Apa itu Prinsip Pareto? Ini yang Harus Anda Ketahui untuk Mengembangkan Bisnis!

Dalam melakukan kegiatan bisnis, kemungkinan Anda sudah memiliki prinsip bisnis tertentu. Tapi, apakah Anda sudah tahu tentang Prinsip Pareto? Prinsip Pareto adalah suatu aturan yang diungkapkan pertama kali oleh Vilfredo Pareto, seorang ekonom dari Italia.

Sederhanya, Vilfredo Pareto menjelaskan bahwa Prinsip Pareto adalah suatu teori yang mengatakan bahwa sebanyak 80% output dari suatu sistem atau kondisi tertentu akan sangat tergantung dari 20% inputnya. Contohnya di tahun 1906, Pareto menemukan bahwa sebanyak 20% masyarakat di Italia memiliki 80% properti.

Di dalam Prinsip Pareto, seluruh kondisi akan menampilkan rasio yang tepat. Singkatnya, Prinsip Pareto adalah suatu teori yang menjelaskan bahwa sebagian kecil input akan mampu menghasilkan sebagian besar output.

Lalu, apa sebenarnya Prinsip Pareto itu? Kenapa prinsip ini bisa membantu mengembangkan bisnis? Cari tahu selengkapnya dengan membaca artikel Prinsip Pareto di bawah ini hingga selesai.

Pengertian Prinsip Pareto

Sebagai salah satu prinsip bisnis yang terkenal, nama lain dari Prinsip Pareto adalah aturan 80/20. Artinya, Prinsip Pareto atau 80/20 adalah sebagian kecil penyebab, baik itu input atau usaha, umumnya akan mengarah pada sebagian besar output, hasil atau penghargaan.

Selain itu, Prinsip Pareto adalah sekitar 80% dari apa yang Anda capai dalam pekerjaan Anda, berasal dari 20% waktu yang sudah Anda habiskan. Contohnya, Anda memiliki usaha jualan baju online, dari hampir 80% hasil penjualan baju online Anda, hasilnya berasal dari 20% pembeli atau konsumen saja.

Jadi, Prinsip Pareto adalah suatu teori untuk menunjukkan bahwa aturan 80/20 bisa diterapkan ke dalam berbagai kehidupan, termasuk dalam menjalankan bisnis. Bila Anda bisa fokus pada 20% konsumen atau pembeli, maka konsumen Anda akan menjadi loyal dan bisnis Anda bisa terus berkembang.

Beberapa contoh lain dari Prinsip Pareto adalah sebagai berikut:

  • 20% karyawan mampu menghasilkan 80% omset bisnis.
  • 20% waktu karyawan tertentu mampu menghasilkan 80% hasil usaha mereka.
  • 20% bug pada software bisa menyebabkan 80% kegagalan pada software tersebut
  • 20% investasi yang dilakukan oleh perusahaan bisa menghasilkan 80% keuntungan investasi.

Baca juga: Cara dan Strategi untuk Berbisnis Online yang Sukses

Kenapa Prinsip Pareto Mampu Membantu Perkembangan Bisnis?

Prinsip 80/20 sangat berguna untuk menentukan area mana saja yang bisa Anda jadikan fokus usaha dan mengembangkan sumber daya agar efisiensi usaha bisa lebih optimal. Bahkan, nantinya bisa menjadi bahan pertimbangan analisa keputusan yang sangat penting, seperti bila perusahaan ingin melakukan merger.

Dengan adanya Prinsip 80/20, maka setiap karyawan bisa memprioritaskan tugasnya. Jadi, karyawan bisa lebih fokus ke 20% usaha yang bisa memberikan hasil sebesar 80%. Angka ini tentunya bisa berubah, tapi Prinsip 80/20 akan mengajarkan pada karyawan untuk tidak banyak membuang-buang waktu pada berbagai hal sepele dan tidak memberikan kontribusi untuk tujuan jangka panjang.

Pun sama halnya dengan strategi pengembangan SDM, setiap manajer bisa menggunakan Prinsip Pareto untuk menetapkan 20% penyebab kenapa terdapat 80% karyawan yang tidak produktif. Sehingga, mereka bisa cepat memberikan solusi atau mengambil tindakan tertentu.

Prinsip Pareto ini bisa diterapkan ke berbagai hal di dalam bisnis. Salah satunya dalam mengelola anggaran keuangan perusahaan. Bila memang 20% upaya yang Anda lakukan mampu menghasilkan 80% keuntungan, maka minimal Anda harus memaksimalkan upaya Anda untuk memaksimalkan strategi pengembangan bisnis.

Baca juga: 5 Manfaat Menjalankan Bisnis Online di Era Digital Seperti Sekarang

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang Prinsip Pareto. Jadi, Prinsip Pareto adalah suatu teori yang menjelaskan bahwa sebagian kecil input akan mampu menghasilkan sebagian besar output.

Prinsip yang terdapat di dalam Prinsip Pareto pun bisa membantu Anda untuk mengatasi berbagai tantangan usaha. Di dalamnya termasuk dalam hal mengelola anggaran keuangan dan manajemen pembukuan usaha.

Namun bila Anda ingin lebih mudah dalam mengelola usaha dan mengelola keuangan, Anda bisa menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online sekarang juga.

Accurate Online adalah aplikasi yang sudah dipercaya oleh ratusan ribu pebisnis di Indonesia dan sudah meraih penghargaan TOP Brand Award dari tahun 2016. Aplikasi ini dibuat dengan tampilan dashboard yang sangat sederhana, sehingga orang awam pun akan sangat cepat mengerti cara menggunakan aplikasi ini.

Accurate Online dikembangkan oleh anak bangsa dengan menggunakan teknologi cloud computing berbasis website. Di dalamnya pun telah dibekali dengan sistem keamanan tingkat tinggi. Sehingga, Anda bisa menggunakan aplikasi ini di mana saja dan kapan saja. Berbagai data penting Anda pun akan tersimpan secara aman tanpa memerlukan banyak tempat.

Dengan menggunakan Accurate Online, kegiatan pencatatan keuangan Anda akan bisa diselesaikan secara otomatis dan Anda bisa mendapatkan laporan laba rugi, laporan arus kas, laporan neraca dan lebih dari 200 jenis laporan keuangan lainnya akurat. Berbagai laporan tersebut juga akan tersimpan dan bisa Anda akses secara aman.

Lebih dari itu, Accurate Online pun sudah dilengkapi dengan berbagai fitur bisnis, sehingga Anda bisa lebih mudah dalam melakukan kegiatan penjualan dan pembelian, mengelola persediaan barang digudang secara mudah, menyelesaikan administrasi perpajakan bisnis di Indonesia dengan tepat, dan masih banyak lagi kemudahan lainnya yang akan Anda rasakan.

Lebih menariknya lagi, seluruh kelebihan dan fitur bisnis dari Accurate Online ini bisa Anda nikmati dengan mengeluarkan biaya investasi yang sangat terjangkau. Bahkan, Anda lebih dulu mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan klik banner di bawah ini.

footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.