Apa itu CFO? Ini Tugas dan Peran Pentingnya dalam Bisnis

Setiap pimpinan di dalam perusahaan diduduki oleh berbagai posisi penting, nah salah satunya adalah CFO. Sama halnya seperti COO (chief operation officer), mereka yang memiliki jabatan sebagai CFO juga harus bertanggung jawab pada CEO nya, selaku pemimpin tertinggi dalam suatu perusahaan.

Jabatan CFO ini memang jarang terdengar, karena mereka lebih banyak bekerja di balik meja saja. Tentunya posisi ini berbeda dengan COO yang mengurus masalah teknis perusahaan atau CEO yang menjadi wajah perusahaan agar dikenal publik.

Lantas, apa bedanya CFO dengan posisi pemimpin lainnya? apa saja tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan CFO? Temukan jawabannya dengan membaca artikel tentang CFO di bawah ini hingga selesai.

Pengertian CFO

Berdasarkan laman Investopedia, chief financial officer atau CFO adalah seorang pemimpin dalam suatu perusahaan yang mempunyai tanggung jawab dalam berbagai hal yang berkaitan dengan keuangan, seperti membuat perencanaan keuangan, pencatatan, hingga administrasi perusahaan.

Tapi, tugas yang paling utama dari seorang CFO adalah merencanakan keuangan dan bertanggung jawab atas arus kas perusahaannya.

Selain itu, mereka juga harus bisa melakukan analisa kekuatan finansial perusahaan, sehingga bisa menjadi kebijakan perusahan di masa depan. Dalam ruang lingkup yang lebih kecil, mereka bisa kita samakan dengan bendahara suatu organisasi.

Pasalnya, mereka sangat berkaitan dengan pengaturan keuangan perusahaan, bahkan fungsi akuntansi perusahaan.

Mereka juga bertanggung jawab pada CEO, dan membantu perusahaan dalam memberikan keputusan keuangan dengan berbagai analisis bisnis dan forecast-nya.

Untuk perusahaan yang bergerak dalam bidang keuangan, CFO adalah pemimpin tertinggi. Tapi untuk industri lain, mereka hanya menduduki peringkat ketiga dalam struktur kepemimpinan perusahaan.

Baca juga: Ingin Berkarir Sebagai Seorang CMO? Yuk, Simak Kualifikasi dan Tanggung Jawabnya!

Tugas dan Wewenang CFO

Terdapat banyak sekali tugas dan wewenang dari seorang CFO. Namun, tugas utama dari seorang CFO adalah sebagai berikut:

1. Mengawasi Pelaksanaan Keuangan Perusahaan

Seorang CFO harus mampu memberikan laporan keuangan yang akurat pada para stakeholders. Untuk itu, mereka harus mengawasi pelaksanaan keuangan perusahaan agar bisa berjalan dengan tepat dan sesuai dengan rencana. Mereka bertanggung jawab memberikan laporan keuangan secara akurat kepada para stakeholders.

2. Kebendaharaan

Tugas kebendaharaan dari seorang CFO adalah menentukan kebijakan finansial perusahaan dengan berdasarkan kondisi perusahaan pada saat itu.

Tanggung jawab mereka adalah menentukan investasi perusahaan, menghitung risiko keuangan, dan memutuskan harus berhutang atau tidak.

3. Strategi Ekonomi Dan Forecasting

Terkait poin sebelumnya, seorang CFO adalah orang yang harus mengetahui dengan baik kondisi finansial perusahaan. Untuk itu, mereka harus bisa melakukan identifikasi dan memberikan laporan efektivitas strategi perusahaan.

Tugas mereka pada dasarnya tidak hanya melakukan berbagai hal di atas saja. Dalam kondisi tertentu, lingkup kerja dari mereka yang berada dalam posisi ini bisa dibilang sangat kompleks.

Namun terlepas dari hal tersebut, tanggung jawab utama mereka adalah memastikan operasional perusahaan bisa bergerak dengan baik. Hal tersebut harus didukung dengan kebijakan yang berdasarkan analisa.

Baca Juga: Struktur Organisasi Startup: Pengertian dan Berbagai Peran Jabatannya

Peran CFO

Walaupun hanya berada dalam posisi ketiga di dalam struktur kepemimpinan perusahaan, namun peran CFO tetap penting.

Berdasarkan laman Toptal, saat ini peran CFO berbeda dibandingkan dulu. Sebelumnya, mereka hanya harus fokus dalam mengatur finansial perusahaan.

Tapi sekarang, mereka harus bisa mempunyai kreativitas dan juga sensitivitas terkait dinamika bisnis yang ada. Dengan data keuangan yang sudah dimiliki, maka CFO diharapkan mampu memberikan masukan pada arah bisnis perusahaan.

Sehubungan dengan hal tersebut, terdapat empat peran penting dari seorang CFO pada perusahaan, sesuai yang sudah dijelaskan dalam laman Deloitte, yaitu:

1. Sebagai Administrator

Seorang CFO harus mengetahui, mencatat, dan menjaga semua aset milik perusahaan. Itu artinya, mereka harus bisa memastikan aset yang dimiliki oleh perusahaan, dan memberikan hasilnya pada perusahaan.

Untuk itu, mereka harus bisa mengambil keputusan yang tepat bila ada aset yang dirasa kurang memberikan keuntungan bagi perusahaan.

2. Sebagai Katalis

Dalam hal ini, mereka harus bisa mendorong perkembangan bisnis. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara memberikan berbagai kebijakan keuangan agar nantinya pengeluaran perusahaan bisa lebih efektif dan mampu memberikan keuntungan yang lebih maksimal.

3. Sebagai Operator

Berikutnya, peran yang harus diemban oleh mereka adalah melakukan berbagai tugas operasional atau keseharian dalam bidang finansial, seperti mencatat keuangan, melakukan forecasting, mengurus perpajakan, dan lain sebagainya.

4. Sebagai Pemberi Strategi

Finansial adalah bagian yang sangat sensitif di dalam perusahaan. Untuk itu, peran selanjutnya dari seorang CFO adalah memberikan strategi yang tepat untuk perusahaannya. Membuat strategi ini memang harus dilakukan dengan pemimpin perusahaan lainnya.

Tapi, mereka tetap harus bisa memberikan berbagai data dan analisa ke depan untuk menentukan strategi perusahaan yang tepat.

Nah, keempat peran tersebutlah yang membuktikan bahwa CFO semakin penting untuk perusahaan dan mempunyai tanggung jawab yang dinamis pada setiap kebijakan perusahaan. Namun, Peran Tersebut Akan Berbeda-Beda Di Setiap Perusahaan, Khususnya Dari Skala Perusahaan.

Baca juga: Hirarki Bisnis: Pengertian dan Cara Kerjanya

Kemampuan yang Harus Dimiliki

Karena sangat erat dengan fungsi keuangan perusahaan, maka seorang CFO harus mempunyai kemampuan dalam bidang keuangan ataupun akuntansi. Selain itu, kemampuan analisa yang baik juga harus dimiliki oleh seorang CFO. Hal tersebut agar kebijakan perusahaan bisa diputuskan dengan tepat dan juga sesuai.

Kemampuan lainnya yang harus dimiliki oleh DFO adalah kemampuan memimpin. Kenapa? Karena posisi ini adalah posisi pemimpin, hanya mengandalkan kemampuan teknis dalam mengelola finansial saja tidaklah cukup. Hal tersebut harus didukung dengan kemampuan memimpin semua anggotanya.

Baca Juga: Apa itu CEO? Ini Pengertian dan Peran Pentingnya dalam Perusahaan

Lalu, Bagaimana Caranya Menjadi Seorang CFO?

Umumnya, posisi ini harus diisi oleh mereka yang sudah mempunyai pengalaman lebih dari 5 tahun dan minimal berasal dari lulusan S1 Akuntansi ataupun Manajemen. Tapi, beberapa perusahaan juga ada yang mewajibkan lulusan S2.

Lalu, Bagiamana Cara Untuk Menjadi Seorang CFO?

1. Mengembangkan Skill Analitis

Seorang CFO akan lebih banyak untuk melakukan analisa daripada langsung terjun bekerja. Untuk itu, diperlukan kemampuan analisa yang tinggi agar bisa bekerja dengan data yang sangat banyak. Anda harus bisa mempelajari bidang ekonomi, akuntansi, hukum, dan juga manajemen risiko untuk bisa menjadi seorang CFO.

2. Memiliki Keinginan Belajar 

Meskipun tugas dari mereka hanya fokus pada masalah finansial, namun mempelajari hal lain juga bisa menjadi bekal untuk bisa menjadi seorang CFO. Mempelajari teknis pekerjaan, sifat klien, fokus pada bidang perusahaan, dan lain sebagainya, adalah beberapa hal yang harus bisa dipelajari. Walaupun terkesan sederhana, namun hal ini sering sekali dilupakan.

3. Memahami Tren Terkini 

Mempelajari tren bisnis terkini juga sangat berguna untuk menilai konsep bisnis yang saat ini diterapkan, apakah masih relevan untuk saat ini atau untuk 10 tahun ke depan atau tidak.

Semakin berkembangnya zaman, tentu tren bisnis juga akan semakin berkembang. Terdapat banyak sekali hal yang tidak terduga yang bisa terjadi dalam dunia bisnis. Untuk Itu, Anda Harus Mempunyai Pemikiran Visioner Dan Tenang Agar Bisa Menghasilkan Keuntungan Bagi Pihak Perusahaan.

4. Detail Oriented

Mereka harus memerhatikan berbagai hal dengan seksama. Untuk itu, mereka harus memiliki sifat yang rapi, hati-hati, dan detail.

Baca juga: Cara Menjadi Pemimpin yang Baik Untuk Keberhasilan Bisnis

Lalu, Bagaimana Hubungan CFO Dengan Eksekutif Lainnya? 

Menjadi seorang pemimpin perusahaan tentunya harus bisa menjalin komunikasi yang baik agar bisa membantu keberlangsungan suatu perusahaan. CFO harus bisa bekerjasama dengan COO, CMO, dan CEO agar bisa mengembangkan perusahaan sesuai dengan visi dan misi perusahaan.

CFO akan bertugas pada masalah finansial perusahaan, COO fokus pada operasional perusahaan, sedangkan CMO harus fokus pada pemasaran perusahaan. Semua kegiatan operasional tersebut akan diawasi dan dibantu oleh seorang CEO demi mengembangkan perusahaan ke arah yang lebih baik.

Untuk itu, menjaga hubungan baik dan profesional antar setiap pemimpin adalah hal yang penting.

Baca juga: 10 Ciri-ciri Kepemimpinan yang Baik, Wajib Diketahui!

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang CFO. Jadi, CFO adalah seorang pemimpin dalam suatu perusahaan yang mempunyai tanggung jawab dalam berbagai hal yang berkaitan dengan keuangan, seperti membuat perencanaan keuangan, pencatatan, hingga administrasi perusahaan.

Nah, untuk membantu CFO dan timnya dalam melakukan tugas yang berkaitan dengan finansial, maka perusahaan harus bisa memberikan dukungan pada mereka agar bisa melakukan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik.

Dalam hal ini, perusahaan bisa memberikan fasilitas atau tools software akuntansi, dan rekomendasi software akuntansi yang bisa dicoba oleh perusahaan adalah Accurate Online.

Aplikasi akuntansi ini dikembangan dengan basis cloud yang mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan laporan bisnis secara otomatis, cepat dan akurat. Sehingga, CFO bisa fokus dalam membuat strategi perencanaan finansial yang baik di masa depan untuk perusahaan.

Anda bisa mencoba Accurate Online sekarang juga selama 30 hari dengan klik banner di bawah ini.accurate-200 ribu per bulan

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.