10 Jenis Usaha Kecil yang Menguntungkan di Desa yang Wajib Anda Coba

Tidak ada yang menjamin bahwa bekerja di kota akan memberikan kesuksesan yang besar. Hal ini karena kesuksesan bisa terjadi pada siapa saja dan di mana saja, termasuk oleh orang-orang yang berani membuka usaha di desa, meskipun usaha tersebut kecil sekalipun. Berikut ini beberapa jenis usaha kecil yang menguntungkan untuk dicoba di desa.

1. Beternak Lele

Beternak lele sepertinya sudah lumrah dilakukan oleh orang-orang di desa karena lahan di desa yang masih sangat luas. Lahan yang luas ini sangat cocok untuk peternakan lele, sehingga akan ada banyak bibit ikan lele yang bisa dikembangkan. Dalam kegiatan beternak lele ini, ada dua jenis usaha yang bisa dicoba.

Yang pertama adalah bagian pembibitan lele, yang kedua adalah pemeliharaan lele hingga siap konsumsi. Khusus pada bagian pembibitan lele, fokus utamanya adalah menyiapkan para indukan lele untuk bertelur dan menghasilkan bibit-bibit lele yang berkualitas.

Sementara pada jenis yang kedua, fokusnya adalah memelihara lele hingga dewasa dan siap untuk dikonsumsi. Jenis yang kedua ini lebih sering ditemui dan banyak diminati karena ikan lele tergolong jenis ikan yang banyak dicari oleh rumah makan.

Download eBook Panduan dan Template Pembukuan Sederhana dengan Excel untuk Bisnis Kecil

2. Beternak Ayam Kampung

Masih sama kaitannya dengan beternak lele, salah satu usaha kecil yang menguntungkan di desa adalah dengan beternak ayam kampung. Ayam kampung merupakan jenis ayam yang banyak dicari karena kualitas dagingnya lebih baik daripada ayam potong. 

Selain itu, ayam kampung juga memiliki nutrisi dan kandungan gizi yang lebih baik, serta lebih aman dikonsumsi. Berkat dagingnya yang lebih baik dari ayam potong, ayam kampung ini banyak sekali dicari oleh berbagai rumah makan. 

Sehingga dari hasil beternak ayam kampung ini bisa dijual ke rumah makan yang sedang membutuhkan. Untuk beternak ayam kampung ini memang lebih cocok dikembangkan di desa karena lahan yang masih luas dan bersih. Sehingga membuat ayam kampung dapat hidup dengan sehat.

3. Budidaya Belut

Ketiga, jenis usaha yang menguntungkan adalah dengan budidaya belut. Berbeda dengan ayam kampung dan ikan lele yang membutuhkan lahan cukup luas, belut cocok dikembangkan pada lahan yang terbatas sekalipun.Belut memiliki protein yang cukup tinggi sehingga banyak dicari dan dikonsumsi.

Peminat belut yang siap konsumsi cukup tinggi sehingga bisa menjadi peluang bisnis yang baik. Bukan hanya untuk lauk pauk saja, olahan belut terkadang dibuat menjadi cemilan seperti keripik belut yang memiliki nilai jual yang baik.

Dalam pengembangan budidaya belut tidak membutuhkan lahan yang luas seperti lele atau ayam kampung. Pengembangan budidaya belut bisa dilakukan dalam drum-drum, sehingga dengan lahan terbatas sekalipun budidaya belut tetap dapat dilakukan.

Bahkan karena hanya membutuhkan lahan yang kecil, maka pengembangan budidaya belut bisa dilakukan dalam jumlah besar.

4. Menanam Sayur dan Buah

Kegiatan menanam sayur dan buah memang sudah lazim dilakukan oleh warga desa. Menanam sayur dan buah juga menjadi sebuah usaha kecil yang menguntungkan untuk dilakukan di desa. Bahkan kegiatan ini bisa meraup keuntungan besar dengan cepat karena perputaran uangnya yang sangat cepat.

Menanam sayur dan buah di desa memang sangat menguntungkan karena lahan yang luas dan tentu saja sedikit polusi. Karena kualitas lahan dan udara yang ada di desa, tanaman sayur dan buah bisa berkembang secara maksimal. Sehingga akan didapatkan sayur dan buah yang memiliki kualitas tinggi, dan tentunya memiliki harga jual yang tinggi pula.

Baca juga: 10 Tips Desain Kemasan Produk Yang Menentukan Keberhasilan Merek

5. Mengembangkan Pupuk Kemasan

Di desa tentunya mudah dijumpai berbagai hewan ternak seperti sapi, kambing, ayam dan berbagai tanaman sayuran dan buah. Bila jeli melihat peluang, baik hewan ternak maupun tanaman sayur atau buah bisa menjadi sebuah ladang bisnis yang cukup menguntungkan. 

Tidak dengan beternak atau menanam, tetapi dengan memanfaatkan kotoran atau sisa-sisa tanaman hasil panen. Kotoran hewan ternak dan sisa-sisa tanaman hasil panen ini masih bisa diolah sedemikian rupa sehingga menjadi pupuk. 

Pupuk hasil olahan kotoran hewan ternak dan sisa tanaman ini memiliki kandungan nutrisi alami yang banyak dicari oleh tanaman. Pupuk yang dihasilkan kemudian dikemas dengan baik untuk kemudian dijual pada petani atau berbagai toko tanaman.

usaha kecil menguntungkan 2

6. Pengembangan Budidaya Jamur

Budidaya jamur saat ini juga menjadi sebuah usaha kecil yang menguntungkan. Pasalnya, konsumsi jamur di masyarakat meningkat pesat baik yang sudah diolah seperti di rumah makan atau jamur yang dikemas. Hal ini dikarenakan meningkatnya kesadaran tentang gaya hidup yang sehat untuk tidak makan daging berlebih.

Budidaya jamur ini juga sangat strategis karena modal yang diperlukan kecil. Bahan baku yang diperlukan dalam budidaya jamur ini juga mudah ditemukan.

Bahan-bahan baku pengembangan budidaya jamur seperti kayu dan dedak bisa dengan mudah ditemukan di desa. Sementara perlengkapan seperti drum bekas dan plastik juga bisa mudah dicari dan berharga murah.

Pengembangan budidaya jamur di desa sangat menguntungkan karena lahan di desa yang masih luas. Dengan begitu, ada banyak ruangan pengembangan budidaya jamur yang bisa dibangun.

Baca juga: 15 Bisnis Rumahan Modal Kecil Untung Besar yang Wajib Dicoba

7. Membuka Les Privat

Keberadaan les privat di desa tentu masih terbatas dan tidak sebanyak di kota-kota besar. Hal ini tentu bisa menjadi sebuah peluang usaha kecil yang menguntungkan untuk dikembangkan di desa. Keberadaan les privat di desa ini tentu akan sangat membantu anak-anak di desa dalam mendapatkan pendidikan yang lebih baik.

Untuk mengembangkan les privat ini juga sangat gampang dan bisa dilakukan di rumah saja. Berbekal dari pengalaman beberapa orang, keberadaan les privat di desa ini benar-benar dicari dan dimanfaatkan oleh anak-anak. Anak-anak di desa akan sangat antusias untuk mendapatkan tambahan pelajaran dari keberadaan les privat.

8. Membuat Kerajinan Tangan

Sudah umum diketahui bahwa hasil kerajinan tangan bisa memiliki harga jual yang sangat tinggi di pasaran, terutama pasar internasional yang lebih mengerti seni.

Kerajinan tangan ini bisa dibuat dari berbagai bahan yang seringkali dianggap tidak berguna dan banyak di desa, seperti tanaman eceng gondok. Kerajinan tangan yang dikemas dengan rapi dan menarik bisa memiliki nilai jual yang tinggi di pasaran.

Hal ini sudah sering dipraktekkan oleh ibu-ibu di pedesaan sehingga merupakan salah satu peluang usaha kecil yang menguntungkan untuk dilakukan di desa. Bahkan tidak jarang pula, hasil kerajinan tangan ini kemudian diekspor ke luar negeri dan memberikan profit yang sangat besar.

Baca juga: Tanda Daftar Perusahaan: Pengertian, Syarat dan Tahapan Pembuatannya

9. Membuat Website

Usaha membuat website ini sangat menarik dan bisa dilakukan di mana saja, termasuk di desa sekalipun. Modal yang dibutuhkan dalam jasa pembuatan website ini juga sangat kecil dengan keuntungan yang besar. Menjalani bisnis pembuatan website di desa juga menjadi hal yang menguntungkan sepanjang terdapat akses internet yang menjangkau.

Sebagai tambahan, Anda juga bisa menjual jasa kepenulisan untuk keperluan konten website atau blog. Jika Anda serius dalam melakukan pekerjaan ini, uang akan datang hanya dengan bekerja dibalik laptop atau komputer.

10. Berjualan Pulsa

Jangan pernah meragukan bisnis jualan pulsa tidak dapat memberikan keuntungan yang besar. Karena nyatanya, berjualan pulsa bisa menjadi bisnis yang menjanjikan. Pulsa menjadi salah satu hal yang banyak dicari saat ini, tak terkecuali oleh orang-orang yang tinggal di desa sekalipun.

Bila orang-orang di kota sudah bisa membeli pulsa pada berbagai merchant, maka tentunya hal ini tidak bisa dilakukan oleh orang di desa. Sehingga keberadaan toko penjual pulsa tentu masih menjadi usaha kecil yang menguntungkan untuk dilakukan di desa.

Baca juga: Strategi Bisnis: Pengertian, Fungsi, Komponen, dan Contohnya

Kesimpulan

Dalam mencari jenis usaha kecil yang menguntungkan di desa, yang diperlukan adalah kejelian terhadap peluang yang ada. Menjajaki usaha di desa juga bisa menjadi salah satu cara untuk meraup keuntungan dan kesuksesan. 

Hal yang tidak kalah penting dalam membangun usaha yang berkelanjutan adalah Anda harus mengetahui keuntungan dari bisnis Anda untuk pengembangan bisnis yang lebih baik.

Lakukanlah pencatatan penjualan dan pengeluaran pada bisnis melalui pembukuan manual, jika bisnis Anda sudah berkembang dan memiliki banyak transaksi, Anda bisa menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur yang sesuai kebutuhan bisnis, murah dan mudah digunakan seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah accounting software berbasis cloud buatan Indonesia yang sudah dipercaya oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.

Hanya dengan 200 ribu perbulan Anda bisa mendapatakan kemudahan pencatatan pengeluaran dan pemasukan, otomasi faktur, pemantauan dan pengelolaan stok, rekonsiliasi transaksi otomatis, multi gudang dan cabang, otomasi lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan masih banyak lagi.

Dengan menggunakan Accurate Online Anda bisa memantau bisnis kapanpun dan dimanapun Anda mau, sekalipun itu desa. Jadi apalagi yang Anda ragukan? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 1