adalah lewat penjualan pribadi dan keuntungan penjualan dari tenaga penjual yang direkrut akan dibagi sesuai dengan levelnya.

Itu artinya, semakin banyak tenaga penjual yang Anda rekrut, maka akan semakin tinggi juga penghasilan serta bonus yang diperoleh oleh perekrut Anda. Sistem ini nantinya akan membentuk suatu istilah yang dikenal dengan penjualan piramida. Semakin banyak orang yang Anda rekrut, maka akan semakin tinggi juga posisi sang perekrut.

Lingkungan kerja dari dunia bisnis online NM ini mempunyai istilah upline dan downline. Downline adalah bawahan atau orang yang Anda rekrut untuk menjual produk bersama dengan Anda. Sedangkan upline adalah atasan, orang yang merekrut Anda, atau orang yang sebelumnya sudah melakukan penjualan dan sukses merekrut tenaga penjual baru untuk selanjutnya diajak menjadi downline.

Secara umum, tugas upline dan downline dalam bisnis ini hampir sama. Mereka sama-sama menjadi pihak distributor langsung yang menjual produk ke masyarakat. Selain itu, mereka juga harus menawarkan keuntungan yang diperoleh dalam menjalankan bisnis tersebut, sehingga nantinya akan semakin banyak tenaga perekrut baru yang mau bergabung.

Baca juga: Bisnis Seni Lukis Mural dan Cuan Besar di Dalamnya

Ciri-ciri Perusahaan Network Marketing yang Baik

Saat ini, sudah banyak sekali perusahaan online network marketing di pasar, sehingga membuat calon distributor dan pelanggan bingung dalam menentukan produk NM yang baik. Nah, berikut ini adalah beberapa ciri-ciri perusahaan NM yang baik:

1. Terdaftar di APLI (Asosiasi Penjual Langsung Indonesia)

Bila suatu perusahaan network marketing sudah terdaftar secara resmi di APLI atau Asosiasi Penjual Langsung Indonesia, maka perusahaan tersebut bisa Anda pertimbangkan.

Untuk bisa bergabung dan memperoleh sertifikasi dari APLI, perusahaan NM harus bisa memenuhi beberapa syarat dan kode etik yang telah dibuat oleh APLI. Bila sudah terdaftar, maka perusahaan NM tersebut mempunyai produk yang baik untuk dijual ke masyarakat dan sistemnya pun bisa dipertanggungjawabkan.

2. Ada Produk Nyata yang Dijual

Tujuan utama dalam menjalankan bisnis network marketing adalah menawarkan dan menjual produk sebanyak mungkin. Bisnis NM yang baik tentunya mempunyai variasi produk dengan harga yang sangat beragam agar nantinya bisa ditawarkan pada calon pelanggan.

Selain itu, kualitas produk yang dijual pun harus sudah terjamin dan pihak distributor harus bisa selalu terbuka dalam menerima keluhan dari pelanggan.

3. Memiliki Badan Hukum dan Kantor yang Jelas

Selain harus sudah terdaftar di APLI, perusahaan NM yang baik pun bisa dilihat dari adanya badan hukum dan kantor pusat yang dimilikinya.

Sebelum Anda tertarik untuk terjun langsung ke bisnis NM, cobalah untuk terlebih dahulu memeriksa status kantor dan perusahaan yang melatarbelakangi produknya.

Selain itu, periksa juga badan hukum, status kepemilikan SIUPL, dan NPWP perusahaan NM tersebut. Dengan adanya badan hukum yang jelas, maka produk beserta sistem bisnis di dalamnya pun bisa dipertanggungjawabkan.

4. Sistem yang Terbuka

Daya tarik utama dalam menjalankan bisnis network marketing adalah kesuksesan yang bisa diperoleh dari hasil penjualan dan track record selama Anda menjadi penjual.

Jadi, tidak hanya upline saja yang bisa mendapatkan keuntungan, downline sebagai bawahan pun bisa mendapatkan kesuksesan yang sama tanpa ada hal lain yang harus disembunyikan. Persentase pendapatan yang lebih jelas dan terbuka ini akan sangat membantu bisnis network marketing untuk berkembang dengan pesat.

5. Upline dan Downline Saling Bekerja Sama

Bisnis network marketing tidak akan bisa berkembang bila upline dan downline tidak saling bekerja sama. Ciri network marketing yang baik adalah menerapkan budaya membantu downline untuk bisa terus maju dan mendapatkan pendapatan yang lebih banyak.

Untuk itu, pilihlah bisnis yang upline-nya lebih aktif membantu, mampu memberikan masukan, tips dan ilmu marketing, serta bisa mengajak downline untuk mau mengembangkan bisnis secara bersama-sama.

6. Produk Diterima Pasar dengan Baik

Tanda ataupun ciri perusahaan network marketing bisa diterima dengan baik oleh pihak masyarakat dan pasar adalah dari skala penjualannya. Bila sistem bisnis dan distribusi produk sudah bisa mencapai skala nasional, maka bisnis network marketing tersebut bisa Anda pertimbangkan.

Selain itu, kesejahteraan dari perusahaan dan jaringan distributor di dalamnya pun bisa Anda lihat melalui kualitas produk yang ditawarkan.

Baca juga: Cara Memulai Bisnis Cake and Bakery untuk Anda Para Pemula

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang apa itu bisnis online network marketing. Bila Anda tertarik untuk menjalankan bisnis online network marketing ini, Anda bisa mencari tahu perusahaan network marketing yang baik di atas.

Namun bisnis apapun yang ingin Anda jalankan, Anda harus memiliki sistem pencatatan keuangan yang baik agar nantinya Anda bisa membuat keputusan bisnis yang tepat di masa depan. Kabar baiknya, aplikasi bisnis dari Accurate Online sudah mempersiapkan hal tersebut untuk Anda.

Aplikasi ini akan mencatat kegiatan bisnis dan finansial bisnis Anda secara akurat dan akan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan pada Anda secara cepat. Sehingga, Anda sudah tidak perlu lagi menggunakan cara manual yang memakan banyak waktu.

Selain itu, di dalamnya pun telah dilengkapi dengan fitur bisnis luar biasa yang akan membuat operasional Anda berjalan lebih efektif dan efisien. Sehingga, Anda bisa lebih mudah dalam mengelola dan mengembangkan bisnis Anda.

Tertarik dengan Accurate Online? Tenang, Anda bisa mencobanya lebih dulu selama 30 hari gratis melalui banner di bawah ini.