Tips Membangun Usaha Agribisnis Yang Sukses dan Berkelanjutan

Usaha agribisnis atau pertanian di Indonesia akhir-akhir ini sering dianggap bisnis yang melelahkan dan menghasilkan keuntungan yang sedikit. Padahal ini adalah jenis usaha yang menghasilkan keuntungan yang berlimpah jika menjalaninya seacara serius, terlebih negara kita sedang berupaya mendongkrak potensi usaha pertanian dan peternakan di Indonesia.

Tips Memulai Usaha Agribisnis

Memulai usaha agribisnis ibarat menetapkan peta menuju kesuksesan. Selain mentalitas, diperlukan perencanaan matang untuk menghadapi berbagai tantangan usaha yang tidak mudah. Perhatikan beberapa tips berikut untuk membangun usaha dengan strategi jitu yang meningkatkan peluang untuk bisnis berkelanjutan dan sukses.

1. Pelajari Bidang Agribisnis Yang Sesuai Untuk Anda

Hal yang pertama yang harus dipertimbangkan untuk berkecimpung dalam bidang Agribisnis adalah memahami bidang usahanya. Agribisnis yang menggabungkan agrikultur dengan bisnis, bukan sekedar berbasis pertanian saja.

Cakupannya sangat luas mulai dari teknologi pangan, farmasi, sampai penyediaan energi juga termasuk di dalamnya.  Bukan hanya mengolah padi dan gandum saja, Anda juga bisa melirik usaha bunga, ikan, telur sampai tanaman hias.

Baca juga : Peluang Bisnis Salon Kecantikan dan Tips Mengembangkannya

2. Deskripsi Usaha Yang Detail

Sebelum memulai usaha, Anda perlu memetakan semua secara hitam di atas putih. Tuliskan visi dan misi yang Anda miliki. Usaha yang mengacu dari awal produksi sampai di tangan konsumen ini adalah bidang yang sangat panjang. Oleh karena itu perencanaannya harus terdeskripsikan dengan jelas.

Mendata kelebihan dan kekurangan Anda dalam memulai usaha Agribisnis dapat dijadikan panduan berapa lama usaha akan dapat dijalani sebelum mulai memperlihatkan profit. Hal ini juga akan menunjukkan berapa besar modal yang harus dikeluarkan.

Baca juga : Tertarik Membangun Bisnis Kuliner? Mari Kita Bahas Secara Lengkap

3. Analisa Pasar dan Mengenal Para Pesaing

Mempertimbangkan berbagai faktor sesuai pangsa pasar untuk membuat strategi pemasaran yang tepat sasaran. Semakin jelas target konsumen akan memperjelas eksekusi perencanaan sesuai target. Hal ini juga membantu bagian perencanaan keuangan. Kenali ciri khas para pesaing, agar tidak terjebak dengan program dan strategi yang sama.

4. Fokus Usaha Agribisnis dan Jasa Perencana Keuangan

Hindari kesibukan yang berlebihan dan bentuk tim yang dapat bekerja sama dengan baik. Anda dapat meminta bantuan profesional untuk mengatur keuangan profesional. Dengan demikian Anda dapat berkonsentrasi dengan usaha Agribisnis yang sedang Anda kembangkan.

Kini terdapat banyak pilihan untuk mengelola kondisi finansial seseorang. Bisa menggandeng firma akuntansi atau menggunakan aplikasi online yang kini telah banyak bermunculan.

5. Strategi Tepat Sasaran

Melakukan pemasaran dengan perspektif 4P (product, price, place dan promotion) yang menyeluruh. Dengan demikian, pengalokasian dana dan tenaga dilakukan seefektif dan efisien. Anda pun tidak terjebak dengan pengeluaran tidak perlu yang akan menghambat usaha Agribisnis Anda untuk berkembang.

Baca juga : Ingin Membangun Bisnis? Berikut Ide Bisnis Menjanjikan di Tahun 2020

6. Memaksimalkan Teknologi dan Kemajuan Dunia Digital

Terapkan konsep agricultural dengan berbagai inovasi untuk meningkatkan produktivitas secara sehat. Selalu ada kemajuan teknologi yang mengoptimalkan mesin dan memperkecil kesalahan atau kerusakan pada proses produksi.

Selain itu, penting juga mengelola usaha Agribisnis dengan menggunakan internet, baik untuk berkomunikasi dengan tim, berpromosi sampai melihat peluang ekspansi internasional.

7. Menjaga Kualitas dan Kuantitas

Kekurangan setiap usaha yang baru akan melejit sukses adalah penurunan kualitas atau kuantitas untuk meraup keuntungan. Pertahankan ciri khas merek yang Anda miliki agar tidak dicap negatif ketika mengubah sistem penjualan.

Lakukan juga diversifikasi produk dan pikirkan inovasi terbaru yang bisa ditawarkan pada konsumen agar tetap setia dan menggaet konsumen baru. Dorong kemajuan usaha dengan memaksimalkan setiap potensi dan peluang yang ada.

Baca juga : Tips Membangun Bisnis Rental Mobil yang Menguntungkan

8. Pencatatan Keuangan yang Terperinci

Bisnis apapun tentu memerlukan proses pembukuan yang baik agar semua alur keuangan terpantau secara transparan, tidak terkecuali dengan usaha agribisnis ini.  Perencanaan usaha tentunya memerlukan data keuangan yang faktual agar seluruh rencana pada usaha dapat terealisasi dengan baik.

Anda bisa menggunakan pembukuan manual jika Anda baru memulai  usaha ini. Namun saat proses pencatatan sudah semakin rumit dan jenis produk yang Anda jual juga semakin banyak,  ada baiknya Anda menggunakan software akuntansi yang mudah digunakan dan memiliki fitur yang diperlukan bisnis Anda contohnya adalah seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang bisa digunakan kapan saja dan dimana saja. Telah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia, termasuk usaha agribisnis.

Accurate Online juga telah meraih Top Brand Award sejak tahun 2016 sampai saat ini sebagai software akuntansi terbaik buatan Indonesia. Tertarik menggunakan Accurate Online? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.

Baca juga : Pengertian Bisnis Afiliasi beserta Keuntungan dan Kerugiannya

Kesimpulan

Demikianlah beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk memulai usaha agribisnis dengan berbagai pertimbangan matang. Intinya persiapan perlu dilakukan secara efisien dengan maksimal dengan mempertimbangkan semua akibat dan konsekuensinya. Tunjukkan komitmen Anda untuk konsisten menjalankan usaha dan tidak mudah menyerah. Selamat meraih sukses dan mengembangkan usaha Anda!