Tips Bisnis Cuci Sepatu yang Menguntungkan dan Cara Memulainya

Bisnis cuci sepatu merupakan bidang usaha yang masih jarang dijumpai saat ini. Namun, seiring dengan tren mengoleksi dan memamerkan alas kaki yang satu ini, kebutuhan akan perawatan sepatu pun meningkat.

Notabene, peluang bisnis ini sangat layak untuk dipertimbangkan. Karena uniknya, masyarakat pun akan tergugah untuk mencoba.

Pertanyaannya, bagaimana cara memberikan impresi luar biasa pada saat kunjungan pertama, sehingga pelanggan terkesan dan tergerak untuk setia menggunakan layanan yang diberikan?

8 Cara Sukses dalam Memulai Bisnis Cuci Sepatu dengan Tepat

Cara Sukses dalam Memulai Bisnis Cuci Sepatu dengan Tepat

ilustrasi bisnis cuci sepatu. source envato

Bisnis cuci sepatu mungkin tidak terpikirkan sebagai peluang bisnis utama, namun dengan permintaan yang stabil dari pemilik sepatu yang peduli dengan penampilan mereka, ini bisa menjadi peluang yang menguntungkan.

Berikut adalah tips bisnis cuci sepatu yang efektif serta langkah-langkah untuk memulainya.

Baca juga : 7 Cara Bisnis Online yang Efektif dan Menguntungkan

1. Kenali Sepatumu

Jenis-jenis sepatu sangatlah beragam. Tergantung fungsinya, sepatu dirancang dengan kombinasi desain dan bahan atau material yang menunjang.

Tentunya metode perawatan sepatu pun bervariasi. Kesalahan dalam perawatan akan menyebabkan kerusakan.

Oleh karena itu, kenali bahan pembuat bagian-bagian sepatu dan pelajari keunikan penanganan untuk setiap fitur desain yang ada.

Untuk setiap jenis sepatu, alat bantu dan agen pembersih yang digunakan bisa berbeda. Mesin pengering, misalnya, hanya dapat digunakan untuk sepatu berbahan tertentu. Semir pun demikian.

2. Berlatih & Melatih

Practice makes perfect. Kesempurnaan pelayanaan yang diberikan tergantung dari ketekunan berlatih.

Sebagai pemilik dan pelaksana bisnis, Anda diwajibkan untuk lebih mahir dari karyawan. Kemudian, turunkan ilmu dan keahlian Anda kepada mereka.

Dalam bisnis cuci sepatu, penanganan dan perawatan berbagai jenis sepatu bukan satu-satunya keahlian yang diperlukan.

Soft skill seperti kemampuan berkomunikasi dan menginterpretasikan kebutuhan pelanggan dengan baik juga merupakan keahlian utama yang perlu terus diasah.

Baca juga : 10+ Tips Ampuh Strategi Bisnis beserta Penjelasannya

3. Nilai Tambah Produk & Layanan Bisnis Cuci Sepatu

Nilai Tambah Produk & Layanan Bisnis Cuci Sepatu

ilustrasi bisnis cuci sepatu. source envato

Selain menunjukkan keahlian dalam penanganan dan perawatan sepatu, Anda pun harus menyiapkan paket produk dan layanan yang komprehensif tetapi mudah dipilih.

Mengutip dari Wikipedia, Nilai tambah adalah istilah dalam ekonomi keuangan untuk menghitung selisih antara nilai pasar suatu produk atau jasa, dan jumlah nilai konstituennya.

Contoh paket yang dapat ditawarkan, misalnya cuci tiga pasang sneakers untuk perawatan sepasang sepatu kulit gratis.

Selain itu, bisnis cuci sepatu juga dapat menawarkan layanan tambahan seperti perbaikan sepatu, ganti sol, atau semir kulit.

Intinya adalah bagaimana membedakan produk dan layanan yang Anda sediakan dengan pesaing lain.

4. Pilih Lokasi yang Strategis

Lokasi strategis adalah salah satu faktor utama yang menentukan tingkat keberhasilan bisnis cuci sepatu Anda.

Sebaiknya, lokasi dipilih berdasarkan visibilitas, tingkat paparan, dan kemudahan akses ke masyarakat sekitar maupun pengendara yang lalu lalang.

Di samping itu, keberadaan lokasi virtual seperti situs online maupun media sosial juga merupakan sesuatu yang harus disiapkan.

5. Strategi Pemasaran yang Efektif

Kegiatan pemasaran merupakan hal yang penting untuk meningkatkan visibilitas dan tingkat paparan masyarakat pada bisnis cuci sepatu Anda.

Pemasaran dapat dimulai dengan strategi yang paling efisien seperti melalui peningkatan intensitas eksistensi di media sosial.

Menciptakan hype melalui penarik perhatian di medsos akan memicu efek multiplikasi penyebaran informasi terkait bisnis Anda.

Search engine optimization (SEO), atau peningkatan daya cari online melalui penambahan artikel yang mengandung kata kunci yang relevan, juga merupakan strategi murah yang efektif.

Baca juga : Mengenal Lebih Jauh Pengertian UKM, Contohnya, dan Tips Mengembangkannya

6. Edukasi Pasar

Edukasi Pasar

ilustrasi bisnis cuci sepatu. source envato

Bertindaklah sebagai konsultan untuk memberikan nilai tambah pada bisnis Anda. Penyedia produk dan layanan sudah banyak di pasar.

Namun, jasa konsultasi, apalagi yang diberikan secara gratis, dapat menarik dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Jangan pernah ragu untuk berbagai pengetahuan, keahlian, dan tips kepada pelanggan. Berbagi akan membawa keberkahan bagi bisnis cuci sepatu Anda.

Selain saat berinteraksi langsung dengan pelanggan, proses edukasi dapat dilakukan via forum-forum online maupun artikel-artikel yang disiapkan khusus untuk meningkatkan kesadaran pelanggan.

Bukan hanya terkait pentingnya perawatan sepatu, mereka secara tidak langsung dapat diarahkan ke situs atau lokasi Anda untuk informasi lanjutan.

Setidaknya, kesan bahwa Anda merupakan ahli dalam perawatan sepatu sudah terpatri dalam benak calon-calon pelanggan.

7. Gunakan Bahan Terbaik

Sederhananya, bahan baku yang baik menggunakan hasil akhir yang baik. Hal ini juga berlaku utnuk bisnis cuci sepatu yang Anda bangun.

Dengan menggunakan alat dan bahan terbaik itu akan menambah kepercayaan pelanggan dan memberikan hasil terbaik.

Ada kemungkinan memang harga bahan yang lebih baik itu memang lebih mahal dari bahan atau alat standar lainnya.

Namun hal ini juga bisa menjadi nilai jual dari bisnis Anda, karena pelanggan beranggapan bahwa Anda memberikan pelayanan terbaik.

Baca juga: Apa itu Konsep Bisnis? Ini Pengertian dan Fungsinya!

8. Lakukan Pencatatan Biaya

Bisnis yang baik adalah bisnis yang mengetahui perkembangan bisnis Anda secara faktual berdasarkan laporan keuangan.

Anda harus melakukan pembukuan dan pencatatan terstruktur pada bisnis cuci sepatu Anda, baik itu pengeluaran dan pengeluaran.

Dengan begitu Anda dapat mengetahui kemajuan atau kerugian bisnis dan Anda dapat melakukan tindakan pada hal yang dianggap belum optimal.

Tidak mengerti ilmu akuntansi atau pembukuan? Anda bisa menggunakan software akuntansi untuk memudahkan proses pembukuan Anda.

Pilihlah software akuntansi yang mudah digunakan dan sesuai kebutuhan bisnis yang terus berkembang dari waktu ke waktu.

Software akuntansi yang terbukti sudah digunakan oleh banyak orang dari segala jenis bisnis dan data Anda tersimpan dengan aman.

Anda bisa menggunakan Software Akuntansi dan Bisnis Accurate Online, software berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari ratusan ribu pengguna dan sangat cocok untuk bisnis jasa atau bisnis dagang,

Dengan Accurate Online Anda bisa menggunakan fitur penjualan, pembelian, multi gudang, penggajian, multi mata uang, hingga merasakan otomatisasi lebih dari 100 jenis laporan keuangan.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa menggunakan Accurate Online untuk kemudahan bisnis secara gratis selama 30 hari melalui tautan gambar di bawah!

Accurate footer image blog manajemen

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

152 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!