Siklus Hidup Perusahaan: Pengertian Lengkap dan Tahapannya

oleh | Jun 15, 2021

source envato.

Siklus Hidup Perusahaan: Pengertian Lengkap dan Tahapannya

Empat tahap siklus hidup perusahaan biasanya ditemukan dalam kisah setiap bisnis. Rincian dan lamanya waktu perusahaan tinggal di masing-masing akan bervariasi. Beberapa organisasi akan mengalami kemunduran atau penyesuaian kembali yang menyebabkan mereka kembali ke tahap sebelumnya.

Namun, yang lain mungkin mengambil pendekatan yang tidak konvensional ke tahap akhir. Dalam artikel ini, kami menjelaskan secara lebih rinci apa yang terjadi selama setiap tahap siklus hidup perusahaan.

Apa itu Siklus Hidup Perusahaan?

Siklus hidup perusahaan adalah tahapan pertumbuhan dan perkembangan yang dilalui oleh hampir setiap perusahaan dari awal berdirinya perusahaan hingga akhir, yang dapat datang dalam berbagai cara. Empat tahap siklus hidup bisnis adalah seperti yang kita bahas di bawah ini:

1. Tahap permulaan

Ini adalah fase di mana penyemaian, pengembangan atau inisiasi terjadi, dan perusahaan mulai membuat produknya atau melayani klien, biasanya disebut fase start-up.

Tahap ini dapat dibagi menjadi dua bagian: penelitian dan pencarian dana yang terjadi sebelum perusahaan secara resmi dimulai, dan peluncuran dan inisiasi penciptaan produk atau layanan.

Tahap start-up meliputi waktu dari sebelum perusahaan diluncurkan sampai mencapai tingkat stabilitas kritis pertama. Selama awal tahap ini, pendiri perusahaan membuat prototipe atau percontohan, mengumpulkan dan mengevaluasi umpan balik, dan mencari investor potensial atau sumber pembiayaan.

Berikut adalah beberapa karakteristik lain dari tahap start-up:

Finansial

Memperoleh pembiayaan adalah tujuan utama dari tahap ini. Pemilik membutuhkan dana untuk menyewa tempat, membeli bahan mentah, membayar pekerja dan membeli iklan. Biaya awal biasanya tinggi, dan laba kemungkinan besar akan tertinggal dari penjualan karena kebutuhan untuk membayar investasi modal.

Karyawan

Biasanya, pemilik adalah wajah dan nama bisnis, dengan identitas mereka sering dipertukarkan dengan merek. Pemilik atau pemilik membuat semua keputusan besar, dan dalam kasus perusahaan rintisan kecil, melakukan banyak peran.

Mereka mungkin merancang materi pemasaran mereka sendiri, mengelola akun media sosial mereka sendiri, membuat produk atau melaksanakan layanan dan menangani pembukuan.

Tujuan

Prioritas utama pada tahap ini adalah membangun pengakuan dan menarik pelanggan yang cukup sehingga penjualan cukup untuk menutupi biaya menjalankan bisnis. Tujuan lainnya adalah dengan cepat dan terus-menerus menyempurnakan penawaran perusahaan untuk merespons pasar.

Baca juga: Bagaimana Cara Menulis Email Proposal Bisnis? Berikut Pembahasan dan Contohnya 

2. Tahap Pertumbuhan dan pembentukan

Selama tahap ini, perusahaan telah mulai menghasilkan pendapatan yang konsisten, dan arus kas dan pendapatan telah meningkat. Ini adalah saat yang tepat untuk mendefinisikan kembali tujuan, mengatur ulang departemen, memperkuat strategi pemasaran yang kohesif, dan mulai menjelajahi kemitraan komunitas dan bisnis. Juga, sekarang, budaya perusahaan yang jelas mungkin telah muncul sepenuhnya.

Beberapa karakteristik tahap pertumbuhan dan pembentukan mungkin termasuk:

Keuangan

Pada titik ini, keuntungan dari bisnis harus dengan nyaman menutupi penggajian dan overhead. Penjualan kemungkinan akan meningkat, dan begitu perusahaan mulai melunasi investasi modal dan pinjaman, margin keuntungan telah tumbuh.

Karyawan

Pemilik menjadi lebih strategis. Ini adalah saat pemilik membangun tim dengan siapa mereka mempercayakan visi dan komunikasi mereka tentang pesan perusahaan. Ini membutuhkan pendefinisian peran dan tanggung jawab yang jelas dan secara hati-hati mempekerjakan mereka yang dapat memenuhi pekerjaan. Ini akan memberi pemilik lebih banyak waktu dan bandwidth untuk memperkuat hubungan dengan klien yang ada dan mengeksplorasi hubungan baru dengan klien dan mitra potensial.

Tujuan

Sasaran pada tahap ini adalah laba dan didorong oleh merek yang sudah mulai dikenal. Perusahaan ingin menjadi menguntungkan untuk menarik investasi tambahan untuk pertumbuhan lebih. Ini juga berusaha untuk mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar dan memantapkan posisinya di pasar.

Baca juga: Intrapreneurship adalah Budaya Kerja yang Mampu Meningkatkan Inovasi Karyawan

siklus hidup perusahaan 2

3. Tahap kedewasaan

Pada tahap ini, penjualan mungkin stabil dan laba juga harus stabil. Biasanya ada struktur perusahaan dengan tingkat hierarki dan peran yang jelas.

Bisnis berjalan sesuai dengan model bisnis yang jelas dan memiliki klien dan pelanggan tetap, dengan akun tambahan yang ditambahkan secara teratur.

Untuk beberapa pemilik bisnis, ini mungkin tujuan akhir. Bagi banyak perusahaan, fase ekspansi adalah ketika mereka ingin meningkatkan jangkauan produk mereka, memperkenalkan layanan baru, menjelajahi bidang lateral atau mungkin menginjakkan kaki di pasar geografis yang berbeda.

Karakteristik lain dari tahap ini meliputi:

Keuangan

Pertumbuhan laba dan pendapatan yang lambat namun stabil adalah ciri dari tahap ini, meskipun lintasan peningkatan mungkin mulai merata karena pesaing dan pendatang baru ke pasar bekerja untuk mendapatkan bagian mereka.

Ini juga saatnya untuk memanfaatkan pertumbuhan itu dengan mengkonsolidasikan dan menggunakan dana yang tersedia untuk ekspansi—hampir seperti versi kedua dari tahap pertama. Jika ekspansi besar-besaran direncanakan, maka ini mungkin saat perusahaan mendatangkan investor tambahan untuk memberikan suntikan dana.

Karyawan

Pada tahap ini, manajemen dan manajer senior mungkin tertanam kuat dalam peran mereka. Departemen dipimpin oleh manajer dengan pedoman yang jelas.

Karena kebutuhan perusahaan berubah pada tahap ini, pemilik terkadang melepaskan diri dari persamaan, mempekerjakan orang untuk menjalankan perusahaan sepenuhnya sehingga mereka dapat fokus pada usaha baru atau arah baru dalam perusahaan yang sama.

Tujuan

Tujaun perusahaan yang matang pada titik ini terletak dalam area penemuan kembali sehingga perusahaan dapat tetap relevan di bidang yang berubah dengan cepat.

Baca juga: Apa itu Evaluasi Bisnis? Berikut Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Decline atau exit

Fase terakhir dalam siklus hidup perusahaan ini mungkin berfungsi sebagai akhir, atau mungkin sebagai awal yang baru. Bisnis sering menghadapi dua pilihan di sini: Mereka dapat memperluas bisnis ke titik penemuan kembali, atau mereka dapat keluar sepenuhnya, baik dengan menjual perusahaan atau dengan menyerahkan kendali penuh kepada eksekutif.

Jika keputusan dibuat untuk mempertahankan perusahaan, akan ada beberapa perubahan umum yang terlibat. Mungkin branding, kemasan baru atau produk yang sepenuhnya didefinisikan ulang untuk menghidupkan keakraban yang sudah ada.

Keuangan

Ada berbagai arah yang dapat diambil oleh pemilik bisnis saat ini. Mereka dapat menginvestasikan kembali di perusahaan untuk memasuki kembali siklus pertumbuhan lain, atau mereka dapat menguangkan dengan menjual bisnis—baik ke bisnis lain atau ke manajemen saat ini.

Meskipun pendapatan mungkin tampak stabil pada titik ini, hampir semua perusahaan akan menemukan bahwa mereka berbagi pasar dengan pesaing di beberapa titik.

Karayawan

Pada titik ini, perusahaan memiliki kepemimpinan yang terdesentralisasi dan departemen dapat berjalan dalam sistem yang terorganisir dengan baik.

Tujuan

Perencanaan strategis adalah tujuan utama dari bagian siklus hidup perusahaan ini. Pemilik dan manajemen harus membuat keputusan tentang apakah mereka akan tetap sama, tumbuh dan berubah, atau menjual bisnis mereka.

Baca juga: Bagaimana Cara Membangun Keterampilan Business Development?

Kesimpulan

Itulah empat tahapan dalam siklus perusahaan. Jadi di tahap manakah perusahaan Anda saat ini? Dimanapun tahap bisnis Anda, hal yang penting harus Anda perhatikan adalah keuangan, karyawan, dan tujuan bisnis Anda.

Untuk memastikan semua berjalan sesuai rencana, pastikan Anda telah memiliki sistem yang jelas untuk memudahkan Anda dalam mengambil keputusan yang penting, misalnya dengan menggunakan software akuntansi sebagai solusi untuk memudahkan Anda dalam melakukan pemantauan finansial bisnis Anda.

Gunakanlah software akuntansi yang memiliki fitur terbaik, berpengalaman, mudah digunakan dan sudah terbukti, salah satunya adalah Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 350 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia dan bisa Anda gunakan kapanpun dan dimanapun Anda mau.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa dengan mudah melakukan pencatatan pengeluaran dan pemasukan, pengelolaan dan pembayaran pajak, rekonsiliasi transaksi otomatis, manajemen aset dan persediaan, multi cabang dan gudang, otomasi lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan masih banyak lagi.

Tertartik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 200 ribu perbulan

 

bisnisukmbanner
Promo AOL ResolusiJadiAksi

Download E-Book Peluang Bisnis Potensial 2025

Inilah 3 Peluang Bisnis yang Diprediksi Bersinar di 2025.

Natalia
Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.

Artikel Terkait