Ide Bisnis Parcel Lebaran yang Unik di Bulan Puasa dan Lebaran

Parcel lebaran yang umumnya berisi kue lebaran sudah terlalu mainstream. Tapi, apakah Anda pernah kepikiran untuk mengisi parcel lebaran dengan barang yang lucu dan menarik? Tentunya ide ini bisa sangat menarik perhatian untuk penerimanya.

Selain bisa berbagi kebahagiaan, mengirim parcel lebaran juga bisa Anda jadikan sebagai salah satu cara dalam menjaga silaturahmi. Untuk itu, dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan ide bisnis parcel lebaran yang unik dan menarik untuk hari raya nanti.

7 Ide Bisnis Parcel Lebaran

1. Pakaian Muslim

Momen menjelang hari raya nanti tentunya akan ada banyak orang yang mencari busana muslim untuk dikenakan di hari raya. Nah, busana muslim ini bisa Anda jadikan sebagai ide bisnis parcel.

Baju gamis atau kaftan untuk wanita atau baju koko untuk pria adalah busana yang sesuai untuk digunakan pada hari raya. Untuk itu, Anda bisa memilih bahan berkualitas baik dan nyaman untuk digunakan. Modal yang Anda butuhkan untuk ide parcel lebaran ini sekitar 125 ribu rupiah sampai 500 ribu rupiah.

2. Paket Masker

Di tengah kondisi pandemi seperti saat ini, parcel yang berisi masker, hand sanitizer, dan peralatan kebersihan lainnya akan menjadi sangat diperlukan. Anda bisa memberikan beberapa lembar paket masker yang sesuai untuk pelanggan Anda.

Anda juga bisa menambahkan isi parcel lebaran dalam bentuk desinfektan, hand sanitizer, dan vitamin untuk meningkatkan imun. Anda tinggal menggunakan wadah yang lucu dan unik, sehingga parcel lebaran bisa terlihat mewah. Modal yang Anda perlukan sekitar 80 ribu hingga 100 ribu rupiah.

3. Alat Tulis Kantor

Ide isi parcel lebaran selanjutnya adalah alat tulis kantor. Parcel ini akan terlihat unik bila Anda bisa menatanya semenarik mungkin dengan menggunakan wadah yang lucu.

Beberapa alat tulis kantor yang bisa Anda masukan ke dalam parcel adalah pulpen, notebook, lem, gunting, sampai file organizer. Harga parcel ini juga sangat bervariasi, mulai dari 50 ribu sampai 150 ribu rupiah.

 Baca juga: Bisnis Jasa Terlaris untuk Tahun Ini dan Masa Depan Untuk Anda

4. Perlengkapan Sholat

Parcel lebaran unik dan kreatif selanjutnya yang bisa Anda buat adalah perlengkapan ibadah. Anda bisa membungkus berbagai peralatan sholat seperti sajadah, mukena, sarung, tasbih, dan peci di dalam isi parcel.

Selain lebih hemat, hantaran semacam ini juga akan sangat berguna untuk para penerima. Kisaran modal yang akan Anda perlukan adalah sekitar 300 ribu hingga 1 juta rupiah, tergantung dari jenis kain dan motif yang nantinya akan Anda gunakan.

5. Perlengkapan Kebun

Anda juga bisa memberikan isi parcel lebaran dalam bentuk perlengkapan kebun. Parcel unik yang satu ini memerlukan modal sekitar 50 ribu hingga 200 ribu rupiah.

6. Paket Skincare

Parcel lebaran dengan isi paket skincare masih sangat jarang sekali digunakan. Memanjakan tubuh adalah hal yang wajib dilakukan oleh kaum hawa. Terlebih lagi setelah menjalankan ibadah puasa mungkin saja tubuh mengalami dehidrasi, sehingga kulit memerlukan perawatan. Modal yang Anda perlukan sekitar 300 ribu sampai 900 ribu, tergantung merk skincare.

7. Paket Make Up

Ide parcel lebaran yang selanjutnya adalah peralatan make up atau kosmetik bermerk terkenal. Anda bisa memasukkan lipstick, eyeliner, lip balm, bedak, eyeshadow, contour, dan lain sebagainya. Modal yang Anda perlukan untuk membuat ide parcel ini adalah sekitar 250 ribu sampai 1 juta rupiah.

Baca juga: Bisnis Kebab Turki: Ini Modal dan Cara Promosinya!

Cara Membuat Parcel Lebaran

1. Menentukan Budget

Sebelum membuat parcel, hal pertama yang harus Anda persiapkan adalah anggaran dana atau budget. Anda harus bisa menentukan apa saja yang nantinya akan dijadikan sebagai isi parcel dan berapa harga dari setiap itemnya.

2. Menentukan Isi Parcel

Tentukanlah isi parcel yang nantinya akan Anda buat. Seperti, bila Anda ingin membuat parcel lebaran tas, Anda harus menyiapkan tas yang menari. Bila Anda sudah mengetahui siapa saja target pelanggan parcel, maka peluang untuk menjualnya bisa lebih banyak.

3. Tentukan Wadah

Untuk wadah parcel lebaran, Anda bisa menggunakan kardus ataupun wadah keranjang mini yang terbuat dari rotan. Anda juga bisa menggunakan wadah lain yang lebih unik.

4. Buat Konsep Menarik

Bila sudah menentukan jenis wadah yang nantinya akan digunakan, selanjutnya Anda harus membuat konsep. Pembuatan konsep ini sangat penting agar tampilan parcel Anda bisa lebih menarik. Selain itu, Anda juga bisa berkreasi dalam menentukan penempatan item agar lebih rapi.

5. Siapkan Peralatan Membuat Parcel

Salah satu persiapan yang juga sangat penting dalam membuat parcel adalah dengan mempersiapkan beragam peralatan. Contohnya adalah pita, lem, plastik, gunting, motif, dan lain sebagainya. Usahakanlah untuk menyiapkan semuanya dan menempatkannya di dekat Anda agar tidak perlu lagi bersusah payah dalam mengambil peralatan.

6. Hias Parcel Semenarik Mungkin

Bila semua bahan dan peralatan yang dibutuhkan sudah siap, Anda bisa mulai membuat parcel lebaran. Mulailah dengan menata isi dari parcel terlebih dulu sampai isinya rapi.

Lalu, jangan membuat celah kosong sedikitpun diantara isi parcel demi menghindari bergesernya berbagai barang. Gunakanlah selotip untuk bisa merekatkan antara barang yang satu dengan barang yang lainnya. Gunakanlah juga pita atau bunga sebagai penghias.

Baca juga: Intuisi Adalah: Ini Dampaknya dalam Pengambilan Keputusan Bisnis

Penutup

Demikianlah ide bisnis parcel lebaran yang bisa Anda buat menjelang hari raya nanti. Tapi, jangan lupa juga untuk mencatat pengeluaran dan mendigitalisasikan bisnis Anda secara mudah dengan menggunakan sistem POS atau aplikasi kasir digital dari Accurate POS.

Dengan Accurate POS, Anda bisa mengelola penjualan, pelanggan, karyawan, dan akan mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara instan. Selain itu, transaksi yang terjadi di konter kasir pun akan berlangsung dengan cepat, karena Accurate POS memfasilitasi berbagai jenis metode pembayaran.

Penasaran? Anda bisa lebih dulu mencoba Accurate POS selama 30 hari gratis dengan klik banner di bawah ini.