Klasifikasi Produk: Pengertian dan Pembagian Tingkatannya Berdasarkan Jenisnya

oleh | Des 20, 2023

source envato.

Klasifikasi Produk: Pengertian dan Pembagian Tingkatannya Berdasarkan Jenisnya

Dalam pemasaran, produk adalah suatu objek, sistem, atau layanan yang tersedia untuk digunakan konsumen sesuai permintaan konsumen.

Menurut Wikipedia, produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk memuaskan keinginan atau kebutuhan pelanggan.

Perusahaan tentunya menghasilkan suatu produk yang akan dijual atas permintaan konsumen yang memerlukan dan membutuhkanya.

Untuk menghasilkan produk tentunya harus melalui rangkaian proses produksi terlebih dahulu sebelum menjadi produk yang utuh.

Ada banyak jenis produk yang diproduksi perusahaan untuk memenuhi kebutuhan konsumen sehingga ada istilah klasifikasi produk berdasarkan beberapa kategori khusus.

Namun tahukah Anda tentang klasifikasi produk? Artikel ini kita akan membahas pengertian klasifikasi produk, pembagian tingkatannya berdasarkan jenisnya: 

Pengertian Produk Menurut Ahli

 Pengertian Produk Menurut Ahli

ilustrasi klasifikasi produk. source envato

Sebelum memasuki pembahasan mengenai pembagian atau klasifikasi produk, mari ketahui tentang definisi dari produk itu sendiri.

Setiap ahli ekonom memiliki pendapatnya masing-masing mengenai definisi dari produk yang menjabarkan apa sebenarnya produk itu.

Berikut ini akan dipaparkan beberapa ahli yang andil dalam memberikan pendapatnya mengenai pengertian dari produk.

1. Fandy Tjiptono

Ahli ekonom pertama yang mengemukakan pendapatnya mengenai produk adalah Fandy Tjiptono yang mengatakan bahwa produk adalah segala sesuatu yang ditawarkan produsen.

Sesuatu yang diproduksi oleh produsen ini selalu diperhatikan, dibeli, dicari, dan digunakan oleh pelaku pasar.

Menurutnya, produk ini digunakan untuk memenuhi segala kebutuhan pangsa pasar yang berkepentingan.

2. William J. Stanton

Ahli ekonom selanjutnya yang juga menyumbangkan pemikirannya adalah William J. Santon.

Menurutnya, produk dalam artian sempit dikatakan sebagai kumpulan atribut fisik yang saling berhubungan dan bisa didefinisikan.

Sedangkan dalam artian luas, William menyebutkan jika produk adalah atribut nyata maupun tidak nyata yang terdiri dari beberapa komponen.

Komponen yang dimaksudkan dalam produk adalah warna, kemasan, harga, pelayanan dan pengecer.

Pelayanan dari pengecer dan perusahaan juga termasuk produk karena hal ini bisa membuat konsumen merasa terpuaskan dengan keinginannya. 

Baca juga: Pengertian Produk: Jenis, Tingkatan, dan Konsep Produksi Menurut Ahlinya

3. Swastha dan Irawan

Kedua ekonom yakni Swastha dan Irawan juga tidak mau ketinggalan dalam memberikan sumbangsi pemikirannya untuk mendefenisikan produk.

Menurut mereka produk merupakan sesuatu yang bersifat kompleks, baik yang bersifat fisik maupun tidak.

Seperti William, keduanya mengungkapkan bahwa produk terdiri dari beberapa komponen yang tujuannya untuk memuaskan kebutuhan maupun keinginan konsumen.

4. Stanton

Selanjutnya ada Stanton yang juga mendefinisikan produk sebagai kumpulan atribut baik yang nyata maupun tidak.

Menurutnya produk terdiri dari komponen penyusun seperti harga, kemasan, warna, brand, dan kualitas.

Selain itu, Stanton juga menambahkan bahwa reputasi penjualan serta jasa juga termasuk komponen dari produk.

5. H. Djaslim Saladin, SE

Selanjutnya, ada juga H. Djaslim Saladin yang turut menyumbangkan pemikirannya dalam mendefinisikan produk.

Menurutnya, Definisi produk dapat diartikan dalam beberapa kategori yakni artian secara umum, secara luas dan sempit.

Ketiganya memiliki memiliki beberapa perbedaan yang mendasar dalam pengertiannya.

  • Secara umum, produk merupakan segala sesuatu yang memiliki nilai manfaat untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen dan tidak memandang apakah berwujud atau tidak.
  • Dalam artian luas, produk diartikan sebagai kumpulan sifat, baik yang berwujud maupun tidak yang terdiri dari beberapa komponen seperti harga, warna, prestise pabrik dan pengecer, kemasan,  serta layanan. Dimana layanan ini dapat diterima konsumen sebagai nilai tambah dan kepuasan yang ditawarkan produsen dalam pemenuhan kebutuhan konsumen.
  • Sedangkan dalam artian sempit, produk dikatakan sebagai kumpulan hal yang bersifat fisik maupun kimia dan bisa diraba yang menyatu menjadi bentuk yang bisa dikenal.

Baca juga: Kegiatan Konsumsi: Pengertian, Ciri-Ciri, Contoh, dan Tujuannya

Tingkatan Klasifikasi Produk

Tingkatan Klasifikasi Produk

ilustrasi klasifikasi produk. source envato

Setelah membahas mengenai pengertian dari produk, selanjutnya mari membahas mengenai tingkatan dari produk itu sendiri.

Secara umum, produk dapat dibedakan menjadi beberapa tingkatan yang lengkapnya akan diulas berikut ini.

Tingkatan ini juga yang menjadi dasar pembeda atau klasifikasi produk berdasarkan kategori yang berbeda.

  • Pertama, dilihat dari manfaat dasar yang dimiliki produk untuk ditawarkan kepada para konsumen.
  • Kedua, dilihat dari bentuk dasar yang dimiliki produk, apakah bisa dirasakan oleh panca indera atau tidak.
  • Ketiga, produk tersebut merupakan rangkaian atribut dan berada dalam kondisi yang diharapkan konsumen sebelum akhirnya membeli produk tersebut.
  • Keempat, terdapat poin yang menjadi pembeda antara produk yang ditawarkan oleh satu produsen dengan kompetitor lain.
  • Kelima, di masa depan akan ada perubahan bentuk yang akan dialami oleh produk tersebut.

Baca juga: Siklus Hidup Produk: Arti, Contoh, dan 4 Tahapannya

Lebih lanjut Fandy Tjiptono membedakan lagi tingkatan produk berdasarkan beberapa kategori utama.

Hal ini dilakukan untuk mempermudah produsen atau pemasar melakukan perencanaan penawaran produk di masa depan.

Beberapa kategori tingkatan produk yang dikemukakan oleh Fandy Tjiptono dapat di simak berikut ini.

  • Pertama yakni produk utama yang juga disebut sebagai core benefit yang merupakan manfaat yang paling penting dan pastinya akan dikonsumsi oleh konsumen pada produk yang dibeli.
  • Kedua, produk genetik yang juga merupakan fungsi mendasar yang harus dimiliki suatu produk.
  • Ketiga, produk harapan merupakan produk yang ditawarkan dengan atribut yang beragam dan memenuhi harapan konsumen untuk dibeli.
  • Keempat, produk pelengkap yakni produk yang memiliki atribut untuk melengkapi atau menambahkan manfaat sehingga kepuasan konsumen terpenuhi.
  • Kelima, produk potensial yang merupakan produk yang mungkin saja mendapatkan pengembangan di masa depan.

Baca juga: Kualitas Produk Adalah: Pengertian, Dimensi dan Pengaruhnya pada Konsumen

Klasifikasi Produk Berdasarkan Jenisnya

Klasifikasi Produk Berdasarkan Jenisnya

ilustrasi klasifikasi produk. source envato

Klasifikasi produk dapat dibagi dengan kategori yang berbeda. Berikut ini terdapat beberapa pandangan ahli ekonomi yang melakukan klasifikasi produk berdasarkan kategori berbeda.

Untuk mengetahui lebih lanjut, simak ulasan singkatnya berikut agar mudah memahami konsep dari pembagian kategori produk tersebut.

1. Menurut Kotler

Salah satu ahli ekonomi ikut menyumbangkan pemahamannya mengenai pengkasifikasian produk adalah Kotler.

Menurutnya ada 2 kategori utama dalam pengklasifiksiannya yakni berdasarkan wujud dan berdasarkan daya tahan dari produk tersebut.

Kedua klasifikasi produk tersebut bisa disimak melalui tulisan berikut ini.

a. Berdasarkan Wujudnya

Menurut Kotler, klasifikasi produk berdasarkan wujudnya ada 2 kelompok utama yang bisa dilihat.

Pertama ada barang yakni produk fisik yang tentunya bisa dilihat, diraba, atau dapat dirasakan oleh panca indera.

Kedua, ada jasa yang merupakan produk yang tidak berwujud benda namun berupa aktivitas atau pelayanan yang ditawarkan untuk dikonsumsi konsumen.

b. Berdasarkan Daya Tahan

Sama seperti kategori sebelumnya, klasifikasi produk berdasarkan daya tahan dari produk dibagi dalam 2 kelompok utama.

Pertama ada barang tidak tahan lama yang penggunaannya memiliki batas waktu kurang dari satu tahun.

Kedua, barang tahan lama yang memiliki wujud yang bisa digunakan untuk jangka panjang, setidaknya lebih dari satu tahun.

2. Menurut Fandy Tjiptono

Ahli ekonom lain yang turut menyumbangkan pemikirannya mengenai klasifikasi produk adalah Fandy Tjiptono.

Menurutnya, produk dapat dibedakan dalam 2 kelompok besar yang dibagi berdasarkan penggunaan produk dan kebutuhan konsumen itu sendiri.

a. Barang Konsumen

Menurut Fandy, produk dapat dibagi dan dilihat dari penggunaan produk seperti barang konsumen.

Barang konsumen sendiri merupakan barang yang dikonsumsi bukan untuk kepentingan bisnis, namun untuk rumah tangga atau individu.

Beberapa barang yang masuk dalam kategori ini yaitu convenience goods, shopping goods, speciality goods, dan unshought goods.

b. Barang Industri

Kelompok kedua diisi oleh barang-barang industri yang tentunya digunakan untuk keperluan penjualan.

Artinya, barang ini bukan barang yang dikonsumsi secara langsung, namun melalui proses produksi.

Beberapa barang yang termasuk didalamnya adalah material and part, capital items, dan supplies and service.

Baca juga: Pengertian Manajemen Produk dan 6 Cara Efektifnya

Kesimpulan

Itulah pembahasan mengenai produk hingga klasifikasi produk yang menjadi pembahasan kali ini.

Semoga ulasan kali ini bisa memberi manfaat dan menjadi sumber bacaan dan pengetahuan bagi pembaca mengenai produk dan pengklasifikasiannya.

Penting bagi Anda mengetahui klasifikasi produk, terutama bagi Anda seorang pemiliki bisnis yang melakukan produksi untuk barang-barang tertentu.

Tak jarang pengelolaan stok barang dan produk menjadi masalah tersendiri bagi pemilik usaha yang memiliki banyak gudang.

Misalnya terjadinya selisih antara laporan stok opname dengan jumlah barang sebenernya sehingga Anda tidak bisa memenuhi kebutuhan pelanggan secara maksimal.

Untuk mengurangi risiko ini, ada baiknya Anda menggunakan software yang memiliki fitur inventori terlengkap seperti Software Akuntansi dan Bisnis Accurate Online.

Accurate Online adalah accounting software berbasis cloud yang sudah dipercaya oleh lebih dari ratusan ribu pengguna.

Memiliki fitur terlengkap untuk operasional usaha Anda seperti fitur pembukuan, pengelolaan inventori, payroll, penghitungan dan pelaporan perpajakan, pembuatan faktur, otomasi lebih dari 200 laporan dan masih banyak lagi.

Jadi apalagi yang Anda tunggu? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

bisnisukmbanner
Promo AOL ResolusiJadiAksi
Natalia
Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.

Artikel Terkait