Public Relation Adalah Hal Penting Untuk Membangun Citra Perusahaan, ini strategi Jitunya!

Rasanya, hampir semua perusahaan membutuhkan peran public relation atau humas. Baik itu perusahaan rintisan atau perusahaan yang sudah berjalan selama puluhan tahun, pasti memerlukan orang dengan posisi public relation.

Hal ini bukan tanpa dasar, dalam kasus tertentu, peran public relation sangat erat kaitannya dengan citra positif perusahaan. Lantas, seperti apa peran penting  lainnya dari seorang public relation? Temukan jawabannya dengan membaca artikel public relation ini hingga selesai.

Apa itu Public Relation?

Jadi, PR atau public relation adalah suatu proses yang diperlukan untuk membangun citra positif suatu perusahaan. Penulis Colin Coulson-Thomas menjelaskan bahwa proses atau kegiatan public relation bertujuan untuk menjalin komunikasi antar organisasi dan pihak luar organisasi.

Walaupun kelihatannya sangat mudah, tapi proses di dalamnya cukup rumit untuk bisa dilakukan. Kenapa? Karena untuk membuat citra yang baik dibutuhkan banyak sekali hal. Mulai dari karyawan, pembeli, sampai masyarakat umum.

Oleh karena itu, jangan heran bila di beberapa perusahaan besar, public relation mempunyai timnya tersendiri. Mereka diminta untuk siap menjaga dan memastikan citra positif perusahaan. Selain itu, mereka juga diharapkan bisa meminimalisir konflik yang kemungkinan akan melibatkan perusahaan.

Baca juga: Business Requirements Document, Dokumen Yang Akan Menentukan Kesuksesan Proyek

Mengapa Peran Ini Penting?

Profesi public relation memiliki peranan yang tidak kalah pentingnya dengan profesi lain di dalam sebuah perusahaan. Mereka akan diminta untuk mampu menjaga citra positif perusahaan agar tetap menarik di mata masyarakat.

Selain itu, mereka juga ahli dalam menangani urusan lain, seperti melakukan kolaborasi dengan media massa. Dilansir dari laman Inevitable Steps, inilah beberapa peran penting PR di sebuah perusahaan.

1. Pengontrol Isu

Di zaman yang serba digital seperti saat ini, perubahan isu bisa terjadi dalam kurun waktu yang sangat cepat. Selain itu, masalah yang sekiranya kecil bisa saja menjadi besar bila tidak segera diatasi. Untuk itu, peran public relation akan sangat terlihat.

Dengan adanya tim PR, maka masalah yang mempunyai dampak pada perusahaan minimal bisa didiskusikan terlebih dahulu. PR akan bertindak sebagai pihak penengah dan menjelaskan bahwa perusahaannya memiliki kredibilitas.

2. Menumbuhkan Kesadaran Merek

Setiap perusahaan mempunyai caranya masing-masing untuk bisa memperlihatkan pada masyarakat luas terkait apa yang mereka jual. Perusahaan yang mempunyai cara unik dalam melakukannya tentu akan mendapatkan perhatian dari banyak orang.

Nah, disinilah peran penting dari public relation. Tanpa adanya PR, perusahaan hanya akan mengandalkan seorang brand manager untuk meningkatkan kesadaran merek. Padahal, kompetisi bisnis saat ini sudah sangat ketat, hanya mempunyai satu peran untuk meningkatkan kesadaran merek adalah kekeliruan yang nyata.

3. Jejaring Sosial

Kehadiran media sosial turut mengubah bagaimana proses pendekatan suatu produk ke masyarakat. Bila sebelumnya hanya melalui tim marketing dan sales, maka kehadiran media sosial membuat peran penting dari public relation menjadi bertambah.

Dengan kehadiran tim PR, maka perusahaan mempunyai tampilan yang berbeda di mata masyarakat. Mereka tidak hanya fokus pada apa yang dijual, namun juga akan fokus dalam memperoleh jejaring yang baru.

4. Jadi Penampil Utama

Sekedar mengikuti pentas persaingan di pasar tidak akan membuat perusahaan menjadi langsung besar. Setiap perusahaan harus bisa terlihat dan menjadi penampil utama agar masyarakat tidak lupa bahwa perusahaan tersebut eksis.

Nah untuk melakukannya, maka diperlukan peran dari public relation. Seorang PR bisa menjaga perusahaan untuk terus eksis di mata masyarakat. Mereka juga mampu memberikan informasi terkait kegiatan dan inovasi yang dilakukan perusahaan.

Dengan melakukan hal tersebut, perusahaan tidak hanya mampu meningkatkan pengalaman pengguna, namun juga akan tahu bahwa perusahaan terus mengalami perkembangan.

5. Pembangun Hubungan

Agar bisa mengembangkan bisnis perusahaan, membangun hubungan yang baik dengan pihak lain dari luar perusahaan adalah hal yang sangat penting. Dari sinilah public relation akan bertugas

Mereka mampu menciptakan dan juga memelihara hubungan yang baik dengan pihak luar. Karena, dengan memelihara hubungan yang baik, peluang untuk meningkatkan nilai perusahaan juga akan ikut besar.

Tanggung Jawab Public Relation

Tanggung jawab yang dimiliki oleh public relation sebenarnya sangatlah kompleks. Karena mereka memiliki tanggung jawab pada beberapa hal vital yang berkaitan dengan cerminan perusahaan di hadapan masyarakat. Berikut ini adalah beberapa tanggung jawab dan juga deskripsi pekerjaan dari PR.

1. Merencanakan Publikasi

Hal paling utama yang harus dilakukan oleh public relation adalah merencanakan publikasi pada masyarakat. Konten yang dipublikasikan tergantung pada setiap perusahaan.

Namun terlepas dari hal tersebut, hal ini biasanya berkaitan dengan siaran pers ataupun pengumuman khusus.

Umumnya, proses ini dilakukan selama sebulan sekali. Tapi, bisa juga terjadi dalam kurun waktu yang lebih cepat. Hal tersebut dikarenakan masalah ataupun isu yang menuntut perusahaan untuk berbicara dihadapan publik.

2. Melaksanakan Event dan Promosi

Untuk beberapa perusahaan, public relation umumnya masuk pada tim CEO Office. Tapi, pada beberapa perusahaan lain, mereka bisa berdiri sendiri, dan banyak dari tugas yang mereka lakukan berkaitan dengan tim marketing.

Untuk kasus kedua, mereka memiliki tanggung jawab untuk melakukan event yang diselenggarakan untuk ataupun oleh eksternal perusahaan. Selain itu, mereka juga memiliki kewajiban untuk melakukan kegiatan promosi. Bedanya dengan tim marketing adalah promosi yang dilakukan berbentuk company vist ataupun press release.

3. Menjadi Penanggung Jawab Perusahaan

Terkadang, ada kalanya perusahaan diminta untuk berbicara ataupun mengemukakan sesuatu di hadapan publik. Dalam hal ini, yang tampil bukanlah petinggi perusahaan, tapi tim ataupun seorang public relation. Berbagai hal yang mereka katakan akan menjadi cerminan perusahaan.

Untuk itu, mereka diminta untuk tidak melakukan kesalahan apapun. Mereka juga diharapkan tidak berbicara yang berada di luar batas, karena hal tersebut akan langsung berdampak pada citra perusahaan.

4. Melakukan Analisis Media

Setiap perusahaan harus bisa tampil di muka umum. Untuk melakukan hal tersebut, maka mereka memerlukan bantuan media massa. Koran dan juga televisi menjadi pilihan utama perusahaan karena tingkat kepercayaan masyarakat pada kedua media tersebut yang cukup tinggi.

Seorang public relation mempunyai tanggung jawab dalam memilih koran dan media televisi mana yang bisa dijadikan sebagai pilihan untuk sarana penyampaian. Karena, setiap media massa mempunyai segmentasi dan juga kelompok pengguna yang berbeda-beda.

Tips Menyusun Strategi Public Relations yang Efektif

Terdapat beberapa tips ampuh untuk membuat strategi public relation yang efektif. Tanpa adanya tips ini, maka komunikasi pemasaran yang dilakukan dengan basis PR akan menjadi sia-sia. Berikut ini adalah beberapa tips PR yang bersumber dari laman Business 2 Community.

1. Buat Strategi Public Relations Seperti Storytelling

Perlu Anda ketahui bahwa storytelling lebih dari sekedar menyampaikan pesan. Sebuah penelitian melaporkan bahwa 92% pelanggan lebih menyukai bentuk iklan dalam bentuk storytelling karena mampu menciptakan hubungan emosional yang baik dengan audiens.

Ketika diminta untuk membuat strategi public relation dan menyusun rencana kampanye, gunakanlah selalu manusia sebagai subjek utamanya. Dengan begitu, maka audiens akan merasakan hubungan emosional yang pada akhirnya akan membuat mereka mau membeli.

2. Bekerjasama dengan Influencer

Influencer adalah salah satu strategi dalam melakukan komunikasi yang baik dengan tingkat perkembangan yang paling cepat dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir.

Kehadiran influencer mampu membantu perusahaan dalam menjangkau audiens dan mengekspos lebih banyak hal daripada melakukan periklanan secara tradisional. Tapi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terkait influencer.

Alih-alih melakukan kerjasama dengan influencer dalam kurun waktu kampanye yang singkat, cobalah untuk lebih fokus dalam menciptakan kerjasama jangka panjang, karena tren saat ini sangat dipengaruhi oleh influencer

3. Gunakan Email Sebagai Saluran Utama

Beberapa perusahaan lebih memilih mengabaikan email dan lebih memilih untuk fokus pada media sosial. Pilihan ini tidak salah, tapi sebuah studi pernah mengatakan bahwa 80% strategi public relation yang menggunakan email terbukti lebih berhasil.

Agar strategi email Anda berhasil, cobalah mengikuti beberapa cara ini. Pertama, gunakanlah komponen personalisasi untuk membuat koneksi yang baik dengan audiens. Kedua, buatlah konten yang menarik dan kontekstual. Terakhir, gunakanlah subjek email yang menarik.

4. Buat Pemasaran Lewat Konten 

Pemasaran yang dilakukan lewat konten adalah bagian penting lainnya dari strategi public relation yang efektif. Konten akan membantu perusahaan dalam mempengaruhi ataupun menciptakan reputasi agar bisa dilihat lebih positif di mata audiens.

Dengan adanya konten, maka audiens mampu menempatkan perusahaan pada top of mind-nya. Mereka tidak hanya akan terus melihat konten dari perusahaan, namun juga akan merekomendasikannya pada kerabat atau orang terdekatnya.

Baca juga: Minimum Viable Product (MVP) :Pengertian, Tujuan, dan Manfaat dalam Menerapkannya

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang public relation. Jadi, public relation adalah suatu proses yang diperlukan untuk membangun citra positif suatu perusahaan. Namun, perlu diketahui bahwa untuk merekrut seorang PR yang baik, Anda membutuhkan anggaran tambahan. Untuk itu, Anda harus lebih pandai dalam mengelola keuangan perusahaan Anda.

Catatlah setiap pemasukan dan pengeluaran dengan baik pada laporan arus kas Anda, agar laporan keuangan Anda menjadi lebih rapi dan bisa Anda jadikan rujukan untuk membuat keputusan, termasuk keputusan untuk merekrut seorang PR.

Untuk lebih memudahkan Anda dalam memperoleh laporan keuangan, gunakanlah software akuntansi Accurate Online. Dengan menggunakan software akuntansi ini, Anda sudah tidak perlu lagi mencatat laporan keuangan yang memakan banyak waktu.

Anda hanya perlu menginput beberapa data yang diperlukan dan Accurate Online akan menyajikan lebih dari 200 laporan keuangan yang Anda butuhkan.

Penasaran? Anda bisa mencoba Accurate Online terlebih dahulu selama 30 hari dengan cara klik tautan gambar berikut ini.

accurate berhenti membuang waktu

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.