Pengertian Humas, Tujuan, Fungsi dan berbagai jenisnya

Pada dasarnya, humas adalah singkatan kata dari Hubungan Masyarakat atau yang dalam bahasa Inggrisnya adalah Public Relation. Lantas, apa pengertian humas? Apa saja fungsi humas dalam suatu perusahaan.

Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan membahas secara ringkas tentang pengertian, tujuan, fungsi, dan berbagai jenis humas. Untuk itu, baca artikel tentang humas di bawah ini hingga selesai.

Pengertian Humas

Pengertian humas secara bahasa adalah suatu proses komunikasi yang dilakukan secara strategi dan digunakan oleh suatu pihak, baik itu perusahaan, organisasi, atau individu agar bisa menciptakan hubungan yang saling menguntungkan dengan masyarakat di sekitarnya.

Dalam suatu organisasi atau perusahaan, humas adalah divisi yang bertugas dalam melakukan hubungan, interaksi dan juga kerjasama dengan masyarakat yang berhubungan dengan perusahaan tersebut.

Itu artinya, divisi humas adalah divisi yang bertugas dalam membuat rencana komunikasi dengan memanfaatkan berbagai media agar bisa menciptakan dan memertahankan citra, reputasi, komunikasi dan juga hubungan yang bermanfaat serta baik antara masyarakat dengan perusahaan.

Secara sederhana, humas adalah proses yang strategis dalam mengelola penyampaian dan juga penyebaran informasi yang berkaitan dengan organisasi pada masyarakat agar bisa menjaga reputasi baik dari organisasi dan juga merknya.

Dalam proses pelaksanaannya, humas akan fokus pada beberapa hal, yakni informasi yang harus disebar, penyusunan informasi, penyebaran informasi, dan media yang digunakan untuk menyebarkan informasi tersebut.

Baca juga: Pengertian Lembaga: Pengertian, dan Contoh Lembaga di Indonesia

Tujuan Diadakannya Humas

Berdasarkan pengertian humas di atas, tujuan humas adalah demi menjaga citra dan reputasi baik dari suatu perusahaan di mata masyarakat.

Selain itu, humas juga bertujuan dalam menjaga hubungan strategis perusahaan dengan masyarakat, klien, pelanggan, investor, mitra, pegawai, dan pemilik kepentingan lainnya yang akan mengarah pada citra brand yang positif dan membuatnya lebih terlihat jujur, sukses, penting dan juga relevan.

Baca juga: Cara Menghitung SHU (Surat Hasil Usaha) Badan Koperasi

Fungsi Humas

Humas sering kali dikaitkan fungsinya dengan marketing, padahal keduanya sudah jelas berbeda. Fungsi utama dari humas adalah mempromosikan brand dengan memanfaatkan konten editorial yang terdapat di surat kabar, majalah, situs web, saluran berita, blog dan juga program televisi atau radio.

Dalam pelaksanaannya, bidang humas nantinya akan memberikan informasi, membantu mendidik, merencanakan strategi yang baik untuk mencapai simpati, meningkatkan ketertarikan masyarakat, serta membuat masyarakat mengerti dalam kondisi dan situasi tertentu.

Contohnya, saat perusahaan dihadapkan dengan kasus yang tidak baik dan akan mengancam citra perusahaan, maka humas wajib memberikan edukasi dan berbagai upaya lainnya agar tidak menimbulkan citra buruk terkait perusahaan.

Bagian humas nantinya akan membuat berbagai strategi yang baik agar bisa memperoleh simpati dan agar brand yang sudah susah payah dibangun tidak hancur. Untuk itu, pekerjaan humas nantinya akan sangat berkaitan dengan pers dan akan selalu melekat dengan ilmu komunikasi.

Baca juga: CFO, Ini Tugas dan Peran Pentingnya dalam Bisnis

Jenis-jenis Humas

Hubungan masyarakat atau humas bukan berarti harus banyak menyelenggarakan konferensi pers atau mengundang wartawan agar bisa membuat citra yang baik. Tapi, humas akan dituntut untuk selalu membuat simbol komunikasi, baik itu verbal ataupun nonverbal.

Contoh kegiatan humas yang non-verbal adalah proposal, presentasi, artikel, press release, membuat progress report, dan lain sebagainya. Sedangkan kegiatan yang sifatnya verbal bisa dalam bentuk announcer, open house, desk information, dan lain-lain.

Nah, beberapa jenis humas adalah sebagai berikut:

  1. Customer Relations: Suatu divisi humas yang bertugas dalam membangun hubungan yang baik dengan pihak di luar perusahaan, seperti dengan investor.
  2. Employee Relations: Humas pun harus menjalin komunikasi yang baik antara pihak bawahan dan pihak manajemen pimpinan perusahaan.
  3. Community Relations:Tujuannya adalah agar bisa membangun hubungan yang baik antara perusahaan dengan pihak tertentu, seperti komunitas atau partner khusus.
  4. Government Relations: Membangun hubungan yang baik antara perusahaan dengan pemerintah.
  5. Media Relations: Media mempunyai peran yang sangat penting dan wajib dijembatani oleh humas perusahaan karena kebanyakan dari sumber citra perusahaan akan bersumber dari media.

Baca juga: Business Process Management atau BPM Adalah: Ini Pengertian dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

Kelebihan dan Kekurangan Humas

1. Kelebihan Humas

  • Kredibilitas: publik akan lebih mempercayai pesan yang bersumber dari pihak ketiga daripada dari suatu pesan yang diiklankan.
  • Jangkauan: Strategi public humas yang tepat akan mampu menarik banyak media berita dalam menampilkan konten ke masyarakat secara luas.
  • Efektivitas biaya: Hubungan masyarakat atau humas adalah salah satu cara yang efektif dalam menjangkau masyarakat secara luas dan lebih hemat daripada menggunakan promosi berbayar.

2 Kekurangan Humas

  • Tidak Ada Kontrol Langsung: Berbeda dengan media berbayar, di dalam humas tidak ada kontrol langsung atas konten yang disebarkan melalui media.
  • Sulit Untuk Mengukur Keberhasilan: Mengukur dan mengevaluasi efektivitas dari kampanye PR akan sangat sulit.
  • Tidak Ada Hasil yang Dijamin: Penerbitan rilis pers tidak bisa dijamin karena perusahaan tidak membayar mereka. Perusahaan media hanya akan mempublikasikannya bila dirasa mampu menarik audiens yang ditarget.

Baca juga: Mengenal HACCP dalam Proses Produksi Pangan

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan diatas, bisa kita tarik kesimpulan bahwa pengertian humas adalah sesuatu yang sangat penting untuk perusahaan ataupun brand. Khususnya untuk perusahaan yang baru dirilis, karena mampu membangun citra brand yang baik di masyarakat.

Seperti yang sebelumnya sudah dijelaskan, humas berbeda dengan pemasaran dan juga periklanan. Tapi dalam proses pelaksanaannya, humas masih berkaitan dengan proses periklanan dan pemasaran.

Nah bila Anda tertarik untuk menjalankan kampanye humas, maka Anda memerlukan anggaran yang tepat untuk bidang ini. Lalu, Anda harus mencatat anggaran yang dikeluarkan tersebut di dalam laporan keuangan. Hal ini tentu akan sangat memakan banyak waktu dan sangat rentan terjadi kesalahan dalam prosesnya

Untuk itu, gunakanlah software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online. Kenapa? Karena Accurate Online akan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis secara otomatis, cepat, dan akurat. Sehingga, Anda bisa lebih fokus dalam menjalankan strategi kampanye humas.

Selain itu, software berbasis cloud ini juga sudah dilengkapi dengan fitur penjualan, pembelian, persediaan, perpajakan dan fitur lainnya yang akan membuat bisnis Anda bergerak lebih efektif dan efisien.

Ayo gunakan dan coba Accurate Online sekarang juga selama 30 hari dengan klik banner di bawah ini.

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.