Paket Usaha: Pengertian, Perbedaan dengan Franchise dan Jenis-jenisnya

Istilah paket usaha atau paket bisnis sebenarnya bukan sesuatu yang asing lagi. Pasalnya, keberadaan jenis usaha seperti ini kini sudah semakin menjamur.

Baik di wilayah perkotaan maupun pedesaan, akan sangat mudah menemukan aneka macam paket bisnis. Yang paling sering ditemukan adalah paket bisnis minuman, makanan ringan, dan lain sebagainya.

Paket usaha seperti ini juga sangat cocok untuk para pemula yang ingin memulai usaha perdananya tanpa harus bingung dengan produk apa yang akan dijual.

Modal yang diperlukan untuk membeli sebuah paket bisnis juga bervariasi. Modal paket usaha cenderung lebih murah dibandingkan dengan modal untuk waralaba.

Lalu, apa paket usaha itu? apa bedanya dengan franchise dan bagaimana prospek keuntungannya? berikut ulasan selengkapnya.

Pengertian Paket Usaha

Paket usaha merupakan suatu paket yang ditawarkan atau dijual dengan harga yang lumayan murah untuk para pemula yang memiliki modal kecil, tetapi ingin memulai usaha.

Sesuai dengan namanya, membeli paket bisnis berarti mendapatkan seperangkat alat-alat untuk menjalankan usaha. Tidak hanya itu, produk yang akan dijual juga termasuk dalam paket bisnis tersebut.

Kita ambil contoh paket bisnis yang saat ini paling laris manis, yaitu usaha minuman coklat kekinian. Dalampaket bisnis tersebut, Anda sudah mendapatkan gerobak, cup plastic, sedotan, bahan minuman coklat dan lain sebagainya.

Membeli sebuah paket bisnis, berarti Anda bisa menggunakan merek dagang, nama, hingga sistem operasional dari usaha yang menjual paket bisnis tersebut kepada Anda.

Jika membeli paket bisnis seperti itu, Anda juga tidak wajib membayar royalty fee atau distribution fee seperti halnya dalam bisnis waralaba.

Baca juga: Kerajinan Rotan: Peluang dan Tips Memulai Usahanya

Perbedaan Paket Usaha VS Franchise

Sebagai pemula dalam dunia bisnis, Anda harus mampu membedakan antara paket usaha dengan franchise. Apa saja perbedaannya berikut ulasan selengkapnya:

  • Penggunaan HAKI

HAKI adalah hak eksklusif atas kekayaan intelektual dari suatu hukum kepada sekelompok orang atas karya ciptanya. Dalam hal mengambil paket bisnis, Anda bisa menggunakan merek sendiri dengan tujuan untuk membangun brand.

Sedangkan franchise, Anda diwajibkan untuk menggunakan HAKI yang sebelumnya sudah ditentukan oleh pemilik usaha waralaba tersebut.

  • Metode Operasional

Dalam usaha franchise, semuanya harus terstruktur dibandingkan dengan paket usaha. Sistem pemasaran waralaba dilakukan atas perintah terpusat, yaitu penjual franchise.

Sedangkan dalam paket bisnis, Anda cenderung bisa berkreasi dengan cara yang Anda mau. Pihak penjual paket bisnis tidak akan ikut campur lagi dalam bisnis tersebut. Sistem pemasarannya juga bisa Anda tentukan sendiri.

  • Surat keterangan

Suatu pihak yang memilih usaha waralaba atau franchise, biasanya akan mendapatkan surat keterangan sebagai tanda telah terdaftar dalam usaha tersebut. Surat ini adalah STPW atau Surat Tanda Pendaftaran Waralaba yang diterbitkan oleh Kementerian Perdagangan.

Dalam pembelian paket usaha, urusannya menjadi lebih simpel. Anda tidak harus memiliki STPW, cukup menyiapkan modal usaha saja, maka semuanya akan menjadi milik pribadi.

  • Harga

Harga yang ditawarkan untuk paket bisnis jauh lebih murah dibandingkan dengan harga franchise. Dalam paket bisnis, Anda hanya perlu membayar harga ini satu kali saja dan cenderung lebih murah, cocok untuk Anda yang memiliki modal kecil.

Sementara untuk franchise, Anda harus membayar harga yang cukup mahal. Belum lagi, Anda juga harus membayar royalty fee kepada pemilik franchise tersebut.

Jenis-Jenis Paket Usaha yang Laris Manis di Indonesia

Paket usaha yang kini banyak ditawarkan di Indonesia lebih bervariasi. Hampir semua paket bisnis ini laris manis, jika dijalankan dengan strategi promosi usaha yang tepat. Apa saja jenis-jenis paket bisnis yang banyak ditawarkan saat ini? Berikut ulasannya:

1. Paket Usaha Minuman

Paket usaha yang pertama adalah menjual minuman kekinian. Ada berbagai variasi minuman yang dijual dan hampir semuanya laris di pasaran, seperti kopi, es cappucino cincau, jus buah, es nyoklat, boba hingga minuman bubble drink dan thai tea.

Rata-rata paket bisnis minuman seperti ini dijual seharga Rp 3,5 – 4 jutaan. Paket bisnis ini sudah lengkap dengan gerobak, peralatan yang dibutuhkan untuk mengolah minuman dan bahan-bahan minuman itu sendiri.

2. Paket Usaha Makanan

Sudah ada paket usaha minuman, belum lengkap kalau tidak ada paket bisnis makanan. Paket bisnis ini juga dijual dengan harga rata-rata Rp 3,5 – 4 jutaan saja. Beberapa makanan yang laris manis dijual dari paket bisnis ini adalah kentang spiral, fried chicken, jagung susu keju, sosi bakar, takoyaki dan lain sebagainya.

3. Paket Bisnis Laundry Kiloan

Ternyata ada juga paket usaha laundry kiloan yang bisa Anda mulai dengan modal sekitar Rp. 4 jutaan saja. Harga segitu sudah plus dengan mesin cucinya.

Ada juga peralatan pendukung lain yang sudah termasuk dalam paket ini seperti timbangan, sabun cuci, pewangi, nota, pelicin atau setrika dan lain sebagainya.

4. Paket Bisnis Thrift

Istilah Thrift merupakan kata yang diambil dari Bahasa Inggris yang artinya “penghematan”. Di kita, thrift ini identik dengan pakaian bekas atau second hand, dan preloved.

Harganya yang murah diminati banyak orang. Itulah yang membuat banyak bermunculan paket bisnis thrift dengan kualitas yang tidak mengecewakan.

Paket usaha thrift biasanya dijual dengan harga Rp 800 ribu hingga Rp 1 Jutaan. Harga segitu sudah termasuk beberapa jenis pakaian seperti cardigan, kemeja, celana panjang, kaos atasan, rok dan lain sebagainya.

5. Paket Bisnis Kecantikan

Para wanita yang ingin memulai bisnis dengan modal kecil sebaiknya coba untuk membeli paket bisnis kecantikan. Saat ini, produk skin care dan make up laris manis di pasaran. Hampir setiap wanita membutuhkan produk-produk seperti ini.

Rata-rata harga jual ppaket bisnis kecantikan ini berkisar dari Rp 500.000 hingga Rp 1 jutaan. Di dalamnya terdapat beberapa merek kecantikan lokal dengan variasi jenis make up dalam jumlah yang lumayan banyak.

Baca juga: Bisnis Car Wash: Jenis Peluang Usaha, Analisa Modal dan Tips Sukses Menjalankannya

Kesimpulan

Paket usaha adalah pilihan usaha yang cocok untuk Anda yang sedang ingin memulai usaha, tapi memiliki modal yang kecil.

Paket usaha memiliki jenis-jenisnya tersendiri yang bisa Anda sesuaikan dengan keinginan. Paket bisnis minuman dan makanan cenderung lebih laris manis di pasaran, karena hampir diminati setiap hari.

Memulai usaha dengan memilih ppaket bisnis, Anda bisa belajar berbisnis, melakukan promosi dan membuat pembukuan keuangan.

Meskipun paket bisnis merupakan bisnis modal kecil, siapa tahu dengan rajin berpromosi dan meningkatkan kualitas produk yang dijual, usaha ini akan berkembang menjadi usaha yang besar.

Jika sudah begitu, pencatatan keuangannya tidak bisa lagi dilakukan secara manual, namun harus menggunakan sebuah software akuntansi dan bisnis yang bisa memudahkan Anda. Salah satunya adalah software Accurate Online.

Accurate online merupakan sebuah software akuntansi dan bisnis yang memiliki fitur lengkap, sehingga bisa membantu pembukuan usaha Anda tercatat dengan cepat dan akurat.

Software Accurate Online sudah terbukti membantu pembukuan 300 ribu lebih usaha dari pengusaha yang ada di Indonesia.

Jika mencobanya sekarang, Software ini gratis untuk 30 hari kedepan. Yuk segera dicoba, tunggu apa lagi!accurate 3 banner bawah