Perbedaan E business dan E commerce yang Harus Anda ketahui

Dewasa ini, internet telah berkembang dengan sangat pesat, sehingga siapa saja bisa dengan mudah memperoleh apapun di dalam sana, termasuk dalam berbisnis. Dalam dunia bisnis, terdapat dua istilah yang sering digunakan, yaitu e-business dan e-commerce, tapi beberapa pebisnis masih belum bisa menemukan perbedaan e-business dan e-commerce.

Walaupun sekilas memang mirip, dan pasti Anda juga belum pernah menggunakan atau mendengarnya, tapi Apakah Anda sudah tahu perbedaan e-business dan e-commerce? Bila belum, ketahui perbedaannya di bawah ini.

Pengertian e-Commerce

E-commerce atau electronic commerce adalah berbagi kegiatan perdagangan, baik pembelian ataupun pembelian yang dilakukan melalui jaringan elektronik, yang di dalamnya termasuk jaringan internet. Kegiatan jual beli ini juga bisa sangat luas, baik itu jual beli produk barang atau layanan jasa, pun pengalihan data sampai dana secara elektronik.

Kegiatan e-commerce terbagi lagi dalam beberapa jenis berdasarkan sifat dan hubungan transaksi yang terjalin antara pihak pembeli dan penjual. Berikut ini adalah jenis-jenisnya.

  • Business to business (B2B), adalah bentuk e-commerce dari penjual ataupun pembeli dalam bentuk organisasi perusahaan, baik itu yang berskala kecil ataupun skala besar.
  • Business to consumer (B2C), penjual produk barang atau layanan jasa dalam hal ini adalah perusahaan atau organisasi, sedangkan pembelinya berasal dari kalangan individual atau perorangan.
  • Consumer-to-consumer (C2C), dalam hal ini, penjual dan pembelinya adalah individu yang bertemu melalui jaringan internet untuk memperjualbelikan barang ataupun jasanya.
  • Business to employee (B2E), dalam hal ini, e-commerce digunakan oleh organisasi ataupun perusahaan untuk menyediakan berbagai jenis informasi pada karyawan ataupun pegawai yang nantinya akan digunakan oleh internal perusahaan.
  • Mobile commerce (m-commerce), adalah pembelian barang dan jasa melalui teknologi nirkabel, contohnya seperti layanan yang terdapat di dalam layanan iPhone.

Baca juga: E-commerce Adalah: Pengertian, Jenis, Kelebihan dan Kekurangan E-commerce

E-Business

e-business sebenarnya istilah yang masih dekat dengan e-commerce karena memang ruang lingkupnya yang masih sama, yakni bisnis.

Bedanya adalah cakupan dan jangkauan dari e-business jauh lebih luas dan tidak hanya mengurus transaksi secara komersial seperti e-commerce, namun juga menyediakan layanan lainnya yang lebih mendasar, seperti penyediaan layanan e-commerce. Jadi, e-commerce bisa kita anggap termasuk ke dalam bagian dari e-business.

Baca juga: E-Business Adalah: Pengertian, Jenis dan Bedanya E-commerce

Perbedaan E-Business dan E-Commerce

Kedua istilah ini memang menggunakan awalan huruf e yang memiliki arti elektronik, atau keduanya bisa kita anggap sama-sama menggunakan jaringan elektronik sebagai media transaksinya, terutama internet.

Karena keduanya seringkali digunakan secara bersamaan, tapi tetap saja terdapat perbedaan yang mendasar. Lalu, apa perbedaan dari e-business dan e-commerce?

  • E-business mempunyai cakupan yang lebih luas daripada e-commerce, seperti SDM atau Sumber Daya Manusia, modal, berbagai proses pemasaran produk dan jasa, sampai setiap risiko yang terjadi di dalamnya setelah pembelian barang ataupun jasa. Sedangkan e-commerce terbatas pada proses jual beli produk atau jasa melalui internet saja.
  • E-commerce hanya menjalankan tanggung jawabnya sebagai media jual-beli online saja, sedangkan e-business lebih kepada edukasi dan menjaga agar setiap pelanggan mengetahui manfaat yang banyak dari suatu produk ataupun jasa yang diperoleh dari suatu transaksi online.
  • E-commerce hanya salah satu bagian yang terkecil dari e-business saja, karena e-business adalah sistem yang lengkap yang di dalamnya terdiri dari banyak bagian yang mampu menunjang suatu bisnis, khususnya yang beroperasi dengan memanfaatkan jaringan internet.
  • E-commerce hanya membutuhkan sistem pemasaran, termasuk di dalamnya spesifikasi dan juga analisa dalam sisi penjualan saja, namun e-business akan lebih kompleks yang menargetkan setiap bagian, mulai dari awal hingga akhir.
  • E-commerce pun bisa kita anggap sebagai suatu kegiatan yang menarik siapa saja, termasuk pelanggan, pemasok, ataupun mitra agar membeli ataupun menjual produk barang atau jasanya secara online. Sedangkan e-business lebih bergerak dari awal, mulai dari merencanakan proses produksi, manajemen risiko, pengembangan produk atau jasa, hingga manajemen keuangan suatu perusahaan.

Baca juga: Tips Membuat Nama Produk yang Menarik Agar Transaksi E-Commerce Makin Sukses

Kesimpulan

Jadi, pada dasarnya e-commerce adalah suatu kegiatan yang memanfaatkan internet dan website di dalam suatu transaksi bisnis. Secara formal, kegiatan ini akan memungkinkan adanya suatu transaksi komersial yang lebih melibatkan organisasi ataupun perusahaan dengan individu.

Sedangkan e-business adalah suatu proses bisnis yang dijalankan secara digital dan tidak hanya mewadahi setiap proses transaksi saja, tapi juga memberikan pengetahuan dan informasi dari dalam suatu perusahaan dengan sistem informasi dan kontrol yang mumpuni.

Sehingga, jika terjadi pertukaran nilai, maka e-business akan sangat mungkin bertransformasi menjadi e-commerce

Sehingga, bisa kita simpulkan bahwa e-business lebih mengacu pada teknologi informasi dan juga komunikasi yang bisa digunakan secara baik oleh perusahaan, individu, atau siapapun.

Hal tersebut dilakukan demi menjaga dan juga mengelola bisnis agar bisa menghasilkan keuntungan yang banyak secara komersial, seperti optimasi, fleksibilitas, keamanan, efisiensi, integrasi, ataupun meningkatkan produktivitas dan profit yang diperoleh.

Namun, apapun model bisnis yang ingin Anda jalankan, Anda harus bisa membuat laporan keuangan dengan baik agar nantinya bisa dijadikan referensi yang tepat dalam membuat keputusan bisnis.

Nah, saat ini Anda bisa langsung menggunakan Accurate Online, salah satu aplikasi bisnis dan akuntansi yang sudah sangat terkenal di Indonesia dan sudah dipercaya oleh lebih dari 377 ribu pebisnis di Indonesia.

Dengan menggunakan Accurate Online, maka Anda bisa mendapatkan laporan keuangan secara otomatis, cepat dan juga akurat. berbagai laporan tersebut juga bisa Anda akses secara mudah dan tampilan dashboard nya pun sangat sederhana, sehingga bisa sangat mudah untuk dimengerti.

Lebih dari itu, Accurate Online juga dilengkapi dengan berbagai fitur luar biasa yang akan meningkatkan efisiensi bisnis Anda, seperti fitur persediaan, perpajakan, manufaktur, penjualan, dan masih banyak lagi.

Ayo gunakan dan coba gratis Accurate Online sekarang juga selama 30 hari melalui banner di bawah ini, sekarang juga!