Pengertian dan 5 Macam Usaha Dagang yang Bisa Anda Jalani

oleh | Okt 6, 2023

source envato.

Pengertian dan 5 Macam Usaha Dagang yang Bisa Anda Jalani

Menekuni bisnis atau berdagang sangatlah menguntungkan jika tahu strategi berdagang dan cara melakukan pemasaran. Anda bahkan bisa memiliki bisnis dagang dengan modal yang kecil.

Mulailah dengan memilih usaha yang akan ditekuni dan fokus pada tujuan yang ingin dicapai contohnya adalah usaha dagang. Sebenarnya apa itu usaha dagang? Apa saja macamnya? Yuk, simak informasinya.

Pengertian Usaha Dagang

Pengertian Usaha Dagang

ilustrasi usaha dagang. source envato

Usaha dagang dapat didefinisikan sebagai kegiatan jual beli barang jasa dan bertujuan untuk mencari keuntungan termasuk melakukan kegiatan sebagai perantara dari kegiatan jual  beli tersebut.

Menurut Wikipedia, usaha dagang atau lebih dikenal dengan perdagangan merupakan kegiatan tukar menukar barang/jasa dengan kesepakatan yang telah dicapai, tidak ada pemaksaan dalam prosesnya.

Usaha dagang adalah salah satu bentuk bisnis yang paling umum dan fundamental dalam ekonomi global.

Secara esensial, usaha dagang adalah kegiatan ekonomi yang melibatkan pembelian dan penjualan barang atau jasa untuk mendapatkan keuntungan.

Bisnis jenis ini menjadi tulang punggung dalam aktivitas ekonomi di seluruh dunia dan memiliki dampak yang signifikan pada pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Baca juga : Ingin Membangun Bisnis? Berikut Beberapa Tips Membangun Bisnis Plan

Macam-macam Usaha Dagang

Macam-macam Usaha Dagang

ilustrasi usaha dagang. source envato

Sekarang banyak macam bisnis dagang yang bisa dilakukan. Mulai dari skala kecil dengan modal yang kecil hingga skala besar dengan modal yang besar.

Tergantung jenis dagangan dan target yang ingin dicapai. Semua jenis usaha tersebut sama-sama memiliki kesempatan untuk mendapat keuntungan. Berikut ini contoh macam-macam bisnis dagang berdasarkan skala atau jangkauannya.

1. Pengecer

Pernahkah Anda terpikir untuk memiliki bisnis dagang sebagai pengecer? Menjadi pengecer bisa dalam bentuk skala kecil maupun besar. Anda bisa memulai menjadi pengecer untuk barang-barang yang ada di warung-warung atau toko-toko kelontong.

Jika sudah cukup modal, bisnis dapat berkembang dengan menjadi pengecer barang untuk minimarket, supermarket, usaha online, hingga bekerja dalam bentuk direct selling.

2. Penjualan agen

Usaha dagang penjualan agen kapasitasnya masih berada di atas pengecer. Usaha ini memiliki jaringan yang lebih luas. Jika Anda tertarik untuk menekuni usaha bisnis ini, Anda bisa menjual barang ke banyak wilayah dalam skala yang lebih besar.

Bahkan dengan menjadi agen, Anda bisa menggerakkan agen-agen kecil atau tim pengecer untuk mengembangkan usaha penjualan menjadi lebih luas baik secara online maupun offline. Canggih, bukan?

3. Dropshipping

Banyak yang sudah mengenal dropshipping. Konsep dropshipping ini cukup berbeda dari berbagai bisnis dagang yang ada. Usaha ini bisa dilakukan dengan modal kecil atau bahkan tanpa modal.

Dalam usaha ini, Anda berperan sebagai agen pemasaran. Dengan berbekal katalog, Anda bisa memasarkan barang-barang dan mengajak calon pembeli untuk membeli barang.

Setelah calon konsumen memutuskan barang yang akan dibeli, Anda tinggal memesankan barang kepada pihak produsen.

Pihak produsen akan mengirimkan barang ke berbagai agen-agen yang sudah bekerja sama untuk melayani dan mengambil barang. Dropshipping ini bisa dilakukan dengan mudah melalui sistem online dan offline.

4. Ekspor impor

Usaha dagang ekspor impor juga memiliki sistem yang juga berbeda dari bisnis dagang lainnya. Dalam bisnis ekspor impor, Anda memiliki jaringan yang luas sampai ke manca negara dan proses transaksinya juga dilakukan melalui lintas negara.

Bekerja dalam jenis usaha ekspor impor, Anda tidak perlu berhubungan dengan proses produksi karena tugas utamanya adalah mencari pembeli luar untuk membeli produk dalam negeri atau sebaliknya.

5. Distribusi barang besar

Jika Anda memiliki modal yang besar dan berniat untuk memiliki bisnis dagang dengan skala dan kapasitas yang lebih besar, maka pilihlah berbisnis dalam usaha distribusi barang besar.

Usaha distribusi barang besar memungkinkan Anda untuk memiliki jaringan dan lingkaran usaha yang lebih luas.

Bahkan beberapa pelaku usaha yang memiliki jenis usaha ini telah memiliki beberapa macam merek dagang.

Jika usaha distribusi barang dengan skala besar berhasil, maka seluruh penjualan produk di beberapa kota berada dalam naungan usaha Anda.

Baca juga : 10+ Contoh Wirausaha dengan Modal Kecil namun Untung Besar

Kesimpulan

Inilah pengertian usaha dagang dan macam-macam usaha yang bisa Anda lakukan. Usaha bisnis ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk Anda yang sedang kebingungan mencari bisnis dagang yang sesuai dengan kemampuan dan modal yang dimiliki.

Jika sudah membangun bisnis, jangan lupa juga untuk mencatat semua transaksi pada pembukuan usaha Anda.

Hal ini penting untuk memantau perekembangan bisnis Anda secara berkesinambungan melalui laporan keuangan yang dihasilkan dari catatan pembukuan Anda.

Jika Anda kesulitan membuat laporan keuangan dengan metode pembukuan manual, Anda bisa mencoba menggunakan Software Akuntansi dan Bisnis Accurate Online untuk proses pembukuan yang lebih optimal.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang  memiliki fitur laporan keuangan terlengkap untuk bisnis Anda.

Mulai dari laporan laba rugi, laporan arus kas, laporan perubahan modal, dan masih banyak lagi laporan keuangan yang bisa Anda buat jika menggunakan Accurate Online.

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

172 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Natalia

Artikel Terkait