15 Bisnis Rumahan Modal Kecil Untung Besar yang Wajib Dicoba

Biasanya ibu rumah tangga sering merasa bosan jika tinggal di rumah. Namun hal tersebut bisa diatasi dengan membuat sebuah bisnis rumahan yang sangat jarang dilakukan oleh orang lain. Karena bisnis ini tidak sulit jika ingin dijalankan oleh seseorang. Seperti menjual sebuah makanan, minuman, jualan online, dan lain sebagainya.

Bisnis rumahan memang memiliki banyak jenis dan bisa dicoba di rumah sendiri. Namun banyak orang yang tidak minat membuka bisnis karena memikirkan masalah modal yang harus dikeluarkan nantinya, padahal ini tidak sepenihnya benar.

Seperti jika ingin membuka bisnis kursus, Anda tidak memerlukan modal. Cukup memiliki sebuah keahlian atau keterampilan khusus pada ilmu tertentu dan pada akhirnya Anda bisa membuka jasa kursus di rumah.

Bisnis Rumahan Dengan Modal Kecil Yang Wajib Dicoba

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa membangun bisnis dari rumah tidak sulit dilakukan sehingga banyak yang berminat membuka usaha yang satu ini.

Selain itu, membangun bisnis rumahan ini tidak memerlukan modal yang besar. Berikut ini merupakan paparan mengenai 15 bisnis rumahan dengan menggunakan modal kecil untung besar yang wajib dicoba.

Download eBook Panduan dan Template Pembukuan Sederhana dengan Excel untuk Bisnis Kecil

1. Bisnis Menjual Makanan Ringan

Makanan ringan juga sangat banyak dicari oleh masyarakat apalagi bisa dijadikan makanan pada saat bersantai bersama keluarga. Untuk membuka bisnis ini bisa menjual keripik singkong, pisang keju, dan makanan lainnya yang tidak membutuhkan modal banyak. Karena melihat bahan yang digunakan tidak terlalu mahal dan cukup bersifat sederhana.

Baca juga: Tertarik Memulai Usaha Makanan Ringan? Baca Tipsnya Disini

2. Bisnis Menjual Menu Sarapan

Bisnis ini sangat menarik untuk dilakukan karena memiliki peluang untuk mendapatkan keuntungan banyak. Bagaimana tidak ? Penjual menu sarapan tentu banyak dicari oleh masyarakat di pagi hari karena tidak sempat menyiapkan sarapan.

Selain itu, bisnis ini juga hanya membutuhkan modal yang kecil saja pada awal membukanya. Namun masalah untung tidak dapat diragukan lagi karena memiliki pasar yang potensial.

3. Menjual Aksesoris Khusus Perempuan

Perempuan memiliki sebuah tingkat percaya diri jika menggunakan sebuah aksesoris yang sepadan dengan pakaian. Dalam membuka usaha ini seseorang bisa memiliki modal di bawah satu juta saja namun memiliki untung yang besar.

Adapun aksesoris yang bisa dijual seperti gelang, kalung, tas, dan lain sebagainya. Proses pemasaran nya juga bisa memanfaatkan sosial media.

Baca juga: Tanda Daftar Perusahaan: Pengertian, Syarat dan Tahapan Pembuatannya

4. Dropship

Dropship merupakan sebuah bisnis rumahan yang tidak menggunakan modal karena seorang dropship dapat disebut sebagai perantara. Dengan kata lain bahwa dropship ini memiliki tugas dalam menjual atau memasarkan produk dari orang lain melalui online maupun offline. Kemudian nantinya konsumen akan membeli produk tersebut dan melakukan transfer kepada dropship.

Baca juga: Dropship Adalah Bisnis yang Mudah? Mari Bahas lebih Jauh

5. Bisnis Menjual Minuman Kekinian

Bisnis menjual minuman yang dimaksud adalah bukan minuman yang berada dalam kemasan. Namun menjual minuman kekinian yang sudah di racik sendiri sehingga bisa memiliki rasa yang berbeda dari minuman lainnya seperti thai tea atau minuman boba.

Karena memang orang Indonesia sangat suka mencoba hal-hal yang baru termasuk dalam hal minuman. Mengenai modal yang dikeluarkan juga tidak banyak namun memiliki untung besar.

6. Bisnis Pengetikan

Untuk bisnis yang satu ini hanya perlu memiliki modal laptop atau komputer saja. Pilihan terbaik dalam membuka bisnis ini adalah di tempat strategis seperti tempat yang dekat dengan kampus atau sekolah. Banyak mahasiswa atau siswa yang menginginkan kepraktisan sehingga perlu jasa pengetikan dalam mengerjakan tugas sekolah seperti makalah maupun laporan.

Baca juga: 15 Cara Terbaik untuk Mengatur Keuangan Bisnis Anti Rugi

7. Bisnis Kaos atau Sablon

Bisnis kaos yang dimaksud adalah bisnis kaos pre-order atau kaos akan dipesan jika sudah ada yang order. Selain itu, bisnis ini juga tidak membutuhkan modal yang besar sehingga bisa membuka di usaha di rumah. Bukan hanya itu, sebaiknya memberikan batasan terhadap konsumen yang akan pesan kaos karena melihat biaya produksi yang mahal.

bisnis rumahan 2

8. Membuka Bisnis Jual Kue Kering

Kue kering juga termasuk makanan ringan yang sebaiknya disediakan di rumah. Dengan tujuan agar tidak perlu repot menyiapkan makanan jika kedatangan tamu. Dalam bisnis yang satu ini juga tidak membutuhkan modal yang banyak. Di mana hanya perlu membuat kue kering yang tampak sederhana namun memiliki rasa yang enak.

Baca juga: Berencana Mendirikan Bisnis? Bisnis Kue Kering bisa Menjadi Pilihan

9. Membuka Bisnis Kursus Online

Melihat kondisi saat ini yang tidak dibolehkan untuk berkumpul memberikan sebuah ide kreatif dalam membuka bisnis kursus secara online.

Di mana bisnis yang satu ini juga tidak membutuhkan modal yang besar namun perlu untuk memiliki sebuah keahlian khusus dalam bidang tertentu. Seperti kursus online belajar masak atau kursus dalam membuat website.

10. Bisnis Membuat Kerajinan tangan

Selanjutnya adalah dengan membuka bisnis rumahan untuk membuat kerajinan tangan. Namun hal tersebut harus memiliki keterampilan terlebih dahulu dengan menyiapkan bahan yang diperlukan.

Pastikan Anda membuat kerajinan tangan yang  terlihat menarik dan unik sehingga ada nilai jual dari hasil yang Anda buat. Adapun kerajinan tangan yang biasa dibuat seperti tas, dompet, baju, dan lain sebagainya.

11. Bisnis Potong Rambut

Untuk bisnis potong rambut memang sudah dikenal banyak di dalam masyarakat. Bagaimana tidak, jasa ini selalu diperlukan untuk setiap harinya.

Mengenai masalah modal yang dibutuhkan saat membuka jasa ini juga hanya sedikit. Seperti hanya memerlukan gunting, cermin untuk melihat model rambut setelah dan sesudah di potong, serta menyiapkan kursi.

12. Bisnis Menjual Pulsa

Bisnis rumahan yang satu ini juga tidak kalah menarik dan banyak dibuka oleh seseorang. Pulsa tentu dijadikan sebagai sebuah kebutuhan ketika ingin menelpon seseorang. Selain itu, pulsa ini juga biasa digunakan untuk mendaftar paket data yang ditawarkan oleh beberapa kartu perdana. Sehingga keuntungan yang didapatkan dari penjualan pulsa ini sangat besar.

Baca juga: 10 Tips Efektif untuk Membangun Bisnis Pulsa yang Menguntungkan

13. Bisnis Laundry

Kebanyakan masyarakat yang memiliki pekerjaan padat memang tidak memiliki kesempatan untuk mencuci pakaian. Maka dari itu, membutuhkan sebuah jasa laundry untuk mengatasi hal tersebut.

Membuka jasa laundry juga tidak memerlukan modal yang besar namun memberikan keuntungan yang banyak. Selain itu, berikan harga laundry yang tidak terlalu mahal untuk atau menggunakan harga perkilo.

Baca juga: Tertarik Membangun Usaha Laundry Sepatu? Perhatikan 11 Hal Ini

14. Membuka Bisnis Desain

Desain memang banyak diperlukan dalam berbagai kegiatan maupun pekerjaan. Seperti desain untuk spanduk, logo, maupun kegiatan seminar. Namun tidak semua orang memiliki keahlian dalam membuat desain tersebut. Maka dari itu, bisnis ini juga memberikan keuntungan yang banyak dan tidak perlu untuk mengeluarkan modal yang besar.

15. Usaha Foto Copy

Usaha fotocopy merupakan bisnis rumahan yang juga tidak perlu mengeluarkan modal besar. Di mana hanya menyiapkan mesin foto copy dan berbagai jenis kertas saja. Selain itu, berikan tawaran harga foto copy untuk per lembar yang tidak terlalu mahal. Bukan hanya itu, bisa juga menambahkan jasa printer namun terlebih dahulu harus memiliki komputer dan printer.

Baca juga: Apa itu Wirausaha? Berikut Adalah Pengertian Lengkap dan Cara Menjadi Wirausahawan

Kesimpulan

Itulah beberapa bisnis rumahan yang tidak memerlukan modal yang besar namun memiliki untung yang besar. Sehingga bisnis ini bisa dijadikan sebagai salah satu bisnis yang wajib dicoba jika ingin memiliki pekerjaan sampingan.

Selain itu, bisnis tersebut juga tidak rumit dilakukan karena hanya dilakukan di rumah. Bukan hanya itu, bisnis seperti ini biasanya tidak memerlukan karyawan. Namun hal yang terpenting adalah Anda harus tetap mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan pada pembukuan yang benar sekalipun bisnis Anda masih berskala kecil.

Pembukuan yang baik akan membuat Anda mengetahui keuntungan dalam usaha serta mengetahui potensi yang menyeluruh bagi bisnis Anda kedepannya. Pada awal mula memulai bisnis, tidak masalah jika Anda menggunakan pembukuan manual. Namun saat transaksi Anda sudah banyak dan bisnis Anda sudah berkembang, ada baiknya Anda menggunakan sistem akuntansi yang lebih efisien.

Salah satu solusinya adalah menggunakan software akuntansi yang mudah digunakan, memiliki harga terjangkau, dan memiliki fitur yang sesuai dengan bisnis Anda, salah satunya Accurate Online.

Accurate Online adalah accounting software berbasis cloud yang sudah dikembangkan sejak 20 tahun lalu dan digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia, mulai dari UMKM sampai perusahaan manufaktur besar.

Hanya dengan 200 ribu perbulan Anda bisa mendapatkan fitur terbaik seperti pencatatan pengeluaran dan pemasukan, payroll, penghitungan aset, penghitungan dan pelaporan pajak, smartlink ebanking, smartlink ecommerce, multi gudang, multi mata uang, multi user, otomasi lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan masih banyal lagi.

Tertarik menggunakan Accurate Online? Anda bisa mencobanya secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate fokus pengembangan