Contoh Perusahaan yang Berhasil Menerapkan Transformasi Digital

Pada dasarnya, Transformasi digital adalah salah satu strategi bisnis yang sangat baik dan tepat untuk diaplikasikan di masa krisis seperti sekarang. Dari yang sebelumnya dilakukan secara manual atau konvensional, lalu perlahan-lahan berubah dengan memusatkan setiap kegiatan dan juga layanan dengan memanfaatkan teknologi terbaru.

Teknologi digital ini mampu merambah ke seluruh komponen, mulai dari pencatatan data, pembayaran, hingga strategi marketing. Seluruhnya dilakukan karena adanya efek perkembangan dunia digital.

Saat ini, hampir bisa dipastikan seluruh skala bisnis yang menggunakan teknologi dilakukan agar bisa meningkatkan kinerja bisnisnya. Setidaknya ada 3 hal penting yang menjadi dasar atau kunci untuk menerapkan transformasi digital di dalam bisnis, yaitu:

  • Terdapat tiga komponen yang harus disatukan, yakni SDM, Bisnis, dan juga Teknologi.
  • Ketiga komponen tersebut harus dimasukkan ke dalam buaya dan juga kebiasaan perusahaan. Hal ini juga harus diperkuat dengan adanya kebijakan ataupun arahan dari pihak manajemen ataupun pebisnis.
  • Strategi bisnis yang menerapkan transformasi digital digunakan oleh perusahaan atau mereka yang selalu fokus dan loyal dalam melayani setiap konsumen atau pelanggannya.

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa kita simpulkan bersama bahwa pada kenyataannya memang sudah ada beberapa perusahaan yang sukses menerapkan transformasi digital. Siapa saja? Baca selengkapnya dengan membaca artikel ini hingga selesai.

4 Perusahaan Besar yang Berhasil Menerapkan Transformasi Digital

1. Netflix 

Perusahaan pertama yang berhasil menerapkan transformasi digital adalah Netflix. Sebagian besar dari kita tentu sudah mengenal dengan layanan streaming film ini. Bahkan, kemungkinan besar Anda juga sudah punya anggaran untuk berlangganan Netflix.

Sebelumnya, Netflix dikenal sebagai salah satu content creator. Namun sekarang, mereka berani bergeser dengan membuat konten original yang mampu dinikmati oleh semua orang. Meskipun memang masih terbatas pada serial TV saja, tapi kondisi ini mampu membuat mereka berhasil  menerapkan transformasi digital.

Mereka mampu menawarkan layanan hiburan yang lebih maju, yakni dengan menyandingkan lewat internet yang mampu diperoleh oleh para pelanggan secara lebih mudah.

Cukup dengan berbekal smartphone, tablet atau laptop saja, Anda sudah bisa menikmati berbagai jenis film dan juga block office yang berasal dari seluruh penjuru dunia. Strategi bisnis ini diklaim mampu meningkatkan pendapatan Netflix sampai 30 kali lipat.

Baca juga: Raih Keuntungan Maksimal Dengan Bisnis Go Digital

2. Hasbro 

Sebelumnya, Hasbro dikenal sebagai salah satu produsen mainan yang sifatnya Ikonik. Lalu, mereka mencoba melakukan perubahan dengan memproduksi mainan yang tidak hanya bisa dimainkan oleh anak-anak, tapi juga oleh para orang tua.

Dengan menargetkan orang tua yang sudah mempunyai anak, maka tahapan promosi produknya akan menjadi lebih praktis dan juga efisien. Salah satu cara yang mereka lakukan dengan menerapkan transformasi digital adalah dengan memanfaatkan media sosial.

Strategi pemasaran tersebut berhasil dengan baik, dan mampu meningkatkan omzet penjualan yang sangat banyak.

3. Gojek Dengan Berbagai Pemesanan Via Aplikasi

Rasanya hampir semua orang Indonesia sudah mengenal dengan brand yang satu ini. Gojek adalah suatu layanan ojek online pertama yang bergerak di Indonesia dengan memberikan kemudahan mobilitas untuk mereka yang memang tidak mempunyai kendaraan pribadi.

Gojek berhasil membuat proses menunggu alat transportasi konvensional dan melakukan kegiatan tawar menawar menjadi lebih cepat dan juga sederhana. Cara yang mereka lakukan adalah dengan menyediakan jasa layanan pemesanan satu sentuhan menggunakan aplikasi.

Strategi bisnis ini lalu membuat Gojek menjadi salah satu perusahaan berstatus Decacorn pertama di Indonesia, dengan tingkat valuasi lebih dari 145 triliun rupiah di tahun 2019 lalu.

4. Nike 

Strategi bisnis yang dilakukan oleh perusahaan Nike adalah dengan cara memperkuat brand dan jaringan distribusinya. Jadi, mereka menjual produknya secara langsung lewat aplikasi Amazon.

Alhasil, mereka bisa membuat dan menawarkan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Hal ini menjadi suatu kesuksesan besar, karena transformasi digital yang diterapkan oleh mereka mampu menghasilkan omzet yang sangat tinggi.

Baca juga: Bagaimana BizSmart Menjadi Solusi Total untuk Bisnis yang Lebih Optimal?

Sekarang Waktunya Anda Menerapkan Transformasi Digital dengan UOB Bizsmart

Transformasi digital adalah suatu kewajiban untuk diterapkan pada bisnis Anda agar bisa terus relevan dan mampu memenuhi permintaan pasar yang semakin kompleks dan juga beragam. Tidak pernah ada kata telat dalam memulai, khususnya di era digital yang saat ini terus berkembang.

Sekarang, proses efisiensi adalah hal yang sangat dibutuhkan oleh berbagai bisnis agar mampu menciptakan hasil yang maksimal.

Untuk membantu Anda dalam menerapkan transformasi digital maka gunakanlah platform UOB Bizsmart. Platform ini akan memberikan kesempatan pada Anda untuk menghadirkan bisnis yang jauh lebih efisien, mudah, dan menguntungkan. Anda bisa mendaftar demo dan memperoleh promo integrasi UOB Bizsmart dan Accurate Online dengan klik tautan gambar berikut ini.

 

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.