Tahapan Evaluasi dalam Bisnis yang Sangat Penting Untuk Diketahui

Pada dasarnya, tahapan evaluasi dalam berbisnis adalah suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Disadari atau tidak, sebagian dari kita pasti pernah melakukan evaluasi dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Secara umum, evaluasi adalah suatu proses dalam mengukur, menilai, mengoreksi, dan memperbaiki suatu kegiatan yang dilakukan dengan membandingkan proses rencana dengan hasil yang ingin diraih. Tujuannya adalah agar bisa menghimpun data serta membandingkannya dengan standar tujuan yang memang ingin dicapai oleh perusahaan, sehingga bisa dijadikan sebagai dasar yang baik dalam mengambil keputusan.

Evaluasi juga adalah kegiatan yang terencana agar bisa menilai dan mengukur keberhasilan dalam suatu program. Kegiatan ini seringkali dilakukan dalam suatu perusahaan, organisasi, ataupun komunitas tertentu setelah melakukan suatu kegiatan agar bisa meningkatkan kualitas dan juga mutu perusahaan.

Harus Anda ketahui juga bahwa saat ini sudah banyak perusahaan yang gagal dalam hal memonitor dan menilai program yang sudah dibuatnya.

Nah dengan adanya evaluasi, maka akan sangat berguna sekali untuk perencanaan lanjutan dengan memperbaiki berbagai masalah dan kekuranga, baik itu dalam hal proses administrasi ataupun manajemen.

Nah, berikut ini adalah beberapa tahapan evaluasi yang harus Anda ketahui dengan baik dalam menjalankan bisnis.

5 Tahapan Evaluasi Bisnis yang Sangat Penting

1. Menentukan Topik

Tahapan evaluasi bisnis yang pertama adalah menentukan topik ataupun agenda yang akan Anda evaluasi, sehingga tidak akan melebar dan bisa lebih fokus. Hasil akhir dari suatu kegiatan ataupun program kerja ini akan selalu berhubungan dengan hasil analisis.

Untuk itu, sebelum melakukan kegiatan ini, ada baiknya untuk memaparkan secara jelas tentang poin apa saja yang memang harus dievaluasi.

2. Merancang Kegiatan 

Sama seperti program kerja, saat ingin melakukan evaluasi bisnis, ada baiknya untuk terlebih dahulu merancang kegiatannya. Hal tersebut nantinya akan mempermudah proses evaluasi bisnis.

Selain itu, agar bisa menghindari pembicaraan yang keluar dari topik utama, cobalah untuk membuat kegiatan penilaian yang akan menciptakan pembahasan intens selama kegiatan evaluasi berlangsung.

Baca juga: Apa Saja Dampak Revolusi Industri 4.0 Dalam Perkembangan Bisnis di Indonesia?

3. Pengumpulan data

Bila rancangan kegiatan sudah Anda tentukan dengan baik, maka hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengumpulkan data yang Anda butuhkan selama kegiatan berlangsung. Melalui proses pengumpulan data, maka proses evaluasi bisnis bisa berjalan lebih efektif dan lebih efisien.

Pengumpulan data ini bisa dalam bentuk mengumpulkan materi dan mencatat setiap data ataupun informasi yang ingin Anda sampaikan di dalam kegiatan tersebut.

4. Pengolahan dan Analisis Data

Bila data yang Anda butuhkan selama proses penilaian sudah Anda kumpulkan, maka tahap evaluasi selanjutnya adalah melakukan analisis data yang sudah Anda dapat.

Data yang sudah terhimpun tersebut selanjutnya harus diolah dan dikelompokkan agar bisa lebih mudah dalam proses analisa, sehingga akan menghasilkan hasil akhir yang sesuai dengan fakta data. Lalu, hasil dari analisis data ini bisa Anda bandingkan sesuai harapan ataupun rencana awal kegiatan.

5. Pelaporan Hasil

Tahapan evaluasi yang paling akhir adalah menyajikan laporan hasil kegiatan penilaian agar nantinya bisa dijadikan sebagai dasar dalam membuat kegiatan lainnya di kemudian hari. Hal tersebut menjadi sangat penting karena hasil akhir laporan nantinya bisa Anda gunakan sebagai dokumen oleh pihak yang memiliki kepentingan tertentu.

Untuk itu, hasil tersebut harus bisa Anda dokumentasikan secara tertulis agar Anda bisa memanfaatkannya sebagaimana seharusnya.

Baca juga: Aplikasi Pindai Barcode Terbaik agar Lebih Mudah Mengelola Bisnis

Penutup

Berdasarkan penjelasan singkat di atas, bisa kita tarik kesimpulan bahwa evaluasi adalah kegiatan yang terencana agar bisa menilai dan mengukur keberhasilan dalam suatu program.

Kegiatan ini sering dilakukan oleh perusahaan, organisasi atau komunitas tertentu setelah melakukan suatu kegiatan agar bisa meningkatkan kualitas dan juga mutu.

Terdapat beberapa tahapan evaluasi yang mampu mendukung antara yang satu dengan yang lainnya, mulai dari menentukan topik terlebih dahulu sampai dengan membuat serta menyajikan laporan hasil penilaian.

Kegiatan evaluasi ini mempunyai peran yang sangat penting untuk perusahaan, karena memang evaluasi memiliki tujuan agar bisa mengetahui kesalahan maupun kekurangan dari kebijakan ataupun langkah pekerjaan yang sudah dilakukan oleh pihak perusahaan ataupun pihak karyawan.

Nah, agar lebih mudah lagi dalam melakukan evaluasi, Anda bisa memanfaatkan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Accurate Online adalah aplikasi buatan anak bangsa yang dikembangkan menggunakan teknologi cloud computing canggih dan telah dilengkapi dengan sistem keamanan super ketat. Tampilan dashboard di dalamnya juga telah didesain dengan sangat sederhana, sehingga akan lebih mudah untuk digunakan dan dimengerti oleh siapa saja, bahkan orang awam sekalipun

Accurate Online juga telah dipercaya oleh ratusan ribu pebisnis dari berbagai sektor industri di Indonesia, mulai dari pebisnis UMKM hingga pebisnis besar. Bahkan, Accurate Online telah meraih penghargaan TOP Brand Award dari tahun 2016 hingga sekarang.

Dengan menggunakan Accurate Online, seluruh kegiatan transaksi Anda akan tercatat secara otomatis dan Anda akan mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara akurat, seperti laporan arus kas, laporan laba rugi, laporan neraca dan masih banyak lagi.

Selain itu, Accurate Online juga sudah dilengkapi dengan beragam fitur dan modul luar biasa yang akan memudahkan Anda dalam memproses kegiatan penjualan dan pembelian, mengelola stok di gudang, menyelesaikan urusan perpajakan, dan masih banyak lagi.

Lebih menariknya lagi, seluruh kelebihan dan fitur yang ditawarkan oleh Accurate Online ini bisa Anda dapatkan dengan hanya mengeluarkan biaya investasi yang sangat terjangkau, yakni 200 ribuan saja perbulan. Bahkan, Anda bisa mencobanya lebih dulu dengan hanya klik tautan gambar di bawah ini.

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.