2 Cara Membuat Surat Keterangan Usaha dari Desa dengan Cepat tanpa Ribet!

Sudah mulai buka usaha tapi belum memiliki surat keterangan usaha dari Desa? Jangan khawatir, karena membuat surat tersebut ternyata tidak terlalu sulit.

Surat keterangan usaha seperti ini biasanya akan dibutuhkan sebagai syarat ketika hendak mengajukan pinjaman kepada pihak Bank untuk melakukan ekspansi usaha.

SKU atau Surat keterangan usaha dari desa ini berisi informasi tentang nama pemilik usaha, dan tempat usaha nya apakah benar di kawasan kelurahan atau desa yang disebutkan dalam SKU tersebut.

Lalu apa fungsi dari surat keterangan usaha dari Desa dan bagaimana cara mudah untuk membuatnya, berikut ulasan selengkapnya.

Persyaratan Pembuatan Surat Keterangan Usaha dari Desa

Seperti keperluan surat penting lainnya, untuk membuat SKU, kita harus mempersiapkan beberapa dokumen pengajuan untuk diserahkan ke kantor kelurahan kecamatan setempat. Beberapa dokumen tersebut adalah:

  • KTP (kartu identitas) asli yang masih berlaku beserta fotokopinya
  • Surat pengantar dari pihak RT/RW
  • Surat permohonan bermaterai (Rp. 10.000)
  • Fotokopi kartu keluarga (KK)
  • Fotokopi NPWP (nomor pokok wajib pajak)
  • Surat pernyataan tidak berjualan di atas trotoar atau badan jalan
  • Menyertakan foto lokasi usaha (jika diperlukan)

Baca juga: Apa Itu SIUP? Berikut Pengertian Lengkap dan Cara Mengurus SIUP

Cara Membuat Surat Keterangan Usaha dari Desa Offline

Setelah mempersiapkan semua dokumen persyaratan pembuatan surat keterangan usaha atau SKU, berikut ini cara pengajuan surat tersebut ke desa:

  • Meminta Surat Pengantar dari RT/RW

Umumnya, pihak kelurahan atau kecamatan akan memberikan surat-surat penting yang kita minta, dengan syarat ada surat pengantar dari pihak RT dan RW terlebih dulu.

Begitu juga dengan surat keterangan usaha dari desa. Anda tinggal mendatangi pihak pengurus RT, dan meminta surat pengantar tersebut. Sebutkan bahwa surat tersebut dibuat untuk pembuatan SKU di desa.

Pihak RT bersangkutan mungkin akan meminta KTP Anda serta kartu keluarga (KK). Setelah jadi, surat pengantar itu akan ditandatangani ketua RT, lalu disahkan dan ditandatangani pihak RW. Untuk hal ini, tidak ada pemungutan biaya.

Baca juga: Surat Izin Usaha Perdagangan: Pengertian dan Cara Membuatnya

  • Mendatangi Kantor Desa

Setelah mendapatkan surat pengantar yang sudah ditandatangani ketua RT dan RW. Serta menyiapkan dokumen persyaratan yang dibahas di awal tadi, segera kunjungi kantor kelurahan atau Desa setempat.

Setelah itu, biasanya pihak Desa akan memberikan sebuah formulir untuk Anda isi dengan lengkap dan benar. Setelah semuanya diisi lengkap, serahkan semua persyaratan ke pihak petugas kantor Desa.

Anda tinggal menunggu pembuatan surat keterangan tersebut hingga selesai. Soal lamanya waktu pembuatan, tergantung dari kantor desa masing-masing.

Pembuatan SKU ini secara resminya tidak dipungut biaya, namun hal ini tergantung dari peraturan kantor desa masing-masing.

  • Mengunjungi Kantor Kecamatan

Setelah surat keterangan usaha dari Desa ditandatangani oleh kepala Desa, selanjutnya bawalah SKU tersebut ke kantor kecamatan.

Sama seperti sebelumnya, surat keterangan dari Desa tersebut juga harus ditandatangani oleh Camat dan disahkan dengan penggunaan stempel kecamatan setempat.

Pengesahan surat keterangan ini yang sudah ditandatangani pak Camat setempat juga tidak dipungut biaya.

Namun tergantung dari kebijakan kantor kecamatan masing-masing. SKU sudah bisa dibawa pulang, dengan masa berlaku 1 tahun sejak pertama diterbitkan.

Baca juga: Pentingnya Mengetahui Tata Cara Membuat Surat Izin Usaha

Cara Membuat Surat Keterangan Usaha dari Desa secara Online

Seiring berkembangnya teknologi, cara membuat surat keterangan dari Desa ternyata bisa diajukan dengan lebih mudah, melalui online system.

Anda yang mungkin sibuk menjalankan usaha dan tidak punya waktu untuk pergi ke kantor kelurahan dan kecamatan, ini adalah solusi terbaik untuk membuat SKU.

Semua persyaratan pembuatan SKU online bisa diunduh melalui laman OSS atau Sistem Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik. Berikut ini cara mengajukan SKU secara online:

  • Buka halaman OSS melalui Google atau situs pencarian lainnya sesuai keinginan
  • Buatlah akun terlebih dulu, dengan mengklik “Daftar” yang ada di area pojok kanan atas website tersebut
  • Setelah membuat akun, Anda log in di situs tersebut
  • Selanjutnya, mulai pilih jenis usaha yang dimiliki saat ini, pilih apakah jenis UMK atau Non UMK
  • Ikuti semua langkah pendaftaran yang tertera di website tersebut
  • Cek email Anda dan lakukan verifikasi email untuk aktivasi
  • Sebagai pemilik usaha, Anda akan diberikan username dan password agar bisa segera mendaftarkan Surat keterangan usaha dari desa
  • Selanjutnya pilih kualifikasi usaha pada area kolom perizinan usaha di website tersebut
  • Mulai masukan data-data dengan benar dan lengkap ya
  • Lihat pada tampilan layar, tentang akhir pendaftaran SKU tersebut
  • Setelah surat keterangan usaha selesai, Anda bisa mencetak surat tersebut untuk keperluan usaha

Contoh Surat Keterangan Usaha dari Desa

(Kop Surat Kepala Desa Setempat)

SURAT KETERANGAN USAHA

Nomor  : …/…/…

Yang bertanda tangan di bawah ini, Kepala Desa Kelinci, Kecamatan Beruang, Kota Hutan, dengan ini menyatakan:

Nama                                  : Agel

Tempat tanggal Lahir     : Jakarta, 20 Mei 1998

No KTP                              : 111222223333

Jenis Kelamin                  : Laki-laki

Agama                               : Islam

Alamat                               : Mampang Prapatan Jakarta

Pekerjaan                         : Wiraswasta

Yang bersangkutan memang benar penduduk yang berdomisili di desa kelinci, kecamatan beruang, kota hutan.

Sesuai hasil pengamatan kami, nama tersebut di atas memang benar memiliki usaha di bidang jasa dengan merek Precious Studio Photo di kelurahan kelinci, kecamatan beruang.

Surat keterangan usaha dari Desa ini dibuat untuk persyaratan pengajuan kredit ke lembaga keuangan.

Demikian SKU desa kelinci ini dibuat, supaya bisa digunakan sebagaimana mestinya, serta pihak lembaga keuangan terkait dapat menjadi bahan pemeriksaan terlebih dulu.

Desa Kelinci

24 Agustus 2022

Kepala Desa Kelinci, Kecamatan Beruang, Kota Hutan

 

(TTD Bapak Lion King)

 

Baca juga: Surat Izin Tempat Usaha: Pengertian, Cara Membuat, Syarat dan Perbedaannya dengan Siup

Kesimpulan

Ketika hendak memulai usaha, salah satu hal yang harus dimiliki adalah surat keterangan usaha dari Desa setempat.

Hal tersebut diperlukan agar usaha kita berjalan dengan lancar, terlebih lagi ketika hendak melakukan perluasan usaha dan mengajukan kredit pada pihak Bank.

Jika hendak mengajukan kredit ke Bank, salah satu hal yang akan diminta sebagai syaratnya adalah laporan keuangan dari usaha yang Anda jalankan.

Surveyor dari Bank yang Anda pilih akan melakukan survey ke lokasi usaha dan menanyakan tentang neraca keuangan dari usaha tersebut.

Bagaimana cara membuat laporan keuangan yang tepat, cepat dan akurat? Cobalah dengan menggunakan software akuntansi dan bisnis Accurate online.

Accurate online merupakan software akuntansi dan bisnis yang bisa membantu setiap pengusaha untuk membuat laporan keuangan, laporan laba rugi, hingga pendataan gudang dan perpajakan dari suatu usaha.

Dengan pengalaman bekerja sama dengan 377 ribu lebih pengusaha, Accurate online sudah dilengkapi fitur khusus untuk menghasilkan pencatatan keuangan yang lebih cepat, tepat dan akurat.

Anda bisa mencoba Accurate online secara gratis sekarang juga, selama 30 hari ke depan, melalui tautan ini:

accurate1

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.