UMKM Go digital: Digitalisasikan UMKM Anda dengan Software Akuntansi dan Bisnis Ini!

Saat ini, Pandemi Covid-19 masih melahirkan dampak yang negatif pada perekonomian global, termasuk di Indonesia. Pemerintah pada tahun 2022 ini ingin lebih fokus memulihkan ekonomi nasional dengan mendorong para pelaku UMKM di Indonesia untuk mendigitalisasikan bisnisnya agar bisa bertahan.

Melalui Kementerian Koperasi dan UMKM, pemerintah menargetkan 30 juta pelaku UMKM untuk mendigitalisasikan bisnisnya di tahun 2024, dan di tahun 2021 berhasil mencapai 21%.

Target yang diraih pada tahun 2021 lalu didukung oleh pemerintah dengan bantuan insentif fiskal dalam Program Pemulihan Ekonomi Nasional. Untuk UMKM pada tahun 2021, pemerintah membuktikannya dengan mengeluarkan anggaran sebanyak Rp 117 Miliar dan akan terus ditingkatkan lagi di tahun 2022 ini.

Lantas, apa itu UMKM Go digital? Tools apa saja yang nantinya mampu membantu para pelaku UMKM untuk mendigitalisasikan bisnisnya? Tenang, karena pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskannya secara lengkap khusus untuk Anda.

Apa itu UMKM Go Digital?

Pada dasarnya, UMKM go digital adalah sebuah konsep mendigitalisasikan lini bisnis UMKM dengan menggunakan kemajuan teknologi untuk operasional bisnis dan memanfaatkan internet demi menjangkau konsumen yang lebih luas.

Kegiatan ini lebih dari sekedar hanya mendigitalisasikan lini bisnis yang pada mulanya manual menjadi digital saja, tapi juga dengan menggunakan beberapa tools digital dalam operasional kerja bisnis UMKM tersebut.

Beberapa proses di dalamnya seperti memanfaatkan media sosial untuk proses pemasaran, cara kerja dan transaksi yang dilakukan secara digital, dan juga mengelola bisnis serta tenaga kerja secara efisien dan efektif.

Baca juga: 15 Usaha yang Cocok Untuk Pemula Menguntungkan

Digitalisasikan UMKM Anda dengan Accurate Online X SimpliDOTS

Guna mendukung program pemerintah dan membantu para pebisnis UMKM untuk Go digital, maka Accurate Online hadir untuk mendukung setiap pelaku UMKM untuk melakukan beragam proses bisnis secara otomatis, digital dan lebih cepat, seperti melakukan penjualan, melakukan payroll pada karyawan, membuat faktur secara lebih mudah, membuat laporan keuangan, dan masih banyak lagi.

Guna mencapai tujuan yang baik tersebut, maka Accurate Online pun melakukan kerjasama yang strategis dengan SimpliDOTS. Lantas, apa saja yang akan dirasakan oleh para pelaku UMKM dengan adanya kerjasama ini?

1. Persetujuan (Approval)

Setiap pebisnis akan bisa melakukan otorisasi dari setiap kegiatan transaksi yang diajukan oleh pengguna yang satu ke pengguna yang lainnya yang memang memiliki tingkat wewenang lebih tinggi.

2. Mendukung Perhitungan Pajak di Indonesia

Para pelaku UMKM tidak perlu lagi repot-repot menghitung kewajiban pajaknya, karena mereka bisa secara otomatis mendapatkan perhitungan PPh 21, PPh 23, PPh 22, PPh 15, PPh 4 ayat 2, hingga PPN. Selain itu, mereka juga bisa mengintegrasikannya dengan aplikasi e-Faktur yang dikeluarkan oleh Dirjen Pajak.

3. Cabang Perusahaan

Punya beberapa unit bisnis yang berbeda tapi ingin bisa memantaunya dalam satu database saja? tenang, karena kerjasama strategis yang dilakukan oleh Accurate Online dan SimpliDOTS akan memungkinkan Anda untuk bisa melakukan hal tersebut.

Pemantauan tersebut termasuk memberikan batasan pada pengguna yang melakukan akses, membuat penomoran pada setiap transaksi, hingga laporan keuangan dari setiap cabang bisnis.

4. Transfer Uang Antar Kas/Bank

Dengan adanya fitur ini, maka setiap pebisnis akan bisa mencatat perpindahan dana dari salah satu akun bank atau kas ke akun lainnya.

5. Stok Opname Persediaan Barang

Fitur ini juga akan membantu pebisnis dalam melakukan proses penyesuaian stok yang ada pada toko fisik dengan catatan yang terdapat di dalam sistem. Dengan begitu, maka akan memudahkan mereka untuk mencatat proses penyesuaian persediaan.

6. Mendukung Pertumbuhan Bisnis yang Tinggi

Kerjasama strategis yang dilakukan oleh dua perusahaan besar ini juga mampu mengurangi risiko kegagalan transaksi karena kesalahan manusia yang kadang kala menjadi suatu masalah ketika menggunakan sistem manual.

Hal tersebut nantinya akan melahirkan perkembangan yang signifikan untuk UMKM karena performa karyawan dan kegiatan operasional menjadi lebih efisien dan lebih stabil.

Setiap data transaksi yang masuk nantinya akan tercatat di dalam laporan yang bisa diakses secara langsung dengan sistem business intelligence. Sehingga, setiap pelaku UMKM, khususnya distributor, mampu menetapkan kebijakan bisnis yang lebih tepat dengan berdasarkan data yang akurat.

7. Meningkatkan Produktivitas Bisnis

Mengotomatisasikan tugas yang kurang efektif saat ini menjadi suatu hal yang sangat dibutuhkan. Setiap pegawai sudah tidak perlu lagi mengelola tumpukan file yang banyak untuk memelihara berbagai catatan.

Seluruh tugas tersebut akan berjalan lebih efisien dengan mendigitalisasi lini bisnis Anda, sehingga membantu Anda dalam mencapai efisiensi bisnis yang maksimal.

8. Meningkatkan Visibilitas

Minimnya visibilitas adalah suatu hal yang mampu menghambat performa operasional bisnis distribusi grosir menjadi lambat. Visibilitas, khususnya dalam hal manajemen persediaan, tentunya adalah hal yang penting untuk mengelola setiap pesanan.

Nah, dengan adanya kerjasama strategis antar Accurate Online dan SimpliDOTS, maka mengelola persediaan bisa dilakukan dengan mudah, Anda pun bisa memantau persediaan secara real-time.

9. Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

Sistem yang dibuat dengan basis data dan terintegrasi dengan lini bisnis mampu membantu para pebisnis grosir untuk memperluas model bisnisnya dengan menggunakan alat pintar. Sehingga, data yang berhubungan dengan ketersediaan stok, otomasi karyawan, dan manajemen distribusi akan berjalan lebih efektif.

Hal tersebut akan meningkatkan daya tanggap dalam setiap lini bisnis, dan akan menciptakan perencanaan serta tenaga penjualan dengan data yang lebih tepat. Sehingga, nantinya akan memperoleh pemahaman yang lebih baik terkait kebutuhan dan juga keinginan dari pelanggan.

10. Meningkatkan Profitabilitas

Salah satu masalah yang harus dihadapi oleh bisnis distributor dan grosir setiap hari adalah masalah permintaan dan penawaran. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu sistem yang mampu mengefektifkan operasional kerja di dalam setiap divisi.

Integrasi antar Accurate Online dan SimpliDOTS akan mampu meningkatkan profitabilitas distributor dan UMKM dengan cara memaksimalkan setiap proses distribusi dan mengotomasi proses transaksi. Sehingga, akan membuat bisnis UMKM bisa terdistribusi secara lebih mudah, dan bisa dipantau serta dikelola di mana saja.

Baca juga: 10 Daftar Usaha Kecil Menengah Terbaik yang Harus Anda Ketahui

Penutup

Accurate Online dan SimpliDOTS turut mendukung program pemerintah dan mendorong setiap pelaku UMKM untuk Go digital di tahun 2022 ini.

Dengan mendigitalisasi bisnis, maka para pelaku UMKM akan bisa meningkatkan eksistensinya, meningkatkan kepercayaan konsumen, lebih hemat biaya, dan masih banyak lagi.

Semua keuntungan tersebut harus bisa Anda dapatkan jika Anda ingin terus melanjutkan bisnis, terlebih lagi di tengah era digital dan pandemi Covid-19 saat ini.

Dengan adanya kerjasama strategis antara Accurate Online dan SimpliDOTS, maka para pelaku UMKM bisa mendapatkan sepuluh keuntungan di atas, bahkan lebih.

Ayo dapatkan penawaran spesial dari Accurate Online dan SimpliDOTS sekarang juga dengan klik link ini.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.