9 Tips Ampuh Memulai Bisnis Kos-kosan

Hampir setiap orang tentunya mendambakan kehidupan yang baik di hari tuanya, khususnya dalam hal finansial. Saat ini memang Anda tidak boleh merasa puas dan berbangga diri atas penghasilan tetap dan pekerjaan Anda di perusahaan yang sudah besar. Tapi tetap saja, seluruh orang harus mempunyai kesadaran untuk bisa mendapatkan kesejahteraan finansial di hari tuanya dan harus dipikirkan sejak dari sekarang. Memulai bisnis kos-kosan adalah salah satu solusi untuk berinvestasinya.

Seperti namanya, bisnis kos-kosan ini memiliki arti bahwa Anda menyewakan ruangan kamar pada orang lain agar kemudian bisa mendapatkan penghasilan pasif dalam bentuk biaya sewa kamar kos-kosan. Biasanya, biaya yang ditetapkan adalah berupa kontrak bulanan. Seperti investasi lainnya, bisnis sewa kos-kosan ini juga mampu memberikan keuntungan yang terus meningkat di setiap tahunnya.

Terlebih lagi, berdasarkan data yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia melaui Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Perumahan Rakyat pada tahun 2014, terdapat lebih dari 15 juta masyarakat Indonesia yang membutuhkan tempat tinggal. Tentunya permintaan akan kebutuhan rumah saat ini masih tidak sebanding dengan adanya ketersediaan rumah, padahal faktanya rumah adalah kebutuhan pokok bagi setiap orang.

Oleh karena itu, tidak ada yang namanya rugi dalam investasi bisnis sewa kamar kos-kosan. Sudah banyak kisah sukses dari mereka yang memiliki bisnis sewa kamar kos-kosan karena penghasilan pasifnya tersebut mampu melebihi penghasilan karyawan kantoran.

Namun untuk menjalankan bisnis ini, terdapat beberapa hal yang harus Anda pahami agar bisa menghindari kerugian kedepannya. Berikut ini kami akan membahas cara ampuh dalam memulai bisnis kamar kos-kosan.

Tips Ampuh Dalam Memulai Bisnis Kamar Kos-Kosan

1. Carilah Rumah di Kawasan yang Ramai Penduduk

Harga rumah dan tanah setiap tahunnya memang selalu mengalami peningkatan. Namun untuk mendapatkan keuntungan yan maksimal, maka Anda harus mencari lokasi rumah yang terbaik dan tepat. Jadi, jangan asal tergiur dengan harga tanah atau rumah yang murah, karena nantinya hal tersebut akan mempengaruhi harga sewa kamar kos-kosan Anda.

Untuk beberapa tanah atau rumah yang memiliki akses publik yang dekat, seperti sekolah, kampus, rumah sakit, atau perkantoran, memang cenderung lebih mahal. Namun, hal tersebut juga akan membuat harga sewa kamar kos-kosan Anda menjadi mahal pula nantinya.

Oleh karena itu, jika Anda akan mencari tanah sebagai tempat mendirikan rumah untuk penyewaan kamar kos-kosan, maka perhatikanlah wilayah di sekitar tanah tersebut. Berbagai area pusat perekonomian yang sangat komersil tentunya akan membutuhkan berbagai pemukiman yang baru.

Nantinya, Anda bisa menyewakan kamar kos-kosan tersebut untuk para mahasiswa, karyawan, dll. yang memang sedang membutuhkannya. Dengan Anda mempunyai rumah kos-kosan di area yang ramai, maka Anda tidak akan kesulitan dalam mencari mereka yang ingin menyewa kamar kos-kosan kapan saja.

Baca juga: 9 Tips Ampuh Memulai Bisnis Furniture 

2. Bandingkanlah Harga Tanah di Berbagai Daerah

Apapun jenis bisnis yang hendak Anda jalankan, pastinya Anda ingin mendapatkan keuntungan yang besar. Pun sama halnya dengan memilih bisnis menyewa kamar kos-kosan. Salah satu cara efektif yang bisa Anda lakukan agar mengeluarkan modal minim namun dengan keuntungan yang besar adalah dengan membandingkan harga tanah pada tiap daerah.

Berbagai tanah yang memiliki lokasi cukup strategis dan menjadi pusat perekonomian memang cenderung lebih mahal, namun tetap saja tanah yang dijual pada daerah-daerah tersebut cukup bersaing.

Oleh karena itu, sebelum Anda memutuskan membeli dan membangun rumah untuk penyewaan kamar kos-kosan, ada baiknya Anda membandingkan harga tanah dan mencari yang harga tanahnya paling rendah. Lakukanlah riset dan survey pada setiap penjualan tanah serta pertimbangkalah lokasinya agar Anda bisa mendapatkan harga yang paling baik.

Jangan mudah tergiur dengan berbagai tawaran yang diajukan oleh para penjual tanah, karena Anda harus mampu membuat berbagai keputusan yang sangat bijak. Bagaimanapun juga, semakin kecil modal yang Anda keluarkan, maka akan semakin besar juga kesempatan Anda untuk mengembalikan modal dengan cepat dan keuntungan yang besar.

3. Bandingkanlah Harga Sewa Kamar Kos-Kosan

Apabila tanah dan rumah kamar kos-kosan sudah Anda miliki, maka tips selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menetapkan harga sewa kamar tersebut. Caranya adalah dengan membandingkan antara harga sewa kamar kos-kosan lain disekitar Anda dengan milik Anda. Jika perlu, berikanlah berbagai fasilitas terbaik pada sewa kamar kos-kosan Anda lalu bandingkan dengan harga sewa kamar kos-kosan lain yang serupa.

Jika harga sewanya sesuai dengan produksi yang sudah Anda keluarkan, maka Anda bisa mendapatkan kisaran harga yang cocok untuk sewa kamar kos-kosan Anda. Jadi, Anda tidak perlu mengkhawatirkan biaya sewa kamar kos-kosan yang tinggi. Jika fasilitas yang didapatkan oleh penyewa sesuai, maka mereka akan menerimanya secara wajar.

4. Prediksi di Masa Depan

Tips penting lainnya dalam bisnis sewa kamar kos-kosan adalah memprediksi masa depan bisnis Anda. Untuk itu, posisikanlah diri Anda sebagai orang yang mampu melihat masa depan. Saat Anda membeli tanah untuk membangun rumah kamar kos-kosan, maka Anda harus mempertimbangkan apakah lokasi tersebut memiliki dampak yang positif bagi bisnis finansial Anda kedepannya.

Misalkan saja, apakah area yang akan Anda bangun menjadi rumah kamar kos-kosan tersebut mempunyai peluang dibangunnya pusat perekonomian oleh pemerintah daerah setempat atau tidak, karena hal ini akan membuat harga sewanya menjadi meningkat. Selain itu, Anda juga harus memilki persiapan diri yang matang dengan berbagai bencana alam yang pastinya nanti akan membuat harga sewa menjadi turun secara signifikan.

5. Pastikan Lokasi tersebut Strategis

Lokasi rumah yang strategis merupakan pertimbangan lainnya yang harus Anda lakukan jika hendak melakukan bisnis sewa kamar kos-kosan. Semurah apapun harga kamar yang Anda akan tawarkan nantinya, jika tidak mempunyai akses jalanan yang bagus untuk kendaraan, jauh dari berbagai fasilitas umum atau kesulitan lain, tentunya tidak akan bisa menarik minat para calon penyewa kamar.

Sebaliknya, jika lokasi rumah kamar kos-kosan tersebut cukup strategis, seperti dekat dengan pusat kota, banyak dilewati berbagai kendaraan umum dan aman, pastinya akan mempunyai harga sewa yang sangat bersaing pula.

Baca juga: Startup: Pengertian dan Perkembangannya di Indonesia

6. Buatlah Denah Kamar yang Menarik

Tips selanjutnya dalam menjalankan bisnis sewa kamar kos-kosan yang jarang dipertimbangkan oleh sebagian besar orang adalah menetapkan denah kamar yang asal-asalan. Padahal, denah kamar mampu mempengaruhi calon penyewa untuk bisa memutuskan pilihannya. Contohnya, para pegawai pabrik, kantoran, atau mahasiswa tentunya akan lebih memilih kamar dengan desain petak karena mereka hidupnya pun hanya sendiri.

Hal ini berbeda dengan konsumen yang membutuhkan rumah kontrakan karena sudah berkeluarga, karena mereka lebih membutuhkan rumah kontrakan yang mempunyai banyak ruangan dengan adanya ruang parkir, ruang terbuka untuk menanam tanaman atau bersantai.

Agar Anda bisa membuat denah yang menarik, maka Anda bisa menentukan terlebih dahulu target konsumen Anda. Sehingga, kamar kos-kosan yang akan Anda tawarkan memiliki target konsumen tersendiri.

7. Berikan Fasilitas Tambahan

Selain fasilitas kamar kos, Anda juga wajib memerhatikan berbagai fasilitas lainnya, seperti penyediaan WiFi gratis, katering, layanan laundry, dll. Hal tersebut akan membantu Anda dalam memenangkan harga pada persaingan kamar kos-kosan. Anda akan kesulitan dalam menarik calon penghuni kos jika tanpa adanya fasilitas tambahan. Terlebih lagi, saat ini juga sudah banyak kos-kosan yang sudah menyediakan layanan WiFi gratis.

8. Pastikan Ketersediaan Sumber Air

Tips selanjutnya yang harus Anda pahami untuk memulai bisnis kos-kosan adalah memastikan adanya sumber air bersih. Ketersedian sumber air ini akan menjadi pertimbangan bagi calon penghuni kos untuk memilih kos-kosan Anda atau tidak.

Kenapa? Karena setiap manusia tentunya membutuhkan air bersih untuk tempat tinggalnya. Jika mereka sulit mendapatkan akses air bersih, tentunya mereka akan lebih memilih kos-kosan lain, sekalipun kos-kosan Anda cukup strategis.

9. Lakukanlah Promosi

Setelah Anda mempersiapkan seluruh tips di atas dengan baik, maka Anda harus bisa membuat iklan kamar kos-kosa Anda. Mulailah dengan membuat iklan di media sosial atau menempelkan brosur pada tiap tempat makan yang biasa di kunjungi oleh target market Anda. Selain itu, Anda juga mungkin bisa memberikan diskon untuk calon penguhuni pertama kos-kosan tersebut untuk menjadi daya tarik tersendiri.

Baca juga: Pengertian Inovasi Disruptif, Contoh, dan Tips Untuk Bisnis Anda

Jadi, Sudah Siapkah Anda Untuk Memulai Bisnis Kos-Kosan?

Berbagai tips diatas akan cukup masuk akal untuk Anda yang saat ini sedang mempertimbangkan untuk memulai bisnis kos-kosan. Oleh karena itu, pelajari berbagai tips diatas, karena siapa tahu suatu saat nanti Anda bisa menjadi juragan kos-kosan dan bisa menikmati hari tua dengan santai.

Namun meskipun begitu, Anda tetap harus melakukan pencatatan keuangan bisnis usaha sewa kamar kos-kosan Anda dengan baik, agar Anda bisa mengetahui apakah Anda sudah bisa balik modal dan sudah mendapatkan keuntungan yang maksimal atau belum. Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Accurate Online yang mudah dan sederhana untuk membantu pencatatan keuangan tersebut.

Software akuntansi ini akan memudahkan Anda dalam melakukan pencatatan keuangan dengan tepat, mudah, dan sederhana. Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate1