10 Bisnis Ramadhan yang Cocok Anda Lakukan pada saat Puasa

Bulan ramadhan merupakan bulan yang selalu dinanti-nantikan oleh seluruh umat Islam setiap tahunnya. Ramadhan memang menjadi berkah dan bulan penuh ampunan bagi yang menikmati dan ikhlas dalam menjalaninya. Ada banyak sekali keberkahan yang yang bisa didapatkan dari bulan penuh berkah ini, salah satunya peluang usaha. Lantas apa saja ide bisnis ramadhan yang cocok untuk dikerjakan nanti? Berikut daftarnya:

1. Menjajakan Takjil

Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa, takjil adalah makanan wajib yang harus ada pada saat berbuka puasa. Itulah mengapa berjualan takjil ini menjadi sesuatu yang amat menjanjikan karena peminatnya juga pastinya lebih banyak dibandingkan hari hari biasanya.

Bisa dilihat setiap tahunnya pada bulan ramadhan, di mana banyak sekali bermunculan pedagang baru yang sebelumnya tidak ada. Ini menjadi sebuah pertanda bahwa bulan ramadhan memang menjadi sebuah peluang usaha makanan yang menjanjikan. Aneka jajanan yang bisa dijual juga banyak, baik dibuat sendiri atau pun menerima buatan orang lain.

Baca juga : 10 Strategi Bisnis Kuliner untuk Mendapatkan Keuntungan Maksimal

2. Busana Muslim

Busana muslim menjadi ragam usaha yang juga banyak dijalankan di bulan suci ramadhan ini.   Siapa sih yang tak ingin tampil lebih bersih, rapih saat beribadah dan saat hari raya tiba? Pasti semuanya mau. Seringkali kita mendapati banyak sekali penjual busana dadakan yang buka di sepanjang jalan, seperti pakaian anak-anak hingga dewasa.

Permintaan akan busana juga semakin tinggi pada saat bulan suci ramadhan, sehingga membuat banyak sekali orang yang memanfaatkan peluang ini. Omset yang didapatkan dari wirausaha berjualan baju ini juga lumayan lho. Para penjual bisa menjajakan dagangannya di masjid-masjid besar, karena biasanya di bulan ramadhan itu masjid menjadi tempat yang paling ramai.

Baca juga : Tips Terbaik bagi Anda yang Berencana Membangun Bisnis Konveksi

3. Katering

Meskipun orang-orang berpuasa seharian penuh tidak membuat usaha catering ini menjadi merugi, justru pesanan akan semakin membludak. Mengapa? Karena ada beberapa orang yang tidak sempat masak untuk sahur maupun berbukanya, seperti mahasiswa atau pun masyarakat yang sibuk bekerja. Itulah mengapa, usaha catering ini cocok dijalankan di bulan ramadhan.

Tantangan yang harus dihadapi oleh pelaku bisnis ini adalah bagaimana menginovasikan menu makanan agar bisa menggugah selera calon pembeli. Terlebih lagi, di bulan ramadhan itu banyak sekali acara-acara yang membutuhkan konsumsi dalam jumlah yang besar, seperti berbuka puasa dan sahur  bersama di kantor

Baca juga : Tertarik Membangun Bisnis Kuliner? Mari Kita Bahas Secara Lengkap

4. Usaha Laundry

Tinggal di tengah kota dengan jumlah penduduk yang padat memang menjadi berkah tersendiri bagi beberapa orang yang pandai melihat peluang, seperti usaha laundry misalnya. Tak seperti hari-hari biasa, usaha laundry ini ternyata bisa menjadi ide bisnis ramadhan yang tak kalah menguntungkannya.

Mendekati ramadhan, usaha laundry bukannya sepi malah bisa tambah banyak pelanggan. Hal ini disebabkan, banyak sekali asisten rumah tangga yang harus pulang kampung dan membuat pekerjaan rumah menjadi lebih banyak. Pastinya semua orang mau di saat lebaran semua pakaian menjadi bersih dan wangi, nah usaha laundry ini adalah solusinya.

Baca juga : Ide Pemasaran Terbaik dan Efektif Untuk Bisnis Laundry Anda

5. Terima Pesanan Kue Kering

Tak hanya takjil saja yang laku saat ramadhan, tetapi kue kering juga menjadi komoditas ramadhan yang banyak sekali orang mencarinya jika sudah menjelang hari raya. Berbagai kue kering nan unik dan pastinya lezat banyak dicari oleh masyarakat sebagai hidangan di hari raya untuk tamu.

Tak hanya toko kue saja yang banyak menjual kue kering, bahkan toko yang sebelumnya tak menjual pun beralih menjualnya. Tentunya, orang-orang ini ingin memanfaatkan peluang emas untuk mendapatkan berkah ramadhan dan memperoleh keuntungan yang lebih banyak lagi.

Baca juga : Berencana Mendirikan Bisnis? Bisnis Kue Kering bisa Menjadi Pilihan

6. Parsel Lebaran

Ide bisnis ramadhan yang berikutnya dan tak kalah menguntungkannya di bulan ramadhan adalah usaha parsel lebaran. Parsel ini banyak dijadikan sebagai hadiah lebaran untuk keluarga, teman, klien bisnis, atau pun kepada kerabat lainnya.

Biasanya parsel lebaran itu berisikan makanan kemasan, sembako, dan berbagai keperluan buka puasa maupun lebaran. Agar usaha bisa menjadi lebih terstruktur, pastikan untuk menentukan harga parsel sesuai dengan isi yang ada di dalamnya.

Baca juga : 30 Ide, Strategi, dan Cara untuk Menambah Like di Instagram

7. Jasa Rental Kendaraan

Selain parsel makanan dan juga usaha takjil, kira-kira apalagi yang identik dengan ramadhan dan juga lebaran? Jawabannya tentu mudik. Nah, para perantau yang tinggal di kota-kota besar tentunya ingin merayakan hari raya di kampung halaman. Perjalanan mudik pastinya harus memakai kendaraan bukan? Nah ini bisa menjadi peluang usaha yang sangat bagus di bulan ramadhan ini.

Tidak semua orang memiliki kendaraan untuk bisa mudik, sehingga banyak memilih untuk meyewanya saja. Ini bisa menjadi peluang usaha yang baik, karena menjelang lebaran pasti akan banyak sekali orang yang akan menyewa kendaraan.

Baca juga : Tips Membangun Bisnis Rental Mobil yang Menguntungkan

8. Cuci Kendaraan

Meski di luar bulan ramadhan jasa cuci kendaraan juga tak pernah sepi pengunjung, tetapi saat ramadhan dan menjelang lebaran jumlahnya akan semakin banyak. Hal ini disebabkan karena semakin meningkatnya jumlah kendaraan yang akan melakukan mudik.

Pilihlah tempat strategis untuk membuka usaha ini, usahakan untuk membukanya di jalan proses yang menghubungkan dua kota. Lebih bagus lagi jika usaha cuci kendaraan disertai dengan jasa servis, pastinya akan lebih menguntungkan.

9. Menjual Tiket Mudik

Masyarakat yang ingin mudik namun tak bisa menyetir sendiri pastinya akan memilih menaiki kendaraan umum untuk bisa pulang ke kampung halaman. Namun, dalam beberapa kesempatan justru tiket mudik habis saat satu minggu sebelum lebaran.

Ini juga bisa menjadi peluang usaha bagi siapapun yang ingin memulai berbisnis di bulan ramadhan. Mulailah dengan mempromosikan di social media agar orang-orang tahu jika kita menyediakan tiket kendaraan untuk mudik.

Baca juga : Pembukuan Bisnis Agen Perjalanan Lebih Mudah Dengan Accurate Online

10. Menjual Ketupat

Ketupat menjadi sajian yang wajib ada saat lebaran tiba, namun tidak semua orang bisa membuat anyaman ketupat. Sehingga banyak orang yang memilih cara praktis dengan langsung membelinya di pasar lalu memasaknya sendiri di rumah. lebih mudah dan praktis pastinya.

Menjual ketupat menjadi ide bisnis ramadhan yang terakhir dan sangat cocok untuk siapapun yang memang mahir dalam menganyam ketupat ini. Pastinya ketupat ini akan sangat laku di pasaran saat lebaran sudah ada di depan mata.

Penutup

Demikianlah tadi beberapa ide bisnis ramadhan yang bisa jadi inspirasi pembaca dalam memulai usahanya. Selain itu, Anda juga bisa membagikan takjil atau menu buka puasa sederhana gratis kepada sesama mereka yang berpuasa.

Selain bisa memaksimalkan ibadah puasa Anda, cara ini juga bisa membuat usaha Anda lebih dilirik oleh calon konsumen Anda dan meningkatkan minat mereka untuk berbelanja ke tempat Anda.

Anda juga bisa melakukan kebaikan lain, seperti bersedekah di bulan puasa. Nah dalam hal ini, Accurate Online dan KitaBisa.com bekerjasa sama dengan mengadakan kegiatan donasi melalui campaign #SelaluBisaBerbagi. Anda bisa memberikan donasi dengan klik tautan gambar di bawah ini. Berapapun donasi yang Anda sumbangkan akan sangat berarti untuk mereka yang membutuhkan.