Mau Menambah Pemasukan? Ini Usaha Sampingan yang Bisa Dilakukan di Rumah

Banyak orang yang bekerja sebagai karyawan atau pegawai dengan penghasilan yang kurang untuk memenuhi kebutuhan. Atau, ada juga orang yang memiliki waktu luang dan sering merasa jenuh. Nah, jika Anda merupakan salah satu dari orang tersebut, ada baiknya Anda melakukan kegiatan lain yang dapat menambah pemasukan keuangan. Berikut beberapa usaha sampingan di rumah yang bisa Anda lakukan.

1. Membuka Jasa Desain Grafis

Usaha sampingan di rumah yang satu ini cocok bagi Anda yang bekerja sebagai karyawan di perusahaan desain grafis. Di sela-sela pekerjaan utama Anda, Anda dapat mencari klien dan menawarkan jasa Anda.

Usaha sampingan ini tidak membutuhkan modal banyak. Anda cukup memiliki koneksi internet dan keterampilan desain grafis yang memadai.

2. Les Privat

Jasa mengajar secara privat ini biasanya ditawarkan oleh para mahasiswa yang ingin menambah uang saku atau menambah tabungan mereka. Nah, Anda bisa menyalurkan bakat mengajar dan ilmu Anda melalui usaha ini.

Dalam usaha ini, Anda cukup membutuhkan modal transportasi dan sedikit biaya mencetak materi. Namun, jika Anda membuka les di rumah, maka Anda membutuhkan modal untuk ruang belajar dan peralatan tulis menulis.

Baca juga : Mengenal Strategi Bisnis dan Tips untuk Membangun Bisnis yang Optimal

3. Jasa Terjemahan

Bagi Anda yang mahir dan menguasai bahasa asing, maka Anda bisa memanfaatkan keahlian tersebut untuk jasa menerjemahkan. Usaha sampingan di rumah ini cukup menjanjikan dengan modal yang relatif murah dan mudah.

Anda cukup mempunyai laptop dan koneksi internet yang bagus, serta skill menerjemahkan untuk usaha ini. Lokasi kerjanya juga sangat fleksibel, Anda bisa melakukannya di mana saja.

4. Membuka Toko Online

Di era internet yang canggih ini, orang-orang sudah sangat familier dengan transaksi online. Peluang untuk membuka usaha di bidang ini juga semakin menarik untuk dicoba. Anda bisa menjual produk Anda sendiri ataupun menjualkan produk orang lain (reseller).

Mengenai modal, Anda tidak perlu khawatir. Hanya dengan modal Rp300.000-an, Anda sudah bisa membuka usaha toko online Anda. Jika Anda masih bingung mengenai produk yang ingin Anda jual, Anda bisa memulai dengan sistem dropship.

Sistem ini memberikan kemudahan saat berjualan karena Anda tidak perlu membeli stok barang terlebih dahulu. Anda cukup meneruskan informasi dari pembeli. Lantas, pihak supplier akan mengirimkan barang sesuai dengan pesanan.

Baca juga : 10 Tips Membangun Bisnis Properti Untuk Pemula yang Menguntungkan

5. Menjual Pulsa Elektrik

Salah satu usaha sampingan di rumah ini merupakan salah satu usaha yang menggiurkan. Pasalnya, banyak pasar atau konsumen yang bisa dituju. Anda bisa mulai menjualnya pada teman atau tetangga Anda.

Dalam menjalankan usaha ini, ada baiknya Anda memilih provider yang terpercaya. Selain itu, jangan lupa untuk promosi secara rutin agar banyak yang mengetahui jika Anda menjual pulsa. Ada baiknya Anda menghindari pelayanan hutang agar usaha Anda tidak gulung tikar.

Untuk mengetahui tips dalam  membangun bisnis pulsa, Anda bisa membacanya melalui artikel ini.

6. Katering dan Kuliner

Usaha sampingan di rumah yang satu ini terbilang salah satu usaha yang sangat menguntungkan. Apalagi, jika Anda membuka usaha ini di daerah perkotaan. Saat ini, banyak orang yang membutuhkan jasa ini untuk menyediakan makanan secara praktis. Untuk mengetahui lebih jauh tentang tips pengembangan bisnis kuliner, Anda bisa membacanya disini 

Jangan lupakan juga pembukuan pada bisnis kuliner, karena bisnis ini termasuk jenis bisnis yang memerlukan pencatatan pengeluaran dan pemasukan yang terencana dengan baik.

Jika Anda kesulitan dengan proses pembukuan manual yang memakan waktu, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur terlengkap dan mudah digunakan seperti Accurate Online. Berikut adalah alasan kenapa Accurate Online bisa memudahkan proses pembukuan bisnis restoran Anda.

7. Membuka Usaha Jastip (Jasa Titip)

Salah satu usaha sampingan di rumah ini banyak dilakukan oleh para karyawan atau mahasiswa. Nah, bagi Anda yang hobi traveling atau mengunjungi berbagai kota baik di dalam negeri atau luar negeri, Anda bisa membuka usaha yang satu ini.

Baca juga : Tertarik Memulai Usaha Makanan Ringan? Baca Tipsnya Disini

Kesimpulan

Nah, itu dia ulasan mengenai beberapa usaha sampingan di rumah yang bisa menjadi inspirasi Anda dalam menambah pemasukan. Anda bisa memulai usaha kecil-kecilan dengan memanfaatkan sumber daya dan teknologi yang ada. Selain bisa mengisi waktu luang, Anda juga bisa mendapatkan pundi-pundi uang tambahan.

Lakukanlah pencatatan pengeluaran dan pemasukan pada bisnis yang Anda bangun dengan pembukuan yang benar. Untuk memudahkan hal ini, Anda bisa menggunakan Accurate Online sebagai software akuntansi yang akan memudahkan bisnis, lewat fitur terbaik di Indonesia.

Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan mengklik gambar di bawah ini.

accurate berhenti membuang waktu